=Hamimeha

12 Sekolah TK Terbaik di Surabaya, Cek Yuk!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
12 sekolah terbaik di Surabaya
Hai Sobat Hamim,

Kali ini mau berbagi nih buat para orang tua yang sedang mencari rekomendasi sekolah TK terbaik di Surabaya. Tahun ajaran baru tinggal menghitung hari bukan?

Untuk para orang tua yang memiliki anak usia sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga perkuliahan tentu sudah persiapan ya. Yup, karena aku sendiri pernah menjadi seorang pengajar di sebuah instansi pendidikan serta saat ini memiliki anak usia sekolah.

Nah, aku ingin berbagi pertimbangan, tips, serta rekomendasi sekolah khususnya taman kanak-kanak yang bisa dijadikan referensi bagi para orang tua. Apakah penting? Kan masih TK?

Wah, jangan salah ya Sobat Hamim. TK adalah jenjang awal anak belajar sekolah. Pengalaman pertama tentu akan mempengaruhi proses belajar selanjutnya. Apalagi di usia TK anak masih membutuhkan simulasi terkait tumbuh kembangnya namun juga perlu persiapan dari sisi akademiknya.

Yup, tak berlama-lama deh. Yuks baca ulasanku di bawah ini ya Sobat Hamim! Semoga bermanfaat^_^

Sekolah TK Terbaik di Surabaya


Pendidikan adalah warisan berharga orang tua ke anak
Berbicara sekolah TK terbaik di Surabaya tentu berkaitan dengan kriteria. Apa saja kriteria sebuah sekolah dikatakan terbaik? Standar kami mungkin bisa jadi berbeda dengan Sobat Hamim semua, namun inilah upaya kami memberikan warisan terbaik untuk anak-anak kelak.

Menurutku kriteria ini secara umum berkaitan dengan kurikulum, sarana prasarana yang memadai, serta supporting system utama yakni pengajar yang handal.

Sekali lagi, penentuan kriteria ini bisa jadi berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Namun secara umumnya, pun setelah saling diskusi dengan para orang tua yang aku kenal dan memiliki anak usia sekolah jenjang TK. Ketiga kriteria yang aku sebutkan di atas adalah pertimbangan dasarnya.

Selain itu, beberapa memasukkan biaya serta pertimbangan lokasi untuk masuk kriteria sekolah terbaik versi masing-masing. Aku rasa ini sah-sah saja ya Sobat Hamim. Maka dari itulah, kadang penentuan kriteria atas suatu hal itu sifatnya subjektif karena dipengaruhi oleh kebutuhan masing-masing.

Nah, lalu bagaimana dengan sekolah TK terbaik di Surabaya?

Yuppiii, aku akan segera membagikan sekolah terbaik ini versi aku ya Sobat Hamim. Berdasarkan referensi dan modal bertanya teman-teman yang aku kenal. Aku akan mencoba berbagi dengan Sobat Hamim semua.

Akan tetapi sebelumnya, izinkan aku berbagi terlebih dahulu apa sajakah pertimbangan memilih sekolah TK versi Bunda Hamim. Pertimbangan ini akan memudahkan kita menentukan pilihan. Yuks simak bersama!

Lima Pertimbangan Memilih Sekolah Versi Bunda Hamim


Pertimbangan memilih sekolah
Yup, sebagai orang yang pernah terjun di dunia pendidikan lebih dari lima tahun. Secara tidak langsung aku cukup bisa memberikan analisa sederhana tentang kriteria sekolah masuk kategori sekolah terbaik versi aku ya Sobat Hamim.

Pertama adalah kurikulum.

Kita perlu tahu apa kurikulum yang digunakan oleh sekolah tersebut. Lalu sesuaikah dengan visi misi keluarga yang kita bawa.

Tak cukup tahu saja, jika perlu Sobat Hamim bisa melihat ragam kegiatan atau program unggulan sekolah tersebut. Kita bisa mencari melalui review atau dokumentasi kegiatan dari sekolah tersebut.

Yup! Cukup jelas bukan bahwa aset digital saat ini bisa menjadi sarana branding bagi sekolah.


Kedua, supporting guru dan tenaga pendidik (tendik)

Sedih sekali mendapat sebuah berita tentang guru ataupun tendik yang melakukan tindakan tak pantas. Nah, poin sdm ini menjadi penting lho Sobat Hamim.

Jika memungkinkan kita bisa mencari info terkait pengajar dan sdm yang ada di sekolah tersebut. Melalui testimoni ataupun review juga ya. Karena guru memegang peran penting dalam kesuksesan belajar anak-anak. Apalagi jika masih jenjang taman kanak-kanak.

