=Hamimeha

Demam Viral Ikoy-Ikoyan

14 komentar

Demam viral ikoyikoyan



Demam Viral Ikoy-Ikoyan-, Sejujurnya aku baru tahu istilah "ikoy-ikoyan". Saat membuka story IG, salah satu akun pengusaha dan influencer rame karena sedang bagi-bagi hadiah. Sebenarnya aku gak heran, sebab selebgram yang sering dipanggil KangDewa ini kerap berbagi hadiah. Apalagi jika hari Jumat.

Nah, kemudian aku coba geser tuh IG story. Ternyata banyak yang menyebut kata ikoy lagi. Mulai dari teman dengan berbagi profesi dan beberapa akun produk yang aku ikuti.  Wow, makin penasaran donk. Bahkan ada selebgram dengan follower gak nanggung-nanggung curhat yang berisi emosional sebab dapat DM banyak dari followernya buat main ikoy-ikoyan. Wah demam viral ikoy-ikoyan ini dimana-mana ya?!

Apakah selebgram yang emosi tadi mau? Jelaslah TIDAK! Aku mengakui selebgram ini memang prinsipil banget. Aku suka sih mengikuti curhatnya mulai dari review produk dan kesehariannya. Jadi, aku rasa dia orang yang gak gampangan dan apa adanya.

Nah, dilain akun aku menemukan banyak sekali brand ternama juga ikut ikoy-ikoyan. Dan jelas rame donk, akupun sekali ikut meramaikan jadi peserta di akun brand tersebut hihihi. Aku jadi gemoy deh. Kok jadi pada demam ikoy-ikoyan sih.
Apaan sih ikoy-ikoyan?

Asal Mula Munculnya Ikoy-Ikoy

Sosok dibalik ikoy-ikoyan
Pasalnya, ikoy-ikoy ini adalah sebuah permainan yang dicetuskan oleh selebgram sekaligus yutuber bernama Arief Muhammad di instagram pribadinya. Permainan ini intinya adalah berbagi kepada followernya. Semacam giveaway sih!

Nah, yang membuat berbeda adalah penyebutannya. Ikoy adalah nama seseorang yang tak lain adalah asisten pribadi Arief Muhammad yang bernama Muhammad Rizqi Fadhilah. Rizqi yang lebih akrab dipanggil Ikoy ini bergabung menjadi asisten pribadi Arief Muhammad sejak Maret 2021.

Ikoy sering menjadi perantara Arief Muhammad saat berbagi. Pun saat tampil Rizqin alias Ikoy juga muncul. Nah, di tanggal 31 Juli 2021 lalu, Arief membuat permainan di IG storynya. Dalam permainan tersebut sih mirip giveaway. Hanya saja saat itu, ide yang dimunculkan oleh Arief adalah berbagi hadiah yang sistemnya si follower men-DM kebutuhan mereka.

Bagi follower yang menDM dan beruntung maka akan di share ulang di IG story sambil menulis, "Ikoy tolong transfer." Jika yang dikirim uang. Dan untul hadiah yang lain. Maka asisten ini yang akam dipanggil " Ikoy.. ini Ikoy itu.."

Yup!

Jelas ya. Asal munculnya ikoy-ikoyan ini ternyata adalah permainan yang dilakukan oleh selebgram dengan follower yang sudah jutaan. Rupanya permainan ini membawa daya tarik dikalanga selebgram lain akhirnya mereka ikutan bergabung main ikoy-ikoyan deh.

Jadi, ikoy-ikoyan ini adalah permainan yang tujuannya adalah berbagi.

Bagaimana cara main ikoy-ikoyan?


Lalu ada yang tanya nih? Bagaimana ikut permianan ikoy-ikoyan? Untuk hal ini sebenarnya tidak ada aturan yang jelas. Sebab intinya adalah permainan suka-suka yang dilakukan oleh Arief Muhammad.

Cara main ikoy-ikoyan
Namun, yang jelas di sini permainannya adalah membantu orang yang sedang membutuhkan. Di awali dengan meminta follower DM apa yang mereka butuhkan beserta alasan tanpa didramatisir. Lalu memilihnya secara acak, bagi akun terpilih akan dipostimg di IG story.

Meski ada yang beberapa membutuhkan syarat seperti harus follow akun ini itu, menjawab quiz, menebak pertanyaan dengan kata kunci tertentu, dan lain-lain. Lalu, dipublish deh jawaban yang beruntung. Sambil tidak lupa dikasih komen. Menarik, seru, dan menggemaskan ya kesannya. Di tengah pandemi seperti ini banyak sekali yang terdampak. Adanya permainan yang menyenangkan sekaligus untung jika beruntung bisa menjadi hiburan.

Hadiahnya tak hanya uang, tapi juga produk daro bisnis yang dikelola oleh Arief. Karena viralnya ikoy-ikoyan ini, beberapa rekan Arief menitipkan sejumlah uang untuk dibagikan melalui permainan ikoy-ikoyan ini. Wow banget ya!

Dan ternyata, permainan ikoy-ikoyan ini tak hanya dilakukan oleh kalangan artis lho! Aku memiliki seorang teman yang aku pikir dia bukan artis apalagi selebgram. Dia melakukan permainan ikoy-ikoyan juga.

Dia meminta orang nge-DM dia butuh dibantu apa dan ia minta agar di yang nge-DM ngasih alasan kenapa butuh bantuan itu. Menarik dan bermanfaat sebenarnya. Semangat berbaginya bisalah dicontoh.

Sayangnya, permainan semacam ini rawan ada akun yang sengaja untuk ikut padahal tidak benar-benar butuh. Atau bahkan memanipulasi diri menjadi orang yang butuh bantuan. Pokoknya hati-hati deh!

Apakah Dampak Demam Viral Ikoy-Ikoyan ini?

Dampak ikoy-ikoyan

Aku pribadi sebagai orang awam melihat dari dua sudut pandang. Dari segi tujuan Arief yang awalnya memang niat berbagi uang setelah sebelumnya sekedar berbagi makanan. Ternyata mendapat sambutan luar biasa.

Nah, unik lagi saat setiap membagikan hadiah bagi follower yang beruntung, maka Arief menyebut nama Ikoy. Adanya permainan ini ternyata lumayan membuat trend di kalangan selebgram. Tak sedikit yang akhirnya terinspirasi dengan ide selebgram satu anak ini.

Sisi positif seperti tujuan serta menjadi inspirasi kebaikan menurutku ini baik. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini banyak sekali orang yang terdampak. Adanya bantuan semacam ini tentu menjadi angin segar.

Hanya saja, yang dikhawatirkan adalah demam viral ikoy-ikoyan ini disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Seperti follower yang tiba-tiba japri selebgram atau influencer untuk mengadakan permainan ikoy-ikoyan.

Atau DM secara pribadi dengan menyebutkan keinginannya. Nah, pihak yang dapat DM macam ini tentu ada yang berkenan adapula yang tidak. Nah, aku menemukan influencer yang merasa terganggu dengan DM ini. Dia menjelaskan bahwa dia tidak mau ikut-ikutan dengan yang viral seperti itu.

Apalagi dia memang sudah biasa melakukan GA dengan ketentuan yang detail. Dan tidak abal-abal dan hadiah yang wow. Tiap ada GA dari doi pasti ramai.

Nah, itulah kawan dampak negatifnya. Adanya follower yang seakan mengatur kehidupan influencer atau selebgram untuk mengikuti apa yang sedang viral. Apalagi bagi-bagi hadiah ya, pasti seru dan mau! Hehehe.

Hal lain yang mengkhawatirkan adalah adanya akun bodong yang memanfaatkan situaso viralnya ikoy-ikoyan. Sebab follower diminta DM hal ini rawan melakukan hal sewenang-wenang. Bisa juga nepotisme, bisa juga akun fake. Ah, aku jadi punya pikiran jahat.

Eits, tapi waspada jelas lebih baik bukan?

Sebab di era digital ini, kebenaran bisa kalah dengan kesalahan yang dibenarkan lalu viral. Oke, dunia dalam genggaman.

Jadilah masyarakat yang cerdas dan pengguna medsos yang bijak. Tapi, jangan berhenti berbuat dan menjadi baik.

Semoga pandemi segera berlalu. Aamiin
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

14 komentar

  1. Oh sekarang aku ngerti kak apa itu ikoy-ikoyan dan aku emang suka telat sama hal viral hahaha mungkin niatnya bagus semoga saling berbagi ini menginspirasi orang juga agar semakin dermawan

    BalasHapus
  2. Dari tulisan ini akhirnya aku jadi tahu apa itu ikoy-ikoyan. Baru kemarin baca-baca di medsos tapi nggak ngerti , ternyata intinya berbagi ya. Selama baik, bagus buat ditiru. Mudah-mudahan gak dimanfaatkan oleh orang-orang ga bertanggung jawab, seperti yang udah disebutkan di atas.

    BalasHapus
  3. Melihat moment viral ini membuatku juha berfikir dari 2 sisi. Sisi positifnya sangat membantu bagi pihak yg terdampak pandemi. Namun, sisi negatifnya membuka peluang bagi para akun fake untuk berbuat nepotisme.

    BalasHapus
  4. aku kok kuranh setuju ya dg ikoy2an ini..kesannya jadi memunculkan banyak pengemis, hehe.. maafkan.. lebih memilih banyak cara berbagi lainnya sih..

    BalasHapus
  5. Iyah neh, viral banget yah ikoy2an tapi nggak paham ikoy2 an itu apa... hehehhe
    Jarang bnget main sosmed soalnya

    BalasHapus
  6. Owalah ikoy-ikoy nih lagi viral banget. Aku kirain ikoy itu bukan permainan gitu tapi emang kata-kata yang sengaja diplesetkan. Setelah baca2 ehh ketemu artikel ini, baru tau deh sekarang ternyata ikoy itu permainan2 berbagi hadiah gitu yaa kak

    BalasHapus
  7. Untungnya baca artikel ini jadi tahu maksudnya ikoy ikoyan itu apa ... Hehehe!
    Nama ikoy jadi trend nih...

    BalasHapus
  8. wkwkw... tau istilah ikoy-ikoyan awalnya dari kang Dewa juga tp belum cari tau apaan itu.. ternyata iniii 😁

    BalasHapus
  9. Wah jadi paham banget aku ikoy tuh orang ya hahaha
    Tadinya cuma tau sebatas lewat aja gitu, boleh juga inisiatif nya

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu tren ini lewat blog post ini malah, soalnya kalau main ig cuma buat ngobrol sama temen yg dikenal dan bikin konten microblog, thank u ka infonya

    BalasHapus
  11. Jadi tahu yang viral nih. Aku jarang buka tiktok mba tapi ya punya. Oh jadinikoy yang dimaksud begini. Yahh aku suka pesan mu yang terakhir mba

    BalasHapus
  12. Kemana aja aku ini, kok baru tahu istilah ikoy-ikoyan. Kapan waktu pengen deh ikutan.

    BalasHapus
  13. Keren banget Mbak, dibahas tuntas ikoy-ikoy nya, hihi

    Bagus sih ya, jadi banyak orang berbagi gara-gara ikoy ini viral.

    BalasHapus
  14. tapi ya, ikoy-ikoyan ini bikin netizen lama-lama gatau diri. makanya gak sedikit influencer yang agak "risih" juga di-dm-in terus. ini bukan soal pelit ga pelit ya, karena pasti si influencer juga punya momen sendiri untuk berbagi.

    BalasHapus

Posting Komentar