Sekilas Hamimeha



Bismillahirrohmanirrohim,


Hai Sobat Hamim,

Alhamdulillah, maturnuwun sudah berkenan mampir di rumah aku. Hamimeha; Ruang berbagi dan bercerita. Sudah berkunjung ke postingan apa saja? Parenting, literasi, atau keseharianku?

Eits, belum sempat kemana-mana ya? Hehehe, oke sebab tak kenal maka ta'aruf (kenalan) ya kan? Makanya mampir sini. Siapa sih pemilik rumah berpintu biru? Hehehe, sekilas hamimeha.

Yukslah mari!
Sekilas tentang aku, Hamimeha


Sekilas hamimeha

Tentang aku-Hamim-eha


Yup!

Langsung saja ya, teman online mengenalku dengan nama Hamimeha--Hamim-eha. Hamim itu panggilan dari nama panjangku yaitu Hamimah Turrohmah. Mau tahu artinya? Teman yang baik dan penyayang ciyeeeee hehehe.


Eha?

Hahahaha, itu keisenganku semasa sekolah dulu bikin singkatan. Aku berkhayal suatu hari aku akan menjadi seorang penulis yang dikenal dengan nama eha. Sebenarnya cara nulisnya bukan e ha a. Tapi 3 h a, 3 menunjukkan aku sebagai anak nomor 3. H adalah namaku. A ada deh hwkaka.


Duh gak penting banget. Maaf ya pemirsa. Lanjut ya, beberapa orang mungkin mengira kalau Hamim lebih umum digunakan untuk anak laki-laki. Iya sih, itulah aku suka hahaha. MACHO. Selain itu, Ha-Mim adalah salah satu huruf Muqatta'ah dalam Alquran. Saat ada orang panggil namaku jadi berasa kayak dengae orang baca ayat Al quran. Kerenkan?!


Nah, perpaduan Hamimeha ini aku sematkan saat pertama kali membuat aku facebook. Saat itu tahun 2009, kali pertama aku mainan media sosial, eh keterusan semua akun media sosialku bernama Hamimeha. Kecuali alamat emailku, neng3ha.


Oh ya, aku ini sebenarnya anak daerah. Lahir di salah satu desa kecil di Pulau Garam. Sayangnya, hanya numpang lahir. Aku turut serta kedua orang tuaku sebagai perantau di Kota Santri. Sekolah dari tingkat dasar sampai atas di kota tersebut. Jadi, aku keturunam suku apa?


Kemudian melanjutkan belajar di tingkat perguruan tinggi negeri di Kota Pahlawan. Bekerja di Kota Bonek hingga dapat jodoh orang situ juga, tapi dia bukan aliran bonek hahaha. Alhamdulillah, dikaruniai duo sholihah. Bahagia sekali! Barokalloh!


Nah, sekilas tentang aku si pemilik rumah ya sobat. Jadi, kalau lagi berkunjung atau lewat Suramadu bisa mampir ke rumah di dunia nyata kami hehehe.




Oke lanjut ya, cukup sekilas tentang aku. Berikutnya, aku mau ulas sekilas tentang rumah onlineku. Cuss yuks!

Tentang Hamimeha | Ruang Berbagi & Bercerita


Ketika membuka halaman muka, Hamimeha akan menyuguhkan tampilan plakat dengan warna dominan putih dan biru. Ada ilustrasi perempuan berkacamata menggunakan earphone dikelilingi pena dan buku. Sebenarnya, saat membuat design tersebut mewakili tentang si pemilik rumah. Kira-kira sobat Hamim bisa nebak gak?

Oke lanjut yuks!

Hamimeha.com

Sejujurnya, aku tidak sengaja melakukan branding dengan nama "hamimeha". Sebab aku iseng aja, menggabungkan nama panggilan kesukaanku yakni "hamim" dan "3ha" yang aku pelesetan jadi "eha".

3ha artinya apa? Ada deh! Hehehehe.

Nah, pas bikin blog berTLD kemarin langsung menggunakan nama "hamimeha" lagi. Sebab sudah dikenal dengan nama tersebut. Jadi memudahkan untuk mengingatnya. Kedua, di google search belum ada nama hamimeha hwkakak. Jadi, namaku masuk one page donkz. (Aku gak tahu ini berkah apa musibah, tapi seneng aja).


Dengan segala kealay-anku masa dulu. Lahirlah nama "hamimeha" agar mudah diingat kujadikan sebagai nama akun di seluruh media sosialku. Gitu aja sih! Intinya, aku lebih suka dipanggil hamim soalnya macho. Hwkaakka.

