=Hamimeha

Cara Menjadi Agen Belfoods Peluang Bisnis Rumahan!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Cara menjadi agen belfoods
Hai Sobat Hamim, di kesempatan kali ini aku ingin berbincang tentang salah satu peluang usaha yang sedang naik daun. Apakah itu? Yups, frozen food. Pasalnya, frozen food bisa jadi solusi praktis bagi yang tidak mau repot-repot membuat masakan. Selain praktis, mayoritas olahan makanan dalam bentuk frozen food banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Nah, salah satu brand frozen foods yang cukup banyak beredar dan mudah ditemui di masyarakat adalah merk Belfoods. Aha, melihat fenomena ini, aku jadi berpikir bagaimana cara menjadi agen belfoods ya? Apakah setiap orang punya peluang menjadi agen Belfoods? Berapa modal dan apa saja yang perlu dipersiapkan?

Berdasarkan analisa pasar, peluang bisnis frozen food rupanya cukup besar. Bahkan bisnis ini bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang hanya di rumah saja namun bisa meraup omset puluhan juta. Wah, menarik bukan Sobat Hamim, yuks merapat untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkapnya!

Cara Menjadi Agen Belfoods

“Kembaranku jualan frozen Mbak, dia melakukannya sejak menikah,” tutur seorang teman di kampus ketika aku bertanya tentang bisnis apa yang digeluti oleh saudara kembarnya. Kemudian temanku tersebut mengirimkan beberapa katalog frozen food ke whatsapp pribadiku. Belfoods adalah salah satu merk yang sempat menyita perhatianku. “Oh, kembarannya jadi agen Belfoods?”

Apakah cukup mudah cara menjadi agen Belfoods, sehingga beberapa temanku yang memutuskan membuka bisnis frozen food menjadikan merk dari anak perusahaan PT Sierad Produce tbk ini melengkapi katalog forzen mereka?

Oke, agar tidak penasaran maka ada baiknya jika kita menyimak terlebih dahulu apa persiapan sebelum memulai bisnis frozen food?

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Frozen Food

Yuhuiii, meskipun aku masih penasaran apakah cara menjadi agen Belfoods cukup mudah sebab bertebaran merk makanan beku ini di pasaran maupun agen-agen rumahan. Namun kita perlu mengetahui tips persiapan sebelum memulai bisnis frozen. Yuks kita simak bersama!

Pertama, Tentukan jenis produk frozen food yang akan dijual

Sebagaimana langkah pertama setiap kali memulai bisnis. Penting sekali untuk analisa pasar untuk menentukan frozen food jenis apakah yang banyak diminati? Sebab rupanya, frozen foods saat ini tidak hanya berupa nugget namun buah maupun camilan bisa dijadikan frozen food.

Pemilihan jenis produk frozen food ini juga dipengaruhi oleh target market yang akan kita sasar. Jadi pastikan, untuk siapa frozen food ini dijual? Apakah untuk keluarga besar, anak-anak, remaja, atau dewasa? Dengan mengetahui target market, maka bisa memudahkan cara promosi penjualannya.

Dan kemudahan cara menjadi agen Belfoods ini mungkin dikarenakan pangsa pasar yang jelas ya Sobat Hamim. Apalagi merk Belfoods cukup dikenal banyak kalangan. Sehingga, kita tak perlu pusing lagi untuk membangun branding produk tersebut.

Kedua, Tentukan pilihan produksi


Yups, meskipun aku menemukan banyak ibu rumah tangga lebih memilih menjadi agen frozen food dengan menjual produk dari brand kepunyaan perusahaan lain. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika Sobat Hamim membuat inovasi dan memilih membuat frozen homemade lho!

Aku pun memiliki seorang teman yang berjualan nugget sebagai salah satu frozen food yang banyak diminati. Dikarenakan hasil olahannya yang enak, sehingga produksinya selalu ditunggu-tunggu. Kelebihannya jika kita memilih melakukan produksi sendiri adalah lebih bisa mengontrol biaya produksinya dan lagi bisa mengontrol kandungan nutrisinya. Misal, memilih untuk membuat produk yang tanpa MSG atau pemilihan bahan-bahan tertentu.

Ketiga, Lakukan perhitungan biaya

Memilih untuk produksi sendiri atau menjadi agen dari brand lain, maka kita tetap perlu mempertimbangkan kepemilikan modal yang kita punya dengan biaya apa saja yang perlu disiapkan. Jika Sobat Hamim memutuskan produksi sendiri maka bisa menggunakan perlengkapan di rumah dan produksi sesuai dengan modal yang ada.

Akan tetapi, jika memilih menjadi agen maka umumnya ada minimal order untuk syarat menjadi agen produk tertentu. Seperti cara menjadi agen Belfoods yang akan aku uraikan penjelasanku berikutnya.

Keempat, Pilih supplier frozen food terbaik

Ops, dipoin ini sebenarnya berlaku buat Sobat Hamim yang ingin menjadi agen ya. Pilihlah supplier frozen food terbaik sebagai mitra bisnis keagenan. Nah, pada poin ini memang perlu banyak pertimbangan dan perhitungan. Poin memilih dengan matang supplier mana yang akan kita ajak kerjasama memberi dampak pada keberlangsungan bisnis frozen food kita di masa mendatang.

Untuk itu, pastikan untuk memilih supplier frozen food yang telah memiliki surat izin edar resmi sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, memilih supplier resmi juga akan menjamin keamanan frozen food dari pabrik sampai ke toko. Nah, jadi memang tidak boleh asal pilih ya Sobat Hamim.

Kabar baiknya, dalam pembahasan cara menjadi agen Belfoods kali ini aku juga mengupas mengapa merk satu ini banyak dipilih oleh banyak agen. Yups kita lanjutkan ke ulasan berikutnya yuks!

Sekilas Tentang Belfoods

“Belfoods mempersembahkan produk berkualitas selezat buatan Ibu.Karena kami percaya, Ibu selalu melakukan pekerjaannya dengan penuh cinta. Belfoods Lezatnya Cinta Ibu.”
Menarik sekali kalimat pembuka di website resmi Belfoods ini. Aku pribadi sering berbelanja produk dari Belfoods untuk stok di rumah. Sebab anak dan suami suka dengan nugget yang memiliki banyak varian dari Belfoods. Selain memang rasanya yang enak ya hehehe. Inilah salah satu alasan aku ingin menulis tentang cara menjadi agen Belfoods, selain jadi konsumen bisa nih peluang buat usaha rumahan kami. Btw, kita kenalan dulu yuks dengan Belfoods!

Dilansir dari website resmi Belfoods, Belfoods merupakan bagian dari PT Sreeya Sewu Indonesia, Tbk yang memiliki bisnis yang terintegrasi, mulai dari peternakan hingga pabrik pengolahan ayam, sehingga dapat mengontrol produk yang dihasilkan pasti berkualitas, aman dan higienis. Belfoods memulai perjalanannya pada tahun 1999 dengan merek dagang Belfoods, Delfarm, 222 dan Uenaaak. Seiring dengan pertumbuhan bisnis dan perkembangan pasar produk olahan beku, pada tahun 2011, merek merek tersebut kini bertransformasi menjadi Belfoods.

Belfoods memiliki pabrik yang berlokasi di Jonggol, Bogor, Jawa Barat memiliki 4 lini produksi utama, yaitu lini nugget, lini bakso, lini sosis, dan lini mantau. Belfoods memproduksi berbagai produk makanan olahan beku yang berkualitas dan dipasarkan dengan berbagai merek antara lain Belfoods Royal, Belfoods, dan Belfoods Uenaaak. Beberapa upaya peningkatan produk dan layanan yang dilakukan juga telah mengantarkan Belfoods memperoleh sertifikasi ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu), ISO 22000 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan), dan Sertifikasi Jaminan Halal untuk setiap produknya.

Nah, rupanya Belfoods sudah mengantongi ISO lho! Jadi jangan khawatir dengan proses produksi, dijamin higienis! Selain itu, buat Sobat Hamim perlu tahu bahwa produk Belfoods terbuat dari bahan baku daging ayam yang berkualitas dan berstandar tinggi juga bersertifikasi HALAL dari MUI.

Dengan banyaknya permintaan masyarakat akan makanan beku yang cepat saji dan enak, menjadikan kesempatan buat kamu yang sedang mencari uang tambahan. Selain itu juga beberapa perusahaan makanan beku saat ini sedang mencari atau menambah mitra disetiap daerah di Indonesia salah satunya Belfood.

Menariknya lagi, ciri khas dari produk Belfoods adalah ada pada kelezatan, kerenyahan, dan rasa yang istimewa. Tak hanya itu, pilihan varian yang banyak menjadi keunggulan dari Belfoods. Produk-produk Belfoods tersedia dalam berbagai varian, seperti nugget ayam, sosis sapi, sosis ayam, bakso sapi, bakso ayam, dan varian bakso kuah. Belfoods cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi ataupun camilan,bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja.

Nah, makin penasaran gak nih untuk tahu bagaimana cara menjadi agen Belfoods melihat peluang usaha ini cukup menjanjikan. Yuks deh simak langkahnya di bawah ini!

Lima Langkah Cara Menjadi Agen Belfoods

Yeay, kita sampai pada tahap cara menjadi agen Belfoods nih Sobat Hamim. Ada lima langkah yang bisa coba terapkan ya!

Pertama, persiapkan modal

Yups, karena saat ini kita sedang membicarakan keagenan itu artinya skala bisnisnya agak besar ya Sobat Hamim. Setidaknya ada satu freezer di rumah. Di bawah ini aku coba bikin uraian modal atau biaya untuk menjadi agen Belfoods.

Asumsi satu freezer yang diletakkan di rumah sendiri ya Sobat Hamim.

Tabel 1. Rancangan Modal Menjadi Agen Belfoods

No

Deskripsi

Biaya

1

Frezeer

3000000

2

Listrik

100000

3

Paket Belfoods

200000

4

Kantong

50000

Total

3350000

Buat Sobat Hamim yang ingin membuka satu ruko khusus dengan banyak freezer maka akan lebih baik. Namun biaya atau modal yang perlu dipersiapkan pun menjadi lebih besar.

Kedua, pertimbangkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan

Yups, di poin pertama aku sempat menyinggung tentang biaya untuk perlengkapan yakni freezer. Sebagaimana langkah membangun bisnis pada umumnya, sarana prasarana atau fasilitas atau perlengkapan apa saja yang kita butuhkan menjadi poin penting ya Sobat Hamim.

Untuk bisnis frozen food, jika Sobat Hamim memilih untuk menjual produk dari brand lain ataupun produksi sendiri. Maka perlengkapan yang wajib ada adalah freezer. Namun untuk Sobat Hamim yang ingin menjual produk brand lain, misalnya Belfoods maka bisa lho mengajukan pinjaman freezer ke kantor pusat terdekat di areamu.
Kabar baiiknya, ada program dari Belfoods yang disebut program BIKIN UNTUNG. Melalui program ini, Sobat Hamim bisa bermitra dengan Belfoods. 
Adapun salah satu keuntungannya adalah dipinjami freezer, sehingga Sobat Hamim tak perlu repot-repot beli freezer jika bermitra dengan Belfoods. Aha, makanya banyak yang mencari info cara menjadi agen Belfoods dengan adanya program ini ya Sobat Hamim.

Selain itu, ada pula supplier frozen food yang menyediakan pinjaman freezer secara gratis dengan syarat minimal belanja kepada mereka. Dengan kata lain, untuk perlengkapan khususnya freezer sebenarnya bisa disiasati dengan mendapatkan pinjaman dari kemitraan kita.

Ada tiga pilihan yang bisa Sobat Hamim pilih terkait kebutuhan freezer sebagai berikut:

1. Jika belum bisa memenuhi kebutuhan freezer khusus untuk produk frozen food. Sobat Hamim bisa menggunakan freezer kulkas 2 pintu. Sangat lumayan untuk memulai bisnis ini.

2. Membeli freezer. Harga freezer 65 liter sekitar 1,7 juta sedangkan 100 liter 3,5 jt. Untuk kepentingan jangka panjang sebaiknya membeli yang 100 liter. Untuk harga memang tergantung merk dankualitas ya, di poin pertama untuk modal aku memberikan anggaran 3 juta untuk freezer.

3. Poin yang sebaiknya tidak dilakukan jika tidak mendesak dan darurat. Yakni titip ke tetangga, bisa rumah pribadi atau yang punya warung. Nah, pastikan ada bagi hasil agar tetangga tidak merasa dirugikan.

Selain freezer, sarana prasarana yang perlu dipertimbangkan adalah ruko. Jika kita ingin membuka agen agak besar ya. Tempat menjadi penting untuk meletakkan freezer yang berisi produk-produk frozen food kita. Selanjutnya, PC untuk kasir, alat tulis, kantong plastik, dan perlengkapan untuk membungkus frozen food jika melakukan pengiriman keluar kota.

Umumnya, saat ini agen frozen food tak terkecuali agen Belfoods adalah merekrut reseller atau dropshipper sebanyak-banyaknya. Hal ini dilakukan sebagai sarana marketing yang lebih luas. Termasuk memilih menjual ke marketplace, Sobat Hamim perlu memikirkan juga sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan.

Ketiga, Tentukan Sistem Penjualan

Yuhui, di poin dua aku sempat menyoal tentang pilihan sistem penjualan melalui marketplace, Untuk era digital saat ini, sistem penjualan yang memiliki progres sangat baik adalah sistem pemasaran online. Media sosial, marketplace, dan toko online adalah media paling interaktif untuk menunjang kegiatan jual-beli di masa kini.

Termasuk sistem jualan dengan keagenan yang membangun banyak reseller atau dropshipper. Semakin banyak reseller atau dropshipper maka Sobat Hamim memiliki peluang penjualan yang besar juga.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika Sobat Hamim memilih berjualan secara manual yang mana ada ruko di tempat strategis. Sehingga bisa dijangkau dengan mudah oleh target pasar kita. Poin ini berkaitan dengan poin satu yakni modal dan sarana prasarana yang dibutuhkan.

Keempat, Cari tahu agen terdekat

Nah, mencari tahu agen Belfoods terdekat dari rumahmu, cari tahu apakah di kotamu sudah ada agen Belfoods ataukah belum. Jika belum ada berarti kamu masih memiliki kesempatan yang sangat luas untuk menjadi agen Belfoods. Mencari agen Belfoods terdekat dari rumahmu bisa kamu kunjungi ke alamat website ini http://belfoods.com/info-agent/ . Mudah bukan cara menjadi agen Belfoods?

Langkah selanjutnya segera menghubungi pihak Belfoods, untuk menghubungi pihak Belfoods Sobat Hamim bisa kunjungi website resminya lalu pilih menu konsumen, isi data diri dan pesan keinginanmu ingin menjadi agen Belfoods. Setelah itu tunggu respon dari Belfoods, yang nantinya akan diberikan kontak WhatsApp atau langsung via emailmu dalam mengisi formulir pengajuan menjadi agen Belfoods.

Langkah selanjutnya segera menghubungi pihak Belfoods, untuk menghubungi pihak Belfoods Sobat Hamim bisa kunjungi website resminya lalu pilih menu konsumen, isi data diri dan pesan keinginanmu ingin menjadi agen Belfoods. Setelah itu tunggu respon dari Belfoods, yang nantinya akan diberikan kontak WhatsApp atau langsung via email dalam mengisi formulir pengajuan menjadi agen Belfoods.

Namun jika sudah ada agen terdekat maka mari kita lanjutkan ke langkah kelima.

Kelima, Segera lakukan Pendaftaran ke Agen Belfoods terdekat

Yups, langkah kelima ini sebenarnya bisa lho Sobat Hamim lakukan mulai dari jadi Reseller atau dropshipper. Sebab keuntungan dengan adanya agen adalah kita tak perlu stok produk. Namun kita bisa mengandalkan Hp yang kita miliki untuk media marketing.

Nah lho, mudah bukan? Membangun bisnis dari modal nol sangat bisa lho. Asalkan kita pandai membaca peluang seperti tips pada tulisan cara menjadi agen Belfoods ini.

Frozen Food Kesempatan Bisnis Bagi Pemula

Yoi, setelah menyimak pemaparan cara menjadi agen Belfoods. Aku semakin yakin bahwa bisnis frozen food ini menjanjikan di masa mendatang. Apalagu buat Sobat Hamim yang pemula dalam bisnis. Untuk produk frozen food dari brand yang telah dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini sangat membantu untuk proses penjualannya lho!

Selain itu, bisnis frozen food semakin booming dan kian menguntungkan. Utamanya sejak pandemi datang. Keuntungan pebisnis ini berlipat lipat. hal ini disebabkan ada banyak target pasar yang bisa disasar untuk penjualan produk Frozen food. Tak hanya ibu rumah tangga, tetapi juga bisa dipasarkan ke pedagang siomay, pedagang bakso, dan sebagainya.
Kunci sukses berbisnis sejak awal adalah optimis dan semangat. 
Dalam berbisnis, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya kendala atau permasalahan. Untuk bisa mencapai puncak, maka ada banyak anak tangga yang harus dilewati. Pada prosesnya, tidak jarang seorang pebisnis mengalami jatuh, sehingga jalannya sedikit terlambat atau bahkan mulai dari nol.

Maka sikap pantang menyerah dan membaca setiap peluang yang ada termasuk bisnis frozen food yang semakin diminati ini adalah langkah cerdas pebisnis pemula. Sebab sejatinya saat kita belajar berbisnis maka kita sedangbelajar membentuk mental tangguh,

Sudah semakin mantap jadi pebisnis dengan uraian cara menjadi agen Belfoods dalam tulisanku ini? Yuks segera eksekusi!




Sumber

1.https://belfoods.com/tentang-belfoods/

2. https://bussines.co.id/cara-menjadi-agen-belfoods/

3. https://www.pinhome.id/blog/cara-jadi-agen-belfoods

5. https://www.taupasar.com/2021/01/cara-menjadi-agen-belfoods.html

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular