=Hamimeha

Wajib Mengetahui 3 Hal Ini Sebelum Menulis Web Copy

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Tips menulis web copy
Hai Sobat Hamim, berikut ada ulasan tentang hal- hal yang perlu kamu ketahui sebelum menulis web copy. Ada tiga hal sangat penting yang harus kamu ketahui sebelum mulai menulis web copy. Baik untuk dirimu sendiri atau untuk klien. Yaitu tujuan, target audiens, dan produk/jasa.

Kenapa sangat penting? Karena mengetahui ketiga hal tersebut adalah modal inti untuk menghasilkan copywriting yang baik. Yuks baca ulasannya di bawah ini ya!

Ketahui Tujuan

Setiap web copy bisa berbeda tujuan yang ingin dicapai. Karena itu tanyakan pada dirimu, atau ke klien, apa tujuan yang ingin dicapai dari web copy ini? Apakah menjual produk, menjual jasa, mengumpulkan email atau nomor whatsapp, atau lainnya?
Tujuan ini berkaitan erat dengan call to action (CTA), yaitu ajakan pada pembaca untuk melakukan sesuatu (mengisi alamat email, membeli produk, dsb). Tujuan sebaiknya hanya ada satu, jangan lebih, aga CTA-nya juga hanya satu sehingga pembaca akan fokus pada satu hal yang harus dia lakukan.
Sehingga pembaca tidak bingung menentukan pilihan harus berbuat apa. Bayangkan setelah pembaca teryakinkan oleh web copy yang dibacanya, dia siap melakukan sesuatu, ternyata CTA-nya 2 atau lebih. Dia bingung dan akhirnya tidak ada satupun CTA yang dia pilih.

Ketahui Target Audiens


Semakin kamu memahami target audiensmu, akan semakin mudah untuk meyakinkan mereka, bahwa mereka butuh produk atau jasa yang kamu tawarkan. Semakin spesifik pemahaman tersebut maka semakin bagus dan kamu akan mendapatkan target market yang spesifik juga.

Katakanlah kamu menjual skincare untuk wanita. Kamu mengerucutkannya khusus untuk wanita yang sering berkutat di dapur dan terpapar panas, air, sabun, dan lainnya. Kamu akan mendapatkan audiens spesifik yaitu chef wanita, wanita yang memiliki warung, ibu rumah tangga yang sering memasak, dsb.

Ketahui Produk/Jasa yang Ditawarkan

Nah poin yang harus diperhatikan adalah produk knowledge. Perlu Sobat Hamim ketahui  bahwa  sangat penting juga untuk memahami produk atau jasa yang akan ditawarkan pada audiens. Hal-hal yang bisa digali antara lain: Apa produk/jasanya? Untuk apa produk/jasa itu dibuat? Apa kelebihan dan kekurangannya? Apa manfaatnya bagi audiens?

Pokoknya sebisa mungkin pelajari segala hal tentang produk/jasanya. Semakin kamu paham maka akan semakin bagus dan makin persuasif tulisan yang kamu hasilkan nantinya.

Ketiga hal di atas adalah hal-hal mendasar yang wajib kamu kuasai sebelum mulai menulis. Kamu bisa saja memiliki skill copywriting yang bagus. Namun tanpa mengetahui tiga hal tersebut kamu akan tidak tahu apa yang seharusnya ditulis.

Bahkan jika kamu tidak pandai menulis web copy sekalipun. Dengan mengetahui ketiga hal di atas dengan sendirinya hasil tulisanmu akan menjadi lebih baik.

Tentu strategi copywriting yang baik tidak hanya itu, masih banyak teknik-teknik yang bisa dipelajari agar menghasilkan web copy yang persuasif. Bagi sebagian orang mungkin malas belajar copywriting sendiri dan lebih suka menyewa jasa copywriter profesional seperti Wordsmith Group. Sehingga mereka bisa fokus pada hal yang mereka sukai misalnya mengembangkan bisnis, menyusun strategi penjualan, dan lainny.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular