=Hamimeha

Rincian Modal Usaha Kopi Keliling, Cepat Balik Modal!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Rincian modal usaha kopi keliling
Mau manggil anak angkatan 90an donk! Masih ingatkan kalian dengan keramaian gerbong kereta api dan kadang yang tak kalah seru adanya pedagang keliling. Salah satu yang membuat aku terkesan adalah pedagang kopi keliling. Sebab aku pernah merasakan kehangatan kopi menemani perjalanan dari Jakarta ke Surabaya belasan tahun lalu.

Aku sempat berpikir, apakah terbayar capek berkeliling dengan keuntungan mereka berjualan menjajakan kopi keliling. Kadang ada yang digendong pada bagian dada mereka. Ada pula yang menggunakan sepeda yang kerap aku temukan di jalanan ketika malam hari.

Nah, semakin kesini aku semakin yakin bahwa usaha kopi keliling ini cukup menjanjikan. Faktanya, kakak kandungku sendiri membuka semacam warkop (warung kopi) dan membuatnya bertahan dengan menghidupi satu karyawannya sebelum wabah pandemi menyerang.

Ehem, tapi aku masih penasaran nih sebenarnya berapa sih modal usaha kopi keliling sehingga mereka bertahan melakoni bisnis yang tampak receh tersebut? Apakah benar untungnya juga receh? NO. Sobat Hamim perlu menyimak nih ulasanku tentang modal dan keuntungan usaha kopi keliling.

Rincian Modal Usaha Kopi Keliling

Aku pernah sih mengamati dan sedikit berdiskusi dengan kakak iparku terkait usaha warkop yang mereka tekuni selama dua tahun. Rupanya, biaya operasional memang cukup menghabiskan dana. Mungkin inilah alasan usaha kopi keliling lebih diminati dibanding membuka usaha berupa warung.

Nah kan, aku jadi penasaran dengan rincian modal usaha kopi keliling sebenarnya seberapa besar? Jika dari referensi yang aku baca, keuntungan dari usaha kopi keliling bisa mencapai 200-300 ribu lho! Sebuah angka yang fantastis donk dengan modal bahan baku mencapai 100 ribu. Maksudku, bahan ini bisa berupa kopi sachetan ya dengan merk-merk tertentu.

Meskipun demikian, jika kita memperinci ada banyak perlengkapan yang rupanya penting untuk dipersiapkan. Seperti termos, gerobak, dan lain-lain. Lebih lengkapnya akan aku uraikan di ulasan selanjutnya ya! Setidaknya Sobat Hamim mendapat gambaran bahwa modal usaha kopi keliling ternyata bisa hanya dengan modal seratus ribu saja.

Alasan Jualan Kopi Peluang Usaha Menjanjikan

Menyoal tentang bisnis kopi yang semakin menjamur, tentu ada pertanyaan seberapa prospek sih bisnis kopi? Jika kita mengamati mulai bermunculan berbagai macam bisnis kopi gaul yang dikemas dalam bentuk gelas dengan pilihan varian yang beragam? jadi kepikiran berapa sih modal usaha kopi keliling ?

Nah hal ini tidak luput dari kelebihan dari usaha kopi itu sendiri sejak dulu kala hingga saat ini, yaitu:

Pertama, Praktis dan Fleksibel

Kepraktisan dari usaha kopi keliling ini terlihat dari perlengkapan yang dibutuhkan oleh pedagang kopi itu sendiri. Selain itu, proses pembuatan kopi relatif singkat asal ada air panas. Apalagi jika menggunakan kopi sachetan, otomatis makin cepat deh proses buatnya.

Bicara fleksibilitas, sangat related dengan usaha kopi keliling dengan menggunakan gerobak atau sepeda tidak tergantung tempat.Biasanya, pedagang kopi keliling melakukan modifikasi pada gerobak atau kendaraan untuk berjualan mereka , sehingga disulap menjadi sebuah 'kedai kopi berjalan'.

Dengan kata lain, usaha kopi baik itu skala besar maupun usaha kopi keliling anti ribet.

Kedua, Mudah dan Murah

Wow, dibanding bisnis lainnya, usaha kopi memang tidak membutuhkan keahlian tertentu. Meskipun untuk kelas kopi premium diracik oleh barista. Hal ini menunjukkan bahwa usaha kopi termasuk bisnis yang mudah dan murah. Sebab modal usaha bisnis kopi keliling misalnya, tidak membutuhkan modal hingga puluhan juta kok.

