=Hamimeha

Tips Merawat Kaca Mobil

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Tips Merawat Kaca Mobil
Sebelum memasuki musim penghujan saatnya memberikan perawatan ekstra pada kaca mobil agar terhindar dari jamur kaca. Biasanya jamur kaca muncul akibat kaca mobil tidak dibersihkan dan dibiarkan kering sendiri setelah terkena air hujan. Tidak hanya karena hujan saja, jamur kaca juga bisa timbul akibat air bekas bilasan mobil yang yang tidak tersapu oleh lap dan mengering sendiri karena panas. Ini mengakibatkan bercak-bercak air sulit hilang serta membuat kaca jadi buram dan pandangan saat berkendara jadi terganggu.

Lalu, perawatan apa saja yang perlu dilakukan agar kaca mobil tetap bersih dan terhindar dari jamur? Ikuti tips di bawah ini


1. Bersihkan kaca mobil secara rutin


Kaca mobil sangat mudah kotor karena debu, kotoran, cipratan air hingga pasir yang ketika dibawa berkendara. Langkah paling sederhana agar kaca tetap mengkilap seperti baru adalah dengan rajin membersihkannya. Tak hanya mencuci dengan air dan sabun, gunakan juga cairan pembersih kaca khusus. Anda bisa menemukan cairan pembersih kaca dengan mudah di supermarket maupun toko-toko yang menjual perlengkapan mobil atau di situs jual beli online. Pembersih kaca yang baik biasanya mampu menghilangkan bercak residu air, minyak bahkan jamur membandel yang masuk ke pori-pori kaca. Selain cairan khusus yang memang dibuat untuk pembersih jamur kaca, ternyata mengatasi kaca buram juga bisa dengan menggunakan benda-benda di sekitar. Mulai dari mengoleskan pasta gigi gel yang tidak berwarna putih, cairan alkohol hingga pembersih kaca aquarium bisa dijadikan alternatif cairan pembersih jamur kaca mobil Anda.


2. Lap kaca dengan kain bersih


Banyak orang yang mengira cara mengelap kaca yang terbaik adalah dengan menggunakan kanebo atau chamois. Padahal penggunaan kanebo ternyata bisa menyebabkan goresan samar di kaca bahkan bodi mobil, sebab struktur kanebo tidak memiliki ruang untuk menyerap partikel kotoran. Jadi ketika kotoran menempel pada kanebo dan tersapu pada permukaan kaca bisa dengan mudah menimbulkan goresan. Daripada menggunakan kanebo, lebih baik gunakan kain berjenis microfiber yang memiliki daya serap tinggi dan permukaan yang lembut. Selalu perhatikan juga kondisi kain lap yang akan digunakan untuk membersihkan kaca. Pastikan lap selalu bersih sebelum mengusapnya pada permukaan kaca.

3. Bersihkan dari sisa-sisa air hujan


Jika saat berkendara mobil Anda terkena hujan, usahakan untuk segera mencucinya setiba di tempat tujuan. Bersihkan dengan sabun pencuci mobil, kemudian bilas dan keringkan dengan kain lembut. Hal ini berguna untuk mencegah munculnya jamur kaca akibat sisa air hujan yang mengendap di pori-pori kaca mobil.

4. Cek karet wiper


Kondisi kaca mobil juga dipengaruhi oleh bagian mobil yang satu ini. Karet wiper yang kondisinya sudah tidak layak menyebabkan kaca mobil menjadi tergores dan jadi buram. Karenanya, pastikan kondisi karet wiper selalu dalam keadaan baik dan segera menggantinya dengan yang baru saat karet sudah mulai mengeras.

5. Gunakan Kaca Film


Tak hanya menghalau sinar matahari langsung, beberapa kaca film berkualitas tinggi bisa juga digunakan untuk mencegah kaca dari goresan dan baret. Sehingga kaca selalu tampil lebih mengkilap layaknya baru.

Cukup mudah melakukan perawatan kaca mobil agar tetap mengkilap seperti baru. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun jika Anda ingin melakukan perawatan yang lebih lengkap tidak hanya untuk bagian kaca saja tapi juga seluruh komponen mobil Suzuki Anda, jangan ragu untuk mengunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda. Cari tahu lokasi bengkel serta melakukan penjadwalan kunjungan service dengan klik www.suzuki.co.id/services
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular