Postingan

Belajar Pola Asuh dari Kdrama Its Oke Not To Be Oke

Gambar
Belajar Dampak Pengasuhan dari Kdrama Its Oke Not To be Oke Bagiku yang bukan pecinta drakor. Memilih dan memilah drama mana yang ingin aku tonton memang agak sulit. Mengingat banyaknya judul kdrama yang tayang dan hampir bersamaan. Kecuali, kalau dramanya mengandung nilai parenting atau bertema keluarga.

Kunci Mewujudkan Pola Asuh yang Tepat

Gambar
  Anak Bukan Ajang Pembuktian "Anakmu tidak untuk membuktikan apapun!" Yup! Jadi ceritanya beberapa waktu lalu ikutan salah satu webinar tentang pola asuh yang tepat. Caption yang di atas  adalah pernyataan beliau. Tertohok uey! Serius! Dan yang nampol-nampol tuh penjelasan si pemateri berkaitan keseharian kita yang tanpa sengaja itu menciptakan "kenangan tak menyenangkan" bagi anak. Tentu hal ini akan terbawa saat mereka dewasa.

Pengantin Kecil

Gambar
  "Daniyah, kamu gak belajar buat persiapan lomba apa itu?" tanya mamak membuyarkan lamunanku sambil terus bersolek di depan cermin. "Lomba?" Daniyah  berusaha mengingat. "Oh iya, lomba siswa berprestasi, Mak," kata Daniyah tak bersemangat. 

Pesan Bapak

Gambar
  . Pesan Bapak Cerita anak dari pinggiran; Pesan Bapak Aku Bintang.  Kata Bapakku, nama adalah doa. Kedua orangtuaku berharap kelak aku bisa bersinar seperti bintang. Meski tampak kecil sebenarnya bintang adalah benda langit yang bisa memancarkan cahayanya sendiri. Bapak pernah berpesan, "Bintang teruslah semangat belajar, ya Nak!"  Wajah bapak yang selalu tersenyum menjadi motivasi besarku mengejar cita-cita.  Bapak ingin aku menjadi anak perempuan yang mandiri, tangguh, dan tak mudah putus asa.

Alasan Tak Suka Membaca dan Cara Mengatasinya

Gambar
  Buku adalah duniaku Aku Gak Suka Baca Buku "Males ah, baca. Ceritain aja" "Tiap kali baca buku tuh ngantuk. Apalagi yang nonfiksi" Oke, mungkin masih banyak lagi argumen yang bikin kamu gak mau nyentuh buku alias membaca. Aku pribadi sih oke oke aja buat yang gak suka membaca. Hak tiap orang apalagi tipe audiotori kan ya? Mendengar lebih nyaman buat dia. Eh, tapi yuks kita kuliks dikit-dikit deh. Apa yang membuat orang jadi males baca buku?

Bermain Bebas Vs Bermain Terstruktur

Gambar
  Bermain Bebas Vs Bermain Terstruktur   Oleh Hamimeha Memahami kebutuhan anak usia dini yakni bermain. Membuat kita sebagai orang tua perlu memberikan fasilitas yang memadai. Tak harus mahal atau beli di toko mainan yang bisa menguras budget keuangan rumah tangga. Karena bermain pada dasarnya bebas saja. Zaman dulu, dengan area terbuka luas dan alam yang masih menyediakan berbagai tantangan bagi anak, secara alami telah melakukan stimulasi tumbuh kembang anak dengan bermain bebas.

Bermain itu Penting

Gambar
Tulisan ini aku dedikasikan buat membangun kesadaran tentang fitrah dunia anak yaitu bermain. Bermain itu penting berlaku untuk anak usia dini ya. Yuks sini kita baca pelan-pelan. Fenomena sekitar kita! "Aduh, main terus kapan belajarnya?" "Main, main, main saja! Kalau belajar males!" "Daripada main belajar sana!" "Belajar lebih penting daripada bermain" Atau kasus anak usia 3 tahun sudah sibuk ikut les ini les itu.  Anak diajari membaca atau menulis sejak dini khawatir nanti gak bisa dibanggakan atau kalah dengan anak yang lain. Dan lain sebagainya.