Pendampingan dari guru yang friendly dan peka terhadap kebutuhan anak masih sangat dibutuhkan bagi anak-anak di jenjang ini.

Ketiga, sarana dan prasarana

Fasilitas sekolah TK yang memadai itu penting
Bicara sarana prasarana memang tak terlepas dari fasilitas. Nah, inilah yang mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan. Sejujurnya, aku dan suami cukup terkejut mengetahui biaya sekolah TK di Surabaya seharga uang kuliah semasa kami dulu wakaka.

Pertimbangan fasilitas yang perlu kita perhatikan adalah ruang belajar yang mendukung, area bermain yang luas dan mewadahi anak-anak untuk eksplor kemampuan mereka, fasilitas kesehatan serta kantin yang sehat.

Ditambah lagi program-program sekolah di luar akademik. Seperti salah satu sekolah yang pernah aku datangi. Mereka memiliki program outdoor learning sekian kali dalam sebulan. Program-program tersebut masuk dalam sarana prasarana.

Tak kalah penting adalah jasa antar jemput, ketersediaan catering, dan juga jaminan kebersihan di sekolah tersebut. Memang agak ribet tapi menjadi suatu hal yang perlu para orang tua perhatikan juga ya.

Keempat, jarak

Pilih jarak yang terjangkau untuk kita bisa melakukan antar jemput anak. Sebab lamanya perjalanan dari rumah ke sekolah mempengaruhi mood belajar anak pada umumnya.

Selain jarak penting juga melihat lokasi sekolah ya. Strategis tidak? Ini sering terlewat tapi untuk anak TK yang masih membutuhkan pengawasan ekstra. Penting untuk mengetahui apakah letak sekolah cukup aman bagi anak-anak?
Antar jemput sekolah TK jadi nilai plus

Kelima, biaya

Yupiiiii. Pertimbangan yang sering diutamakan tapi aku letakkan paling akhir. Bagiku biaya itu bisa dinego. Dalam artian, kita sebagai orang tua bisa mengupayakan yang terbaik bagi pendidikan anak kita.

Kami adalah orang tua yang idealis yang mengharapkan anak kami belajar di sekolah TK terbaik di Surabaya. Namun kami juga realistis untuk memilih sekolah yang sesuai budget kami. Dengan kata lain terjangkau dengan kemampuan finansial kami tapi tetap tiga kriteria dasar yang aku sebut sebelumnya terpenuhi.
Biasanya, kita perlu menganalisa dengan biaya sekian yang harus dibayarkan apa saja yang kita peroleh. Khususnya untuk proses kegiatan belajar anak-anak nanti. Jikapun memilih yang harga terjangkau, mungkin yang agak diturunkan standarnya adalah di sarana prasarana.
Poin penting sekolah ada pada pendidikannya, yakni kurikulum dan pengajarnya. Itu menurut kami dengan segala pertimbangan dan pengalaman yang pernah kami rasakan.

Yup, sekilas itulah ulasan pertimbangan kami mencari sekolah TK terbaik alias favorit untuk anak sulung kami. Oke selanjutnya aku sampaikan daftar sekolah TK terbaik di Surabaya menurut wilayahnya ya Sobat Hamim. Silakan menyimak!

12 Sekolah TK Terbaik Di Surabaya Versi Hamimeha


Oke inilah daftar sekolah TK terbaik di Surabaya yang ditunggu-tunggu ya Sobat Hamim. Aku akan membagikan daftarnya sesuai dengan wilayahnya. Semoga memudahkan Sobat Hamim untuk memilih sekolah TK yang dekat dengan tempat tinggal Sobat Hamim semua.

Perlu Sobat Hamim ketahui, daftar sekolah ini aku tulis berdasarkan referensi kolom pencarian dengan review rating lima bintang dan info orang yang aku kenal ya. Semoga tetap membantu para orang tua yang sedang memilih sekolah untuk ananda.

Daftar Sekolah TK Terbaik Di Surabaya Berdasarkan Wilayah

Aku mencoba membagikan info sekilas tentang kurikulum dan metode pembelajaran yang digunakan sekolah tersebut. Ditambah lagi informasi alamat serta kisaran biaya pendaftaran dari masing-masing sekolah.

A. Sekolah TK Terbaik di Surabaya Pusat

Sekolah TK Islam Dwi Matra

Sekolah taman kanak-kanak yang dinaungi oleh yayasan Dwi Matra. Membawa visi menjadi sekolah yang dikenal untuk mengembangkan pembelajaran, kecakapan hidup bagi anak didik didalam lingkungan yang Islami. TK Dwi Matra memiliki kurikulum utama yakni kurikulum Dwi Matra yang merupakan gabungan antara kurikulum nasional, dengan tambahan aktivitas yang bermuatan lokal seperti kekhasan daerah seperti Surabaya dan gabungan dari beberapa kurikulum global.


