Lewati Gap Year Semasa Pandemi Bersama Brain Academy Online Yuks!

Lewati gap year semasa pandemi bersama brain academy online

Lewati gap year semasa pandemi bersama brain academy ini adalah curhatanku tentang adikku ya, meski agak melow semoga bermanfaat buat yang sedang berjuang meraih kampus impian.

"Terus selanjutnya kamu mau gimana, Dik?" Tanyaku pada adik bungsuku yang belum lolos UTBK 2021. Meski tampak kecewa, tapi hari itu iya menjawab dengan tegar. "Aku ambil gap year saja Mbak." Awalnya aku bingung. Gap year apaan ya?

Ohho, ternyata gap year (tahun jeda) dilansir dari Wikipedia adalah sebuah periode, biasanya satu tahun ajaran, yang diambil pelajar sebagai jeda antara sekolah dan kuliah serta diambil sarjana muda sebagai jeda antara kuliah dengan kerja. Sebenarnya ada banyak alasan seseorang memutuskan untuk gap year, bisa karena belum lolos PTN yang dituju, belum ada dana untuk lanjut kuliah, atau memang ingin meningkatkan skill yang lain dalam diri mereka.

Wah, aku baru tahu istilah ini. Aku tanyakan kembali selama gap year apa yang akan adikku lakukan? Dia dengan mantap menjawab mau persiapan ujian masuk PTN tahun berikutnya. Ehm, rupanya adikku sudah tumbuh dewasa. Setelah menangis semalaman serta berdiskusi dengan banyak pihak mungkin itulah yang terbaik menurut dia.

Lalu ku tanyakan lagi? Mau belajar sendiri atau gimana? Dia rupanya masih bingung. Aku tidak ingin menambah beban dalam pikirannya. Sejak itu aku mulai mencari bimbel yang kompeten buat dia. Masalahnya ini masih pandemi, adakah bimbel online yang sesuai kebutuhan adikku sekarang ya?


Yuks kita mulai penelusuran!

Simak manfaat saat kamu memutuskan untuk Gap Year

Eh, Sobat Hamim!

Kita sharing sebentar yuks!

Gap year bagiku sebenarnya adalah istilah baru. Dulu, jika ada teman yang belum lolos SPMB (sebutan dari UTBK kala itu, waduh ketahuan umurnya ya) kami tidak pernah menyebut istilah gap year hehehe. Namun setelah aku coba cari referensi ternyata gap year bisa memberi keuntungan lho buat kamu.

Melansir dari brainacademy.id, berikut keuntungan saat memutuskan gap year:

1. Tahu passion dan kemampuan diri

Nah, ini yang kemarin aku tekankan kepada adikku. Aku memberi saran untuk dipikirkan kembali, saat dia memilih jurusan seadanya di kampus apapun dengan jalur mandiri. Intinya menurut dia, "asal bisa kuliah tahun ini."

Maka aku memintanya untuk merenungkan kembali, apakah jurusan tersebut benar-benar yang dia inginkan? Atau hanya sebagai bentuk menahan "malu" sebab tidak lolos UTBK jadi pasrah deh kuliah apapun dan dimanapun.

Alhamdulilah, ternyata dia membuat keputusan untuk gap year tahun ini. Sembari itu dia akan memantapkan hati memilih jurusan apa yang sebenarnya cocok dengan dia. Pasalnya, dia suka sekali dengan dunia medis sejak masuk PMR ketika SMP. Hanya saja bidang tersebut pilihan jurusannya banyak, jadi dengan gap year dia akan mencoba mengevaluasi dan intropeksi diri dari tahun sebelumnya.

Faktanya, kebanyakan orang yang terburu-buru dalam menentukan jurusan kuliah eh saat menjalaninya ternyata merasa tidak sesuai dengan keinginannya. Nah hayo, rugikan!

Satu tahun adalah waktu yang lama untuk menggali minat dan bakat. Saat masuk kuliah nanti, kamu sudah siap dengan segala resiko di program studi. Perasaan “salah jurusan” pun dapat kamu hindari. Sebab, kamu sudah tahu apa yang kamu inginkan.

Jadi, memutuskan untuk gap year bukanlah hal yang memalukan ya!

2. Meningkatkan kemandirian dan endurance

Banyak yang salah kaprah kalau gap year adalah sesuatu yang memalukan. Padahal, hal tersebut membawa dampak positif, yaitu mendorong tingkat kemandirian dan endurance. Sebab menurutku seseorang yang belajar bangkit dari perasaan gagal itu memiliki ketangguhan dalam menghadapi masalah suatu saat nanti.

Bisa juga dengan ikut terlibat aktivitas produktif seperti sebagai volunteer, freelance, atau kerja part time. Intinya, asal kamu gak mager maka gap yearmu akan menghasilkan positif vibe buat kamu dan orang lain.

3. Lebih Happy!

Yes! Sebab seseorang yang mengambil keputusan atas pilihannya sendiri dengan bijak tanpa dipengaruhi lingkungan akan membuat lebih happy. Percaya deh, melakukan hal di luar kebiasaan kita tuh menyenangkan banget. Apalagi jika pada akhirnya dengan gap year kita jadi bisa punya waktu mengembangkan hobi atau menambah skill baru.

Kesempatan buat eksplor, ketemu orang baru, sekaligus dapat ilmu yang nggak pernah diajarin di sekolah. Hari-harimu jadi lebih semangat, positif, dan happy. Buang jauh-jauh perasaan iri sama temen yang kuliah tahun ini.

Tips buat kamu yang gak lulus UTBK

Setiap orang punya waktu yang berbeda untuk mencapai apa yang diinginkan dan cita-citakan. Sedih boleh tapi menyerah jangan!

4. Siap menghadapi UTBK, sebab lebih fokus!

Nah, ini dia yang akan menjadi rencana adikku selanjutnya. Pasalnya, salah satu alasan menurut dia kenapa tidak berhasil lolos UTBK tahun ini adalah persiapan yang kurang. Ditambah cara belajar dia yang tidak terjadwal dengan baik. Kaget dengan kebiasaan belajar tatap muka beralih menjadi serba online. Akibatnya, dia merasa tidak bisa menguasai materi dengan baik.

Jadi, buat kamu yang memutuskan gap year. Ini adalah kesempatan emas untuk kamu menyiapkan diri lebih baik dan meraih jurusan yang sesuai dengan kompetensimu.

Nggak perlu khawatir, siswa gap year masih dapat mengikuti UTBK maksimal dua tahun setelah lulus SMA. Kamu punya banyak waktu untuk mencicil materi yang belum dikuasai. Kalau ada kesulitan, cobain deh, live teaching bareng STAR Master Teacher di Brain Academy. Cara mengajarnya asyik, super sabar, dan bisa diajak diskusi lho.

Aha!
Pas banget nih dengan yang dibutuhkan oleh adikku saat ini. Apalagi selama pandemi dia merasa belajar seperti mikir sendiri. Saat ada kesulitan belajar misalnya memahami materi yang sulit dia lebih sering mencari referensi lain secara mandiri. Salah satunya di ruangguru.

Brain academy online by ruang guru

Eh, brain academy ini kan salah satu produk dari ruangguru ya? Yuks kita mengenal ada apa saja yang ada di brain academy? Mari kita buktikan bersama apakah adikku cocok lewati gap year semasa pandemi bersama brain academy online dari ruangguru?

Mengenal Brain Academy

A. Apa itu Brain Academy?

Brain Academy adalah salah satu produk dari ruangguru. Sebuah terobosan terbaru bimbingan belajar yang mengkombinasikan layanan belajar offline dan online pertama di Indonesia. Diajar oleh guru terbaik yang diseleksi ketat dan didukung dengan kelas pengembangan diri dan fasilitas modern.
Brain academy online

Untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ), Brain Academy mengeluarkan Brain Academy Online yang memberikan layanan bimbel online interaktif dengan live teaching bersama Star Master Teacher. Dilengkapi dengan klinik PR, konseling privat online, modul belajar lengkap, dan berbagai fitur lainnya.

Wah, keren ya! Ini membuktikan bahwa ruangguru terus berinovasi sesuai kondisi kekinian. Ruangguru meluncurkan Brain Academy sebagai sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar.

Nah, kira-kira buat adikku lewati gap year semasa pandemi bersama brain academy online ini cocok gak ya? Yuk kita kulik fitur-fiturnya!

B. Apa brain academy dan brain academy online berbeda?

Keduanya sama-sama berada di bawah naungan ruangguru. Brain academy merupakan kombinasi antara bimbel offline dan online. Artinya, saat kamu mengikuti brain academy maka kamu bisa melakukan bimbel tatap muka di lokasi brain academy yang ada di 29 kota di Indonesia. Selain itu, kalian juga akan dapat fasilitas bimbel secara online.

Sedangkan, brain academy online yang diluncurkan di era pandemi lebih fokus ke bimbingan belajar online atau daring dengan tujuan meningkatkan efektifitas proses belajar siswa di era new normal. Meskipun demikian, Brain Academy Online telah disiapkan dengan berbagai macam fitur menarik yang mendukung peningkatan semangat belajar anak-anak di Indonesia.

Fitur kelas live teaching bersama master


Khususnya, kemudahan dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan belajar bersama Star Master Teachers melalui live teaching dan juga diskusi online. Jadi, tetap bisa interaktif.

Fitur yang ada pada brain academy dan brain academy online nyaris sama. Bedanya, ada tambahan fitur pada brain academy online yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar secara online di era new normal.

C. Apa saja fitur di brain academy online?


Fitur brain academy online


Berikut fitur brain academy online yang menjawab kebutuhan siswa selama belajar di rumah;

1. Modul Belajar

Fitur modul belajar brain academy online

Modul belajar brain academy online berisi materi belajar selama satu tahun. Modul tersebut akan dicetak dan dikirim ke rumah masing-masing siswa. Hal ini akan membantu para siswa dalam mengikuti bimbel ibaratnya modul ini seperti rambu-rambu bagi kalian dalam belajar, agar bisa fokus kepada materi yang semestinya dipelajari.

Hal ini berbeda dengan modul brain academy yang berbentuk video belajar beranimasi, latihan soal dan tryout interaktif.

2. Klinik PR Intensif

Fitur klinik PR brain academy online


Di brain academy online terdapat fitur khusus klinik PR, secara individu siswa dapat menjadwalkan sesi konsultasi 1 kali seminggu dalam bentuk diskusi secara daring (video conference call), untuk membahas pekerjaan rumah (PR) dari guru, dan juga soal-soal persiapan ujian bersama Star Master Teachers melalui aplikasi Google Meet.

Nah, bedanya dengan brain academy tidak ada fitur khusus untuk klinik PR. Meski demikian, siswa memperoleh kesempatan untuk mengikut Klinik PR, apabila guru sedang tidak ada jadwal mengajar.

3. Konsultasi belajar

Fitur konsultasi belajar braim academy online


Di brain academy online, secara individu, siswa bebas menjadwalkan sesi konsultasi setiap saat dalam bentuk diskusi secara daring (video conference call) terkait strategi belajar, pemilihan jurusan, dan topik-topik penunjang lainnya bersama Master Teachers, Guru Wali, dan konselor pendidikan Brain Academy, melalui chatting WhatsApp. Wah, asyik ya!

Jadi, meski tidak bisa face to face sama tutor di master class seperti di brain academy. Siswa di brain academy online tetap mendapat fasilitas konsultasi belajar secara privat online. Nah, tetap interaktif bukan?


4. Kelas pengembangan diri

Fitur kelas pengembangan diri brain academy online

Baik di brain academy maupun di brain academy online kelas pengembangan ini sama-sama ada. Adapun jenis pengembangan diri yang dilatih sama yaitu berupa 21th century skills seperti problem solving, critical thinking, teamwork, leadership, technology literacy, communications, dan lainnya.

Hanya berbeda di cara pelaksanaanya. Jika di brain academy tersedia kelas soft skills selama 2 jam/pekan yang terbagi ke beberapa sesi aktivitas. Sedangkan di brain academy, dilaksanakan webinar selama 120 menit dengan materi yang berkaitan dengan softskill. Para peserta didik akan didampingi fasilitator dengan metode live teaching melalui aplikasi Zoom.

Wah, totalitas banget ya pelayananya!


5. Bergabung dengan komunitas pelajar se-Indonesia

Fitur klub hobi brain academy online

Wah asyik banget ya!

Siswa di Brain Academy online dapat mengakses grup yang berisi seluruh peserta didik di Indonesia. Dalam grup tersebut, siswa bisa berdiskusi, melempar pertanyaan, atau bahkan sharing hobi, minat, dan juga bakat. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jenuh dan memperluas pengetahuan umum. Jaringan siswa pun jadi semakin luas.


6. Kelas Live Teaching Interaktif Plus Klinik UTBK

Fitur kelas live teaching bao


Taraaaaaa!

Nah, ini dia yang menjadi unggulan dari Brain Academy online. Tanpa meninggalkan esensi bimbel interaktif yang menjadi tagline brain academy.

Siswa Brain Academy Online dapat mengikuti webinar, yang nantinya, Star Master Teacher akan membahas materi ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan mata pelajaran sekolah seperti Matematika, Ekonomi, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris dan lainnya, dengan metode live teaching melalui aplikasi Ruangguru.

Siswa juga bisa menjadwalkan Kelas Live Teaching Interaktif sebanyak 3 sampai 16 kali seminggu dengan durasi kelas selama 90 menit.

Selain itu, dalam mendukung dan menyukseskan usaha siswa menghadapi UTBK 2021, Brain Academy Online juga punya Klinik UTBK. Dengan fasilitas ini, kamu akan mendapat informasi seputar persiapan UTBK, materi apa saja yang akan keluar, bagaimana sistem penilaiannya, tryout menjelang UTBK, juga tips dan strategi belajar persiapan UTBK.

Nah, ini dia yang dibutuhkan oleh adikku saat ini. Selama dia menjalani masa gap yearnya, meski di rumah saja dia tetap bisa belajar secara maksimal bersama brain academy online.

Kabar baiknya, Brain Academy juga bisa diakses menggunakan Hp dan komputer/laptop. Jadi bimbel Brain Academy Online bisa diakses melalui aplikasi atau website, sehingga bisa lebih praktis, efisien dan efektif.

Kabar baik lainnya, keuntungan berlangganan brain academy adalah selain menikmati fitur-fitur di atas, peserta didik juga akan mendapat akses ke ratusan ribu video belajar, bank soal, rangkuman, infografis, dan quiz dalam fitur ruangbelajar di aplikasi belajar ruangguru.

Wow, menarik banget dan penuh benefit kan? Sistem belajar di rumah yang awalnya dirasa sangat menyulitkan dan membuat jenuh, sekarang sudah bisa teratasi dengan adanya fasilitas belajar digital seperti Brain Academy Online.


Tetap interaktif dan menyenangkan, apalagi bagi seseorang yang sedang di berada di masa gap year seperti adikku.

Mantap lewati gap year semasa pandemi bersama brain academy online

Setelah mengulik satu persatu fitur yang disediakan oleh brain academy online yang gak kalah kerennya dengan brain academy. Aku merasa mantap untuk merekomendasikan ini kepada kedua orang tua dan adikku. Bisa juga orang-orang di sekitarku sebagai orang tua yang sering kesulitan memahami materi sekolah yang diberikan untuk menemani dan atau membantu anaknya belajar.


Perlu diketahui bahwa brain academy melayani siswa-siswi kelas 4 SD hingga 12 SMA. Jadi, tak hanya buat persiapan UTBK saja ya!

Lewati gap year bersama brain academy online by ruangguru

Apalagi aku juga sempat "kepoin" akun IG brain academy. Adikku akan mendapat banyak positif vibes jika bergabung dengan brain academy online. Dia tak akan merasa sendiri dan tetap enjoy menikmati masa gap year-nya dengan cara mempersiapkan diri menghadapi UTBK lebih baik di tahun berikutnya.

Paket brain academy online

Secara kategori, brain academy online juga menyediakan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Harganya ditawarkan sesuai dengan value yang didapat. Ada 3 pilihan kategori paket yakni Reguler, Premium dan Elite.

a. Paket Reguler tersedia untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMA+SBMPTN, Cocok untuk siswa yang butuh belajar terjadwal.

b. Paket Brain Academy Online Premiun sesuai untuk siswa yang butuh bantuan mengerjakan pr (Klinik PR) dan belajar lebih fleksibel (Pilihan jadwal).

c. Paket Brain Academy Online Elite sesuai untuk siswa yang butuh belajar lebih eksklusif dan privat + fasilitas super lengkap

Dibandingkan dengan biaya bimbingan belajar offline, brain academy online masih memberikan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Melihat banyaknya layanan yang disediakan khususnya belajar secara online di masa pandemi ini.

Apalagi saat ini brain academy online sedang bertabur diskon lho! Hwkakaka. Yuks segera daftar!
Buat kalian yang senasib dengan adikku, hayuklah daftar rame-rame. Lebih asyikkan, lewati gap year semasa pandemi bersama brain academy online yuks!


Lebih asyik lebih produktif!

Komentar

  1. Duh katrok banget aku, kak. Masak gap year aja ga paham aku. Mungkin dulu aku pernah bertemu teman yg memutuskan utk gap year cuma aku ga tahu saja istilahnya ya. Brain academy ini memang keren sih utk zaman now.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju nih, apalagi bisa offline dan online yah semoga kedepannya makin bagus

      Hapus
    2. Yws hahaha aku yg sudah lewat masanya, karena ngulik fitur di sana kok jadi pengen sekolah lagi hahah

      Hapus
  2. Wow kelasnya lengkap dan sangat menarik ya kakak. Keren nih brain academy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes kak. Masya Allah ya. Mereka reasearchnya gak abal2. Tepat gtu dg permasalahan pembelajaran

      Hapus
  3. Waduhhh saya kaum SPMB juga baru denger istilah gap year wkwkwk. Wah asyik yah belajar bareng temen-temen se Indonesia, bisa lebih semangat melewati gap year tadi. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa kita satu angkatan kah hwkakaa. Satu server ya, jaman hp polyponik baru muncul hihi

      Hapus
  4. Gap Year oh gap year, aku juga baru tau ini istilahnya, maklum lahir di zaman old, wkwk..

    Btw, Brain Academy by Ruangguru memang TOP BGT beud dah ni..

    Bukin anak semangat belajar, jadi auto pinter, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak temannya mbak. Aku kalo gak dibilangin adikku dg kejadian dia blum lolos mgkin juga gak tahu hehe

      Hapus
  5. Gak terasa ya udh dua tahun aja anak-anak sekolah di rumah huhuu kasian jg :( untungnya sekarang banyak bimbel online yg bener-bener udh oke kaya gini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Dan semoga segera berakhir ya..dampaknya kemana mna pandemi ini ya allah

      Hapus
  6. Wuih keren adiknya berani ambil keputusan gap year. Temenku ada yang begini dulu, dan akhirnya dia berhasil masuk UGM, universitas yang dia idam2kan dong, meski harus telat setahun :) Dan sampai sekarang, doi paling melejit soal pendidikan di antara temen2nya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan pertimbangan yg panjang. Mata bengkak tak bisa menyembunyikan perasaan kecewanya sih tapi alhamdulillah dia cukup dewasa

      Hapus
  7. dulu teman seangkatanku juga ad ayang mengalami gap year ini. karena ia bersungguh-sungguh mendapatkan kedokteran di pulau jawa, kala itu ia sebenernya dapat di unila. alhamdulillah semasa gapyear ia memanfaatkan dengan baik dan bisa menempuh kedokteran undipp, skrg udh jadi dokter

    BalasHapus
  8. Nah inii. Keren banget emangg aplikasinya aku pernah cobain lhoo yang gratis haha dan emang bikin nagih. Btw brain academy ada kelas cpns ngga yaa

    BalasHapus
  9. Ruang tunggu memang terus bernovasi membantu siswa untuk bisa memahami pelajaran dengan baik ya. keren banget ruang tunggu nih dengan produk produk inovasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak makanya ruangguru masuk dalam pengjargaan sejajar dg netfilx gtu

      Hapus
  10. MasyaAllah brain academy sangat membantu dan menolong sekali ya mbak untuk anak-anak belajar sekaligus solusi di tengah pandemi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah indonesia punya generasi macam deva y kak. Jadi lahirlah aplikasi ini

      Hapus
    2. Allhamdulilah banget. Jamanku belom ada. Ada ding primagama ak ikut sebentar tok Mbak soalnya biaya mepet waktu itu

      Hapus
    3. Iyaviya.. aku juga masih kenal primagama tapi harganya buat aku tak terjangkau jadi pilih yg lain

      Hapus
  11. Wah samaan nih sama adiknya Mba. Adikku pun tahun ini ambil gap year, walau suara sumbang dari keluarga menggaung dan membuat situasi yang dia lalui nggak selalu nyaman. Tapi dia jadi lebih mengenal dirinya. Paham ia mau ambil jurusan apa saat kuliah nantinya. Untuk urusan belajar, bisa dijalani bareng Brain Academy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak . Kondisi disekitar kita kadang yg bikin down tapi bismillah. Kan jalan sukses kita tidak ditentuin oleh mulut tetangga 🙈

      Hapus
  12. Brain academy membantu banget buat ibu ibu pilih media belajar buat anaknya ya .. gap year tetap produktif dan naikin skill

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy mbk..orang tua membuthkan partnr di kuae sekolah

      Hapus
  13. Sekarang belajar makin mudah ya kak apalagi ada Brain Academy yang sangat mengerti dan menjadi solusi peserta didik Indonesia

    BalasHapus
  14. Menurutku penting sih di setiap jenjang pendidikan ada gap year, terutama masa mau kuliah. Pilihan masa depan harus dipikirkan baik - baik tanpa tergesa - gesa meskipun misalnya, di 3 tahun selama SMA tuh udah nyiapin semuanya. Tapi abis lulus SMA tuh ada rasa takut, tapi juga excited karena akan mengalami fase baru. Di masa gap inilah moment untuk memastikan pilihan. Sambil mengasah skill dengan brain academy.

    BalasHapus
  15. Dimasa pandemi gini adanya brain academy membantu banget ya kak. Andai semasa saya sekolah dulu sudah ada pasti lebih membantu ya.

    BalasHapus
  16. Keren ada kelas live interaktifnya juga. Jadi makin komplit fitur brain academy ini. Ngebantu banget buat anak-anak yang butuh penyaluran passion mereka

    BalasHapus
  17. Aku setuju banget nih kalau semua orang punya waktunya masing2 untuk mencapai sesuatu hihi. Jaman sekarang makin banyak ya platform belajar yang gak selalu berpatokan sama sekolah formal biasa. Seharusnya sih jadi makin termotivasi dan lebih fleksibel mempelajari hal yang disuka ya. Semoga inovasi ini semakin berkembang supaya anakku juga punya banyak pilihan cara belajar yang ia suka 😅

    BalasHapus
  18. salut untuk adiknya yg memutuskan gap year dan fokus pada UMPTN tahun depan. Bersama Brain Academy semoga sukses ya Kak..

    BalasHapus
  19. dengan bantuan bimbel online di Brain Academy by Ruangguru ini gap year bisa dilalui ya kak
    emang paling pas bimbel di Brain Academy ini

    BalasHapus
  20. makin ke sini makin gampang ya, banyak platform yang mendukung pembelajaran anak sekolah, terutama brain academy ini.

    BalasHapus
  21. Pembelajaran jarak jauh masih diterapkan sampe sekarang dan orang tua harus lebih kreatif saat mendampingi anak biar mereka nggak bosen. Salah satunya dengan ikutan bimbel online kayak gini

    BalasHapus
  22. Wih ngisi waktu gap year yang berfaedah banget.tapi setahun ngangur gak terasa loh apalagi masa pandemi gini

    BalasHapus

Posting Komentar

Maturnuwun sudah berkomentar dengan baik. Kata-katamu cerminan kepribadianmu :)

Postingan populer dari blog ini

Tummy Time, Penting Gak Sih?