=Hamimeha

Membangun Ekosistem Live Streaming dengan Fitur IDN Live di IDN App, Seru pisan!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Membangun ekosistem live streaming dengan fitur IDN live di IDN App
"Nobar yuks!"

Hai Sobat Hamim, familiarkah dengan kalimat ajakan di atas? Tentu gak asing khususnya di kalangan anak muda. Menariknya, kata nobar ini memiliki banyak makna dipandang berdasarkan konteksnya.

Berdasarkan konteksnya tersebut, kata nobar bisa dimaknai nontong bareng dan juga nongkrong bareng. Sejatinya, istilah nobar sudah populer sejak lama namun dengan kondisi berbeda.

Di masa dulu nobar merupakan kegiatan nonton bareng rame-rame secara langsung. Akan tetapi, sejak kita dikenalkan dengan berbagai teknologi yang ternyata bisa menghubungkan kita dengan banyak orang tanpa harus bertatap muka.

Nobar alias nonton barengpun bisa dilakukan secara online. Nah, bagaimana dengan nongkrong bareng? Apakah bisa dilakukan secara online?

Yupi, inilah poin yang ingin aku sampaikan ke Sobat Hamim dalam kesempatan kali ini. Di era teknologi yang semakin berkembang, kita dikenalkan dengan berbagai perangkat digital yang memudahkan aktivitas manusia sehari-hari. Salah satunya kita tetap bisa berinteraksi dengan orang dari manapun hanya lewat layar asal terkoneksi dengan internet.

Pun dengan media digital yang ternyata tak kalah seru untuk memberikan fasilitas bagi kita. Seperti live streaming yang makin digandrungi oleh banyak kalangan. Alih-alih hanya sekadar hiburan, ternyata live streaming sering digunakan untuk sarana berkumpul alias nongkrong online lho!

Wah, gimana keseruannya ya? Itulah kali ini aku ingin menulis tentang membangun ekosistem live streaming dengan Fitur IDN Live di IDN App yang full faedah. Yuks simak yuks!

Live Streaming dan Trend Anak Muda Masa Kini

Menyoal tentang anak muda masa kini yang merupakan Generasi Z. Pasalnya, konten live streaming semakin diminati khususnya di kalangan Gen-Z di Indonesia.

Menurut riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan IDN Research Institute, sebagai generasi digital native saat ini Gen-Z semakin tertarik mengkonsumsi konten dengan format video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua dengan persentase 13% setelah video-based content (75%).
Mengapa live streaming menarik bagi Gen-Z?

Sebab live streaming lebih interaktif, hal ini cukup sesuai dengan karakter Generasi Z yang menyukai komunikasi dunia maya. Kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi dengan internet pula yang membuat Gen-Z disebut i-generation atau generasi internet.

Alasan live streaming menarik
Melalui live streaming, audience dan streamer bisa berinteraksi langsung secara real-time dengan streamer favorit mereka. Selain itu, mereka suka menonton berbagai macam konten, mulai dari konten bermain games,menonton video reaction, atau bahkan hanya mengobrol saja dengan streamer. Bahkan, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun setiap harinya.

Nah, inilah yang menurut William Utomo selaku COO IDN Media menyebutkan bahwa perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan penikmat konten lainnya. William menjuluki mereka sebagai micro community yang sangat loyal dengan streamer favorit mereka. Loyalitas tersebut ditunjukkan dengan durasi konten yang mereka suka.

Upaya IDN Media Membangun Ekosistem Live Streaming

Trend kekinian dari live streaming ternyata makin berkembang tak hanya sebagai hiburan lho. Melainkan juga bisa digunakan untuk kebutuhan komersial. Masih segar diingatan kita viralnya penjual gorden berdarah India? Live streaming mampu mendongkrak penjualan bahkan bonus viral!

Yups!

Menariknya, peluang ini tak hanya dinikmati oleh pengguna streamer. Akan tetapi mulai dilirik oleh banyak aplikasi juga untuk mengintegrasikan format konten berbasis video ke fitur mereka.

Nah, hadirnya fitur IDN Live dari IDN App salah satunya. 
Melalui fitur IDN Live, IDN Media terus berinovasi menciptakan platform bagi streamer untuk berkarya secara positif, sekaligus menghadirkan hiburan yang menyenangkan dan aman bagi audiens yang nantinya akan menguatkan micro community.

IDN Live dan Ekosistem Live Streaming

Upaya IDN Media dalam membangun ekosistem live streaming tentu membutuhkan kerjasama dari banyak pihak. Dari para streamer, user, maupun calon-calon streamer yang berminat gabung membangun ekosistem live streaming ini. IDN App memiliki fitur yaitu IDN Live yang memungkinkan seseorang membuat konten live streaming.

“Harapannya, kami dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami juga ingin mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming," tutur COO IDN Media tentang harapan di masa depan untuk berkolaborasi membangun ekosistem live streaming di Indonesia.

Fitur IDN Live di IDN App sebagai Sarana Mewadahi Kreativitas Anak Muda Di Era Digital


Apakah Sobat Hamim penyuka esport?

Wah aku kagum sih dengan kekompakan dan loyalitas para penggemar esport yang terkenal memiliki basis massa yang besar. Mereka sudah lama menggunakan live streaming sebagai sarana berkumpul secara virtual.

Yups! Jadi nobar alias nongkrong online itu bisa saja dilakukan secara virtual. Yaitu dengan live streaming! Umumnya, tongkrongan itu kan ramai karena adanya kesamaan seperti kesamaan hobi, minat, dan lain sebagainya. Keasyikan saat nongkrong itukan pada interaksi bersama teman bukan?

Jadi sebenarnya jenis aktivitas apapun yang dilakukan bersama sangat digemari pasti menyenangkan, misalnya bermain games bersama, menonton video lucu, atau bahkan sekedar berbincang dengan teman pun menjadi kegiatan yang seru.

Inilah peluang besar yang ditangkap oleh awak IDN Media untuk merawat dan memgembangkan micro comunity dari ekosistem live streaming yang mewadahi kreativitas anak muda. Nongkrong virtual dengan manfaat maksimal untuk anak muda.
Alih-alih menghakimi kegiatan anak muda yang selalu terhubung dengan internet selalu dipandang unfaedah. Maka ide memberikan kesempatan Gen Z mengembangkam potensi serta minat bakat mereka dari yang mereka sukai adalah langkah bijak. Hadirnya fitur IDN Live di IDN Media diharapkan bisa menjadi wadah berkreasi melalui konten-konten live streaming yang mereka buat.

Faktanya, sudah banyak gamers dan tim esports bergabung di IDN App sebagai live streamers, seperti PAOXTIPI, Bigetron Esports, dan ONIC Esports. Para ratusan streamer di IDN Live pun beragam mulai dari usia, minat, asal daerah, konten-konten yang mereka sajikan juga tak hanya menghibur namun juga edukatif.

So, yuks gabung jadi streamer di IDN Live dari IDN App. Dengan menjaring banyak streamer dan menyediakan konten menarik yang lebih interaktif. Harapannya micro community ini akan menjadi semakin solid.

Kuncinya satu yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community. Fitur IDN Live di IDN App bisa jadi medianya. Yuks menjadi bagian untuk membangun ekosistem live streaming bersama IDN Media.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular