=Hamimeha

Atasi Masalah Belajar Di Rumah Bersama RuangBelajar, Orang Tua Wajib Tahu!

22 komentar



Atasi masalah belajar di rumah bersama ruangbelajar


Sejak diumumkan anjuran untuk #dirumahsaja dalam rangka mengurangi penyebaran virus korona di Indonesia. Nyaris semua aktivitas dilakukan dari rumah, tak terkecuali sekolah.

Sekolah dari rumah ternyata tidak mudah. Banyak sekali masalah yang muncul dan kerap dikeluhkan oleh para orang tua maupun anak. Mulai dari perubahan kebiasaan belajar, ketidaksiapan orang tua yang menjadi guru dadakan dalam mendampingi anak, ditambah lagi fasilitas belajar online yang mungkin belum memadai.

Suatu kali aku pernah berkunjung ke rumah orang tuaku di luar kota. Kebetulan di sana ada adik bungsuku yang masih duduk di bangku SMA. Saat aku bertanya bagaimana sekolah di rumah? Dia mengeluhkan tidak biasa belajar tanpa tatap muka. Sering kali penjelasan guru terdengar kurang jelas, akibatnya ia harus mencari-cari penjelasan lebih detail dari sumber lain. 

Waktu aku tanya apa saja sumber lain itu? Dia menjawab ada buku paket, youtube, dan ruangguru. Aku kaget saat dia menyampaikan sumber belajar yang ketiga. Ternyata, dia menuturkan bahwa terbantu dengan adanya aplikasi ruangguru. Sehingga membuat dia lebih memahami pelajaran karena penjelasannya yang mudah dipahami serta kaya akan contoh-contoh soal.

Ehm, karena penasaran akhirnya aku pun mencoba "kepoin" ada apa dengan ruangguru, sampai adikku menjatuhkan pilihan belajar bersamanya? Ya, saat itu aku sekilas melihat secara penjelasan yang disampaikan oleh para tutor memang detail bahkan ada banyak video yang disertai animasi dan infografis yang cocok sekali dengan gaya belajar anak gen Z. Wajar jika pengguna ruangguru ini mencapai jutaan. 

Sebagai orang yang pernah terjun di dunia pendidikan sebagai pengajar. Aku memahami bahwa masalah yang muncul ketika belajar online ini perlu segera ditemukan solusinya. Sebab kita sudah memasuki era digital yang menuntut kita terus beradaptasi di dunia per-online-an. Apalagi semasa pandemi ini mempercepat proses digitalisasi di bidang apapun. 

Menjawab permasalahan yang muncul ketika belajar di rumah, ternyata ruangguru sebagai media belajar online terus berinovasi untuk memberikan solusi terbaik bagi pendidikan. Salah satu produk ruangguru untuk para peserta didik adalah ruangbelajar. Menurutku, produk ruangbelajar ini akan menjadi sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar. 

Prestasi ruangguru


Benar saja, pada tahun 2021 Ruangguru diumumkan menjadi perusahaan paling inovatif peringkat 25 di dunia dan peringkat 2 dalam kategori pendidikan.

Nah, kabar baiknya di awal bulan Juli 2021 ini ruangbelajar dari ruangguru meluncurkan fitur terbarunya. Melalui fitur terbaru tersebut harapannya para orang tua bisa tahu cara atasi masalah belajar di rumah bersama ruangbelajar. 

Wow, para orang tua perlu tahu nih!

Permasalahan yang muncul saat belajar di rumah

Mengamati dan menyimak curhatan para orang tua disekitar selama anak belajar di rumah membuat aku berpikir. Setelah kucoba mencari referensi secara ilmiah, ternyata masalah yang muncul selama ini bisa dikategorikan dalam dua faktor. Yaitu;

1. Faktor internal 

Faktor yang berasal dalam diri anak. Bisa jadi karena;

a. Anak tidak siap jika diminta belajar mandiri

b. Tipe anak slow learner

c.Tipe anak mudah bosan

d. Anak terbiasa belajar bersama di kelas maka saat belajar di rumah merasa sendiri sehingga memicu rasa malas dan tidak bersemangat

2. Faktor eksternal


Faktor yang berasal dari luar, seperti lingkungan, orang tua, guru, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa berupa;

a. Lingkungan yang tidak kondusif 
 Tidak semua rumah siap dikondisikan sebagai ruang kelas atau belajar seperti di sekolah.

b. Orang tua yang tidak bisa dan tidak siap untuk selalu mendampingi, bisa karena kendala waktu, tidak menguasai materi, atau tidak bisa mengajar.

c. Fasilitas yang kurang memadai baik dari segi gawai, kuota, maupun jaringan internet.

d. Penjelasan guru yang kurang maksimal akibatnya anak tidak bisa menangkap pembelajaran dengan baik.

e. Media pembelajaran yang kurang tepat dan metode penyampaian yang kurang asik untuk pembelajaran jarak jauh.

Serta segudang masalah yang lebih spesifik dan bersifat kasuistik. Belajar dari pengalamanku sebagai pengajar, permasalahan yang terkesan sepele kadang efeknya besar. Dampak besar yang dilahirkan dari banyaknya permasalahan ini adalah anak tidak memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan dan banyak ketinggalan materi yang diajarkan. Akibatnya, belajar akan menjadi trauma bagi anak terlebih belajar pelajaran sekolah. 

Nah, kita tidak inginkan, setelah pandemi usai anak tidak mau sekolah karena tidak sanggup belajar dengan materi yang tidak mereka kuasai sebelumnya? 

Cara atasi masalah belajar di rumah bersama ruangbelajar

Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan di atas. Maka kita bisa coba mengulik salah satu produk ruangguru yakni ruangbelajar untuk membantu para orang tua mengatasi masalah belajar anak di rumah.

Yuks kita mulai!

A. Apa itu ruang belajar

Belajar bersama ruangbelajar
Ruangbelajar adalah salah satu dari tujuh fitur di ruangguru. Ruangbelajar bisa jadi tempat para peserta didik untuk belajar mandiri secara online lewat misi-misi belajar (learning journey).

Selain itu, ruang belajar juga terdiri dari ribuan video, rangkuman infografis, serta ribuan kuis dan latihan soal untuk masing-masing sub-topik pelajaran. Wah, asyik bangetkan karena dalam ruangbelajar disediakan kebutuhan yang membuat siswa menikmati belajarnya. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa memantau perkembangan belajar kamu di ruangbelajar secara langsung setiap harinya melalui rapor ruangbelajar. Nah, ini penting banget buat kamu mengevaluasi hasil belajar kamu kan?

Dilengkapi juga USB On The Go (OTG) agar kamu bisa menonton video tanpa kuota (khusus pengguna Android). Ehm, sekeren itu ya!

B. Apa saja fitur terbaru dari ruang belajar

Kabar baiknya, ruangbelajar meluncurkan fitur baru untuk menjawab permasalahan belajar online yang hampir dua tahun kita lewati. Munculnya kebosanan saat belajar menjadi momok bagi para orang tua yang mendampingi anak belajar di rumah. 

Sebelumnya, fitur yang bisa kita nikmati di ruangbelajar adalah ruangguru PET, ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak, bank soal, laporan belajar. Awal Juli 2021, ruangguru meluncurkan enam fitur baru untuk menyempurnakan fitur-fitur sebelumnya.

Dan kali ini  kita akan berkenalan dengan fitur baru ruangbelajar. Yuks kupas satu-satu!

Pertama, Adapato

Fitur baru ruangbelajar adapto

Fitur ini bertujuan menyesuaikan teknik belajar berdasarkan kemampuan siswa. Jadi, adapto ini bisa mengukur sejauh mana siswa memahami materi yang telah mereka pelajari sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Manfaat lain dari fitur ini adalah siswa terdorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan & imersif. 

Hal ini tentu menjawab masalah belajar di rumah bagi siswa slow learner. Hal ini mengingatkan aku pada cerita seorang teman yang kebetulan anaknya pernah belajar privat denganku dua tahun lalu. Dia cerita jika anaknya jadi semakin malas belajar sebab sering susah memahami materi. Belum selesai memahami materi pertama sudah beralih ke materi selanjutnya. Ah, aku bisa memahami kondisinya sebab aku pernah menangani anaknya secara langsung. Tampaknya aku perlu menawarkan ruangbelajar menjawab permasalahan mereka ya!

Nah, bagaimanakah cara kerja adapto? Fitur ini mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video, membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

Seru ya, sebab orang tua juga bisa memantau melalui fitur ini. Sehingga, orang tua lebih mudah mendampingi mengarahkan proses belajar anak sesuai kemampuan mereka. 

Kedua, Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Download vidio di ruangbelajar


Fitur ini memudahkan siswa ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya). Maksudnya, saat kita membuka video pembelajaran namun di tengah nonton terganggu oleh hal lain atau berhenti dari aplikasi ruangguru. Maka kita tetap bisa membuka video tanpa harus dari awal. 


Adapun tujuan adanya fitur ini adalah:
  • menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu
  • memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah.
  • Untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti 

Wah, aku jadi teringat kebiasaan belajarku dan beberapa siswaku yang suka sistem SKS ( sistem kebut semalam). Coba puluhan tahun lalu sudah ada ruanguru dengan fitur playlist ini sangat memudahkan tipe pelupa seperti aku. Ada yang samaan gak ya? 


Ketiga, Subtitle Video

Fitur rapor di ruangbelajar


Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Tujuan dari adanya fitur ini yaitu adanya transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Selain itu, mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.

Wah sangat membantu ya fiturnya! Poin utama dari fitur ini adalah bagaimana memudahkan siswa untuk memahami materi yang mereka pelajari. Solusi yang ditawakan ini memberi jawaban permasalahan yang krusial yakni penjelasan materi yang sering kali sulit ditangkap oleh anak. 

Keempat, Fitur Pencarian
Ratusan ribu soal di ruangbelajar

Ibarat jalan ninja, fitur pencarian ini merupakan jalan ninja untuk menemukan materi belajar secara lebih cepat. Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

Buat mereka yang gak sabaran kayak aku nih fitur, hehehe!

Kelima, Pet Mission


Pet mission fitur baru ruangbelajar

Menurut Jim Trelease, penulis buku The Read-Aloud Handbook menyebutkan bahwa pada dasarnya, manusia itu senang dengan hal-hal yang menyenangkan. Umumnya, hal menyenangkan untuk anak-anak bahkan remaja adalah suka dengan sebuah petualangan atau challenge. Apakah kamu para gamers?

Nah, fitur pet mission ini akan memenuhi kebutuhan tersebut. Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Eits, ternyata fitur Ruangguru Pet ini telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar.

AHA!

Buat para orang tua yang anaknya mudah bosan belajar karena suasana belajar kurang menyenangkan. Fitur terbaru ini bisa menjadi solusinya. 


Dari kelima fitur di atas aku pribadi sebagai pengajar melihat bahwa Ruangbelajar by Ruangguru ini mencoba memberikan solusi yang efektif berdasarkan permasalahan yang sering muncul dewasa ini. Seandainya, aku mengulang jadi siswa kembali bakalan betah belajar mandiri bersama ruangbelajar.

Keenam, Tes Minat Bakat

Saat aku mengajar dulu sering kali mendapati pertanyaan dari wali murid tentang minat bakat anaknya. Sayangnya, minat bakat seseorang tidak bisa terlihat secara kasat mata melainkan harus ada tes dan lain sebagainya. Sehingga bisa memastikan apakah minat dan bakat anak tersebut. 

Nah, fitur tes minat bakat ini sangat membantu sekali menjawab kegelisahan orang tua yang belum memahami apakah minat dan bakat anaknya. Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC (Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional). Tes RIASEC merupakan salah satu tes untuk membantu siswa memperkirakan karier yang sesuai dengan dirinya. Nama lain tes ini adalah Holland Test, selaku tokoh yang mengembangkan teori dan tes ini.

Adanya fitur ini bertujuan mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif, dan reasoning. Bagi siswa di jenjang SMA, hasil dari tes minat bakat akan membantu siswa memilih jurusan-jurusan sesuai minat mereka yang ditunjang oleh bakat yang mereka miliki. 

Tak hanya itu, tes minat bakat ini juga bisa Apakah bisa dilakukan sejak anak sekolah dasar?

Kenapa tidak? Aku sering meminta siswaku untuk mengetahui mau jadi apa mereka 10 tahun ke depan?

Melalui tes minat bakat ini akan memudahkan siswa menuliskan impian dan cita-cita mereka. Pun menjawab kekhawatiran orang tua selama ini dalam mengarahkan anak apakah sesuai dengan kemampuan mereka. 

Wah luar biasa fitur-fitur terbaru dari ruangbelajar dari ruang guru ini. Tiap fitur terpikir secara matang, bukti bahwa ruangguru memang menggarap serius produk ruangbelajar sebagai sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar. 

Aplikasi ruangguru ini akan menjadi supporting system yang kuat bagi orang tua dalam rangka menemukam solusi atas masalah belajar di rumah bersama ruangbelajar.


Kunci sukses belajar di rumah


Panjang lebar aku jelaskan mulai dari kondisi terkini tentang belajar di rumah, masalah-masalah yang sering muncul, dan solusi yang ditawarkan oleh ruangbelajar dari ruang guru. Namun, perlu diingat bahwa selama proses belajar di rumah ini ada satu kunci penting yang mendukung kesuksesan anak saat belajar. Apakah itu?

Kunci itu adalah peran orang tua. Semasa sekolah dilakukan secara tatap muka, orang tua tidak banyak terlibat dalam proses belajar mengajar. Namun dengan kondisi online, peran orang tua untuk terlibat mendampingi anak belajar di rumah sangat besar. Khususnya bagi siswa TK dan SD.

Untuk membantu menjawab masalah orang tua tidak menguasai materi, kurang mampu menguasai metode pembelajaran yang akan disampaikan kepada anak. Maka ruangbelajar bisa dijadikan pilihan mitra bagi orang tua. 

Mengapa ruangbelajar dari ruangguru pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak?


Alasan memilih ruangbelajar


Nah, infografis di atas membuktikan bahwa ruangguru mampu memberikan solusi cara atasi masalah belajar di rumah bersama ruangbelajar. Jutaan pengguna ruanguru sudah merasakan manfaatnya.

Bagaimana dengan Anda?

Download aplikasi ruanggurunya, daftar produk ruangbelajarnya, dan nikmati manfaat fiturnya selama membersamai ananda belajar di rumah. Semoga pengalaman belajar di rumah menjadi lebih menyenangkan dan menumbuhkan semangat terus belajar secara mandiri.

Semangat para orang tua di segala penjuru dunia!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

22 komentar

  1. Beruntung anak-anak sekarang, kalau mau belajar udah banyak aplikasi kayak RuangGuru, channel ataupun website yang bisa membantu belajar dari rumah.

    Inget jaman masih sekolah dulu, internet masih barang mewah, HP masih nokia, solusi belajar harus les keluar rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes dan saat itu alhamdulillah g pandemi y mbk

      Hapus
  2. Wah aku amazed karena ada tes minat bakat. Ternyata Ruang Belajar ini memikirikan sampai sejauh itu ya. Salut deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mereka detil.dan seakan sudah bisa .ihat kondisi ke depan

      Hapus
  3. Kalau fitur-fiturnya sekeren ini pasti banyak disukai sama ortu nih, gak tanggung-tanggung fiturnya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Makanya secara harga dia bersaing

      Hapus
  4. Keren banget ya ruangguru... Belajar jadi seru... Apalagi ada fitur pet missionnya, belajar terasa kaya main game, seru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya menfaslitasi para gamers ya

      Hapus
  5. Wah ada tes minat bakatnya juga ya..
    Kalau diperhatikan, aplikasi belajar seperti ini sangat membantu sekali apalagi di masa PJJ seperti ini, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat kak. Sebab mengingat tantangan skrg kan juga terletak pada kecakapan guru mengajar dan metodenya . Ini lebih kekinian sih

      Hapus
  6. Anak-anak yang lahir di tengah pesatnya perkembangan teknologi bener-bener beruntung banget yaa, segala sesuatu yang mereka butuhkan mudah dicari dan dipelajari dari sumber manapun juga. Aplikasinya ini keren banget, ada tes minat bakat juga bisa jadi pemetaan untuk anak kedepannya, mereka bakatnya dimana udah bisa duluan terdeteksi.

    BalasHapus
  7. Keponakan juga saya kasih tahu soal Ruangbelajar ini. Minimal bisa bantu lah memahami materi. Soalnya di desa gak pakai zoom gitu. Jadi kalau dapat guru yang gaptek, ya harap bersabar aja

    BalasHapus
  8. Wah ada test minat bakat juga, ya? Bisa dipakai referensi mau lanjut ke mana anak-anak ya? Kira-kira cocoknya ke IPS atau ke IPA. Fiturnya lengkap, seperti punya guru pendamping buat anak di rumah, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Asyik ya..sekrang udah g zaman harus mipa..skrg itu kita fokus dg apa yg jadi minat anak agar berkembang maksimal. Bukan termakan gengsi atau rumor di masyarakat ..

      Hapus
  9. Sekarang akses informasi bisa didapat dari mana aja ya, Mbak. Inovasi dalam bidang pendidikan juga nggak kalah keren. Apalagi dengan hadirnya ruangbelajar by Ruangguru yang sangat membantu anak memahami materi dengan lebih baik.

    BalasHapus
  10. Ingat ruang guru, ingat staf khusus presiden. hehehe. Di zaman daring kaya gini ruang guru emang membantu banget sih. Menambah konten positif di dunia maya.

    BalasHapus
  11. Fitur test minat bakat ini buat saya sangat menarik. Soalnya kalau test secara mandiri biasanya harganya mahal.

    BalasHapus
  12. Permasalahan saat belajar, jadi bisa diselesaikan karena solusinya memang perlu ruang belajar khusus seperti yang dihadirkan dari Ruangguru ya kak

    BalasHapus
  13. permasalahan yang lebih intens menurut saya saat belajar dirumah ialah membuat siswa sangat kurang pemahaman tentang pelajaran yang di berikan oleh guru. Kalau untuk siswa SMP- SMA sih nggak masalah untuk belajar online. tapi untuk siswa jenjang kelas 1-2 SD itu yang susah. Ditambah lagi dengan faktor orang tuanya yang Gaptek.

    BalasHapus
  14. lagi booming banget ruangguru neh. Pandemi dan masa PSBB dan PPKM mereka panen banget.. Mantab lah :d

    BalasHapus

Posting Komentar