Header & profil nuansa biru



Header Hamimeha

Yup!

Blue lovers. Apakah ada yang samaan?

Aku pecinta warna biru dengan segala turunannya. Namanya juga rumahku jadi mau aku hias ya suka-suka aku ya hehhee. Jangan bosan dengan kombinasi biru putih ya di sepanjang menyusuri rumah ini. Itu aku banget tapi belum tentu buat kamu hehehe.


Ibarat rumah, header ini semacam pintunya. Sobat Hamim akan mudah mengenali si empunya melalui headernya. Rumah ini berisi tentang ilmu, inspirasi, dan hikmah yang dibagikan dan diceritakan oleh pemiliknya. Seputar apa? Kita akan kupas di ulasan selanjutnya.

Sederhana dan bermanfaat, sejujurnya ini adalah tagline dari rumahku. Meskipun aku alay. Sejatinya jiwaku sederhana. Setiap orang yang mengenal aku secara penampilan dan keseharian akan mengidentikkan aku sebagai orang yang apa adanya.

Pun, dengan tulisanku. Ini yang mendasari aku menggunakan tagline "Sederhana dan Bermanfaat". Aku ingin menulis hal-hal yang sederhana tapi bermanfaat buat banyak orang. Misal, cerita sehari-hari. Mungkin cerita tentang kegagalan masak tempe. Tapi dari masak tempe ini bisa diambil hikmahnya apa.

Alasan lain, sebab ilmuku pas-pasan sih. Jadi harapannya aku menulis yang orang lain bisa memahami dengan baik bahasa sederhana yang aku buat. Sederhana, bukan berarti apa adanya ya. Sebab prinsipku, tulisan itu harus bisa dipertanggungjawabkan. 😁 Maka akan semakin terasa manfaatnya.


Ada ilustrasi pesawat kertas, itu simbol send kalau di IG ya kan? Artinya pesan itu bisa di-share ke siapapun yang membutuhkan. Boleh! Asal dicantumkan sumbernya hihihi. Ada bunga itu untuk mempercantik saja sih, buat penanda Hamim itu cewek ya hahaha.


Nah, profil. Ada ilustrasi di sisi kiri. Perempuan berhijab menggunakan kacamata dan earphone. Itu emang aku banget secara tampilan fisik. Lha, kan emak-emak? Tapi kan berjiwa muda hahaha. Di kelilingi pena dan buku, itu menunjukkan passionku. Lalu tulisan setengah melingkar bawahnya?




Profil Hamimeha


Karakter Diri bukan Sekadar Reputasi itu adalah motto hidup aku. Aku menyematkan ini menjadi judul sebab kebutuhan SEO hwkaka. Sebab hamimeha terlalu singkat, tapi aku memang menuliskan motto ini di header blogku sekarang. Motto hidup ini akan menjadi pengingat buat aku. Saat ngeblog nanti harapannya aku selalu ingat dengan motto hidup ini.

Karakter diri, aku harus tetap menjadi diri sendiri dengan segala prinsip yang aku pegang. Meski akan ada banyak godaan di suatu saat nanti. Khususnya popularitas dan ingin dilihat termasuk prestasi. Aku harus bisa menjaga karakter baik yang sudah dibangun, gitu sih. Motto hidup ini aku pegang sejak lama.


Ruang-ruang di Hamimeha


Aku menganalogikan blog ini ibarat rumah. Dan rumah ini akan menyediakan banyak ruang buat aku. Ruang berbagi dan bercerita. Inilah meta deskripsi yang aku pilih untuk kusematkan di blogku.

Kayaknya udah umum ya?
Iya sih, tapi kan ada kelanjutannya.

"Ruang berbagi dan bercerita; serba serbi literasi, keseharian, dan parenting."

Harapannya, spesifikasi yang aku sematkan diakhir akan memudahkan pembaca ataupun google mengenal blogku. Hihihi.

Tapi lebih dari itu, aku mengembalikan lagi pada tujuan aku ngeblog sih. Self healing buat aku pribadi dan berbagi untuk orang lain.

Kalaupun nanti aku dapat "job", maka harapannya job itu tak jauh-jaih dari "feel" blogku. Aamiin. Semoga semoga semoga!


Nah, lanjut ke isi rumah. Jadi, ada tiga ruang besar dalam kategori isinya. Parenting, literasi, dan keseharian. Allhamdulillah sejak awal ngeblog di tahun 2020. Aku memang berharap blog ini menjadi media aku buat mengasah skill menulis. Inilah alasan aku mengangkat subtopik literasi.

Ruang Literasi. Tak hanya menulis sih, pokoknya serba-serbi kepenulisan, resensi buku, berkisah, seputar buku, review film, dan lainnya yang berkaitan dengan literasi. Mungkin suatu saat jika aku ikut seminar atau sedang menimbal ilmu, aku bisa berbagi ilmunya juga lewat blog ini.









Ruang belajar dan berbagi menjadi orang tua



Ruang Parenting, ini tema yang memang sedang aku tekuni. Sejak awal menikah tepatnya sih bekerja sebagai pengajar. Aku belajar banyak hal tentang dunia pengasuhan. Saat menjalani peran sebagai orang tua, aku semakin berminat belajar lebih dalam tentang parenting. Inspirasi menulis topik ini biasanya lahir saat membersamai duo sholihah.

Nah, inilah alasan aku pilih topik ini. Harapannya sih bisa berbagi sekaligus mengedukasi. Betapa mirisnya pola asuh yang masih berlaku di masyarakat kita. Keprihatianan inilah yang mengusikku untuk sedikit berbagi tips parenting baik dari seminar, buku, atau bahkan yang sudah aku praktikan bersama anak-anak.

Tak hanya di blog, aku juga berbagi di facebook, instagram, wa status juga. Dalam rangka jangkauan pembacanya banyak. Tapi gudang ilmunya di blog ini.

Ruang Keseharianku. Related dengan subtopik parenting, kalau topik keseharian ini semacam ladang curcol sih hwkakaka. Aku bakal mengulas apapun yang berkaitan dengan keseharian dan itu mengandung hikmah. Misal, tips masak buat pemqula, menuju rumah minimalis, dan lain sebagainya.

Aku merasa belum menguasai penuh bidang khusus. Maka aku gunakan niche lifestyle alias gado-gado ini untuk tema blogku. Gado-gado yang terarah aku menyebutnya#tsah.

Semoga ke depannya, pelan-pelan bisa lebih fokus dengan satu tema yang spesifik. Aamiin.


Seputar Aku (Catatan pencapaian)

Adu duh, sejujurnya masih perlu banyak belajar lagi dan lagi. Namun Allah Maha Baik membesarkan hatiku agar lebih bersemangat menorehkan karya. Melalui pencapaian-pencapaian yang telah kulakukan semoga semakin membuatku menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Sejujurnya gak ada maksud pamer. Tapi orang akan mengenal kita jika mereka tahu sejauh apa sih kredibilitas kita#tsah. Blogkan bisa jadi portofolio kita juga hahahaha.

Siapa tahu ada yang butuh narasumber atau sekedar pemateri buat sharing sesion#eh. Salah satu caraku berbagi dan bercerita di dunia nyata. Aku jabarin nih sedikit pencapaian kecil yang aku dapat di 5 tahun terakhir.
-Achievement -


Pencapaian 2020



2016

●Finalis olympiade matematika kategori guru tingkat nasional oleh KMNR

●Juara II Lomba Video pembelajaran oleh YUI Surabaya
●Juara II Pantun oleh YUI Surabaya

2017

●JUARA I LOMBA BERKISAH oleh YUI Surabaya

2019
● Juara I 30 hari berkisah di Facebook oleh KCA

2020
● Juara III lomba essay UMMA X FLP Surabaya
● Tulisan 5 besar terbaik cerita mini oleh FLP Jatim
● Juara II lomba kisah inspiratif hari ibu oleh PKS Surabaya dan nulis bareng Bu Reni

2021

● Juara I Tantangan Pekan Menulis oleh FLP Surabaya
● 10 antologi terbaik milad FLP tingkat nasional

-Karya di kepenulisan-

● Menulis 11 Buku Antologi sejak tahun 2018 -2021
● Kontributor di Suara muslim dan IDN Times 2019 -2020


-Ruang berbagi-

● Sebagai Pemateri di Kulwap Bermain Seru Bersama Ibu|| 2020 oleh KCA

● Sebagai Admin dan moderator di Kelas Online menulis cerita anak || 2021 oleh FLP

● Sebagai pemateri di kulwap Bermain untuk Belajar || 2021 komunitas ibu bahagia


" Menghargai pencapaian sekecil apapun salah satu bentuk mencintai diri sendiri."



Alhamdulillah, selesai selayang pandang sekilas tentang Hamimeha dan Ruang Berbagi-nya. Ada yang mau ditanyakan? Kita nongki yuks! Hehehe.




Boleh temui aku di instagram atau facebook juga.

Posting Komentar