=Hamimeha

Intip Modal Usaha Agen Minuman Kemasan, Cek Yuks!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Modal usaha agen minuman kemasan
Suatu kali aku pernah ngobrol ringan beberapa teman berkaitan dengan air mineral yang kami konsumsi. Pasalnya, mengapa untuk minum air saja harus bayar. Bahkan jika kita berada di suatu tempat tertentu harga minuman kemasan yang sama bisa dibandrol dengan harga yang berbeda.

Nah, saat inipun aku mengamati mulai banyak agen-agen air minum kemasan. Baik dalam bentuk gelas mineral maupun galon. Termasuk tetangga yang pernah aku kenal saat ini dari toko kelontong maupun agen besar khusus air minum kemasan.

Jadi penasaran gak sih, berapa modal usaha agen minuman kemasan? Apakah membutuhkan modal yang besar untuk memulai menjadi agen minuman kemasan? Yuks kita intip di uraianku di bawah ini!

Modal Usaha Agen Minuman Kemasan

Menyoal tentang modal tampaknya selalu jadi momok bagi setiap pebisnis pemula. Padahal banyak juga lho usaha yang dimulai dari modal nol rupiah di era digital saat ini. Menjamurnya aplikasi berbasis web dan e commerce membuka peluang bagi siapapun untuk memulai bisnis mereka. Berawal dari dropshipper atau reseller seiring waktu akan naik level menjadi agen jika memang kita memiliki dana untuk membuka agen sendiri.

Nah, jadi berapa modal usaha agen minuman kemasan? Berdasarkan berbagai referensi menyebutkan ada beberapa produsen minuman lokal yang membutuhkan agen minuman kemasan yang bisa dijalankan tanpa modal. Biasanya, produsen yang memberikan keleluasan menjaring distributor tanpa modal berasal dari produsen brand-brand baru. Sehingga, merekrut agen baru adalah upaya mereka memperkenalkan brand mereka ke masyarakat luas.

Sedangnya, untuk beberapa brand minuman kemasan yang cukup terkenal maka tentu saja kita perlu menyiapkan dana yang memadai. Sebab banyak sekali persiapan yang harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha agen minuman kemasan. Termasuk menyiapkan gudang dan armada untuk proses distribusi.

Untuk rincian lengkap dari modal usaha agen minuman kemasan akan aku jelaskan lebih detail di ulasan selanjutnya ya Sobat Hamim.

Peluang Usaha Agen Minuman Kemasan

Awalnya aku berpikir “Cuma air saja kok mahal sih?”. Rupanya mindset ini bukanlah mental pebisnis. Sebab jika bicara peluang, setiap hal yang menjadi sebuah kebutuhan sejatinya bisa dijadikan bisnis. Sebagaimana di tempat keramaian, umumnya orang yang berkunjung di suatu tempat tersebut tidak membawa minum. Sedangkan bisa jadi saat itu dalam kondisi haus. Nah, inilah peluang bagi pedagang minuman kemasan keliling untuk menjajakan dagangannya. Tak hanya itu,fakta di lapangan permintaan terhadap minuman kemasan memang selalu banyak dan cenderung meningkat. Hal ini karena di dorong oleh gaya hidup masyarakat yang mulai memahami bahwa minuman kemasan lebih praktis dan dijamin lebih higienis.

Ditambah lagi, kemudahan dari produsen minuman kemasan kepada siapapun memiliki minat untuk menjadi distributor mereka.Asalkan memiliki gudang penyimpanan dan komitmen melakukan penjualan maka Sobat Hamim bisa mendaftar sebagai agen minuman kemasan. Jadi berapa modal usaha agen minuman kemasan?

Lengkap bagaimana cara mendaftar menjadi agen minuman kemasan aku jabarkan di langkah menjadi agen minuman kemasan di bawah ini!

Langkah Menjadi Agen Minuman Kemasan


Yuhuii, gak sabar ya detail modal usaha agen minuman kemasan berapa sih? Yuks kita mulai dulu dari langkah pertama yakni ketahui terlebih dahulu syarat menjadi agen minuman kemasan apa saja?

Pertama, ketahui syarat menjadi agen minuman kemasan

Sebenarnya tidak ada syarat khusus menjadi agen minuman kemasan. Namun umumnya mereka akan melakukan survey mengetahui kelengkapan untuk kelancaran bisnis minuman kemasan nantinya seperti tempat penyimpanan dan adanya media untuk mendistribusikan minuman kemasan ke pembeli nantinya.

Akan tetapi, jika Sobat Hamim ingin langsung menjadi distributor dari perusahaan produk yang ditargetkan, contohnya agen Cimory maka kita diminta untuk menghubungi kantor pusat mereka.

Kedua, pahami cara mendaftarnya

Yups, menjadi penting ya jika kita sudah memenuhi syarat menjadi agen suatu minuman kemasan. Langkah selanjutnya adalah segera daftar. Aku pribadi mengingatkan Sobat Hamim untuk mempersiapkan dengan baik ketika memutuskan agen usaha minuman kemasan.Meskipun di awal aku menyampaikan cukup mudah bahkan bisa tanpa modal.

Akan tetapi akan lebih baik jika kita menyimak kunci sukses adalah bergerak untuk mendapatkan orderan sehingga kita bisa menjual minuman kemasan dengan jumlah besar. Selain itu, tips agar bisa menghemat modal sebaiknya pebisnis memilih untuk bekerja sama dengan produsen utama karena memiliki potongan harga yang besar sehingga untung yang didapatkan pun lebih besar.

Nah, Sobat Hamim bisa mulai mendata agen produksi utama minuman kemasan, istilahnya survey kecil-kecilan. Melalui survey yang Sobat Hamim lakukan ini maka kita bisa mengetahui kualitas, jumlah, dan harga produk. Hal ini tentu dalam rangka mendapatkan harga yang masuk akal dan memungkinkanbagi Sobat Hamim untuk mendapat potongan harga jika membelinya lebih banyak. Hal tersebut sangat berguna bagi pebisnis yang memiliki modal usaha agen minuman kemasan yang terbatas.

Ketiga, pertimbangan modal menjadi agen minuman kemasan

Ohoo, bicara modal sebenarnya akan terbantu dengan langkah kedua yakni melakukan survey kecil-kecilan. Dari berbagai referensi yang aku baca dengan modal 10 juta maka kita bisa menyetok 40 minuman kemasan 330 ml lho. Dengan estimasi harga per kartonnya adalah Rp 105.000,-.

Selanjutnya, Sobat Hamim bisa menyetok lagi minuman kemasan botol 500ml berjumlah 40 karton dengan estimasi per kartonnya Rp175.000. Untuk minuman kemasan 250 ml juga bisa menyetok hingga 40 karton dengan estimasi per kartonnya Rp85.000.

Oke, untuk rinciannya yuks intip di ulasan di bawah ini!


Rincian Modal Usaha Agen Minuman Kemasan


Yupi, rincian modal usaha agen minuman yang coba aku paparkan adalah dalam skala besar ya Sobat Hamim.

Tabel 1 Rincian Modal Usaha Minuman Kemasan

No

Kebutuhan

Biaya

Keterangan

1

sewa ruko atau toko 

15000000

untuk sewa ruko atau toko berkisar antara 8.000.000 sampai 20.000.000 per tahunnya. Umumnya swa ruko adalah untuk penyimpanan produk.

2

Produk minuman

20000000

Asumsi dana ini adalah untuk membeli beberapa produk aqua, sosro,yasmin,teh pucuk,teh gelas yang merupakan primadona minuman dan sudah laku dipasaran

3

Armada

200000000

Asumsi untuk membeli kendaran untuk mendistribusikan minuman kemasan ke customer

4

Karyawan

6000000

Gaji 3 orang @2juta

5

Pajak

 

pajak, tergantung dari jenis usaha apa yang anda miliki, untuk agen termasuk usaha rumah tangga, cukup membayar 0.5% pertahunan dari keuntungan selama setahun.


Yups, rincian modal dengan agen skala besar itu adalan estimasi. Sobat Hamim bisa menyesuaikan lagi sesuai kebutuhan dengan kondisi modal yang Sobat Hamim miliki.
Bisnis itu Tentang Membaca Peluang

Wow, semoga aku tidak berlebihan jika sebenarnya bisnis memang tentang membaca peluang. Sebagaimana aku sampaikan di awal tulisan ini. Air yang biasanya kita minum secara gratis bahkan di zaman dahulu bisa langsung dikonsumsi dari sungai sekarang dikemas sehingga memiliki nilai rupiah.


Dalam hal ini, tentu bukan masalah besarnya modal usaha agen minuman kemasan yang perlu Sobat Hamim siapkan. Melainkan bagaimana upaya kita membuka peluang orderan sebanyak-banyaknya. Sebab semakin besar orderan akan berbanding lurus dengan keuntungan yang akan diperoleh.


Sumber :


[1] https://www.bangizaltoy.com/2020/03/modal-usaha-agen-minuman-kemasan.html


[2] https://www.marketuang.com/2019/11/rincian-biaya-usaha-agen-minuman.html

[3] https://modalkicil.blogspot.com/2016/01/peluang-usaha-menjadi-agen-minuman.html

[4] https://peta-hd.com/peluang-usaha-agen-distributor-minuman/
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Popular