Alamat : Tempel Sukorejo I No.100, Wonorejo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60263

B. Sekolah TK Terbaik di Surabaya Timur

1. Sekolah TK Islam Yaa Bunayya

TK Yaa Bunayya adalah sekolah TK Islam dengan metode belajar Islami, modern dan adaptif, berbasis model Sentra. TK Yaa Bunayya merupakan sekolah islam yang berbasis karakter dengan orientasi menanamkan tauhid kepada peserta didik. Dan sekolah ini sangat memperhatikan seluruh potensi yang ada seperti: potensi spiritual, potensi social, kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni sebagai hal yang sama pentingnya untuk dikembangkan.

Membawa visi “Excellent with Integral character” , TK yang merupakan milik yayasan Ponpes Hidayatulloh menggunakan Kurikulum K13 dengan sistem belajar active learning yang dipadukan dengan metode sentra yang dipandu satu orang guru secara khusus dan sesuai dengan tahap perkembangan anak 2-6 tahun.

Alamat : Jl. Kejawan Putih Tambak VI No.1, Kalisari, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60112

2. TK Maria Montessori

Sebagaimana tujuan dari pendidikan montessori yang mana adalah mempersiapkan anak menghadapi kehidupannya dan menekankan pada proses perkembangan anak secara normal dan maksimal. Adapun kurikulum yang digunakan oleh sekolah TK Maria Montessori ini berdasarkan pada keunikan masing-masing individu. Mereka menggunakan bahasa pengantar Inggris dan Mandarin.

Alamat : Manyar Sambongan No.87-89, RT.005/RW.10, Kertajaya, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60282

3. TK Alif

TK Alif merupakan salah satu TK Islam yang memiliki visi membentuk anak berkepribadian muslim dan berprestasi optimal berdasarkan Al quran dan Hadits. Kegiatan belajar selama di sekolah kental dengan nilai-nilai islami. Program unggulan sekolah TK Alif adalah Tahfidz Juz 30. Selain itu, TK Alif juga memiliki beragam aktivitas lainnya seperti outbond dan outdoor learning yang menyenangkan.

Alamat : Jl. Medayu Utara XXVIII A No.2, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60295

4. TK Lasiyam

TK Lasiyam merupakan sekolah islam yang konsepnya full day school. Memiliki banyak kegiatan yang mendukung kemampuan softskill anak. Salah satu testimoni untuk Lasiyam sebagai berikut:

"Lasiyam merupakan sekolah paket lengkap. Sistem fullday, pendidikan islami, dan sarana memadai memenuhi kebutuhan. Terima kasih ustadz-ustadzah yang tetap semangat berinovasi dan menfasilitasi pendidikan anak-anak selama pandemi." -Mama Mira dan Ananda Mika

Alamat: Jl. Residen Sudirman No.31, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60131

5. TK Al Uswah

Sekolah TK Islami yang tergabung dalam salah satu jaringan sekolah islam terpadu (JSIT). TK Al uswah menggunakan kurikulum JSIT yang berorientasi pada mengoptimalkan kecerdasan anak dengan mengedepankan nilai-nilai keimanan.

Alamat: Jl. Ngagel Jaya Tengah I / 8 Surabaya

C. Sekolah TK Terbaik di Surabaya Barat

1. TK Little Star

TK Islam Little Star merupakan sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Little Star. Dengan membawa visi terbentuk Generasi Robbani dan Berprestasi.

TK Islam Little Star memiliki program unggulan TahfidzClass, Entrepreneur Class, Layanan Konseling Rutin dengan Psikiater, Periksa Kesehatan Tulang dan Gigi Rutin, Layanan Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus

Dengan model belajar sentra dengan berbagai program belajar yakni Morning Activities, Klasikal, Hafalan Juz 30, dan Sholat Dhuhur. TK Islam Little Star juga menyediakan layanan antar jemput.

Alamat: Jl. Raya Tengger Kandangan No.86A, Kandangan, Kec. Benowo, Kota SBY, Jawa Timur 60199

2. TK Benih Kasih


TK Benih Kasih memakai pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak. Sementara itu, guru bertindak sebagai fasilitator dengan menggali potensi anak sesuai minat, bakat, dan perkembangan emosi anak. Pendekatan pembelajaran ini dinamakan BCCT (Beyond Center and Circle Time). Menariknya, pendekatan BCC ini membatasi jumlah grup belajarnya hanya 13 orang saja dengan 2 orang guru atau lebih.

Alamat: Jl. Bukit Darmo Golf No.34, Putat Gede, Kec. Sukomanunggal, Kota SBY, Jawa Timur 60189

3. Alfath Baby Gym and Montessori Islamic Preschool


Salah satu testimoni yang diberikan oleh wali murid siswa Al Fath Gym and Montessori Islamic School.

"Membantu tumbuh kembang ananda dengan kegiatan kegiatan yang efektif apalagi masa pandemi dengan meluncurkan playbox untuk anak, anak tetap dapat melakukan aktifitas walau hanya di rumah, permainan yg dikirim juga sangat membantu dalam proses perkembangan. Perkembangan anak terjamin dapat konsultasi masalah perkembangan anak dan mendapatkan solusi terbaik." -Fitria Deva

Al Fath dilengkapi dengan kurikulum yang terencana dengan baik disesuaikan dengan usia anak, perlengkapan stimulasi yang terstandar, menyenangkan, dan aman bagi anak, serta sistem evaluasi yang terukur, sehingga memudahkan ayah bunda untuk memantau perkembangan anak.

Wah menariknya, Al Fath Islamic Montessori sejak tahun 2020 buka kelas Home-Based Class atau layanan tutor datang ke rumah. Ehm, layak jika masuk kategori preschool terbaik di Surabaya ya. Inovatif!

Alamat: Jl. Gayungsari I No.89, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

D. Sekolah TK Terbaik di Surabaya Selatan

1. TK Al Hikmah

TK Al Hikmah mengembangkan model pembelajaran Realistic Circle Learning (RCL). RCL memiliki karakteristik dasar pembentukan perilaku yang didasarkan pada Continous Progressive Circle (CPC), dengan menggunakan tahapan pembelajaran INTER: Inquiry (mencari tahu), Thinking (berfikir), Experiment (mencoba), dan Reflection (merefleksikan).

Mendukung hal ini, TK Al Hikmah menerapkan proses belajar dan bermain melalui 8 sentra dengan setting moving class, sehingga memungkinkan siswa untuk bermain dan belajar dengan menyenangkan sepanjang hari.

Wah, bisa dibayangkan bahwa kegiatan belajar dan mengajar di TK Al Hikmah ini pasti seru dan menyenangkan. Layak jika tak sedikit prestasi yang pernah diraih oleh sekolah yang memiliki misi menjadi sekolah Islam yang layak dan mudah dicontoh ini.

Alamat: Jl. Gayungsari IV No.27-29, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60233

2. Labschool UNESA


Taman Kanak-kanak Labshool (Idhata) Unesa di bawa naungan dan binaan Badan Pengelola Sekolah Laboratorium (BPLS) Universitas Negeri Surabaya.

Diasuh oleh guru-guru yang linier dan sudah bersertifikasi.Sekolah Ramah AnakPelayanan kesehatan bekerjasama dengan Team UKS RKZ (Dokter Umum dan Dokter Gigi).Menerapkan pendekatan saintifik dan berpusat pada pembelajaran anak.Sarana dan prasarana yang kondusif, dan lingkungan sekolah yang aman.

Play Group dan TK Labschool (Idhata) Unesa menggunakan program belajar yang bersumber dari Kurikulum Tahun 2013. 
"Gurunya sangat baik, telaten, halamannya luas, mainannya banyak, kelasnya bersih dan nyaman. "(Galuh Putri Christanti)
Alamat: Jl. Ketintang Pratama V, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231


E. Sekolah TK Terbaik di Surabaya Utara

Tk Aisiyah 48

Masyarakat pada umumnya sudah mengetahui bahwa TK Aisyiah merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan organisasi otonom perempuan dari Muhamdayah yakni Aisyiah.

Tersebar di berbagai lokasi dalam satu kota dengan biaya terjangkau membuat TK Aisyiah diburu oleh para orang tua untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.

Membawa nilai islami, TK Aisyiah 48 memiliki banyak program sosial yang membuat anak-anak lebih dekat dengan lingkungan sekitarnya. Dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk menunjang potensi serta bakat anak usia dini.

Alamat: Jl. Sidotopo Wetan Mulia I No.7-11, RT.007/RW.06, Sidotopo Wetan, Kec. Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60128

Pendidikan Investasi Jangka Panjang


Yup, demikian ulasan 12 daftar sekolah TK terbaik di Surabaya versi Bunda Hamim ya Sobat. Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi referensi bagi para orang tua yang akan mencari dan memilih sekolah untuk buah hatinya.

Pendidikan adalah investasi bagi anak dan orang tua. Dengan memberikan pendidikan yang tepat merupakan satu langkah bijak bagi orang tua untuk memberi bekal buat masa depan anak. Semoga Sobat Hamim yang membaca ulasan ini terbantu ya.

Atau ada rekomendasi daftar sekolah TK terbaik di daerah sekitarmu? Yuks kita diskusi di kolom komentar!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular