Jumat, 04 Juni 2021

5 Kunci Sukses Ngeblog Sebelum Bloging


Tulisan ini aku dedikasikan  buat kalian yang mau nyoba terjun di dunia blogger. Tulisan ini dibuat berdasarkan dari pengalaman pribadiku dan sedikit referensi yang aku coba petik dari materi yang aku dapat. Aku coba menuliskan 5 Kunci Sukses Ngeblog Sebelum Bloging.

Awal Aku Ngeblog

Pertama kali bikin blog menggunakan blogspot gratisan akhir tahun 2010. Berbekal tutorial bikin blog  sederhana yang diadakan oleh senior di kampus maka jadilah blog yang isinya hanya berupa postingan curhat.

Nyaris selama satu tahun punya blog isinya hanya copas artikel, curhat gak jelas, bahkan bisa dihitung postingannya gak sampai 10 postingan.  Sempat produktif 2012, tapi lagi-lagi ngeblog hanya ngikuti mood. Sebab tak ada tujuan yang jelas.

Kamu ngeblog dalam rangka  apa Hamim?
Boro-boro dapat banyak uang dari ngeblog. Bahkan pengunjungnya sepi kayak kuburan #hush.

Alhasil, blog itu kini seperti gua penuh sarang laba-laba. Sungguh menjadi blog yang sangat tidak produktif. Mati dan terbengkalai.

Padahal dewasa ini, di era digital aktivitas ngeblog menjadi salah satu profesi yang cukup menghasilkan rupiah. Profesi blogger namanya, tentu dengan catatan "tahu bagaimana menjadi blogger sukses (profesional)".

Nah, tapi perlu teman-teman ketahui bahwa ngeblog itu tak hanya berorientasi sama uang saja ya. Sebab ngeblog itu banyak manfaatnya.

Manfaat saat kita ngeblog:

1. Menulis itu bisa menjadi self healing bagi seseorang. 

Inilah yang aku lakukan sekarang. Pasalnya, menulis bisa menjadi sarana kita untuk mengekspresikan apa yang kita pendam. Mengungkapkan apa yang kita rasakan.  Menjadi terapi trauma yang pernah ada.

Tapi, menuliskan sesuatu yang bisa jadi hadiah bagi pembaca ya. Jangan menulis tentang "sampah". Lain kali aku tulis apa itu tulisan hadiah dan apa itu tulisan sampah.

Nah, melalui blog ini tulisan jadi lebih panjang kan. Mana disertai dengan dukungan fitur-fitur agar tulisan kita menjadi lebih menarik dibaca.

2. Berbagi inspirasi, tips, ide, dan opini

Sebenarnya tak ada salahnya saat kita menulis curhatan di blog. Asal dengan bahasa yang santun serta ada hikmah yang bisa diambil oleh pembaca.

Nah, hal ini tentu memberikan positif vibes buat yang menemukan blogmu kan. Jadi, gak hanya asal curhat tapi bisa berbagi kebaikan pula.

Tak hanya sekedar curcol, bisa pula berbagi inspirasi. Misalnya, kamu jago masak, suka travelling, dsb. Tulisan-tulisanmu tentu memberikan banyak manfaat buat kamu dan juga pengunjungnya.

Serta menyuarakan  ide dan opini kita akan sesuatu. Sebab melalui blog ini mudah posting dan share-nya.

3. Menyalurkan hobi

Wah, apalagi ini ya, buat kamu yang hobi nulis. Aktivitas ngeblog bisa menjadi sarana buat kamu mengembangkan skill itu.  Mulai dari nulis tentang sehari-hari, tulisan fiksi, nonfiksi, atau bahkan resensi buku jika kamu suka membaca buku. Asyikkan, hobimu jadi lebih terfasilitasi.

4. Mengikat ilmu

Biasanya sih, kalau habis ikutan seminar atau dapat materi apa begitu yang menarik. Maka aku sering bikin semacam summary tentang acara tersebut. Apa aja yang aku dapat.

Menuliskan di blog membuat aku jadi mengulang kembali dan memahami lebih dalam apa yang sudah dijelaskan. Nah, itulah artinya mengikat ilmu.

Kenapa harus di blog? Gak cukup di buku saja.
Jawabannya ada di manfaat no 2 😁

5. Mengerjakan tugas baik sebagai pelajar atau profesional.

Misal, kamu seorang siswa atau mahasiswa. Di era sekarang, mengerjakan tugas dengan memanfaatkan sarana digital sudah lazim dilakukan. Maka, ngeblog bisa sebagai sarana menyelesaikan tugas belajar.

Pun, saat kamu seorang profesional. Serti dosen, guru, ataupun yang lainnya. Oleh karena satu atau lain hal membuatmu harus ngeblog. Bisa jadikan?

Blogging menjadi pilihan  sebab 5 alasan;

1.  Membuat bolg itu mudah.
2.  Dari segi penyimpanan lebih rapi dan mudah.
Jika kita membuka kumpulan tulisan, komentar, dan berapa banyak pengunjung itu mudah. Sebab sudah ada fiturnya, tak hanya itu. Mudah dipelajari oleh kebanyakan orang.

3. Poin 2 membuat perawatan blog ini jadi lebih mudah. Asal kita rajin nulis dan posting saja. Bahkan, beberapa platform menulis seperti blogspot atau wordpress sudah menyediakan fitur yang langsung bisa dipakai.

Nah, tentu bisa mempercantik tampilan blog kita kan.

4. Tulisan pasti publish. Yaiyalah!

Kan kita kontributornya, kita editornya, dan kita juga yang mendistribusikan tulisan kita. Jadi, gak perlu menunggu masuk meja editor saat kita ingin menulis dan menerbitkannya.

Tulis. Save. Publish.

Mudah dan cepatkan!

5. Membangun personal branding.

Nah, ini agak berat ya. Artinya kamu menuju profesional. Biasanya, blogmu akan menjadi salah satu portofoliomu. Saat kamu memutuskan terjun sebagai blogger profesional, maka membagun personal branding sangatlah penting melalui tampilan di blogmu. Baik tulisan atau pernah perniknya.

Tak hanya blogger, melain profesi lainpun bisa menjadikan blog untuk personal branding mereka. Contoh para artis, para selebgram, publik figure atau profesional lainnya.



6. Menghasilkan uang.

Manfaat yang aku tulis di akhir ini harapannya memang tidak dijadikan orientasi saat kamu pertama ngeblog. Karena pada dasarnya menghasilkan uang dari ngeblog itu bonus.

Jikapun memang sebuah profesi itupun membutuhkan proses yang tak singkat. Perlu banyak hal yang dilalui dan diupgrade untuk menghasilkan kepingan rupiah ataupun bongkahan dolar lewat blog.

Jika uanh jadi alasan utama sedang kamu pemula. Maka bisa jadi kecewa, sebab proses ngeblog itu banyak yang harus dipelajari. Mudah putus asa juga sih, kan sekarang saingannya banyak lho!


Bagaimana blog bisa menghasilkan uang?

Ada beberapa cara kamu bisa menghasilkan uang melalui blog:

1. Ikut lomba blog. 

Tapi resikonya kalau kalah ya gak dapat apa-apa. Melainkan dapat pengalaman. Hadiah dari lomba blog juga lumayan lho!

Dalam satu bulan bisa 10-20 lomba blog yang bisa kamu ikuti. Demikian penuturan Bang Fadli (pemenang 36 blog competition) di seminar yang aku ikuti. 

2. Job

Nah, job ngeblog ini bisa berupa review produk, event, jasa atau bahkan buku misalnya. Karena traffic blogmu bagus maka bisa jadi brand produk tertentu menggunakan jasamu untuk mereview produk mereka.

Bisa dikatakan ini adalah salah satu bentuk marketing. Agar produk bisa lebih diterima oleh target market mereka. Seperti food blogger, beauty blogger, dan travelling blogger.

3. Adsense.

Google adsense adalahPemasangan iklan dari google di blog kamu sehingga dengan begitu kamu bisa menghasilkan uang. Mungkin sederhananya begitu ya.

4. Content placement.

Merupakan startegi pemasaran yang marak digunakan di era digital. Content placement ini artinya menata blog sedemikian rupa dengan tip dan trik penempatan konten yang baik disebuah blog. Biasanya berupa iklan berbayar atau sponsored post.

Nah, setelah tahu bagaimana blog bisa menghasilkan uang maka harapannya adalah kita bisa memgupgrade skill blogging kita. Sebab sebuah perusahaan atau pihak lain akan melirik blog kita jika memang berkualitas.

Sebelum melangkah bagaimana menghasilkan uang lewat blog. Ada baiknya kita coba intip 5 kunci suskes ngeblog sebelum blogging ini. Belajar dari pengalamanku dulu, 8 tahun punya blog gratisan tapi nganggur dan sangat tidak produktif.

Mengapa bisa 8 tahun tak produktif?

Sebab aku tidak punya persiapan apapun saat memulai untuk ngeblog. Hasilnya, nulis sekedarnya. Posting se-moody-nya. Sebab tak ada perencanaan apapun "Mau diapain blog ini?"

Seribet itu?
Jika mau sukses?  Ya, iya!

Mengutip pernyataan dari Benyamin Franklin,  “if you fail to plan, you plan to fail".  Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa perencanaan itu penting. Namun, keberhasilan sebuah perencanaan itu seiring dengan pelaksanaannya.  Bukan sekedar rencana.

Dengan demikian, dalam rangka menuju menjadi blogger yang sukses. Maka mari kita bongkar 5 kunci sukses ngeblog sebelum blogging di bawah ini:



Kunci Sukses Ngeblog bagi Pemula
Kunci sukses ngeblog ala aku

1. Niat -Big why

Di awal aku sudah menjelaskan bahwa hati-hati dengan apa tujuan kita ngeblog. Blogging itu akan mencapai kesuksesan jika mampu mempertahankan konsistensinya dalam mengisi, merawat, dan mengupgrade kemampuan bloggingnya.

Nah, niat awalmu saat memulai ngeblog akan menjadi landasanmu menemukan "BIG WHY" buat apa kamu ngeblog?

Sepenting itukah menemukan big why?
Iya! Agar bisa menjadi motivasi kita saat godaan "malas" nulis, malas posting menyerang. Rawannya jika salah niat, salah orientasi di awal membuat kita mudah patah semangat. Gak mau kan?

Senantiasa luruskan niat. Jika memang goal-mu adalah menjadi blogger profesional tak masalah. Menghasilkan uang melalui blog.  Asal lalui stepnya dengan istiqomah. Sebab tak ada yang instan di dunia ini. Jika instan rawan cepat hilang #eh.

Sebab kita (aku sih) masih pemula maka dari menemukan big why melalui manfaat ngeblog. Berharap bisa membangun konsistensi saat menjalankan aktivitas ngeblogg nanti.

Biasanya yang  berkah itu lebih menenangkan. Mulai dari niat yang baik insya Allah akan menghasilkan karya terbaik pula.

2. Kenali passionmu, tentukan niche-blogmu

Niche apaan?

Niche itu semacam tema dari blog yang akan buat. Jadi, niche ini akan membimbing kita menulis dan memposting artikel apa.

Saranku sih mulai dari apa yang menjadi passionmu. Kalau aku, aku suka dengan tips parenting. Maka tulisanku memang didominasi dengan sharing tentang parenting.




Apalagi jika kamu menemukan passionmu. Ini lebih baik, sebab melakukan sesuatu dengan passion itu membuat kita lebih bersemangat. Fitrahnya passion adalah apa yang kita suka bahkan saat kita berjam-jam mengerjakannya. Jadi gak ada kata bosenlah. Asyikkan jadi bisa kosnsiten!

Apakah niche itu cuma satu dalam blog?

Boleh saja jika kamu membuat blog dengan niche "gado-gado". Artinya, gak hanya satu topik yang akan kamu jadikan tulisan. Namun resikonya jadi tidak fokus dan spesifik. Bagi pemula tak apa kamu gunakan niche "life style"  di awal.

Namun, jika kamu sudah punya minat pada satu bidang sebaiknya fokua dan spesifik akan memberikan nilai jual pada blogmu. Betul tidak?

Intinya carilah niche yang paling kamu minati dan kuasai.
Masih bingung ya, coba klik di sini.

3. Pelajari platform -kuasai dasar templatenya

Jangan jadi blogger yang bonek. Bonek (bondo nekat) itu rawan modal semangat, ikut-ikutan, tergiur dengan yang "wah" dari blogging. Bukan bermaksud mengkerdilkan semangat.

Melainkan mencoba untuk realistis dan belajar dari pengalaman sebagaimana aku uraikan di atas. Jadi, sebaiknya kamu harus punya bekal. Modal dasar ngeblog, seperti memilih platform nulis dan dasar-dasar fiturnya.

Apa saja pilihan platform blogging?

Ada beberapa pilihan. Kamu bisa menyimak penjelasannya di sini.

Platform ini ibarat rumah kita. Sebuah rumah itu kan semakin nyaman jika kita menatanya dengan rapi bukan? Analogi lain, kayak penampilan kita. Orang cenderung suka mendekati orang dengan penampilan yang enak dipandang. Mudah dikenali. Ramah buat diajak ngobrol.

Begitulah kita mengenal platform dan template ini.

4. Asah skill menulis -konten is the king

Oke, setelah melewati poin 3. Hal penting yang perlu kita perhatikan baik-baik adalah skill menulis. Pada dasarnya setiap orang bisa menulis. Namun untuk menulis yang baik butuh skill khusus.

Nah, jadinya gak bisa ngeblog donk!

Jangan berkecil hati. Jika kamu imbangi dengan banyak membaca, latihan, dan terus belajar tentang kepenulisan maka skillmu akan terasah.

Seperti uraian di atas ya, jangan sampai blogmu berisi "sampah" yang seharusnya tak dibaca oleh kalayak ramai. Mulai dengan nulis yang berhikmah, gunakan kata-kata yang santun, google sekarang sudah manusiawi kok begitu kata mbak Marita

Artinya, tulisanmu yang user friendly (ramah buat pembacamu) akan menarik pengunjung secara tidak langsung. Dan itu membuat google tertarik sehingga mudah menemukan blogmu.

Tampilan penting, tapi inner beauty itu membuat orang tertarik lebih lama. Jika analogiku tadi platform adalah rumah maka konten adalah penghuninya. Jika penghuninya ramah maka tamu akan betah. Iya tidak?

5. Plan what you do, Do what you plan!

Poin terakhir ini mengingatkanku pada sebuah lirik lagu, "mau di bawa ke mana hubungan kita?"

Jadi, sebelum kamu memutuskan buat ngeblog coba bikin perencanaannya terlebih dahulu. Termasuk membiasakan membuat jadwal posting mulai dari satu artikel yang mudah sepekan sekali.

Kalau perlu bikin journal blog planning. Ini akan memudahkan kita buat melatih konsistensi blogging kita.

Alhamdulillah , tak terasa ya ulasan tentang memulai ngeblog ini memang cukup panjang. Agar teman-teman pembaca bisa lebih "siap" saat memulai bloggingnya nanti.

Belajar dari pengalamanku dulu. Semoga bermanfaat ya!

Pengalaman memang guru terbaik. Tapi tak harus mengalaminya sendiri. Kita bisa belajar dari pengalaman orang lain bukan.  Kunci sukses ngeblog yang aku tulis ini juga aku dapatkan ilmunya dari salah satu media belajarkh yang kece. Yakni tim Blogspedia Coaching for Newbie.  Alhamdulillah .

Berharap adanya info receh ini bisa sedikit membantu teman-teman pemula untuk semakin mantap ngeblog. 

Semangat mulai ngeblognya!

2 komentar:

  1. Makasih sudah menuliskan resumenya dengan cantik dan kaya mbak karena dilengkapi dengan pengalaman pribadi. Keep blogging happily ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah jazakillah khoiron katsir mbak. Mayurnjuwn sanget. Aku tertampar sih dengan nulis. Tapi membuat aku makin semangat

      Hapus

Maturnuwun sudah berkomentar dengan baik. Kata-katamu cerminan kepribadianmu :)