=Hamimeha

Pentingkah Memasang Google Analytics?

12 komentar


Pentingkah memasang google analytics

Pentingkah memasang google analytics bagi seorang blogger? Sejujurnya aku yang menjadikan aktivitas ngeblog sekedar menuangkan hobi menulis bagiku tampaknya tak terlalu penting.

Namun, setelah dipertimbangkan ulang ternyata kita perlu tahu juga sejauh mana pengunjung suka dengan tulisan-tulisan kita. Agar postingan kita di blog bisa memberikan inspirasi yang lebih luas bukan?

Ibarat rumah, bagaimana rumah kita alias blog lebih betah untuk dikunjungi oleh tamunya.

Apalagi jika Sobat Hamim terjun ke dunia blogger secara profesional. Google Analytics akan menjadi perlengkapan yang Sobat Hamim perlu pasang untuk mengembangkan produktivitas blogging.

Nah, tampaknya penting memasang google analytics sebagai alat perang saat blogging. Yuks kita bahas lebih detail !

Apa itu Google Analytic?

Google Analytics biasa disingkat GA bukan Giveaway ya, hawkakaka. Menyadur dari wikipedia adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Melalui GA ini, pemilik website atau blogger mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna.
Selain itu, Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog, membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.
Lebih menarik lagi, pengguna bisa memetakan pengunjung lebih suka ke artikel kita dengan teman tulisan apa. Serta dengan menggunakan GA pengguna bisa melacak gender dan usia berapa saja yang mengunjungi blog kita.

Nah, hal ini jelas membantu pemilik blog untuk membuat postingan blognya sesuai dengan pembaca setianya bukan hehee?

Syarat Membuat Google Analytics

Syarat membuat Google Analytics adalah memiliki akun google dan website baik berbayar maupun yang gratis asal sudah berisi postingan, agar bisa dilacak pengunjungnya.

Sobat Hamim bisa mengakses aplikasi Google Analytic di alamat google.com/analytics/ .

Alasan seputar pentingkah memasang google analytics ?


Sobat Hamim, setelah tahu uraian singkat apa itu Google Analytic selanjutnya yuks kita simak alasan memasang google analytic penting khususnya untuk para blogger?


Google Analytic ini membantu para blogger dalam mengembangkan menganalisa data pengunjung sehingga bisa dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan serta membuat konten yang lebih baik untuk pembaca blog kita.

Alasan memasang google analytics

Ada lima alasan penting bagi para blogger memasang Google Analytic menurut aku:

Pertama, memudahkan blogger dalam menentukan bahan konten yang banyak diminati melalui fitur behaviour. Di fitur ini Google Analytic memberikan informasi tentang laman yang banyak dikunjungi oleh pembaca, serta laman mana yang mereka klik selanjutnya, serta berapa lama waktu yang mereka habiskan saat mengunjungi blog kita.

Nah, menarik bukan? Kita jadi bisa membayangkan bagaimana tingkah laku para pembaca kita saat berkunjung di rumah kita hihhihi.

Selain itu, kita bisa mempertimbangkan konten apa yang paling banyak diminati. Sehingga, hal ini membawa keuntungan untuk kita mengembangkan konten tersebut lebih baik.

Kedua, mengenali siapa saja yang mengunjungi blog kita. Melalui Google Analytics kita bisa tahu siapa saja yang mengunjungi blog kita dalam bentuk demografis, geografis, jenis kelamin mereka, dan ketertarikan mereka secara online.

Nah, ini penting buat kamu yang memiliki target pembaca khusus. Dengan Google Analytic ini kamu bisa mendapatkan informasi tersebut.

Kabar baiknya juga, kita juga bisa mengetahui lho pengunjung blog kita itu menggunakan platform dan device apa saat berkunjung. Data yang terekam dalam GA ini bisa menjadi pertimbangan untuk kita dalam mengoptimasi blog kita.

Ketiga, mengukur ketercapaian goal sebuah blog. Ehem, ini bisa kita gunakan jika isi dari blog kita kebanyakan menawarkan sebuah produk atau komunitas.

Melalui fitur Conversion Tracking dari Google Analytics, kita jadi tahu apakah goal kita tercapai dari data tindakan yang dilakukan oleh pengunjung blog kita.

Keempat, mendapatkan informasi tentang bagaimana websitemu ditemukan oleh pembaca. Hal ini bisa didapat melalui fitur Acquisition, Google Analytics akan merekam darimana sajakah pengunjungmu berasal.

Maksudnya, pengunjungmu menemukan blogmu itu berkunjung dari hasil pencarian Google, Sosial media, Link dari website lain, sampai mengetik langsung URL blogmu dibrowser merekakah?

Tujuan mengetahui sumber mana sajakah yang bisa meningkatkan traffic pengunjung ini, akan membantu para blogger dalam memutuskan mana yang harus difokuskan, dan berpotensi memunculkan ide-ide untuk meningkatkan traffic.

Kelima, pasalnya traffic yang dihasilkan oleh Google Analilytics disebutkan lebih akurat dibanding dengan traffic dashboard. Belajar dari pengalaman blogger profesional yang lebih senior.

Untuk beberapa job yang ditawarkan kepada para blogger biasanya klien meminta jumlah pageview blog kita secara lengkap lho!

Udah cara mengaksesnya gratis, trafiic, dan laporannya lengkap pula. Jadi, bagi para blogger hal ini menjadi suatu yang penting untuk dipraktikan ya!

Kabar baiknya, Google Analytics di tahun 2020 merilis versi terbarunya yakni Google Analytic 4 (GA4) dari versi sebelumnya yaitu Google Analytics 3 atau biasa dikenal sebagai Universal Analytics.

Infonya, GA4 mengalami beberapa peningkatan, seperti penyederhanaan dashboard dan penghilangan konsep bounce rate. Melalui menu setup assitant, pengguna GA3 dapat meningkatkan versi ke GA4 secara gratis.

Wah asyik ya, Sobat Hamim! Sebagai pemula, setidaknya kita perlu tahu enam hal: realtime, demografi pengunjung, perilaku pengunjung, jumlah trafik, sumber trafik, dan kecepatan website bukan. Dan Google Analytics ini bisa menampilkan performa blog kita secara lengkap!

Layaklah jika banyak sekali yang menggunakan Google Analytic. Yuks kita masuk ke tahap bagaimana memasang Google Analytic di blog kita.

Cara memasang Google Analytics

Langkah memasang google analytics
Kunci memasang Google Analytic sadalah memiliki akun Google. Langkah yang bisa ikuti adalah sebagai berikut:

1. Buka link  : 
google.com/analytics/

2. Daftarkan akun kita, isi saja dengan alamat email kita.

3. Setelah akun jadi, saatnya bikin *Property*

a. Penyiapan pengguna

● Isi nama properti - biasanya saya nama blog yang mau dilacak

● zona waktu dan mata uang sesuaikan

b. Pengaturan properti

● Nah, karena di sini aku mau menggunakan GA4, biar kita bisa sekalian bikin property UA, caranya klik *Tampilkan Opsi Lanjutan* or bahasa Inggrisnya *Show Advanced Options*

●Klik berikutnya

●Isi url situs.

Jika sudah https, berarti pilih https, lalu isi urlnya.

● Pilih Buat Property GA4 + UA

●Lalu klik berikutnya

c. Pengaturan bisnis

●Isi informasi bisnis,

pilih saja kategorinya, diskip juga boleh

●Lalu ukuran bisnis, dan apa yang mau dilacak, klik buat

4. Centang konfirmasi dari terms of service dan lanjut

5.Otomatis, dua property sudah jadi.

Satunya berkode UA, sedang yang tanpa UA adalah property GA4

Langkah berikutnya setelah menyelesaikan isian di GA maka kita akan mengaktifkannya di blog kita. Caranya sebagai berikut:

1. Klik properti

Di admin ada beberapa menu, kita kulik di menu GA4 Setup Assistant tujuan untuk memgkoneksikan GA4 secara otomatis

Caranya di ada dua pilihan:

A. I want to create a new GA4 Prop -- ini diskip aja yang udah bikin GA4 sekalian, buat yang belum punya GA4 bisa bikin prop GA4 dengan klik Get Started

B. I want to connect an existing --- nah ini yang kita pakai kalau udah punya prop GA4, klik di select an existing GA4 Property, klik tanda panahnya

2. Klik tracking info lalu pilih tracking code.

Sobat Hamim akan menemukan kode ID UAXXXX. Lalu copy

3. Masuk ke dashboard blog kita lalu klik setting dan pilih ID GA lalu paste kode ID

4. Kembali ke GA kita tadi, di bagian tracking code lalu copy kode yang ada di dalam kotak.

5. Masuk lagi ke dashboard blog Sobat Hamim, lalu klik thema dan pilih edit html.

Cari <head> di bawahnya paste code html yang kita copy dari admin GA.

6. Pastikam untuk save ya!

Taraaaaa, GA Sobat Hamim sudah jadi!

Eits, tapi jangan cemberut jika di "Home/Beranda" tampilan GA kita masih nol ya.

Sebab setelah kode pelacakan dipasang. SOBAT Hamim, harus sabar menunggu google crawling dan melacak blog kita.

Lamakah?Alhamdulillah, paling cepat sehari, bisa tiga hari. Yang penting rajin cek saja ya!

Wah, sebagai blogger pemula akupun banyak belajar dari memasang Google Analytics ini. Sempat terjadi kesalahan sebab memasukan dua property. Tapi jangan panik, bisa dihapus kok. Masuk ke setting property lalu pilih kode yang mau dihapus.

Mudah bukan?Dari penjelasan panjang di atas, buat aku pribadi pentingkah memasang Google Analytics bagi blogger pemula?

JELAS IYA! Bikinnya gratis, memasangnya mudah, dan manfaatnya banyak. Kenapa harus menunggu masang nanti? Hehhehe.

Yuks pasang Google Analytics sekarang!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

12 komentar

  1. Wah, lengkap sekali nih mbak Hamim ada tutorialnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe mempraktikan ilmu yg masih belum nancep ini mbak

      Hapus
  2. Ngakak so hard aku mbak kalo inget GA suka masih kepikiranbGive away wkwk.. Tau aja emak-emak paling demen GA-GA - an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkakaka... samaan gtu ya mbak hihihi. Aktivis GA hihi.

      Hapus
  3. As always dirimu jago bgt dah kalau bilon infografis. Lengkap & jelas ;)

    Sebagai sobat hamim aku selalu merasa terbantu sama artikelnya. Pemaparannya juga ngalir sampai akhir ;) lup yuuu wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah mbak wid mah bisa aja..padahal aku juga tersepona lho sama ilustrasi mama cubby eh hehee
      ...

      Hapus
  4. Eh, apakah kita samaan suka GA (Give Away?). Ini mah masih yand atanya. Kalau GA Google Analytics kita bener samaan sukanya. Apalagi saat jadi cupuers bisa belajar ttg GA salah satunya dsri blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayah Ugi mah udah mantap di dunia ngeblog. Merendah aja..

      Hapus
  5. Saya sebenarnya sudah lama punya akun Google Analytics, tapi baru meng-integrasikannya ke blog ya itu, setelah beberapa job meminta hasil pv hehehe.. sebelumnya paling hanya mengandalkan dari dashboard. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabarnya lebih akurat kang jadi menurutku karena gratis lumayan lah membantu kita kita ini

      Hapus
  6. mba hamim.... cakep amat sih gambar2nya, syukaa

    BalasHapus
  7. GA itu dulu tahunya give away, sekarang ngobrolin GA perlu dicerna dulu, GA yang mana nih ehehe,, setuju banget Mom :D
    btw suka kali dengan info grafisnya :D

    BalasHapus

Posting Komentar