Postingan

7 Tips Betah Berhijab Sejak Dini

Gambar
" Duh, anakku susah banget mbak kalau dipakain jilbab." "Ihh, kok betah sih pakai jilbab. Anakku dipakai baru semenit eh dilepas lagi." "Anakku pakai jilbab pas sekolah aja, pas main dan di rumah ya nggak. Gakpapa, masih kecil--SD kelas 6--"

Let's Read: Kenalkan Bahasa Ibu dengan Membaca Nyaring

Gambar
Hidup sebagai keluarga perantau bagiku cukup berat. Karena harus berpindah tempat tinggal dari lingkungan satu ke lingkungan yang lain. Tentu tak mudah bagi seorang anak yang sedang tumbuh berkembangnya. Namun itulah yang aku alami. Masa kecilku.  Terlahir sebagai keturunan suku Madura dan tumbuh di tanah Jawa tepatnya Jawa Timur. Seharusnya aku memiliki kekayaan bahasa karena keluargaku melakukan percakapan menggunakan Bahasa Madura sedang tetangga dan teman-temanku biasa memakai bahasa Jawa ketika berinteraksi. Di sekolah? Bahasa persatuan donk! Bahasa Indonesia. Belum lagi bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran yang harus kupelajari.  Yup! Pernah dengar celetukan,  "Hebat ya kamu bisa empat bahasa sekaligus!"  "Wuih, ini nih Hamim menguasai tiga bahasa asing," pecahlah tawa mereka guyonan khas remaja tanggung dengan bahasa Jawa "ngoko".  Bagaimana dengan aku? 

Tummy Time, Penting Gak Sih?

Gambar
" Duh anaknya kok sudah ditengkurepin sih. Kan masih umur berapa hari?"  "Anaknya dibedong biar kakinya lurus!"  "Hati-hati masih bayi tulangnya nanti patah, jangan ditengkurepin". "Gak bisa napas lho anaknya tidur begitu!"  (Melihat posisi bayi tidur tengkurap dengan kepala dimiringkan) Atau ungkapan serupa. Sering ya?  Its oke! Gak semua salah tapi tetap harus di saring. Dikesempatan ini mari kita kupas sedikit tentang tengkurap di usia dini bagi bayi. ● Usia berapa sih bayi bisa tengkurap? ● Kapan bayi tengkurap? ●Tengkurap dengan bantuan atau nunggu tengkurap mandiri?

Pentingnya Kebutuhan Stimulasi Anak Usia Dini

Gambar
Generasi Alfa yang terlahir sebagai generasi native teknologi, membuat peran orang tua milenial semakin besar daripada orang tua zaman dulu dalam hal pengasuhan. Pasalnya, teknologi tak hanya memberi dampak positif namun juga negatif jika kita tidak bijak menggunakannya. Khususnya interaksi gadget bagi anak usia dini. Seyogianya, hal ini menjadi tantangan baru dalam mengasuh anak di era digital.

Aktivitas Pramembaca: Mengenal Huruf dengan Cara Menyenangkan

Gambar
Aktivitas Pramembaca: Mengenal Huruf dengan Cara Menyenangkan Kakak dan adik sedang asyik membaca buku Memiliki anak usia pra sekolah yakni 3-5 tahun membuatku perlu memutar otak. Pasalnya, sebagai seorang yang pernah terjun di dunia pendidikan. Tuntutan kurikulum pendidikan yang membuat anak harus mencapai kompetensi tertentu perlu usaha keras. Namun di usia golden age -nya sekarang, memaksanya belajar ala anak sekolahan tentu bukan hal yang manusiawi menurutku. Karena dunianya adalah dunia bermain. 

Perang Khandaq

Gambar
  Yuks Istirahat! Bismillah, Dalam kesempatan kali ini, saya ingin sedikit menulis tentang sekelumit kisah tentang perjalanan hidup Rasulullah. Yakni, secuplik episode di Perang Khandaq.

Sepenggal Kisah di Perang Uhud

Gambar
  Harga Sebuah Kemerdekaan : Budak Pembunuh Hamzah Apa yang ada dalam pikiran kalian saat mendengar kata merdeka? Atau saat ini apakah kalian sudah merdeka? Atau apakah arti merdeka itu sendiri? Ya! Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, merdeka artinya bebas, lepas dari tuntutan, tidak terikat atau tidak tergantung kepada orang atau pihak tertentu. Sederhananya, merdeka itu merasakan perasaan bebas, tidak terikat oleh apapun. Apalagi jika dia hanya seorang budak. Merdeka adalah hal berharga bagi mereka.