=Hamimeha

5 Langkah Bisnis di Tahun 2023 IDN Media, Terus Berinovasi!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
5 Langkah Bisnis di Tahun 2023 IDN Media, Terus Berinovasi!
Dilansir dari laman online kpbu.kemenkeu.go.id menyebutkan dalam laporan Bank Dunia yang berjudul “Is a Global Recession Imminent?” memprediksi kemungkinan terjadinya resesi ekonomi global pada tahun 2023 mendatang. Hal ini jelas menjadi sebuah warning bagi banyak pihak khususnya yang bergerak di sektor ekonomi. Tak terkecuali ekonomi kreatif.

Tahun 2023 kembali diprediksi akan menjadi tahun yang cukup sulit. Meskipun demikian, prediksi kondisi ekonomi di tahun 2023 tidak menghentikan IDN Media Untuk menghadirkan inovasi atau terobosan di tahun 2023.

Yup, jadi apa sajakah langkah strategis IDN Media menghadapi wacana resesi 2023? Yuks simak ulasan 5 langkah bisnis di tahun 2023 oleh IDN Media yang terus berinovasi!

5 Langkah Bisnis IDN Media Tahun 2023

Yups, Sobat Hamim tampaknya perlu menyimak dengan baik nih langkah bisnis IDN Media di tahun 2023 ini. Sebab ada optimisme dan semangat kreativitas yang tiada henti. Siapa tahu bisa menjadi suntikan semangat buat kita.

Yuks simak ulasannya di bawah ini!

Pertama, Proyeksikan pertumbuhan di tahun 2023 dengan semangat optimisme

Yups, seperti yang telah aku tulis di atas ya Sobat Hamim. Banyak pihak baik perusahaan maupun instansi yang terdampak adanya resesi melakukan antisipasi, tak terkecuali IDN Media yang bergerak di bidang media. Walaupun prediksi berdasarkan survei resesi dari Bloomberg menunjukkan bahwa potensi resesi yang terjadi di Indonesia cukup rendah yakni 3%.

Namun, perubahan roda perekonomian akan memberikan dampak pada siapapun di sektor manapun. Tak terkecuali IDN media yang mengandalkan iklan sebagai salah satu pendapatan perusahaan. Bisa jadi ketika resesi, klien cenderung melakukan efisiensi biaya dan biasanya yang pertama kali dikurangi adalah biaya untuk pemasaran.

Dengan kata lain, pendapatan IDN Media yakni iklan akan berkurang. Akan tetapi, berdasarkan berbagai proyeksi dan analisis, tahun 2023 Indonesia masih akan terus bertumbuh dan berkembang. Dengan demikian, IDN Media pun optimis akan terus berkembang dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian.

IDN Media akan tetap fokus menciptakan nilai tambah bagi seluruh stakeholder di tahun 2023 ini.

Kedua, Memiliki fundamental bisnis yang kuat

Fundamental bisnis IDN Media
Di tahun 2023, IDN Media akan fokus untuk terus menumbuhkan bisnisnya di keempat kategori bisnisnya yaitu yaitu content platform, digital media, commercial, dan entertainment.

Sebuah pelajaran yang dipetik ketika menghadapi tahun 2022 bagi IDN Media adalah pentingnya fundamental bisnis yang kuat agar dapat menghadapi faktor eksternal perusahaan.

Berkomitmen menjadi teman kaula muda, IDN Media selalu memberikan konten hiburan dan berita yang relevan untuk target audiens-nya yaitu Millennial dan Gen Z. Inilah langkah yang diambil oleh IDN Media dalam menciptakan fundamental bisnis yang kuat yaitu memiliki nilai tambah bagi seluruh stakeholders sebagai komitmennya membangun bisnis.

Ketiga, Fokus meningkatkan konten live streaming

Langkah bisnis IDN Media selanjutnya masih denga komitmennya dalam mengakomodasi kebutuhan Gen-Z. Visi IDN Media untuk menumbuhkan bisnis live streaming yang diprediksi akan menjadi format konten yang semakin digandrungi anak muda di masa depan diakomodir dengan hadirnya terobosan di tahun 2023.
Di awal tahun 2023, IDN Media juga meluncurkan fitur baru di IDN Live, platform live streaming di aplikasi IDN, yaitu UGC feature yang memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berkarya menjadi streamers di IDN Live.
Wah, inovasinya tiada henti ya Sobat Hamim! Harapannya, hadirnya ketiga fitur tersebut dapat mempermudah content creator untuk melakukan live streaming di IDN Live.

Yups! Jadi streamer di IDN Live bisa menjadi ladang cuan lho buat kalian. Wah menarik bukan?

Tak berhenti di sini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya Millennial dan Gen Z maka IDN Media berkomitmen untuk terus berinovasi.

Keempat, IDN Media terus berkembang sebagai platform media yang tech-driven

Yoi Sobat Hamim, di poin-poin sebelumnya sudah disinggung tentang live streaming bukan?

Sebagai platform yang dikenal sebagai temannya generasi muda. IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial
dan Gen Z di Indonesia, yang saat ini memiliki lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU) sejak berdiri pada 8 Juni 2014.

Mengusung visi untuk mendemokrasi aksenformasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Berbagai macam unit bisnis dari IDN Media sebagai media platform berbasis teknologi adalah sebagai berikut; IDN (content platform); IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia (digital media), IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (commercial); serta IDN Pictures dan JKT48 (entertainment).

Kelima, ICE sarana menumbuhkan creator economy


Idn media luncurkan ICE
Yuhuiii, di awal aku juga sudah menuliskan tentang ekonomi kreatif bukan? Nah, langkah bisnis dari IDN Media kali ini berkaitan dengan hal tersebut.

Pasalnya, di tahun 2023, IDN Media akan mengembangkan ekonomi kreator baik dalam
bentuk marketing maupun bentuk lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy).

Creator economy adalah industri yang melibatkan content creator atau influencer untuk memasarkan produk dan jasa dari brand ke konsumen.

Hadirnya creator economy erat kaitannya dengan psikologis konsumen yang tak lain adalah generasi Millenial dan Gen-Z. Saat ini kedua generasi tersebut ketika mengambil keputusan dalam membeli produk dan jasa masih mempertimbangkan penting hubungan kreator dengan suatu perusahaan.

Melihat perkembangan creator economy yang meningkat. Saat ini, layanan yang ditawarkan oleh ICE antara lain content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development.
Kabar baiknya, ICE juga akan meluncurkan platform website yang nantinya dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator di tahun 2023 ini.
Wah, bagaimana tanggapan Sobat Hamim dengan 5 langkah bisnis IDN Media di tahun 2023 ini? Resesi tak menghalangi IDN Media untuk terus berinovasi ya.

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar