=Hamimeha

Challenge Kreasi Merah Putih, Ayam Ungkep Tanpa Santan Tetap Gurih!

45 komentar
Konten [Tampil]
Challenge kreasi merah putih
Hai Sobat Hamim!

Cung siapa nih yang suka masak? Jujurly, memasak adalah sesuatu yang challenging buat aku. Sebab sejak kecil memang tidak pernah dilibatkan dengan urusan dapur. Sehingga ketika proses menjelang menikah dulu pertanyaanku yang sempat aku ajukan kepada suami adalah “Apakah perempuan harus bisa masak?”

Bersyukurnya, doi memberi jawaban yang membuatku lega. Mau tahu jawabannya? Yups, simak ulasannya di ceritaku dalam menantang diri membuat masakan yang sehat untuk keluarga. Melalui challenge kreasi merah putih, ayam ungkep tanpa santan ini aku mencoba untuk lebih berani eksplore bahan ketika memasak.

Wah, bagaimana nih hasilnya? Yuks lanjutkan membacanya ya!

Tantangan Memasak Bagi Pemula

Yups Sobat Hamim, seperti ceritaku di atas. Urusan perdapuran memang baru aku pelajari setelah memasuki jenjang pernikahan. Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa langsung expert.

Nah, tantangan bagi orang yang baru belajar memasak adalah berani mencoba. Aku ingat awal mula belajar masak dari buku resep yang aku sengaja beli dengan harga fantastis.

Entah kenapa di tahun 2015 lalu aku tidak berpikir mencari di youtube ataupun aplikasi memasak yang mungkin mulai ada. Hal ini di karenakan aku lebih suka membaca teks book yang bisa dibuka kembali tanpa harus melihat layar.

Nah, selain berani mencoba, bagi pemula memang harus berani berkreasi. Yups, mungkin bahan sama tapi kreasi masakannya beda. Seperti bumbu merah, bumbu bali, dan lanjut ke balado. Ketiga bumbu ini hampir mirip bukan?

Contoh lain, kare, opor, ayam bumbu kuning dan olahan lain yang menggunakan santan. Semua masakan tersebut bahannya juga mirip. Nah, biasanya pemula itu memiliki kecenderungan kurang eksplore bahan.

Disebabkan masak berdasarkan panduan yakni resep orang lain. Biasanya, olahan masaknya disesuaikan resep tersebut. Padahal ada beberapa bahan yang bisa diganti untuk kebutuhan tertentu.

Kreasi Merah Putih Terinpirasi dari Ibu

Sejatinya, memasak itu sebuah keterampilan. Jika kita mau mengasah terus menerus maka akan semakin terampil. Ehm, hal inilah yang kemudian mendorongku untuk mencoba hal baru.

Apa itu stroke
Terlebih ketika kami mendapat kabar tentang ibuku yang divonis mengalami gejala stroke beberapa bulan lalu. Dan ternyata, pemicu terjadinya gejala stroke salah satunya karena makanan.

Jujur, kami kaget namun sekaligus menjadi pelajaran. Khususnya aku, sekarang jadi lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi sesuatu. Sebab apa yang kita makan akan menjadi investasi bagi masa depan.

Belajar dari kondisi ibuku yang memang pencinta makanan gurih membuatku jadi lebih aware dengan bahan-bahan yang aku gunakan untuk memasak. Sebab aku dan keluarga kecilku juga suka makanan gurih pada umumnya.

Untuk urusan dapur ini aku sering melakukan challenge dengan suamiku. Di akhir pekan biasanya dia ikut andil mengambil alih urusan dapur dan berkreasi dengan bahan yang ada.

Dan obrolan kami di bulan Agustus ini cukup menarik. "Mengapa di bulan Agustus sering ada lomba-lomba?" tanyaku waktu itu. Eh, doi malah menantangku untuk ikut lomba hahaha.
Alih-alih menuruti sarannya. Aku terpikir untuk membuat perlombaan versi aku dengan mengikuti challenge kreasi merah putih. Suatu hal yang menantang dengan goals merdeka belajar memasak hwkakaa.
Menariknya, usulanku untuk menantang diri memasak menu sehat disambut baik oleh suami. Dia memberi saran menu-menu yang praktis saja terlebih dahulu. Selain itu menu yang sebenarnya biasa aku masak. Hanya saja bisa lebih explore ke bahan.

Aku jadi teringat dengan ibuku. Salah satu pantangan bagi orang yang mengalami gejala stroke akibat darah tinggi adalah menghindari konsumsi santan. Bukan tanpa alasan, hal ini di karenakan kandungan lemak jenuh dalam santan disebut lemak jahat.

Sebab, lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. LDL yang berlebih di dalam tubuh dapat mengakibatkan penumpukan lemak di arteri. Ini bisa menghambat aliran darah ke jantung dan otak sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Terpikir ide masakan apa ya yang praktis dan selama ini menggunakan santan? Ada kare, opor, sayur manisa, dan ayam ungkep.

Aha, Ayam ungkep!

Menu favorit keluarga kami, selain praktis memang disukai oleh kebanyakan orang. Aku sering kali memasak ayam ungkep menggunakan santan agar lebih gurih. Selain praktis dan enak, ayam ungkep bisa dijadikan stok lauk.

Suatu kali, aku pernah memasak ayam ungkep tanpa santan. Meski tetap disukai namun kurang gurih dan dagingnya tidak empuk. Si anak sulung suka mengeluh jika ayamnya susah dipotong dan harus digigit terlebih dahulu.

Nah, ide ayam ungkep tanpa santan kali menjadi challenge kreasi merah putih bagiku di bulan kemerdekaan tahun ini. Wah, bagaimana ya hasilnya hehehe.

Ayam Ungkep Menu Praktis Andalan Ibu Sibuk


Yoi Sobat Hamim!

Ayam ungkep adalah salah satu olahan ayam yang menurutku cukup praktis dan bisa dijadikan stok lauk di rumah. Benar-benar menu andalan buatku sebagai ibu yang juga harus kuliah dan freelancer.

Memasuki masa perkuliahan seperti saat ini dan beberapa job freelance yang nyaris memiliki deadline bersamaan, menu ayam ungkep bisa jadi andalan. Aku bisa sekali masak namun untuk beberapa kali konsumsi, hemat waktu bukan?

Challenge kreasi merah putih yang aku lakukan kali ini ternyata cukup membantu lho! Aku tertantang untuk tetap bisa menyajikan masakan olahan sendiri yang tentunya lebih sehat ya. Meski ada perasaan takut gagal hahaha.

Tetapi ternyata, hasilnya di luar ekspektasi. Yuks deh simak keseruan mengolah ayam ungkep tanpa santan andalanku ya.

Resep Ayam Ungkep Gurih Tanpa Santan

Resep ayam ungkep tanpa santan
Oke, sampaikan pada sesi yang ditunggu nih sobat Hamim. Apakah challenge kreasi merah putih ayam ungkep buatanku berhasil memenangkan hati anak dan suamiku?

Kata doi, "Rasanya gak jauh beda dari biasanya, gurih." Lalu dia melanjutkan menggigit daging yang membuatnya berkomentar, " Ehm, empuk banget ya dan creamy."

Yes!
Beda lagi dengan reaksi si kakak–putri sulungku–. "Aku mau coba yang itu Bunda!" Sambil tangannya sibuk menunjuk gorengan ayam ungkep yang baru saja aku tiriskan dari penggorengan.

Kakak memang aku libatkan ketika membeli bahan untuk membuat ayam ungkep. Bahkan dia sempat bertanya tentang kotak Tiga Sapi Susu Evaporasi yang kami beli. Mungkin dia penasaran, buat apakah kira-kira susu berkemasan kotak unik itu?

Nah yuks kita ulas resep dan cara membuat challenge kreasi merah putih ayam ungkep tanpa santan ala Hamim!

Resep Ayam Ungkep Tanpa Santan

Pada umumnya resepnya sama. Aku menggunakan bumbu "pepek". Istilah yang digunakan oleh orang Jawa dalam menunjukan bahan bumbu yang lengkap. Seperti di bawah ini!

Bahan-Bahan

½ kilogram ayam fillet

6 siung bawang merah

6 siung bawang putih

2 ruas lengkuas (sesuai selera)

2 ruas jahe (sesuai selera)

½ ruas kunyit (seukuran setengah jari)

2 batang serai

3 helai daun jeruk

3 helai daun salam

Garam sesuai selera

Gula sesuai selera

1 sendok teh ketumbar bubuk

Kaldu jamur (opsional)

250 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi

250 ml air putih

Minyak goreng secukupnya

Disclaimer, untuk lebih menghemat waktu. Bumbu halus juga bisa dimasukkan tanpa dihaluskan terlebih dahulu. Akan tetapi cukup digeprek sudah memberi cita rasa dan aroma pada menu ayam ungkep.  

Cara membuatnya ayam ungkep tanpa santan


Menu sehat menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi
1. Buat bumbu halusnya terlebih dahulu, yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, dan kunyit

2. Tuangkan Tiga Sapi Susu Evaporasi  dan air ke dalam panci yang sudah disiapkan.

3. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu aduk pelan-pelan

4. Jika dirasa air dan susu dalam panci terlihat agak mendidih masukkan bumbu halus lalu aduk kembali

5. Tunggu hingga mendidih lalu masukkan ayam fillet yang sudah dibersihkan

6. Sambil diaduk-aduk agar tidak menggumpal bumbunya, ditunggu hingga air menyusut atau sat.

7. Ayam ungkep bisa disajikan tanpa digoreng namun umumnya ayam ungkep digoreng agar lebih terasa gurihnya.

Selamat menikmati!

Nah, mudah sekali kan Sobat Hamim. Jadi, aku pribadi tak mengira jika pengalaman mengganti santan dengan susu evaporasi bisa memberikan cita rasa yang hampir sama.

Rasa creamy dan aroma khas ayam ungkep ini diakui juga lho oleh adikku yang baru saja datang dari luar kota. Dia baru tahu jika ternyata aku bisa memasak olahan ayam enak hwakaka.

Happy banget deh bisa menuntaskan challenge kreasi merah putih dengan hasil yang memuaskan. Dan tidak butuh waktu lama untuk melahap ayam ungkep dengan susu evaporasi  dari Tiga Sapi.

Gak jadi nyetok deh! Hehehee.

Nah, apakah Sobat Hamim penasaran apa itu susu evaporasi? Kok bisa menggantikan santan? Yuks baca penjelasannya di bawah ini!

Susu Evaporasi Sebagai Bahan Masakan Pengganti Santan

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa susu evaporasi adalah salah satu jenis susu sapi yang melalui proses pemanasan sehingga kadar airnya berkurang sebanyak 60%. Pasalnya, susu evaporasi ini sering digunakan untuk menggantikan santan pada menu masakan tertentu.

Sudah kita ketahui bersama jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan bersantan kurang baik untuk kesehatan. Hal ini berkaitan dengan kandungan kadar lemak jenuh dalam santan yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, terutama penyakit jantung, stroke, hingga serangan jantung.

Dan ini yang mendasariku untuk menantang diri explore bahan, mencoba mendapatkan rasa gurih santan dari susu evaporasi. Selain di karenakan cukup shock dengan kondisi ibuku yang terkena gejala stroke.

Pilihan susu evaporasi yang aku gunakan kali ini adalah produk Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis dari Indofood. Mengapa memilih produk susu evaporasi dari Tiga Sapi?

Jujur, awalnya aku tertarik dengan kemasan berbentuk tetra pak yang aman dan steril pada Tiga Sapi Susu Evaporasi ini, bagiku itu unik. Ternyata Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah pelopor susu evaporasi dengan kemasan kotak di Indonesia lho!  Kemasannya makin kece sebab dilengkapi dengan tutup ulir yang bisa diputar untuk dibuka dan ditutup kembali seperti minuman kemasan hehehe. Jika Sobat Hamim tidak melihat dengan seksama pasti mengira jika Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah minuman kemasan yang bisa langsung diminum hihihi.

Tidak salah juga, sebab Tiga Sapi Susu Evaporasi ini berbentuk cair sehingga bisa langsung dicampur dengan bahan lain dari menu yang akan kita buat baik makanan maupun minuman. Praktis!
Namun pertimbangan lain aku memilih Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%.

Yups!

Tim emak-emak yang menganut prinsip ekonomis pasti sepakat jika memilih susu evaporasi dari Tiga Sapi ini pilihan cerdas. Harganya ramah di kantong dan penggunaan anti ribet-ribet club.
Kabar baiknya, produk dari susu Tiga Sapi tak hanya susu evaporasi. Buat Sobat Hamim yang mencoba mengurangi konsumsi gula dan ingin membuat masakan dengan bahan yang membutuhkan rasa manis. Bisa menggunakan Tiga Sapi Kental Manis.

Alasannya, Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis. Memiliki manfaat: Sumber kalsium dan Vit D3, Tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g.

Murah meriah bukan? Wah, harga hemat full manfaat ya Sobat Hamim.  Beberapa teman yang aku kenal juga menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Susu Kental Manis untuk berbagai menu lho, seperti soto betawi, mie carbonara, brownies, semprong, spagetti, puding, coffe ala cafe,  es campur, dan sepertinya masih banyak lagi ya. 

Nah, sudah siap mengikuti challenge kreasi merah putih juga kah?

Masak adalah Keterampilan, Semua Pasti Bisa Bekreasi!

Happy bersama Tiga Sapi Kental Manis
Taraaa, adakah Sobat Hamim yang penasaran dengan jawaban suamiku saat kutanya " Apakah perempuan harus bisa masak?"

Ketika itu jawabannya, bukan iya ataupun tidak. Melainkan kalimat diplomatis seperti ini, "Memasak itu tidak harus perempuan tapi lelaki juga perlu belajar memasak."

Oke!

Dengan kata lain, memasak tidak harus dikuasai oleh gender tertentu. Memasak bukanlah kodrat perempuan. Terbukti bahwa koki dan chef handal kebanyakan adalah lelaki bukan? Dan memasak adalah keterampilan dasar yang memang seharusnya dikuasai oleh setiap individu khususnya untuk bertahan hidup.

Artinya, siapa pun bisa masak asal ada kemauan belajar. Siapa pun bisa melakukan kreasi merah putih seperti yang aku lakukan saat ini. Sekali lagi, memasak adalah keterampilan yang bisa kita asah jika dilakukan berulang-ulang maka kita akan menemukan feel-nya. Dan itu yang aku lakukan hingga berani di tahap explore bahan seperti saat ini.

By the way, ada challenge #KreasiMERAHPUTIH Tiga Sapi untuk membuat menu dari resep tradisional menggunakan Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi.

Cukup dengan upload kreasi merah putih yang Sobat Hamim buat menggunakan salah satu produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi di instagram dan menangkan hadiahnya. Wah menarik bukan?

Info lengkapnya dapat Sobat Hamim lihat langsung di akun lezatnyatigasapi.  Aku berencana mau ikutan nih, tapi untuk menu minuman khas Sunda. Ada yang tahu?

Yuks berani mencoba dan berkreasilah!

Memasak adalah 80% kepercayaan diri, keterampilan yang paling baik diperoleh mulai dari saat kain apron membungkus'mu.
- Barbara Kingsolver


Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

45 komentar

  1. Melihat hasil masakannya aja kelihatan kalau bahannya adlah bahan yang memang berkualitas. Tiga Sapi bisa membantu bunda berkreasi di dapur nih. Sempat membaca juga teman masak Spaghetti Jamur dengan Tiga Sapi juga. Wah, bisa untuk banyak masakan nih

    BalasHapus
  2. Ayam ungkep ini salah satu lauk andalan, kalau stock habis bakal buat lagi, begitu terus. Buat workingmom kayak aku, lauk yang bikin ya mudah jadi favorit dirumah. Next, bakalan nyoba deh ya, buat ayam ungkep pakai tiga sapi

    BalasHapus
  3. Ayam ungkep andalan! Aku juga selalu nyetok ayam ungkep, tapi masih pakai santan. Hmm, bisa dicoba juga nih pakai susu evaporasi. Aku seneng liat kemasan Susu Evaporasi Tiga Sapi deh. Praktis banget kalau mau buka tutup :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam ungkep pasti jadi andalan Ibu-ibu apalagi ketika menyiapkan menu sekolah anak. Pakai susu tiga sapi lebih aman buat kesehatan ya Mba, bisa jadi pengganti santan soalnya

      Hapus
  4. Ayam dimasak ungkep pakai santan belum pernah aku mbak, biasanya ya pakai bumbu jadi. Tapi kalau pakai susu jadi penasaran gimana ya rasanya segurih apa bumbunya hmmm

    BalasHapus
  5. Suka dengan quotesnya. Memang ya memasak itu masalah kepercayaan diri dan terbiasa. Dan intinya kalau saya harus bisa membayangkan rasanya. Kalau bisa membayangkan rasanya jadi bisa memilih bumbu dan cara masaknya

    BalasHapus
  6. Saya sudah terbiasa konsumsi ayam ungkep dan apalagi jadi garing wah rasanya enak banget. Challenge yang bagus juga ni bunda

    BalasHapus
  7. Kreasi ayam ungkep jadi berbeda karena ketambahan Tiga Sapi. Ayam ungkep itu andalan, tinggal sat set sat set aja nyiapinnya kalau sudah jadi. Makasih resepnya, Mbakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak,
      Praktis dan bisa diandalkan, apalagi kalau ada banyak tamu ya. Bisa gercep menyiapkannya

      Hapus
  8. Wah mbak hamim nggak rajin masak tapi semua bumbunya pakai bumbu dapur asli bukan yang olahan nieh. Ini mah masih rajin wkwk..aku bahkan ga pernah pakai bumbu asli, lebih banyak beli langsung bumbu ungkep ayam gitu hahaha.

    Boleh juga nih dicoba resep masakan ayam ungkep pakai susu evavorasi Tiga Sapi. Kayaknya aku pernah coba dan emang lebih gurih deh.

    BalasHapus
  9. Boleh juga nih kreasi menu baru ayam ungkep pakai susu tiga sapi kapan2 mau juga aku coba bikin dirumah buat sajian karna lihat tampilannya enakk bangt dan gurih

    BalasHapus
  10. Hmm akhirnya udah tahu merek susuk evaporasi di indo, soal.y sering liat resep luar pake susu evaporasi

    BalasHapus
  11. Waaaaaaa, resep ayam ungkepnya mauuu kucobaaaa mbak, edisi bisa jadi stok juga dan bisa praktis kalau mau sarapan oagi cepet-cepet

    BalasHapus
  12. Duh! Jadi auto lapar deh siang bolong baca ini... Resepnya aku share ke istri ya, biar dimasakin... No santan berarti rendah kolesterol... Makasih mbak Hamim

    BalasHapus
  13. Aduuuh aku ngiler lihat masakannya
    Ayam ungkepnya nampak seperti opor, menggiurkan sekali
    Gak perlu dogoreng lagi ya, bisa langsung dimakan pakai nasi anget
    Pasti enaaaak banget

    BalasHapus
  14. Wah inovasi yang sesuatu nih mbak,
    Ayam ungkepnya bisa langsung disantap, tanpa perlu lagi gorang-goreng ya.
    Siip nih resepnya

    BalasHapus
  15. Aku biasanya pakai susu evaluasi buat minuman aja nih mba Hamim. Trnyata bisa buat masakan juga ya, pasti lebih creamy yummy ya rasanya

    BalasHapus
  16. Ayam ungkep memang menu andalan keluarga nih.. Bisa untuk stok drumah juga.. Pingin nyobain juga deh pakai susu evaporasi tiga sapinya.. Jadi makin gurin,creamy gitu ya pastinya..

    BalasHapus
  17. Masak ayam ungkep enak bnget resepnya ya Mbak, sekarang bisa banget digantikan dengan susu evaporasi. Aku belum pernah nyobain yang ayam ungkep pake santan, tapi susu tiga sapi emg banyak banget dijadiin kreasi yaa

    BalasHapus
  18. Suka banget dengan blog yang ada resepnya gini, jadi pengen cobain semuanya.. btw, rasanya tetap gurih ya walupun tanpa santan? penasaran ah

    BalasHapus
  19. wah bikin ayam dari susu evaporasi. aku penasaran banget rasanya kayak gimana, pasti tambah gurih ya. pengin cobain ah minta mama masak ayam pakai evaporasi kali ya XD

    BalasHapus
  20. Wah, resep baru nih, Mbak. Karena keluarga saya biasanya kalau masakan ayam, pakai santan, ternyata bisa diganti dengan susu, ya. Nanti mau saya coba, biar ada variasi pada masakan. Jadi tidak harus tergantung pada santan.

    BalasHapus
  21. Ayam ungkeeepp idolaque, andalan buat nyetok-nyetok sarapan di pagi hari nih tinggal sat set. Apalagi pake evaporasi ya jadi gurih banget ngga pake santan juga gapapa.

    BalasHapus
  22. biasanya kalo aku bikin ayam ungkep juga ga pake santan sih mba.. kalo pake santan jadinya nanti bumbu kuning gituu atau opor deh hehe.. eh atau bisa aja beda resep yaa

    BalasHapus
  23. Ah iyaaa ...menarik nih idenya, Mbak Hamim, saya belum terpikirkan membuat ayam ungkep tanpa santan.

    BalasHapus
  24. Ayam ungkep favorit ku juga mba. Dia awet juga kan kalo belum digoreng, jadi lebih cocok juga buat anak kosann

    BalasHapus
  25. Ayam ungkep pake susu evoporasi dari tiga sapi. Duh, keliatannya enak banget ya mbak. Pasti gurih dan creamy.

    BalasHapus
  26. Pantesan aku ga suka masak, mungkin karena aku lagi dalam kondisi ga percaya diri ya? Tapi alasanku adalah aku ga suka di dapur, karena keringetan. Hiks. Kalau makan ayam ungkep tanpa santan ini aku suka dong

    BalasHapus
  27. Wah ini kesukaan anakku banget ayam ungkep. Apalagi kalo dikecapin, auto nambah. Dan pas banget aku gapernah pakai santan sih mba Hamim di setiap masakan hihi

    BalasHapus
  28. Wah terima kasih resepnya mba! Mau langsung eksekusi di rumah deh mumpung lagi punya ayam hehe

    BalasHapus
  29. Looks so Yummy
    Pingin bangetttt utk recook suatu hari nanti
    Makasii mba

    BalasHapus
  30. Waaah keluarga kami sukaa ayam kampung ungkep. Boleh di coba ini pakai susu cap tiga sapi.

    Biar empuk ayamnya di presto dulu, nah susunya mskin di panci presto sekalian atau ga perlu ya bun.

    BalasHapus
  31. saya suka banget dengan ayam ungkep mba, tapi belum pernah nyobain menambahkan bahan susu di menu ini, jaid penasaran pengen cobain buat di rumah deh

    BalasHapus
  32. Saatnya beralih ke susu evaporasi nih karena aku memang lagi kurangin makanan serba santan biar kolesterolnya gak naik

    BalasHapus
  33. Ayam ungkep adalah senjataku juga buat memasak ayam, Mbak :v. Hmm, pake susu evaporasi bisa jadi pilihan menarik juga nih. Nyoba ah, kapan-kapan. Makasih resepnya, Mbakyuu

    BalasHapus
  34. Aku malah ga pernah ngungkep ayam pakai santan, tapi pake air biasa. Dan sekarang jadi kepingin ngungkep ayam pakai tiga sapi haha... Kebayang gurihnya...

    BalasHapus
  35. Masakan tetap gurih dan nikmat ternyata menggunakan bahan yang sehat dari Tiga Sapi Susu Evaporasi. Juara banget resep ayam ungkep kak Hamim. Kapanpun butuh makan, tinggal goreng.
    Eh, tapi kalau mau tanpa minyak, bisa dihangatkan aja ya..

    BalasHapus
  36. Awalnya pas baca ini sih bingung, apa enak ayam ungkep pake susu evaporasi? Secara akutu penganut paham konvensional, olahan susu ya cuma buat minum. Etapi pas lihat hasilnya, jadi mupeng lhoh pengen coba ayam ungkep kak Hamim yang pake Tiga Sapi, kayaknya enaaak

    BalasHapus
  37. Wah unik banget, ayam ungkep juga bisa dibikin pakai susu evaporasi ya? Jadi ga sabaran buat bikinnya

    BalasHapus
  38. Auto ngiler nih lihat hasil masakan nya mbak dari gambarnya aja udah kelihatan enak banget tuh. Suka banget sama kemasan susu tiga sapi ini karna mudah dan praktis.

    BalasHapus
  39. Aku jadi pengen liat resep kreasi yang lainnya nih, nambah referensi menu buat dirumah

    BalasHapus
  40. Ayam ungkep kayaknya memang resep andalan emak-emak yang paling gampang sih menurutku. Cuma aku baru tahu kalo ada resep yang pake campuran santan atau ditambah susu evaporasi

    BalasHapus
  41. Laily Fitriani19 Agustus 2022 07.38

    Hemm, so nyummi Mbak. Jadi pengen cobain bikin ayam ukep dengan susu jenis ini.

    BalasHapus
  42. Ternyata bisa ya santan digantikan oleh susu evaporasi. Boleh juga nih dicoba untuk menggantikan santan agar lebih sehat ya.

    BalasHapus

Posting Komentar