=Hamimeha

Ngobrolin VPS Hosting Sebagai Langkah Menuju Blogger Pro

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Ngobrolin vps hosting sebagai langkah menuju blogger profesional
Hai Sobat Hamim, lama tidak membuat tulisan seputar ngeblog ya. Kali ini ide tulisanku tentang ngobrolin VPS Hosting sebagai langkah menuju blogger pro berawal dari pertanyaan seorang teman.

Jadi begini ceritanya, seorang kawan lama yang juga sesama blogger tetiba nyeletuk, "Mbak Hamim kenapa gak coba upgrade blognya."

Arah pertanyaannya ini memang sedang membahas tentang pemakaian platform blog yang aku gunakan. Menurut pandang kawanku ini, aku dianggap sebagai blogger pro. Sebab dia dia turut mengamati perkembangan ngeblogku selama satu tahun terakhir.

Ah, sejujurnya aku pun sedang menimbang-nimbang sejak lama untuk bisa menaikkan performa blogku dengan migrasi. Apalagi semakin banyak postingan yang cukup ramai pengunjung sejak menerapkan riset keyword ketika menulis artikel. Ditambah lagi dengan jumlah postingan yang semakin banyak, aku berpikir bahwa file ini akan membutuhkan ruang lebih besar untuk menyimpannya. Dan aku rasa perlu memberikan perhatian khusus terkait hal ini.


Nah, satu langkah menuju blogger pro yang perlu aku lakukan sebaiknya aku pelajari dulu nih sobat Hamim tentang VPS. Pasalnya, VPS sering digunakan oleh pemilik website dengan traffic menengah-tinggi yang sudah melewati batas yang ditawarkan oleh layanan shared hosting.


Wah, Sobat Hamim tahu gak nih tentang VPS? Yuks deh temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini ya!

Sekilas Tentang VPS Hosting

Virtual Private Server
Yuhuii, aku akan jelaskan sekilas tentang VPS Hosting ini ya Sobat Hamim. Sejatinya memang menjadi blogger itu bukan hanya sekadar menulis. Akan tetapi banyak hal bersifat teknis yang perlu dipahami oleh para blogger.

Apalagi jika memiliki goals menjadi blogger pro. Tak hanya itu, buat Sobat Hamim yang ingin membangun website untuk bisnisnya akan cocok menggunakan VPS hosting ini lho!

Yuks deh, kita lanjutkan membahas apa sih VPS hosting dan manfaatnya?

Pengertian VPS Hosting dan Manfaatnya

Yups, kita akan berkenalan dengan apa itu VPS Hosting ya Sobat Hamim. Mungkin kalian lebih familiar dengan VPS dibanding dengan VPS Hosting.
VPS atau Virtual Private Server adalah teknologi virtualisasi yang dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual.
Umumnya VPS digunakan oleh para pebisnis khususnya bisnis online untuk kebutuhan hosting dari bisnis web milik mereka. Kendati demikian kita sebagai blogger jika ingin menjadi blogger profesional perlu tahu tentang VPS ini. Menariknya lagi, VPS ini tak hanya digunakan untuk hal-hal berkaitan dengan website saja. Melain juga bisa untuk pembuatan email server, FTP server, dan lain sebagainya.

Nah, kebutuhan akan VPS untuk membuat website inilah yang disebut disebut VPS hosting.

Dengan kata lain, sebenarnya istilah VPS hosting sama dengan Virtual Private Server atau VPS. Yangmana digunakan sebagai tempat menyimpan data atau hosting, seperti tulisan, video, dan gambar.

Alasan VPS hosting lebih banyak digunakan oleh perusahaan dikarenakan harganya lebih murah dibanding dibanding dedicated hosting, sedang kualitas dari segi keandalan, keamanan, dan kinerja yang lebih baik dari shared hosting.

Menariknya lagi, VPS hosting memberikan keleluasan bagi user untuk :

1. Menentukan jenis panel kontrol apa yang digunakan.

2. Memperoleh bandwidth dan penyimpanan dengan kapasitas besar dibanding menggunakan shared hosting.

3. Fleksibel sebab bisa menentukan sistem operasi yang digunakan sesuai kebutuhan website. mengubah pengaturan hosting yang digunakan lebih bebas sesuai kebutuhan.

Analogi sederhana antara VPS hosting dan share hosting ini semacam kontrak rumah dan sewa kos-kosan. Sewa rumah kontrakan itu ibarat VPS hosting, umumnya dengan rumah kontrakan memberikan kita keleluasaan untuk mengatur rumah tersebut sesuai kebutuhan kita.

Sedangkan share hosting ibarat kos-kosan, biasanya kos memang sudah diatur oleh si pemilik kos. Kita bisa langsung menggunakan fasilitas dari si pemilik kos yang sudah tersedia, sayangnya hal tersebutlah yang membuat kita jadi tidak leluasa untuk melakukan perubahan bukan?

Dan memang keunggulan yang memanjakan dari VPS hosting adalah user bisa akses root ke server, sehingga user bisa menginstal aplikasi dan membuat perubahan sesuai kebutuhan alias bebas tanpa harus melalui penyedia hosting.

Nah itulah penjelasan sekilas tentang VPS hosting dari aku yang juga sedang belajar nih Sobat Hamim. Untuk apa saja manfaat dari menggunakan VPS hosting ini bisa menyimak infografis di bawah ini !

Manfaat vps hosting

Lima Langkah Menjadi Blogger Profesional


“Mbak ajarin aku ngeblog donk!”

“Kok bisa sih dapat penghasilan dari blog mbak?”

“Bagaimana agar blog kita bisa dilirik klien ya mbak?”


Pertanyaan serupa kerap diberikan kepadaku oleh beberapa teman lama maupun kenalan yang baru saja tahu jika aku seorang blogger yang pernah bergaji dolar. Namun sejatinya, aku pribadi masih on the way untuk menjadi blogger profesional.

Sebab seorang senior di kalangan blogger pernah berpesan, bahwa menjadi seorang blogger itu harus siap belajar. Dan selalu sediakan waktu untuk meningkatkan kualitas bloh maupun kemampuan ngeblog kita.

Dari berbagai diskusi dan forum yang aku pernah ikuti, aku jadi membuat kesimpulan sederhana tentang apa saja langkah yang bisa kita lakukan untuk menjadi blogger profesional?

Pertama, meningkatkan kualitas tulisan

Poin pertama ini adalah syarat mutlak ya Sobat Hamim. Sebab pembaca itu akan loyal jika kualitas postingan kita di blog memang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Itu artinya kualitas tulisan kita dipandang oke oleh pengunjung blog kita.

Ingat, prinsip konten is the king ini fakta yang tak terbantahkan kok. Meski ada yang bilang, beberapa pengunjung blog kita awalnya tertarik dengan pernak pernik di blog kita. Namun untuk membangun loyalitas dan membuat mereka betah berlama-lama di blog kita adalah tulisan kita yang mungkin memberi manfaat bagi mereka.

Kedua, pasang TLD (Top Level Domain)

Domain
Wah poin dua ini pun tak kalah penting ya. Sebuah profesionalitas seorang blogger adalah memiliki blog yang telah berakhiran dotcom, dotid,dotorg, dan jenis domain lainnya.

Suatu kali seorang teman pernah bertanya, “Mbak Hamim bagaimana caranya biar web kita bisa dotcom?”

Pertanyaan ini sangat jamak dilontarkan oleh orang awam yang bisa jadi belum mengenal tentang apa itu domain. Jadi sebelum kita melangkah sebagai seorang blogger profesional, mari kita pelajari terlebih dahulu seluk beluk platform yang akan kita gunakan untuk ngeblog.

Selanjutnya, mari kita patenkan blog kita dengan menggunakan Top Level Domain. Seperti yang aku lakukan pada www.hamimeha.com ini. Seringkali, pertanyaan dari teman-teman yang ingin memprofesionalkan blognya dengan pasang TLD adalah pertimbangan harga.

TLD adalah bagian akhir dari suatu domain. Contohnya dotcom, dot.id, dot.org, dan lain sebagainya. Seperti www.domainesia.com, www.indonesia.go.id , dan lain-lain.

Nah, tips buat Sobat Hamim yang ingin pasang domain bagi blognya bisa mencari promo domain dan promo VPS yang terjangkau. Akupun juga melakukan hal demikian kok, hunting promo yang pas di kantongku hehehe.

Ketiga, pantau dan tingkatkan performa blog

Yups, sebagaimana aku sampaikan sebelumnya. Bahwa selain menulis ada hal-hal teknis yang perlu dikuasai oleh seorang blogger. Khususnya untuk membantu meningkatkan performa blognya.

Seperti belajar teknik SEO baik SEO on page maupun SEO off page, belajar bagaimana cara meningkatkan speed blog, melengkapi navigasi, mempercantik template, dan lain sebagainya. Termasuk menguasai bagaimana membaca GSC dan GA untuk mengetahui tingkat performa blogmu secara sederhana.

Meski agak sedikit ribet namun kemampuan teknis ini sangat diperlukan untuk mendukung blogmu menjadi lebih baik dan siap untuk mendapatkan tawaran kerjasama dari berbagai pihak. Tak hanya itu, kualitas tulisan yang baik dan sesuai kebutuhan pembaca yang juga didukung dengan performa blog yang baik maka bersiaplah untuk kebanjiran pengunjung ya.

Wah jika sudah demikian maka bersiaplah untuk pasang VPS hosting donk!

Keempat, gunakan VPS agar lebih profesional

Yoi, penjelasan tentang VPS hosting sudah aku sampaikan di pemaparan sebelumnya ya Sobat Hamim. Salah satu manfaat VPS hosting adalah meningkatkan kinerja sebuah web. Bagaimana caranya?

Jadi begini, ketika Sobat Hamim menggunakan VPS hosting artinya kapasitas ruang penyimpanan jadi lebih besar. Hal ini berdampak pada peningkatan kapasitas dan daya pemrosesan sehingga membuat konten-konten yang dimuat lebih cepat di browser pengunjung.

Akibatnya, traffic kunjungan ke blog atau web kita tentunya akan semakin meningkat sebab peringkat SERP (Search Engine Result pages) juga lebih baik sehingga lebih mudah ditemukan oleh pembaca, pun dengan tingkat konversinya juga akan mengalami peningkatan lebih baik dari sebelumnya.

Yang perlu Sobat Hamim garis bawahi bahwa dengan setiap proses yang berjalan cepat ini tidak terlalu berdampak pada operasi lain yang sedang terjadi dalam server tersebut. Jadi aman kan ya! Siap jadi blogger profesional donk!

Kelima, senantiasa update dan upgrade wawasan seputar blogging

Poin terakhir ini sering dilontarkan oleh para senior di dunia blogger bahkan yang sudah level mastah (sebutan kami buat yang sudah jago di dunia blogging). Sejatinya, belajar itu tidak ada hentinya. Sebab ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang.

Jadi, jangan berhenti untuk update dan upgrade wawasan seputar ngeblog ya Sobat Hamim. Sobat Hamim bisa bergabung dengan komunitas atau mengikuti seminar ataupun webinar serta forum-forum diskusi yang membahas topik tentang blogging.

Yuhuii, dari lima langkah di atas apakah Sobat Hamim sudah siap nih untuk menjadi blogger profresional?

Siapapun Bisa Jadi Blogger!


Menjadi blogger profesional
“Selalu ada jalan untuk yang bersungguh-sungguh”

Aku rasa ini quote paling epik yang pernah aku dapatkan sepanjang menggeluti dunia blogger freelancer dari nol. Aku sendiri membuktikan dari yang tidak tahu apa itu permalink dan backlink menjadi berani otak-atik kode agar bisa menghasilkan template blog dan performa blog yang lebih baik.

Bahkan di titik ini, aku mulai berpikir untuk melakukan upgrade pada blogku. Apakah aku sudah siapa migrasi nih dari platform ngeblogku saat ini? Jawabnya sih masih dalam pertimbangan ya Sobat Hamim.

Sembari demikian, aku juga terus update wawasan sih dengan belajar tentang VPS hosting ini. Sobat Hamim bagaimana kabar ngeblognya bulan ini? Semoga setelah ngobrolin VPS hosting semakin mantap ya langkahnya menuju menjadi blogger profesional.

Buat Sobat Hamim yang baru mau memulai untuk ngeblog? Yuks nikmati prosesnya ya!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular