=Hamimeha

Belajar Desain dengan Canva, Mudah dan Praktis!

25 komentar
Belajar desain canva mudah dan praktis
Hai Sobat Hamim, semoga sehat selalu ya!

Kali ini aku mau sharing tentang sebuah aplikasi yang saat ini sedang naik daun. Pasalnya, aplikasi ini banyak membuat orang yang tak bisa bikin poster tiba-tiba mendadak jadi jago bikin berbagai macam flyer.

Eits, aplikasi apa itu? Ini dia, Canva. Rupanya memang belajar desain dengan Canva mudah dan praktis. Terbukti, aku butuh waktu satu bulan belajar fitur-fiturnya dan alhamdulillah semakin ke sini membuatku bisa eksplore lebih banyak. Khususnya untuk aktivitas ngeblog yang aku jalani.

Tak hanya membuat flyer bahkan aku membuat ilustrasi sendiri untuk cerita anak yang aku tulis hanya dengan Canva. Nah, tak berlama-lama deh. Yuks simak ulasanku berikut ini!

Seputar Tentang Canva

A. Apa itu Canva

Canva adalah platform desain grafis yang bisa diakses melalui web ataupun aplikasi yangmana digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya.
Layanan Canva ada yang gratis dan berbayar biasa disebut Canva Pro.
Platform desain ini bisa digunakan jika kita mendaftar terlebih dahulu. Caranya mudah, masuk ke web atau instal app canva lalu daftar lewat fb atau akun email kita. Ikuti isian data yang ada, lalu jadi deh!

Sayangnya, tools design dengan dominasi warna ungu ini hanya bisa digunakan jika kita terhubung dengan internet sinyal kuat. Jadi, pastikan wifi atau inet kenceng ya Sobat Hamim.

B. Tujuan Canva

Seputar tentang canva
Dilansir dari canva.com menyebutkan bahwa Canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android.

Intinya, Canva ini memudahkan urusan kita dalam urusan mendesain menggunakan fitur yang mereka sediakan. Bagi yang tak pandai design jadi bisa membuat design sendiri versi kita lho! Karena belajar desain dengan canva mudah dan praktis itu terbukti untuk aku.

C. Manfaat Canva

Canva adalah alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun.

Saat ini canva terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya. Manfaat hadirnya canva jelas memudahkan kita membuat design dalam bentuk apapun. Seperti membuat flyer, template media sosial, blog, presentasi, mempercantik foto produk bagi pebisnis bahkan vidio pendek.

Lebih Dekat dengan Canva


Nah, saat ini kita akan fokus pada bagaimana memanfaatkan canva dalam membuat template agar memudahkan kita membuat poster yang menarik. Tak hanya itu, kita juga bisa menggunakan canva untuk mendukung penampilan media sosial kita. Seperti feed di instagram, IG story, bahkan reels.

A. Mengenal fitur Canva

Platform design besutan Melanie Perkins--yang sebelumnya juga mendirikan Fusion Books, penerbit buku ternama di Australia--ini muncul pertama kali 1 Januari 2012.

Kemudian semakin berkembang di 7 tahun terakhir dengan tambahan fitur-fitur baru di dalamnya. Namun, untuk pembuatan flyer sederhana minimal kita harus tahu fitur dasar yang ada di Canva yaitu:

a. Canvas

Ini adalah kertas kosong yang akan kita gunakan untuk mendesain nantinya. Adapun canvas ini terdapat berbagai pilihan ukuran disesuaikan kebutuhan.

Saat ini ada puluhan pilihan ukuran template yang disediakan oleh canva sehingga bisa langsung kita gunakan. Namun jika kita ingin membuat ukuran sendiri pun bisa pakai fitur custom size.

Jadi kita bisa membuat kanvas dengan ukuran sesuai kebutuhan.

b. Mengenal bagian di Dashboard

Pertama, dashboard di home awal kita membuka canva. Kita akan disuguhi pilihan berbagai template dengan ukuran yang sudah disediakan.

Ada menu utama yang menghubungkan kita ke profil serta desain-desain yang sudah kita buat.

Kedua, dashboard di kanvas kosong

Kita akan disuguhi fitur-fitur yang menjadi pendukung saat mendesain seperti:

● Template : Pilihan berbagai macam template ready to use sesuai ukuran size canvas yang kita pilih

● Element : Berisi tentang pernak-pernik elemen berupa garis, shape, dan lain-lain. Kunci dari elemen ini ada di kata kunci.

● Text : Untuk pilihan font baik jenis dan ukurannya.

● Galeri : Untuk menghubungkan dengan file yang tersimpan di galery hp kita. Misal gambar, foto, atau video.

● Upload: Adalah semacam folder yang menampung file-file yang pernah kita pakai dari galeri untuk desain-desain kita sebelumnya.

● Poto : Gambar-gambar yang disediakan oleh Canva

● Logo : Logo Brand yang kita punya. Sayangnya hanya bisa berfungsi jika kita menggunakan canva pro.

● More : Berisi berbagai macam fitur yakni diagram maupun chart serta integrasi dari canva ke beberapa aplikasi lain seperti instagram.
Fitur-fitur Canva

Ketiga, dashboard saat kita mendesain.

Fitur ini muncul saat kita membuka kanvas kosong. Ada pilihan delete, duplicate, edit untuk text, crop, flip, colour, menu format font, animate, transparency, posisi, nudge, info, comment, link, dan lock.

Secara pribadi akupun tak banyak menggunakan semua fitur tersebut. Hanya beberapa saja. Khususnya 10 fitur dari edit sampai nudge.

Nah, Sobat Hamim tampilan fitur ini rupanya letaknya berbeda jika dibuka menggunakan hp dan laptop. Namun secara fungsi sama persis.

B. Cara mendesain pakai Canva

Oke, kita memasuki sesi bagaimana membuat desain dengan Canva. Sebagaimana pemaparan di atas bahwa Canva sudah menyediakan berbagai macam template sebenarnya kita bisa pakai dua cara saat ingin mendesain. Yaitu:

Pertama, jalan ninja

Jalan Ninja di sini maksudnya adalah menggunakan template yang ready to use. Kita tidak perlu repot membuat template dari dokumem kanvas kosongan. Meski demikian agar terlihat hasilnya lebih ciamik ada tips dari aku nih sobat Hamim. 

Tips Jalan Ninja belajar desain canva mudah dan praktis!

●Pilih template yang dibutuhkan

● Permak sesuai kebutuhan

●Hiasi agar lebih cantik dengan elemen

●Save sesuai ukuran yang dibutuhkan

Kabar baiknya, satu desain bisa disimpan menjadi berbagai ukuran. Sayangnya hal ini hanya berlaku bagi pengguna canva pro. 

Kedua, jalan manual

Cara ini ditempuh jika memang kondisi kita tidak terburu-buru dan ingin mendapatkan flyer sesuai selera kita. Namun sebenarnya kita bisa juga mendapat inspirasi dari template yang ada lalu kita menirunya juga bisa, jadi tidak benar-benar mulai dari nol.

Dari segi waktu memang butuh waktu lebih lama sebab kita mendesain flyer dari kanvas kosong dan menatanya satu per satu. Kelebihannya kita bisa mendesain sesuai kebutuhan dan selera kita.

Alasan Belajar Mendesain dengan Canva Mudah dan Praktis

Sesuai dengan tujuan dari kehadiran Canva 8 tahun lalu. Bahwa aplikasi ini memudahkan orang-orang untuk mendesain sendiri secara online. Apalagi Canva ini juga concern dibidang pendidikan disebut Canva untuk pendidikan yang bisa diakses secara gratis oleh pelaku di bidang tersebut.
Alasan  belajar desain dengan canva mudah
Oke, adapun alasan belajar mendesain dengan canva mudah dan praktis karena:

1. User friendly. Aplikasi berwarna ungu ini sebenarnya cukup mudah diaplikasikan. Sebab fitur-fiturnya cukup mudah digunakan sebagaimana  menulis di dokumen lain

2. Menghadirkan banyak pilihan template sesuai kebutuhan masa kini misal template akun medsos dll.

3. Kaya akan elemen. Bisa dibilang canva ini mudah dipakai karena elemennya banyak. Halnini membuat kita tak perlu pusing untuk menggambar dari nol. Artinya cukup dengan mengetahui kata kunci yang ingin dipakai dan menemukan elemen yang tepat

Beberapa teman menyampaikan bahwa Canva ini semacam keahlian menempel elemen. Meski demikian adanya namun menempel elemen pun membutuhkan kreatifitas dan jam terbang yang tinggi untuk bisa menjadi ahli desain dengan Canva

Jadi, jangan meremehkan mereka yang mendesain pakai Canva ya Sobat Hamim!

4. Fitur yang semakin lengkap dan terus berinovasi.
Hal ini terbukti dari template yang disediakan oleh canva juga mengikuti perkembangan kekinian. Dulu belum ada template untuk reels. Beberapa waktu lalu muncul untuk reels.

5. Menyediakan berbagai pilihan bentuk file penyimpanan. Muali dari png, jpg, pdf, ppt, mp3, dll. Meski hanya bisa dilakukan bagi pengguna Canva Pro. 

Yuk Praktik Belajar Desain dengan Canva

Nah, saatnya untuk praktik. Sebab semua teori akan menguap tanpa eksekusi. Namun sebelum itu perlu kita pahami hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat flyer.

Tujuh Pertimbangan sebelum mendesain:

1.Pastikan siapa target pembaca flyermu

2. Tentukan info apa saja yang akan ditonjolkan

3. Perhatikan pemilihan warna
 Jika mewakili sebuah instansi atau brand dengan brand warna tertentu sebaiknya disamakan atau mendekati warna tersebut agar menguatkan brand awarenessnya. 

4. Gunakan maksimal tiga jenis font berbeda

5. Jangan boros kata atau kalimat 
Gunakan kata atau kalimat yang singkat dan jelas. 

6. Gunakan simbol jika diperlukan

7. Susunlah tata letak dengan rapi sesuai informasi yang ingin disampaikan ke pembaca

Tarraaa, saatnya praktik.

Yuks Bikin Template dengan Canva

Nah, Sobat Hamim bisa menyimak tutorial membuat desain sederhana berikut ya. Pada dasarnya untuk ukuran template apapun ukuranya, langkahnya adalah sama.  Yuk cuss klik video di bawah ini.

Selamat mencoba dan buatlah desain keren versi kamu!

Yang mau langganan canva pro murah cuss langsung daftar ya! Klik link GoDesign
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

25 komentar

  1. Dulu aku anti Canva banget, gatau kenapa šŸ˜‚ sekarang malah ketagihan wkwk

    BalasHapus
  2. Dulu aku anti banget sama design grafis, apa-apa pakai jasa temen atau kalangan professional untuk buatin poster atau flyer. Semenjak tahun Canva dari tahun 2020, sekarang lebih sering pakai canva untuk bikin-bikin flyer, poster, dan featured image di blog. Meski demikian aku masih tipe yang pakai Jalan Ninja nih, wkwkw

    Sering lihat postingan Mba Hamim tentang belajar canva bareng, kalau nanti waktunya pas, mau ikutan juga

    BalasHapus
  3. Canva adalah jalan ninjaku, jadi pengen langganan canva pro deh

    BalasHapus
  4. Aku pribadi merasa terbantu banget dengan hadirnya canva. Apalagi aku tuh ga jago bikin ilustrasi menarik, template, dan pilihan elements nya bagus-bagus ya canva. Mudah-mudahan makin banyak yg gratis hehehe

    BalasHapus
  5. Dengan canva kita lebih mudah mendesain, lebih praktis,
    cuman itu kadang2 ada template yang kita suka tapi pro,...

    Tapi bicara canva, cara bikinnya mbak Hamim mantep

    BalasHapus
  6. Saya baru langganan Canva Pro pake sistem sharing sama temen. Soalnya butuh banget template yg premium dan pilihan download file yg kualitas tinggi. Desain2 jadi makin mudah dan tetep ciamik.

    BalasHapus
  7. Sejak 2020 aku belajar pakai Canva. Pelan2 lama2 bisa karena terpaksa harus bisa hahahahaa....Hasilnya bagus jadi semangat deh.

    BalasHapus
  8. Awal pakai canva aku yang gak bisa desain sekarang makin candu bikin desain apa2 pake canva, hehehe benar banget orang yang gak suka desain pun jadi dibuat suka ya mba...

    BalasHapus
  9. Daku juga seneng pakai Canva, karena templatenya unik-unik.
    Kalau pun ada yang gak pakai template, kita bisa eksplorasi sendiri, dengan hal yang disuka sambil mengasah kreativitas

    BalasHapus
  10. Aplikasi desain favorit banyak orang, saya pun suka menggunakannya. Mudah dipelajari dan digunakan, apalagi sejak pakai Canva Pro, semakin kaya dengan beragam desain menarik. Anak perempuan saya sering menang lomba desain karena menggunakan Canva.

    BalasHapus
  11. Canva ini aplikasi oertama saya belajar deain. Awalnya buat cover blog lama-lama ketagihan main Canva dan semua saya edit pakai Canva. Hehe

    BalasHapus
  12. Dengan adanya canva,urusan desain mendesain makin mudah. Meskipun saya masih belum lancar. Suka bingung milih keywordnya hahaha.

    BalasHapus
  13. Canva adalah aplikasi design favorit saya. Dulu taunya canva tuk bikin IG story yg bagus.

    Semakin sekarang jadi tau kalau canva manfaatnya bgt. Sama kayak kak Hamimeha, saya juga suka pake canva tuk menambah ilustrasi di blog. Selain itu juga suka bikin template di canva tuk vikin video di tiktok. Mpe skrg masih pake yg free, agak penasaran jg beralih ke pro biar gada batasan.

    BalasHapus
  14. Tau canva sejak mulai blogging, dan sangat membantu banget buta bikin desain grafis :) . Meski masih pakainya yang gratisan šŸ¤­.. Dan dibanding dengaan aplikasi lain, canva paling praktis, mudah di gunakan, banyak pilihan .. pokoknya oke banget lah

    BalasHapus
  15. Kawanku pernah bikin ebook buat anak-anak pake Canva. Ilustrasinya kalau pro emang banyak banget jadi bisa menunjang desain kita.

    BalasHapus
  16. Canva is the best... Sangat user friendly. Saya gak pernah melirik aplikasi lain setelah kenal Canva. Tapi entahlah, mungkin karena sifat dasarku yang memang "lelaki setia" ya ?

    BalasHapus
  17. sejak kenal canva, saya jd jarang gunakan photoshop/coreldraw.. untuk kebutuhan blog saya skrg lebih sering menggunakan canva, lebih praktis apalagi kalau punya akun premium sangat membantu banget.

    BalasHapus
  18. Luvv banget emang Canva ini. Pertama kenalan pas jadi admin di komunitas OWOB, Mbak. Sekarang, kecanduanšŸ„°

    BalasHapus
  19. Sebelum mengenal Canva, Bunda biasa buat flyer pakai photoshop, walau gak terlalu menguasai, tapi lumayan. Hanya saha, photoshop bari lancar kalau pakai laptop. Setelah kenal Canva. Bunda gak pernah lagi buka photoshop. Apalagi Canva bisa dibuka dan dikerjakan dari HP.

    BalasHapus
  20. Canva emang enak banget buat yang ga jago desain, tinggal ambil template yang ada..beres deh. Aku terkadang bisa lupa waktu saat ngedesain pake Canve ini lho mbak!

    BalasHapus
  21. canva sangat ramah buat siapapaun ya mbak. jadi senang dengan kehadiran canva, yang dulunya mikir biar pintar photoshop sekarang wis kendor keinginan itu.

    BalasHapus
  22. Pertama menggunakan canva beberapa tahun lalu, masih baru-barunya gegara lagi di luar ga ada laptop dan butuh penyelesaian flyer lembaga secara cepat. jadilah nganva

    BalasHapus
  23. Hasil kreasi canva nya mba Hamim keren nih..
    Jadi pingin privat sama mba Hamim.. Hehee

    BalasHapus
  24. awalnya aku pesimisbisa pakai canva, eh ternyata seru juga ya kaya maenan, bisa lupa waktu akunya wkwkwkwk

    makasih penjelasannya ya mba jadi tambah kenal deh ama si canva

    BalasHapus
  25. Jadi nostalgia. Aku pertama bgt pake canva itu 2017 awal. Kayanya pas itu dapet kulwap pas join reseller produk Tigaraksa & Mandira. Sejak itu sering pake, semakin sering lagi pas join tim desainer suatu komunitas. Aku berterimakasih bgt sama canva ini :'( nggak tau lagi deh tanpa dia gimana dunia ber-digital-an jaman skg buat emak2 yg ga jago desain wkwk. Makasih mbak artikelnya ;)

    BalasHapus

Posting Komentar