Ketiga, Target pasarnya banyak

Yups, aku bilang target pasarnya banyak sebab nyaris tak ada yang tak suka kopi. Bahkan masyarakat Indonesia memiliki kebudayaan minum kopi di pagi dan sore hari bukan? Kebiasaan ini juga terjadi di keluargaku.

Meskipun demikian, sebaiknya buat Sobat Hamim yang akan memulai bisnis kopi ini perlu memfokuskan target marketnya. Apakah khusus orang dewasa, pemuda, atau remaja? Hal ini akan berpengaruh pada jenis kopi yang akan dipilih untuk dijadikan dagangan Sobat Hamim. Serta strategi marketingnya, jika sasarannya orang muda cenderung remaja.

Kopi kekinian bahkan sachetan masih banyak diminati. Berbeda dengan orang dewasa apalagi sudah bekerja. Mereka memiliki citra rasa sendiri terhadap kopi. Nah, poinnya usaha kopi baik itu keliling maupun skala besar tetap memiliki banyak konsumen. Eist sebelum membahas modal usaha kopi keliling mari kita simak celoteh tentang kopi yuks!

Keempat, Kopi kaya variasi


Yuhuiii, meski namanya kopi namun variannya bisa beragam. Inilah uniknya usaha kopi.


Sekilas Tentang Kopi dan Bisnisnya

“Among the numerous luxuries of the table…coffee may be considered as one of the most valuable. It excites cheerfulness without intoxication; and the pleasing flow of spirits which it occasions…is never followed by sadness, languor or debility.” -Benjamin Franklin
Menurut Wiliam H. Ukers dalam bukunya All About Coffe (1922) kata “kopi” mulai masuk ke dalam bahasa-bahasa Eropa sekitar tahun 1600-an. Kata tersebut diadaptasi dari bahasa Arab “qahwa”. Mungkin tidak langsung dari istilah Arab tetapi melalui istilah Turki “kahveh”.

Masih menurut Ukers, asal-usul kata “kopi” secara ilmiah mulai dibicarakan dalam Symposium on The Etymology of The Word Coffee pada tahun 1909. Dalam simposium ini secara umum kata “kopi” disepakati merujuk pada istilah dalam bahasa arab “qahwa”, yang mengandung arti “kuat”.

Sedangkan sejarah kopi di Indonesia dimulai pada tahun 1696 ketika Belanda membawa kopi dari Malabar, India, ke Jawa. Menariknya, budaya ngopi di kalangan masyarakat ternyata membuka peluang bisnis bagi sebagian orang.Mirip dengan munculnya ide usaha minuman kemasan ataupun frozen food.

Yups, inilah mulanya lahir bisnis kopi yang sudah ada sejak jaman dahulu yakni warung kopi. Bahkan aku masih mengingat kenangan masa kecil tentang pedagang kopi keliling di stasiun ataupun terminal. Aku jadi teringat kembali dengan berapa modal usaha kopi keliling ya Sobat Hamim sehingga tetap eksis sampai saat ini.


Tantangan Usaha Kopi Keliling

Ops, meski mudah dan murah serta memiliki keunggulan yang lain. Setiap bisnis atau usaha pasti ada tantangannya. Meski tulisan ini membahas modal usaha kopi keliling akan tetapi mengetahui tantangan dan resiko yang diambil saat memutuskan usaha sederhana ini juga penting. Adapun beberapa tantang melakukan usaha kopi keliling adalah sebagai berikut:

Pertama, Usaha dengan nilai kompetitif yang tinggi


Mengingat alasan yang diuraikan di atas sehingga banyak yang berminat untuk membuka usaha kopi keliling. Apalagi jika mereka tahu bahwa modal usaha kopi keliling minimalis. Nah, inilah dampaknya persaingan usaha kopi keliling banyak pesaingnya.

Kedua, Peraturan Pemerintah Daerah

Ya, bicara aturan kadang memang tidak memihak siapapun ya katanya. Namun faktanya, persoalan ketertiban terkait dengan keberadaan pedagang kaki lima memang menjadi persoalan klasik bagi pemerintah selama ini terlepas dari siapapun yang memimpin.

Regulasi memang menjadi ancaman bagi bisnis jual kopi keliling, meski kadang ironis fakta di lapangan . Pihak aparat juga menjadi konsumen dari pedagang kopi keliling. Mungkin perlu arahan atau sosialisasi di titik tertentu yang bisa dijadikan tempat mangkal pedagang kopi keliling.

Ketiga, Keterbatasan Tempat

Lho, bukannya tempat menjadi kelebihan dari usaha kopi keliling? ohoo, ini keterbatasan ditinjau dari segi gerobak atau kendaraan yang membawa bahan kopi untuk jualan. Ini adalah tantangan bagi pedagang kopi untuk kreatif menata kopi dan perlengkapannya agar terlihat rapi dan mudah melakukan pelayanan kepada pelanggan.

Wah, semua tantangan itu pasti akan dihadapi oleh bisnis apapun. Meski modal usaha kopi keliling tak terlalu banyak bahkan minim resiko. Namun Sobat Hamim perlu membuat perencanaan terhadap bisnismu agar hasilnya maksimal.
 

Tips Memulai Usaha Kopi Keliling


Yuhuui, aku ingin berbagi jurus jitu agar usaha kopi keliling Sobat Hamim bisa mendapatkan keuntungan maksimal sebelum menjabarkan rincian modal usaha kopi keliling. Keuntungan berasa dari banyaknya pembeli yang menikmati kopi kita. Nah, untuk menjaring pembeli yang banyak, maka seorang pedagang kopi keliling harus memperhatikan strategi berikut ini:

1. Jual produk yang disukai konsumen

Yups, inilah pentingnya riset pasar. Agar kita tahu bagaimana dan seperti apa kebutuhan dari pangsa pasar atau calon pembeli kopi kita. Tipsnya, sediakan beragam variasi kopi mulai dari kelas menengah hingga ke bawah.

Sekalipun kopi keliling dijual dengan harga murah, akan tetapi kualitas tetap perlu dijaga. Hal ini berlaku untuk semua jenis usaha atau bisnis apapun. Biasanya, untuk jenis kopi sachet, setiap orang pada umumnya menyukai kopi dengan merek - merek tertentu yang sudah terkenal. Oleh sebab itu, pastikan merek-merek tersebut ada di katalog jualan kopi keliling Sobat Hamim ya.

2. Memiliki keunikan atau pembeda dengan usaha kopi serupa


Yups, unik akan selalu menjadi pembeda. Akan tetapi dalam hal ini unik tidak selalu dalam bentuk produk yang berbeda namun bisa berupa kemasan, cara penyajian, atau bentuk gerobak atau kendaraan untuk berjualan yang unik.

Unik ini bertujuan untuk memberi kesan kepada para calon pembeli sehingga ingat dengan kehadiran kita. Meski berawal dari rasa penasaran setidaknya kita bisa menggaet pembeli dengan keunikan tersebut.

Dan lagi, pelayanan yang baik kepada pembeli juga termasuk dalam keunikan lho! Misalnya, keramahan, guyonan, atau obrolan yang selalu nyambung membuat pembeli betah dan akhirnya jadi pelanggan karena pelayanan yang baik.

3. Bangun Layanan Dan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Yoi, meski yang kita jual adalah produk kopi. Akan tetapi, pelayanan dan komunikasi yang baik dari pelanggan dan konsumen merupakan nilai plus bagi usaha kopi keliling.

Ingatlah, bahwa hubungan yang baik juga investasi bagi pebisnis. Modal usaha kopi keliling salah satunya adalah kemampuan membangun komunikasi yang baik dan menarik ya hahaha. 

4. Temukan lokasi yang tepat


Aku jadi teringat dengan peribahasa ada kopi ada semut. Nah, peribahasa ini tepat untuk menunjukkan tips keempat ini. temukan lokasi yang tepat untuk berdagang. Hal ini berkaitan dengan peraturan pemerintah terkait penertiban.

Jangan sampai di saat ramai pelanggan eh malah kena pasal penertiban dari satpol PP. Nah, kurang oke juga kan jadinya. Selain menentukan tempat perlu juga memperhatikan jadwal untuk berjualan yang tepat.

Karena sifatnya yang fleksibel, usaha kopi keliling ini sangat memungkinkan dalam sehari untuk berpindah-pindah tempat, namun demikian Sobat Hamim perlu memperhatikan lokasi serta waktu yang tepat dimana pelanggan tetap Sobat Hamim berada.

Wah tidak sabar ya dengan rincian modal usaha kopi keliling? Yuks kita temukan jawabannya di bawah ini!

Usaha Kopi Keliling Modal Minimalis Hasil Fantastis


Yuhuii, sampai pada rincian modal usaha kopi keliling nih Sobat Hamim. Berapa besarkan modal dan keuntungannya?

Tabel 1 Analisa modal dan keuntungan usaha kopi keliling

No

Deskripsi

Biaya

A

Biaya Operasional

 

1

Termos Air Panas 2 Liter (2 Buah)

320000

2

Termos Es Batu

50000

3

Gelas Plastik “Papper Cup” sekali pakai (100 Biji)

140000

4

Gelas Palastik Biasa 20 Biji

140000

5

Sendok Makan Plastik 100 Biji

58000

6

Galon kecil ukuran 5Liter “Pakai Keran” / botol 1,5 liter saja sebanyak 2 atau 3 buah

50000

7

Rombong Kayu Rengkek “Bikin sendiri bisa lebih murah”

500000

TOTAL

1258000

B

Biaya Variabel

1

Gula 1 Kg

15000

2

Kopi Kapal Api Bubuk 2 Bungkus “Tanpa Gula”

50000

3

Kopi Kapal Api Mix 10 Bungkus “Ada Gula”

20000

4

Teh Sari Wangi Celup 25 s

8000

5

Luwak White Coffe 10 Bungkus

21000

6

Top White Coffe 10 Bungkus

20000

7

God Day Frezee Capucino 10 Bungkus

35000

8

Energen 3 rasa Coklat, Vanila dan Kacang Hijau (Masing-masing 10 bungkus)

60000

9

Susu Frisian Flag Cair (Coklat + vanila) masing masing 10 Bungkus

60000

10

Nutrisari Jeruk dan Jambu Masing-masing 10 Bungkus

40000

11

Kopi ABC Mocca 10 Bungkus

20000

12

Pop Ice Coklat 10 Bungkus

20000

13

Pop Ice Vanila Blue 10 Bungkus

20000

14

Pop Ice Alpukat 10 Bungkus

20000

15

Segar sari Jeruk 10 Bungkus

20000

16

Nescafe Clasik 10 Bungkus

20000

 

Total

449000

C

Prediksi penjualan

 

1

Terjual 100  cup dengan laba @ 1500

150000

2

Laba untuk sebulan 30*150K

45000



Oke, sebulan memiliki pendapatan berkisar 4,5 juta tentu sudah memuaskan ya Sobat Hamim. Sebab keuntungan fantastis dari modal yang tak sampai separuh dari laba membuat aku meyakini bahwa jangan pernah meremehkan bisnis yang terlihat receh.

Setelah mengurai modal usaha kopi keliling dalam tulisan ini aku semakin percaya dengan ucapan ibuku bahwa otak pedagang itu gak ada yang mau rugi. Meski sedikit agak terlihat “sengsara” itu bisa jadi sebanding dengan keuntungan yang mereka peroleh.

Oh ya, perlu Sobat Hamim ketahui bahwa estimasi biaya-biaya di atas beserta keuntungannya sangatlah bisa berubah. Sebab harga yang tercantum berdasarkan pengetahuan sebagai penulis. Bisa jadi Sobat Hamim mendapatkan harga bahan lebih terjangkau.

Dan satu lagi, meski judulnya usaha kopi keliling namun faktanya ada banyak sajian m
inuman kemasan non kopi yang dijual oleh pedagang kopi keliling mengikuti kebutuhan pasarnya.

Bisnis Murah Tak Selalu Mudah

Menyimak ulasan modal usaha kopi keliling ini, aku rasa kita perlu memahami juga bahwa selain adanya kelebihan dari usaha sederhana ini. Akan tetapi tantangannya juga ada ya Sobat Hamim.

Jadi aku harap jangan pernah menganggap sepele apapun terkait bisnis. Sebab, setiap keputusan yang kita ambil selalu ada resikonya meski kecil. Namun kita bisa menekan resiko ini seminim mungkin. Harapannya, dengan perencanaan yang matang membuat kita jadi lebih maksimal dalam mengupayakan usaha yang kita bangun untuk terus berkembang.

Nah, semakin bersemangat untuk membangun bisnis mulai dari yang sederhana saja dulu. Bagaimana?



Sumber :

[1] https://www.clubbisnis.com/2020/08/rincian-modal-awal-usaha-kopi-keliling.html

[2] https://www.bangizaltoy.com/2019/10/rincian-modal-usaha-kopi-keliling.html

[3] https://www.bizznet.my.id/2020/11/peluang-usaha-bisnis-jual-kopi-keliling.html

[4] https://www.academia.edu/33770110/Rincian_Modal_Usaha_Jualan_Kopi_Keliling

[5] https://jurnalbumi.com/knol/sejarah-kopi/
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular