=Hamimeha

IDN Media Umumkan Pemenang Program Pahlawan IDN, Siapakah Mereka?

15 komentar


IDN Media Umumkan Pemenang program pahlawan IDN- Sobat Hamim tentu sudah sering kali melihat beberapa ulasanku tentang IDN Media bukan?

Satu benang merah yang membuat IDN Media selalu mendapat hati di kalangan generasi milenial adalah konsistensi IDN Media sebagai teman generasi anak muda yakni generasi milenial dan gen Z. Nah, rupanya di kuartal ketiga tahun 2021 IDN Media menggelar sebuah program pahlawan IDN. Uniknya, program ini dalam rangka menjaring sosok-sosok muda inspiratif lho!

Wow, tentu menarik bukan jika kita bisa mengenal sosok pahlawan dari generasi milenial dan Z Indonesia. Yuks langsung meluncur ke bawah ya!

Seputar Program Pahlawan IDN dari IDN Media

Oke, tak tahu maka perlu tahu. Sobat Hamim penasaran gak sih tentang program pahlawan IDN dari IDN Media ini? Kapan dilaksanakannya, siapa saja peserta, dan tak kalah penting siapakah juri di balik pahlawan IDN ini.
Apa itu program pahlawan IDN
Mengusung tagline #SatuNegeriBeragamInspirasi IDN Media membuat terobosan adanya program pahlawan IDN. Sebuah program independen dari IDN Media yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada figur-figur Millennial & Gen Z yang inspiratif dari seluruh Indonesia, yang memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui bidang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, Proyek Kreatif dan Komunitas.
Selaras dengan visi IDN Media untuk dapat mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia. 
Adanya program pahlawan IDN ini wujud dukungan IDN Media anak muda dengan ide dan karyanya yang selalu berupaya untuk memberikan dampak positif. Harapan lahirnya program Pahlawan IDN ini adalah dapat memberikan inspirasi bagi Millennial.

Pelaksanaan program Pahlawan IDN


IDN Media umumkan pemenang program pahlawan IDN tepat di bulan perjuangan para pahlawan nasional, yakni bulan November. Namun secara pelaksanaan Program pahlawan IDN ini sudah dilakukan sejak bulan Oktober. Tahapannya terdiri dari beberapa sesi, di awal tercatat ada ratusan peserta yang mendaftarkan inisiatif mereka pada program bertagar #SatuNegeriBeraganInsipirasi.

Pada tanggal 18-19 Oktober 2021 dilakukan tahap screening. Terseleksi hingga muncul top ten finalist yang kemudian melanjutkan sesi in-depth interview bersama dewan juri pada tanggal 26-29 Okt9ber 2021. Nah, penasarankah siapa jajaran dewan juri di ajang bergengsi ini?

Siapakah juri program pahlawan IDN


Layak diacungi jempol untuk para juri yang terlibat adalah tokoh dari berbagai latar belakang. Adapun jajaran juri yang terlibat dalam penilaian pahlawan IDN adalah sebagai berikut:

1. Winston Utomo : CEO IDN Media
2. Zefanya Deby : Head of Communications IDN Media
3. Uni Lubis : Editor-in-Chief IDN Times
4. Najelaa Shihab : Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru
5. William Hendradjaja : Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP)

Sedangkan kriteria penilaian lahirnya sosok pahlawan IDN ini meliputi orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang #positifimpact.

Sebab, berdasarkan sudut pandang Winston, William, dan Timmy di IDN Media mereka percaya bahwa dengan memaksimalkan kapabilitas generasi milenial dan gen Z sama artinya dengan melakukan investasi untuk masa depan bangsa untuk Indonesia yang lebih baik.

Hal ini diungkapkan secara gamblang oleh salah satu dewan juri, William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP): “Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi.”

Nah, coba sobat Hamim simak, "sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungam yamh masih sangat muda." Generasi muda adalah kunci membuka pintu masa depan Indonesia yang lebih baik!

Wah jadi tidak sabar siapakah pemenang dari program pahlawan IDN dari IDN media?

IDN Media Umumkan Pemenang Program Pahlawan IDN

Pass momentumnya, bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2021, IDN Media mengumumkan lima pemenang utama dari program Pahlawan IDN dengan taglline "Satu Negeri Beragam Inspirasi"

Pemenang program pahlawan IDN diumumkan secara langsung melalui platform TikTok IDN Media, berikut 5 pemenang utama yang terpilih:

1. Riliv, diwakili oleh Audrey Maximillian Herli
2. Plana (Plastic for Nature), diwakili oleh Joshua Christopher Chandra
3. Mataharikecil Indonesia, diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful
4. BecomeMore Indonesia, diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa
5. Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana


Pemenang program pahlawan IDN

Para pemenang utama akan mendapatkan hadiah sebagai berikut:

a. sejumlah uang tunai,
b. selama satu tahun penuh mensalatkan dukungan publikasi dari IDN Media,
c. berkesempatan untuk bergabung di signature event yang dilangsungkan oleh IDN Media,
d. terkoneksi dengan jaringan komunitas masif yang dimiliki oleh IDN Media.

Bertabur hadiah yang menjadi sarana mendukung inisiatif para pemenang selanjutnya. Para juripun memberikan beberapa wejangan kepada para juara:

Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times) menyampaikan,
“Selamat untuk ke-5 penerima anugerah Pahlawan IDN yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Berfokus pada inovasi dan dampak yang sudah diberikan oleh Millennial & Gen Z, Pahlawan IDN memiliki keunikannya tersendiri. Variasi dari finalisnya pun luar biasa, mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan. Semoga, dengan anugerah ini, kalian dapat terus menjaga komitmen kalian untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas kalian. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka.”

Senada dengan Uni Lubis, Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru) juga memberikan pesan serupa, “Selamat untuk para pemenang! Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.”

Masya Allah, menyimak dengan seksama pesan para juri membuatku ikut deg-degan nih Sobat Hamim. Optimisme akan bonus demografi di tahun 2045 melahirkan generasi emas segera terwujud. Melalui pembangunan sumber daya manusia sebagai pemimpin masa depan yang disiapkan dengan baik. Maka generasi muda calon pemimpin bangsa pun mulai merajut mimpi.

Semangat berkarya anak muda!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

15 komentar

  1. wah, keren ya mb acaranya. insyaAllah sangat bermanfaat sekali. aku suka banget dengan tagline "Satu Negeri beragam inspirasi", Indonesia banget gitu ya. mewakili berbagai ide kreatif dari pemenang yang patut diapresiasi. keren!

    BalasHapus
  2. Selalu bangga kalau ada anak bangsa yang mendedikasikan diri untuk kemanfaatan, bravo para pemenang !

    BalasHapus
  3. selalu cemerlang ya ide IIDN ini. banyak semangat yang bisa dicontoh. salahsatunya moment program pahlawan IIDN

    BalasHapus
    Balasan
    1. IDN mbak windiiiii bukan IIDN hehehehe,,,akupun kadang siwer sih tapi ini IDN bukan IIDN.

      Hapus
  4. selama satu tahun penuh mensalatkan dukungan publikasi dari IDN Media

    Ini maksudnya gimana mban Hamim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi semisal ada program dari projectnya si pemenang maka akan mendapat dukungan dari IDN begitu bun. kan IDN media punya IDN Times punya IDN community sehingga bisa diwadahi mungkinpublikasinya dll yang mereka punya

      Hapus
  5. Keren nih ide acaranya, terlebih yang ditampilkan adalah pahlawan-pahlawan muda yang sudah dapat memberi big and positive impact untuk sekitar. Daebak

    BalasHapus
  6. Konsisten banget ya IDN dalam menghargai para pahlawan. Acara seperti ini wajib banget dipertahankan. Maka orang akan semakin banyak yang menginspirasi satu sama lain. Saling bertumbuh. Terima kasih IDN media.

    BalasHapus
  7. Salut dan bangga dengan anak muda yang sudah menghasilkan karya. Jadi teringat diri sendiri dulu usia segitu udah punya karya apa ya, hiihi. Sukses terus untuk IDN dan semoga acara seperti ini menjadi agenda rutin.

    BalasHapus
  8. Wow.. mantap banget. Pahlawan IDN dari para pemuda inspiratif. Mbak Hamim juga inspiratif bangettt.

    BalasHapus
  9. Selamat untuk para pemenang program pahlawan IDN tahun ini :D
    Memang dengan adanya program seperti ini jadi tau orang -orang hebat seperti apa calon generasi masa depan untuk kemajuan Indonesia..

    BalasHapus
  10. Program atau pun acara dri IDN tuh slalu keren yaa, ga cuma asal heboh aja. Tapi slalu memberikan smangat buat para anak muda utk terus berkarya

    BalasHapus
  11. IDN ni keren banget programnya banyak dan selalu berkontribusi berbagai aspek semua ada pokoknya

    BalasHapus
  12. IDN Media tuh ada aja kegiatan2nya. Aku malah baru denger lo program Pahlawan ini. Nama2 yang terpilih juga nggak ada yang kutahu, cuma tahu Riliv aja.. wkwk. Ternyata banyak anak-anak muda yang hebat dan inspiratif ya.

    BalasHapus

Posting Komentar