=Hamimeha

Investor Harus Tahu! Ini Peran Manajer Investasi Reksadana

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Peran manajer investasi reksadana

Saat investasi reksadana, kamu akan selalu berhubungan dengan manajer investasi. Mengapa? Karena hampir semua proses investasi ini akan dikelola oleh manajer investasi. Mulai dari pengelolaan dana, hingga pemilihan jenis investasi untuk mengalokasikan dana investor.

Sayangnya, saat ini ternyata masih cukup banyak investor yang masih belum mengenal apa itu manajer investasi dan perannya dalam investasi. Karena itu, di sini akan kami berikan beberapa informasi mengenai manajer investasi lengkap dengan peran dan tugasnya dalam investasi. 

Apa itu Manajer Investasi?

Manajer investasi merupakan pihak profesional yang bertugas untuk mengelola dana investor dalam berbagai jenis instrumen investasi, mulai dari saham, obligasi, deposito, dan beragam produk investasi lainnya. Tujuannya yaitu agar para investor dapat meraup keuntungan dari investasi yang dijalankannya.

Secara singkat, manajer investasi atau MI ini bisa dikatakan sebagai pihak baik itu perusahaan atau perorangan yang sudah memiliki kewenangan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk melakukan semua tanggung jawab manajer investasi.

Peran dan Tugas Manajer Investasi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam investasi reksadana, manajer investasi memiliki peran dan tugas yang cukup penting. Memangnya apa saja tugas dan peran dari manajer investasi itu? Mari kita simak informasinya di bawah ini.

Pertama, Pengelola Aset Investor

Peran pertama dari seorang manajer investasi dalam investasi reksadana ialah sebagai pengelola aset para investor. Pada saat kamu melakukan pembelian reksadana dengan menanamkan sejumlah uang, maka uang tersebut selanjutnya akan dikelola oleh manajer investasi.

MI yang akan memutuskan untuk mengalokasikan dana tersebut pada instrumen mana, apakah saham, obligasi, atau pasar uang. Adapun untuk porsi alokasinya sendiri akan bergantung pada jenis reksadana yang kamu pilih.

Pasalnya, reksadana sendiri memiliki 4 pilihan produk investasi, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Kamu bisa memilih salah satu produk tersebut sesuai dengan profil risiko yang kamu miliki.

Kedua, Menentukan Instrumen Investasi yang Akan Dibeli

Saat kamu memutuskan untuk membeli investasi reksadana, secara tidak langsung kamu sudah menyerahkan keputusan pada manajer investasi untuk memilih dan menentukan instrumen investasi mana yang nantinya akan dibeli untuk mengelola dana investasi yang kamu tanam.

Tenang, semua keputusan yang mereka ambil tidak akan sembarangan. Tetapi berdasarkan data dan analisa yang telah mereka lakukan sebelumnya. Mereka akan memilihkan instrumen terbaik yang dapat memberikan keuntungan optimal bagi investornya. 

Jadi, kamu jangan merasa ragu dan khawatir karena dana investasi yang kamu tanam telah berada di tangan yang tepat. 

Ketiga, Penentu Jual atau Lepas

Manajer investasi merupakan pihak yang telah ahli dalam bidang investasi. Karena itu, mereka akan mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk mengambil langkah jual investasi reksadana yang kamu tanam.

Biasanya, saat mereka merasa kinerja reksadana berjalan kurang baik, salah satu keputusan yang diambil ialah menjualnya. Manajer investasi ini akan bekerja dengan baik untuk memberikan portofolio investasi yang memuaskan bagi para investornya.

Keempat, Memberikan Laporan Investasi

Tugas lainnya dari manajer investasi yaitu memberikan laporan kinerjanya pada investor. Investor akan mendapatkan laporan berupa hasil investasi reksadana yang selama ini telah dikelola oleh manajer investasi tersebut.

Untuk bisa mendapatkan laporan investasi ini, kamu bisa melihatnya melalui aplikasi manajer investasi yang saat ini kamu pilih. Beberapa informasi yang akan dilaporkan oleh manajer investasi biasanya berupa nilai unit rata-rata investasi, jumlah unit yang dimiliki, harga, hingga keuntungan investasi reksadana yang kamu dapatkan.

Investasi Bersama Manajer Investasi Profesional di digibank by DBS

Kini sudah tahu bukan, ternyata begitu penting peran manajer investasi dalam reksadana. Karena itu, kamu harus memilih layanan investasi yang menawarkan manajer investasi handal seperti digibank by DBS. Bersama digibank by DBS, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan menarik seperti di bawah ini.

Layanan investasi digibank by DBS

1. Aplikasi Paket Lengkap

digibank by DBS menawarkan cara investasi reksadana online yang sangat mudah. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan satu aplikasi saja, kamu sudah bisa melakukan berbagai transaksi dan kegiatan investasi.

Mulai dari daftar Single Investor Identification (SID), jual, beli, hingga switch investasi bisa kamu lakukan dalam satu aplikasi saja, yaitu Aplikasi digibank by DBS. Adakah yang mampu menawarkan cara investasi reksadana online yang lebih mudah dari ini?

2. Pilih 50++ Produk Reksadana

Hanya di digibank by DBS kamu akan menemukan lebih dari 50 pilihan produk investasi reksadana. Dengan demikian, kamu bisa memilih produk reksadana dengan lebih leluasa sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya. 

3.Kategori Produk Reksadana

Meskipun menawarkan pilihan produk yang banyak, investor tetap bisa menentukan pilihan investasi dengan mudah berkat bantuan 3 kategori dalam Aplikasi digibank by DBS. Kamu bisa memilih investasi yang sesuai melalui kategori skoring terbaik, terpopuler, dan kinerja terbaik.

4.Beli Secara Berkala dengan Fleksibel

digibank by DBS tidak main-main saat menawarkan cara investasi reksadana online yang mudah. Setelah memiliki SID, kamu bisa melakukan pembelian produk reksadana yang dipilih secara berkala dengan lebih fleksibel tanpa harus melakukan registrasi SID ulang. 

5. Mulai dari Rp100 Ribu

Siapa yang bilang investasi membutuhkan modal yang besar? Mungkin dia belum kenal dengan digibank by DBS. Investasi bersama digibank by DBS hanya membutuhkan modal awal Rp100 ribu saja. Dengan selembar uang merah ini, kamu sudah bisa memulai investasi bersama manajer investasi terbaik ini.

Apa yang sedang kamu tunggu? Investasi reksadana bersama digibank by DBS sudah pasti ditangani oleh manajer investasi yang ahli karena sudah terverifikasi oleh OJK. Tidak percaya? Mari investasi bersama digibank by DBS dan buktikan sendiri keuntungannya.


Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular