=Hamimeha

Cara Mengetahui Kualitas Blog, Pasang GSC Yuks!

2 komentar


Cara mengetahui kualitas blog

Hai Sobat Hamim, semoga sehat-sehat ya!

Sepekan lagi drop nih, alhasil banyak kerjaan yang terbengkalai. By the way, meski begitu semangat belajar masih on fire. Kan harapannya bisa berbagi ilmu teruskan?

Apalagi jika itu berfungsi buat blog kita makin kece. Nah, dalam kesempatan kali ini, aku bakal ngasih sedikit ilmu yang fresh juga aku pelajari tentang cara mengetahui kualitas blog kita dengan memasang GSC.

Wah, GSC apaan?

GSC adalah singkatan dari Google Search Console. Pasalnya GSC ini pasangannya GA, eh romantis ya! Nah, jika Google Analytic bisa ngasih data ke kita terkait info traffic blog, siapa pengunjung kita, darimana, lewat mana, dll.

Sedangkan, di Google Search Console ini memberi info tentang bagaimana blog atau postingan kita di mata google lho! Pentingkah untuk tahu?

Nah, tak perlu berlama-lama yuks ikuti ulasanku selanjutnya ya!

Tentang Google Search Console

Apa itu Google Search Console?


Oke Sobat Hamim, melansir dari developers.google.com menyebutkan bahwa Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang dapat membantu pemilik situs memahami performa situs di Google Penelusuran, dan mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tampilan di penelusuran demi mendapatkan lebih banyak traffic yang relevan ke situsnya.

Dalam hal ini, melalui Google Search Console kita jadi mengetahui performa blog kita alias kualitas blog kita di mata google. Apakah ini penting?

Saat ini setiap hari berapa jumlah orang yang mengakses google search dalam mencari informasi? Nah, maka penting bagi kita untuk membuat pembaca menemukan tulisan kita dengan informasi yang diberikan oleh Google Search Console ini.

Nah, menarik bukan Sobat Hamim? Kita semacam punya alat memonitor bagaimana kondisi blog kita ini. Sudahkah berkualitas sehingga banyak yang berkunjung atau ada yang perlu di evaluasi?

Apa saja manfaat Google Search Console?

Sebagaimana yang aku sampaikan di atas ya Sobat Hamim, bahwa Google Search Console ini membantu kita para blogger khususnya pemula macam aku ini untuk tahu kualitas blog kita.

Mumpung masih awal, melalui informasi yang diberikan GSC kita jadi tahu tulisan yang seperti apa yang banyak dicari pembaca kita, keyword apa yang banyak memberikan kenaikan traffic pada blog kita, bahkan kita juga bisa tahu broken link yang ada pada blog kita, sudah SEO kah? Dan lain sebagainya.

Intinya, dengan memasang Google Search Console kita jadi tahu bagaimana meningkatkan performa blog kita dengan mengoptimalkan keunggulan dan melakukan perbaikan-perbaikan di blog kita berdasarkan analisis dari Google Search Console.
Meski gratis tapi lengkap kok! Jadi, Sobat Hamim wajib pasang ya.

Nah, ada lima manfaat besar yang bisa kita rasakan dari memasang Google Search Console :
Manfaat Google Search Console

1. Apakah kaidah SEO dalam blog kita sudah bekerja?

Umumnya saat tulisan kita sudah memenuhi kaidah SEO maka google akan lebih mudah merekomendasikan tulisan kita kepada para pembaca.

Ibarat rumah maka alamatnya jelas sehingga memudahkan tamu berkunjung atau menemukan dengan cepat apa yang mereka cari. Nah, sederhananya demikianlah cara kerja SEO seharusnya.

Namun kenyataannya, meski dirasa sudah menerapkan kaidah SEO ternyata tulisan kita belum terindex. Taraaa! Bisa jadi memang ada yang perlu diperbaiki.

Maka inilah fungsi Google Search Console.

Kita bisa menelaah mana saja artikel yang sudah berjalan dengan baik kaidah SEOnya. Lalu memperbaiki di postingan-postingan berikutnya.

Asyikkan!

2. Mengetahui cakupan apa saja yang terindex di google

Yuhui, perlu diketahui bahwa sejatinya GSC ini bisa menjadi parameter bagi kita untuk mengetahui blog kita apakah sudah berkualitas sehingga mendulang traffic melalui organic search?


Nah, kita bisa mendapatkan informasi tersebut melalui data yang ditampilkan oleh Google Search Console ini. Mulai dari kata kunci apa yang membuat blog kita muncul di pencarian, mengidentifikasi artik mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung, dari mana saja pengunjung kita, serta perangkat apa yang mereka gunakan saat mengakses blog kita.

Hampir mirip dengan laporan yang diberikan oleh Google Analytic. Inilah maka seringkali Google Analytic dan Google Search Console disebut pasangan hehee.

3. Merancang blog atau web kita agar lebih optimal

Berdasarkan manfaat di poin ke-2, tentu GSC ini akan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi kita untuk memberikan sentuhan yang seperti apa di blog atau web kita.

Melalui banyaknya kata kunci yang dicari, tulisan yang sering dikunjungi dan lain sebagainya membuat kita jadi tahu sisi mana yang perlu dimaksimalkan. Termasuk dalam merancang konten dari blog kita.

4. Katalis dalam mengindeks artikel

Tak kalah penting adanya fitur inspect url yang berfungsi untuk mempercepat proses indexing artikel blog.

Semacam katalis agar artikel kita bisa segera tayang di halaman google. Sebenarnya artikel bakal ke index juga sama google, hanya saja tidak ada kepastian waktunya.

Daripada H2C alias harap-harap cemas. Maka kita bisa menggunakan fitur ini. Nah inspeksi ini membantu agar proses indexing bisa lebih cepat.

Bagaimana caranya?

Copas url yang ingin kita index ke kolom yang tersedia di fitur inspeksi url. Lalu enter.

Bagaimana jika artikel yang kita inspeksi sudah terindex? Alhamdulillah hehee. Umumnya yang perlu kita lakukan inspeksi adalah artikel baru.

Termasuk menambahkan sitemap pada Google Search Console. Sitemap berfungsi proses crawling oleh Google ke blog atau website kita lebih cepat.

5. Identifikasi masalah keamanan di blog kita

Tak hanya di kehidupan nyata, keamanan di dunia maya pun berbahaya bahkan mengancam. Para blogger atau pemilik website tentu menginginkan aman dari serangan hack, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya bukan?

Nah, Sobat Hamim! Kabar baik buat kita semua, Google Search Console dapat membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di blog kita dan memberi peringatan.

Menarik bukan? Melalui warning ini, kit bisa memperbaiki masalah keamanan lebih cepat sebelum terjadi hal-hal yang membahayakan blog atau website kita.


Nah, jadi rugi banget jika tidak memasang Google Search Console untuk memonitor kualitas blog kita nih!
Kabar baiknya, Google Search Console ini bisa diakses melalui dashboard blog kita kok. Klik setelan atau settingan lalu pilih Google Search Console.

Bagaimana Cara mengetahui kualitas blog melalui GSC


Berdasarkan penjabaran di atas, Sobat Hamim tentu sudah ada gambaran bagaimana Google Search Console bekerja bukan?


Jadi, melalui informasi yang diberikan oleh Google Search Console ini kita tahu bagaimana kualitas blog kita. Yang perlu kita lakukan adalah dua hal yakni memasang Google Search Console dan membaca laporan yang ditampilkan. Mudah bukan!

Cara memasang Google Search Console

Cara memasang GSC


Sobat Hamim, sekarang kita akan masuk ke tahap memasang GSC. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa beda platform maka beda juga langkahnya.

Karena kali ini aku pakai blogspot, maka aku kasih cara yang menggunakan platform blogspot ya hehen

Pertama, masuk ke link https://search.google.com/search-console/about


Kedua, akan muncul tampilan "improve your performance on Google Search". Klik mulai atau start . Masukkan email gmail kita lalu oke!

Ketiga, di tahap ini kita akan dihadapkan pada dua pilihan. Untuk pengguna blogspot pilih sisi kanan yaitu awalan URL atau prefix URL.

Keempat, masukkan url blog ke dalam kolom. Klik terus/ next

Kelima, melakukan verifikasi dengan "buka properti"

Keenam, kita akan diarahkan ke tampilan GSC yang masih kosongan. Lalu pilih setting untuk verifikasi.

Nah, Sobat Hamim sebenarnya ada lima metode. Tapi kali ini aku pakai dua cara ya yakni lewat htlm dan Google Analytic sebab kemarin baru pasang GA hihihi.

Lanjut ya,

Verifikasi kepemilikan

Pengguna - pemilik property - nama akun gmail.

Ohoo, bagaimana jika saat pasang GSC kondisi blog belum TLD? Tenang, tinggal ganti alamat di bagian perubahan alamat. Jadi tak perlu bikin properti baru hehehe.

Oke, kita lanjutkan cara verifikasinya ya. Aku pilih dua meyode yakni: 

A. Metode Tag HTML

Verifikasi dengan metode tag html. Klik pilihan tag html. Copy kode tag html - masuk ke dasbor blog- theme - edit html - taruh di bawah <head> - save


Lalu, kembali ke dashboard GSC klik verifikasi. Selesai!

B. Metode Google Analytic

Verifikasi menggunakan GA klik metode Google Analytic, nah asal kode GA yang harus dicopy sudah diletakkan di bawah <head> maka aman, langsung klik verify.

Taraaa, Sobat Hamim sudah masang Google Search Console nih. Eits, tapi tidak selesai di sini lho. Kita perlu menghubungkan GSC dan GA.

Caranya?

Cara menghubungkan Google Search Console dan Google Analytic

Kembali ke menu setelan atau setting lalu pilih pengaitan atau associate. Kita akan menemui kotak dialog yang menyuguhkan kode UA yang akan ditautkan.


Pilih property UA yang mau ditautkan, klik continue atau lanjutkan. Akan muncul kotak dialog konfrimasi lalu klik tautkan. 

Taraaa sudah terhubung deh!
Apa sudah selesai? Belummmm.

●Lanjut masuk ke GA - admin - setelan property - Search console - klik search console.

● Langkah ini berfungsi untuk melakukan pengecekan apakah GA -GSC kita sudah terhubung.

Nih gambar kalau GA-GSC sudah terhubung.


Bagaimana? Sudah oke?

Cek GA GSC terhubung

Lanjut memasang sitemap.

Masih ingatkan sitemap yang isinya daftar konten kita yang diberi label. Maka, inilah salah satu alasan dari masang GSC agar google mudah menemukan tulisan kita hihim

Yuks lanjut!

● Kembali ke dashboard GSC lalu klik sitemap.

●Di Belakang URL Blog tulis sitemap.xml

● Lalu kirim!


Mudah bukan?

Bagaimana kualitas blog kita sekarang?

Sabar, sebab GSC baru bekerja setelah minimal 1 x 24 jam. Barulah tampilan GSC akan memberikan informasi yang kita butuhkan untuk menunjukkan bagaimana performa blog kita selama ini hihihi.

Sebelumnya, agar tidak bingung Sobat Hamim perlu tahu fitur di Google Search Console apa saja, yaitu:

1. Overview - ringkasan: memuat secara sekilas laporan GSC, jika Sobat Hamim ingin mengetahui informasi lebih lengkap maka bisa klik fitur selanjutnya.


2. Performance alias kinerja

Di fitur ini, kita bisa setting waktu pengukuran, apakah mau lihat data 3 bulan terakhir, sebulan terakhir, atau custom dari tanggal berapa ke tanggal berapa.

Kelebihannya juga, kita jadi tahu berapa kali blog kita diklik, berapa kali web kita muncul di google search, rata2 web kita diklik dan posisi rata2 ranking kita di google.

Ada info tentang kata kunci juga lho!

Ada info kata kunci apa yang paling populer sehingga membuat traffic meningkat. Selain itu, kita juga bisa mengetahui posisi ke berapa kah blog kita di google dengan kata kunci tertentu itu.

Yuhui jadi dengan informasi yang diberikan oleh GSC ini kita tahukan bagaimana kualitas blog kita. Kita bisa evaluasi dan membuat perbaikan dari data tersebut untuk merancang blog atau web kita selanjutnya.

3. Inspeksi URL

Tak kalah penting untuk mensupport kualitas blog kita yaitu inspect url. Inspeksi URL ini berfungsi untuk mempercepat proses indexing artikel blog.

Semacam katalis ya, agar blog kita lebih cepat muncul di kolom pencarian google sehingga memudahkan pembaca menemukan blog atau web kita. Sebenarnya artikel yang kita tulis juga akan terindex oleh Google. Hanya saja, waktunya tidak bisa diprediksi. Maka, fitur inspeksi ini membantu agar proses indexing bisa lebih cepat.

Caranya mudah bingits, tinggal copy url artikel ke kolom yang tersedia , lalu enter maka akan muncul deh pemberiatahuan.

Jika sudah terindex indikasinya centang ijo. Jika belum, maka klik request indexing.

Yup, tinggal menunggu dan kuncinya sabar hehhe.

Oke Sobat Hamim, Google Search Console ini gratis tapi majis. Sebab kita jadi tahu kan bagaimana kualitas blog atau web kita. Aku sendiri baru tahu cara mengetahui kualitas blog melalui Google Search Console ini kok. Jadi kita sama-sama belajar ya.


Semangat!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

2 komentar

  1. Wohooo mba Hamim supeerr rajin lah, ini mah lengkap bgt tutorialnya. Btw Google console sama Google analytics itu emang pasangan serasi ya, dan harus di install di blog. Setuju bgt mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasangan serasi euy..gratis tapi majis. membantu banget lah pokoknya buat kite2 para blogger

      Hapus

Posting Komentar