=Hamimeha

Peran Aplikasi Absensi Untuk Meningkatkan Performa Perusahaan, Cek Yuks!

8 komentar
Konten [Tampil]
Aplikasi absensi online meningkatkan performa perusahaan
Hai Sobat Hamim!

Semoga dalam kondisi sehat ya, aku mau sedikit mengulas info kekinian yang perlu diperhatikan oleh instansi maupun perusahaan yang ingin berkembang di era digital saat ini. Yaitu tentang peran aplikasi absensi online untuk meningkatkan performa perusahaan.

Pentingkah? Kan hanya sekedar list daftar hadir kepegawaian yang sejatinya bisa dilakukan secara manual. Eits, jangan meremehkan ya Sobat Hamim tentang presensi ini, sebab berkaitan dengan manajemen terhadap sumber daya manusia di sebuah instansi atau perusahaan. Jika berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM) maka ini aset penting.

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa peningkatan produktivitas SDM sangat memberikan pengaruh dalam upaya menciptakan industri yang lebih kompetitif di masa depan perusahaan. Nah, perkembangan teknologi yang semakin canggih akan memberikan daya dukung terciptanya kondisi lingkungan kerja yang lebih produktif.

Dengan kata lain meningkatnya produktivitas SDM berbanding lurus dengan peningkatan perusahaan yang bersangkutan. Dalam hal ini, salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah dengan menggunakan sistem absensi online melalui aplikasi.

Nah, mengapa aplikasi absensi online bisa meningkatkan performa perusahaan? Yuks simak ulasanku di bawah ini ya!

Sekilas Transformasi Cara Absensi Dulu dan Sekarang

Aku teringat dengan pengalaman sebagai seorang pegawai di era milenial. Meski perkembangan teknologi belum semarak seperti saat ini. Tempatku bekerja sudah menggunakan media digital untuk mencatat kehadiran pegawai dengan memasukkan user dan password masing-masing ID pegawai.

Seiring berjalan waktu, proses absensi berubah dalam bentuk sidik jari. Rupanya, pandemi memberikan ruang semakin berkembangnya inovasi sehingga menghadirkan berbagai platform termasuk aplikasi absensi online yang bisa dilakukan dimanapun. Seperti yang telah diterapkan di kantor suami selama WFH.

Transformasi sistem absensi dari analog ke digital
Wah, jadi penasaran gak sih bagaimana perjalanan transformasi cara absensi kepegawaian dari waktu ke waktu. Yuks simak deh penjelasannya!

Pertama, sistem absensi manual

Yups, sistem absensi manual ini masih sering digunakan di beberapa instansi. Kehadiran ditulis secara manual di sebuah buku besar pencatatan kehadiran. Di era saat ini biasanya absensi manual dilakukan saat koneksi internet atau listrik mati.

Kedua, sistem absensi analog

Sistem absensi analog terbilang sedikit lebih canggih dari sistem manual yang menulis secara mandiri. Istilah absensi analog juga biasa disebut sebagai absen ceklok atau amano.

Cara kerjanya, kita memasukkan kartunya ke dalam slot pada mesin amano untuk ketika melakukan presensi kehadiran, maka waktu akan tercetak pada kartu absen.

Ketiga, sistem absensi digital berbasis PIN

Yups, seperti yang aku tulis di atas. Semasa aku bekerja dulu ya Sobat Hamim, instansi tempat aku bekerja sudah menggunakan sistem absensi digital berbasis PIN ini. Sebelumnya karyawan sudah membuat aku dan memiliki user ID serta password masing-masing.

Menariknya, sistem absensi digital berbasis PIN ini sudah mulai menerapkan paperless. Jadi lebih hemat kertas. Sayangnya, ketiga sistem ini sangat rawan terjadi manipulasi sebab pegawai bisa melakukan titip absensi dengan memberikan info user ID dan password mereka. Nah lho!

Keempat, sistem absensi berbasis magnetic card

Semacam kartu ATM, sehingga kehadiran pegawai bisa dilakukan dengan menggesekkan kartu ke mesin yang absensi yang telah disediakan. Dibandingkan sistem absensi sebelumnya, sistem absensi magnetic card ini cukup modern karena telah memanfaatkan teknologi untuk mendata kehadiran pegawai.

Kelima, sistem absensi fingerprint

Nah, terakhir aku mengalami sendiri bagaimana melakukan presensi dengan fingerprint. Kita cukup menempelkan sidik jari yang telah direkam oleh mesin sebelumnya. Mudah bukan?

Sayangnya, sistem absensi fingerprint ini rawan error. Aku pernah mengalami error berkali-kali hanya karena keburu dan mesin tidak responsif sehingga harus melakukan presensi berulang. Jadi agak kurang efektif.

Keenam, sistem absensi online

Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu jauh lebih mudah. Apalagi dengan hadirnya internet yang membuat segala sesuatu jauh lebih efektif tak terbatas ruang dan waktu. Nah, termasuk hadirnya sistem absensi online yang lebih praktis untuk mencatat kehadiran pegawai sehingga lebih fleksibel namun harus terkoneksi dengan internet.

Adapun sistem absensi berbasis online ini bisa berbasis web, biometrik, maupun mobile.
Sistem absensi biometrik atau menggunakan absensi face recognition adalah sebuah sistem absensi terkini dan tercanggih saat ini. Keunggulan dari aplikasi absensi online ini jelas lebih akurat, tersistem dengan rapi sebab data karyawan umumnya telah terintegrasi dalam sistem absensi online tersebut.

Hal ini jelas memberi keuntungan bagi perusahaan dalam hal memberikan penilaian terhadap performa sumber daya manusia yang mereka miliki. Bahkan data yang direkam oleh sistem absensi online dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Hasil laporan tersebut juga dapat diintegrasikan dengan sistem lain.

Menariknya lagi, proses integrasi data pun bisa dilakukan secara otomatis sehingga analisis laporan dapat dilakukan dengan lebih praktis dan cepat. Inilah keunggulan yang dimiliki sistem absensi online.

Terlebih, didorong dengan pesatnya penggunaan smartphone sehingga pilihan menggunakan aplikasi absensi online menjadi keputusan yang cerdas bagi perusahaan. Perusahan jadi lebih banyak menghemat dari segi waktu, sistem pencatatan yang rumit, bisa jadi hemat biaya juga, perampingan tugas kerja pegawai sehingga bisa lebih dioptimalkan dengan peran lain yang dibutuhkan perusahaan.

Prinsip efektif dan efisien menjadi dasar hadirnya aplikasi absensi online untuk meningkatkan performa sebuah instansi atau perusahaan. Masih bingung dari segi manakah peran aplikasi absensi online membuat performa perusahaan naik. Yuks baca ulasan di bawah ini!

Pentingkah Aplikasi Absensi Bagi Perusahaan?

Dilansir dari lama online https://kemenperin.go.id/ , Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-73 di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta menyampaikan
“Roadmap ini untuk mewujudkan aspirasi besar yang hendak kita capai dengan aplikasi industri 4.0 di Indonesia, yaitu menjadi peringkat 10 besar ekonomi dunia pada 2030 dengan meningkatkan nett export, meningkatkan kontribusi sektor manufaktur terhadap PDB, mencapai produktivitas yang kompetitif. Ini merupakan hasil dari penerapan teknologi dan inovasi.”
Melalui optimisme yang dituturkan oleh Airlangga Hartarto selaku Menperin saat itu, sepatutnya jika perusahaan mulai bertransformasi ke arah digital dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang salah satunya menggunakan aplikasi absensi online di perusahaan mereka. Hal ini akan mendorong pegawai jauh lebih produktif tanpa disibukkan dengan administrasi dalam hal kehadiran.

Selain itu ada alasan lain yang menjadikan peran aplikasi absensi online meningkatkan performa perusahaan.

Alasan aplikasi absensi online meningkatkan performa perusahaan
Lima Alasan Aplikasi Absensi Online Meningkatkan Performa Perusahaan

1. Meningkatkan produktivitas sumber daya manusia perusahaan

Yes! Sejak dulu selalu berpikir bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi dan birokrasi itu menghabiskan waktu. Tak terkecuali urusan pencatatan kehadiran pegawai di sebuah perusahaan.

Apabila sistem pencatatan kehadiran yang memakai bantuan aplikasi atau software atau platform online sudah meringkas semua aktivitas tersebut. Maka, pegawai bisa menggunakan waktu kerja mereka secara maksimal.

Apalagi jika sistemnya sudah terintegrasi dengan sistem yang lain dan didukung ESS yang kompeten. Jadi, ketika pegawai ingin mengetahui apakah dia bisa ambil cuti, tidak perlu lagi menyisihkan waktu untuk sekadar mengurus izin cuti, melaporkan kehadiran secara manual, atau bahkan menghitung ulang shift kerja.

Wah jadi lebih hemat waktu bukan? SDM perusahaan jadi lebih bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas mereka.

2.Meningkatkan kinerja SDM dan perusahaan

Prinsip efisien dengan adanya aplikasi absensi online mendukung sebuah perusahaan menjadi lebih kompetitif. Sebab perusahaan secara aktif mengejar strategi pertumbuhan sambil menyeimbangkan biaya perusahaan.

Melalui aplikasi absensi yang dilengkapi dengan fitur manajemen kinerja membuat sasaran ini lebih mudah. Mengakses data penugasan secara real-time jelas membuat alur kerja menjadi jelas sehingga siapapun dapat memaksimalkan jam kerja yang dimiliki.

Poin penting tentang adanya fitur yang juga mencatat hal yang bersifat manajerial ternyata cukup penting ya Sobat Hamim. Dengan kata lain, aplikasi absensi tak hanya mencatat kehadiran saja namun bisa lebih dari itu. Dalam rangka meningkatkan performa perusahaan melalui produktivitas SDM -nya.


3.Membangun dan mengembangkan budaya perusahaan yang sehat dan kuat

Yups, budaya kerja baik itu suasana atau sistem yang dibangun di sebuah perusahaan bisa memberi pengaruh besar terhadap perkembangan sebuah instansi atau perusahaan.

Hadirnya aplikasi absensi yang menyertakan fitur layanan mandiri pegawai atau dikenal sebagai absensi employee self service (ESS) memberi kepercayaan kepada mereka untuk bertanggung jawab atas kerja mereka. Hal ini bisa mendorong semangat kerja dan loyalitas pegawai ke perusahaan.

Ingatlah, bahwa SDM itu aset penting perusahaan lho! Jadi jika bisa memberikan pelayanan yang baik kepada mereka maka bisa terjadi hal yang sebanding bagi perusahaan.

4. Memudahkan dalam hal perencanaan

Nah, pentingnya melakukan perencanaan berbasis data menjadi alasan sebuah perusahaan menjadi lebih berkembang. Hadirnya sistem absensi dengan teknologi digital ini bisa menyediakan data-data tentang kepegawaian perusahaan secara lebih akurat dan bisa diintegrasi dengan sistem yang lain.

Berbagai kelengkapan fitur dalam aplikasi absensi yang dibuat sedemikian rupa bisa menyediakan laporan rinci dan akurat tentang tren kerja karyawan. Dari hasil laporan tersebut, perusahaan bisa mengambil kesimpulan terkait pembagian pos kerja yang tepat atau melihat kapan karyawan menunjukkan performa terbaik mereka.

Hal ini secara tidak langsung dapat membuat proses pembagian dan perencanaan kerja di perusahaan menjadi lebih praktis, matang, dan terarah.

5. Mendorong transparansi yang lebih baik


Keterbukaan atau transparansi ini membuat pegawai menjadi lebih bertanggung jawab atas performa mereka. Sebab aplikasi absensi online juga memberi mereka keleluasaan untuk memonitor dan mencatat pembagian shift ataupun jumlah gaji yang tidak sesuai.

Nah, keterbukaan ini membuat peluang terjadinya kesalahan pada pencatatan kehadiran dan payroll akan jadi lebih rendah. Sebab data kehadiran dapat langsung disimpan ke dalam database dan kemudian diakses secara real-time, baik itu oleh perusahaan atau pegawainya.

Wah itulah lima poin peran aplikasi absensi online terhadap performa perusahaan. Cukup jelas terlihat bahwa pencatatan yang rapi, akurat, terintegrasi, praktis, dan transparan membuat urusan administrasi ini menjadi lebih mudah terselesaikan dan tidak butuh waktu lama.

Keefektifan dan efisiensi hadirnya aplikasi absensi online membuat perusahaan lebih cepat berkembang bersama sumber daya manusia yang mereka miliki.

Lalu apakah yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi absensi yang tepat untuk perusahaan? Yuks simak ulasan di bawah ini!

Pertimbangan Memilih Aplikasi Absensi Digital Karyawan Terbaik


Saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan aplikasi absensi pegawainya menggunakan media digital secara online atau e-absensi agar proses pengelolaan daftar kehadiran dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, pemanfaatan aplikasi absensi lebih handal dan akurat dibanding sistem absensi manual.

Meskipun demikian, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika memilih aplikasi absensi. Antara lain :  

Pertimbangan memilih aplikasi absensi online

1. Pastikan aplikasi absensi yang digunakan berlisensi


Di era digital yang menyuguhkan kemudahan, kita tetap harus berhati-hati dalam memilih platform digital khususnya untuk instansi atau perusahaan skala besar.

Yups, penting untuk memastikan bahwa aplikasi absensi online atau software aplikasi yang digunakan sudah memiliki lisensi. Umumnya, sistem absensi yang telah memiliki lisensi mesin membuktikan bahwa mesin tersebut merupakan produk orisinil dengan kualitas yang baik.

Nah, selain itu Sobat Hamim bisa membuktikan lisensi ini dengan melihat vendor atau perusahaan yang memproduksi mesin tersebut. Pentingnya juga mencari referensi dari review perusahaan lain yang sudah menggunakan sistem absensi tersebut.

2. Aplikasi absensi memiliki kelengkapan fitur sesuai kebutuhan perusahaan

Penting untuk tidak asal pilih dalam memutuskan menggunakan aplikasi absensi online. Sebab, hal ini berkaitan dengan biaya dan efisiensi. Buat apa memilih software absensi dengan fitur lengkap yang faktanya hanya beberapa fitur yang akan digunakan oleh perusahaan.

Sebaiknya, tentukan dulu target apa yang diinginkan perusahaan dengan menggunakan aplikasi absensi online ini. Misalnya, perusahaan menginginkan mesin absensi yang bisa memantau pekerja lapangan, maka sistem absensi yang cocok adalah tipe time track.

3. Aman dan akurat


Jelas ini akan jadi poin penting dalam memilih aplikasi absensi online yang sistemnya data terpusat. Harapannya, aplikasi absensi online bisa memberikan efisiensi dan menekan kecurangan sehingga karyawan bisa bekerja secara tepat waktu.

4. Fleksibel


Wow, meski terdengar sepele. Tapi mempertimbangkan apakah software absensi yang akan digunakan perusahaan bisa kompatibel dengan berbagai device menjadi penting.

Sobat Hamim perlu memikirkan bahwa aplikasi absensi ini bisa diakses dari berbagai jenis perangkat dengan versi apapun. Sehingga memudahkan para pegawai untuk install atau menggunakan aplikasi absensi online ini.

5. User Friendly

Perlu dipahami tentang berbagai jenis SDM yang dimiliki perusahaan yang bisa jadi mereka ada yang buta teknologi. Nah, hadirnya aplikasi absensi yang mudah digunakan membuat setiap orang jadi lebih nyaman.

Hal ini jelas berdampak pada produktivitas mereka agar tidak disibukkan dengan urusan administrasi dan birokrasi. Pokoknya ramah buat penggunanya.

6. Employee Self Service

Prinsip dari employee self service atau ESS ini adalah kemandirian. Termasuk mendukung transparansi sebab pegawai bisa memonitor kinerja mereka.

Nah, ESS ini memudahkan pegawai dan tim administrasi untuk mengefisienkan waktu. Sebab, satu kali pengisian bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan meminimalisir kesalahan.

7. Integrasi Payroll


Payroll adalah sistem penggajian pegawai berdasarkan hasil rekapan absensi pegawai. Artinya, hasil absensi mempengaruhi jumlah gaji dan potongan.

Contoh, pegawai Sobat Hamim ada yang terlambat dan izin, maka secara otomatis sistem payroll akan langsung memotong gaji karyawan sesuai aturan.

Pun berlaku jika lembur, penghitungan gaji karyawan akan langsung dijumlahkan. Dengan sistem payroll ini memudahkan HRD untuk bekerja lebih cepat, tidak perlu cara manual bahkan hasil gaji otomatis bisa langsung terlihat.

Wow asas keterbukaan ini membuat pegawai jadi lebih produktif dan kinerja perusahaan meningkat.

8. Pastikan aplikasi absensi memiliki jaminan support yang handal

Perlu kita sadari bahwa menggunakan software absensi itu pada intinya menggunakan sistem. Dan sistem juga memungkinkan terjadi error atau gangguan.

Nah, memastikan bahwa aplikasi absensi online yang kita pakai aman jika membutuhkan bantuan sewaktu-waktu maka pilih perusahaan software absensi yang profesional menyediakan support untuk para pelanggan mereka.

Digitalisasi Adalah Sebuah Kepastian di Era Industri 4.0, Semua Harus Siap Berubah!


Perkembangan teknologi yang serba digital menuntut sebuah perusahaan untuk beradaptasi agar bisa bersaing di era industri 4.0 ini. Tak terkecuali perangkat-perangkat yang bisa menjadi supporting meningkatkan performa perusahaan. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi absensi.

Melalui penjabaran di atas, apakah Sobat Hamim sudah mulai mempertimbangkan peran aplikasi absensi online ternyata cukup krusial bagi sebuah perusahaan? Nah, pastikan memilih software absensi online yang tepat ya!

Jangan takut untuk melakukan perubahan dalam rangka meningkatkan performa perusahaan menjadi lebih baik. Siap menjadi perusahaan yang kompetitif maka siap pula untuk berkembang. Yuks maksimalkan peran aplikasi absensi online yang handal untuk perusahaanmu! Semoga makin sukses!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

8 komentar

  1. Sebagai seorang HRD, aplikasi ini keren banget, aplikasinya terintegrasi, ga capek capek lagi dong

    BalasHapus
  2. aku nbelum terlalu pusing bab ini mbak, masih pakai finger print ngikuti aturan sekolahnya soalnya. semakin kesini model finger print terus berionvasi ya, noted banget ini

    BalasHapus
  3. Dari semua jenis absensi yang mbak Hamim jabarkan, saya baru ngerasain versi manual, ceklok, dan fingerprint.
    Sekarang makin canggih, ya. Sampe ade versi onlinenya buat absensi

    BalasHapus
  4. MAkin ke sini, maik serba aplikasi ya mbak... Kalau di kantor tempatku bekerja masih menggunakan absensi finger print. lebih aman, lebih valid, katanya.
    Makasih ya mbak, infonya... sangat membantu dalam membuka wawasanku tentang SDM. Sapa tahu tahun depan jadi direktur RS, hehehe

    BalasHapus
  5. aku ngerasain absensi manual pas masih jadi admin proyek mba, dan aku ngebayabgin coba aja saat itu udah kenal aplikasi absensi online kaya gajihub ini pasti menarik dan mempermudah banget

    BalasHapus
  6. Terakhir di sekolah dulu masih pakai finger print. Emang bener banyak error, apalagi harus antri karena semua guru datang di ujung waktu.

    Keren nih kalau sudah pakai online

    BalasHapus
  7. Sekarang emang sudah banyak yang Pakai cara absen online yaa.. Tetangga ku juga cerita kalau perusahaannya menerapkan sistem absen online. Jadi ga bisa tipu-tipu lagi lho.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular