=Hamimeha

Cara Mengisi Listrik Prabayar dan Membayar Tagihan Listrik Pascabayar lewat MBanking

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Cara Mengisi Listrik Prabayar
Metode pembayaran listrik yang sering kita jumpai saat ini adalah prabayar dan pascabayar. Kedua metode ini memiliki perbedaan tersendiri. Meski begitu, Anda bisa memanfaatkan mobile banking untuk membayar listrik pascabayar maupun pengisian token listrik prabayar. Untuk mendapatkan kemudahan metode pembayaran online, Anda perlu mengetahui cara daftar mbanking.

Cara Daftar MBanking

Untuk mendapat kemudahan pembayaran online, Anda harus mengetahui cara daftar mBanking yang simpel dan cepat. Aplikasi mobile banking ini bisa digunakan melalui smartphone yang terhubung internet.

Sejumlah aktivitas keuangan yang bisa Anda lakukan menggunakan mobile banking, di antaranya cek saldo, transfer, pembayaran tagihan, hingga top up dompet digital. Layanan ini termasuk aman karena pihak bank memberikan jaminan.

Berbagai bank kini sudah menyediakan aplikasi mobile banking untuk memudahkan orang-orang dalam mendapatkan pelayanan keuangan, mulai dari pembukaan rekening hingga transfer antar bank. Nasabah yang akan daftar mBanking tidak perlu lagi datang ke kantor cabang bank untuk menyelesaikan administrasi. Semua proses pengajuan bisa dilakukan secara online, baik pembukaan rekening, kartu kredit, dan sebagainya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan, yaitu mulai dengan mengunduh dan instal mBanking pilihan Anda melalui Play Store (bagi pengguna android) atau App Store (bagi pengguna Apple). Sebab, Anda harus melakukan registrasi terlebih dulu sebelum memakainya.

Setelah selesai melakukan registrasi, Anda harus memasukkan user ID dan password untuk login. Kemudian Anda dapat memilih berbagai macam fitur transaksi finansial yang telah disediakan, dan akan diminta OTP saat akan menyelesaikan transaksi.

Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Listrik prabayar dan pascabayar adalah dua hal yang pembayarannya berbeda. Pascabayar dibayar setelah kita gunakan, sedangkan prabayar kita bayar sebelum memakai listrik.

Pada listrik prabayar, biasanya mempunyai skema pembayaran yang mirip seperti pengisian pulsa pada smartphone. Kalau mau listrik tetap menyala, kita harus mengisi voucher terlebih dahulu.

Pemakaian listrik prabayar berdasarkan jumlah voucher yang Anda beli. Kalau Anda membeli voucher senilai Rp50 ribu, berarti Anda hanya bisa menggunakan listrik sebatas itu saja. Kalau voucher habis, listrik otomatis akan mati. Pembelian voucher listrik bisa Anda dapatkan dari minimarket, kantor pos, PLN, mesin ATM, atau mBanking.

Sementara itu, listrik pascabayar bisa Anda gunakan sepuasnya, tanpa harus membayar di awal. Anda akan membayar semua tagihan di akhir setiap bulannya.

Kelebihan dan Kekurangan Listrik Pascabayar


Listrik menjadi kebutuhan umum yang sangat penting untuk semua orang. Saat Anda memilih menggunakan listrik pasca bayar, Anda pun harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut penjelasannya:


1. Kelebihan

a. Tanpa Batasan Penggunaan Listrik

Saat Anda menggunakan listrik pascabayar, Anda tidak perlu cemas kalau kehabisan listrik secara mendadak. Listrik pascabayar terhitungnya untuk penggunaan tidak terbatas.

b.Tidak Perlu Isi Ulang

Berbeda halnya dengan listrik prabayar, yang mengharuskan Anda untuk isi ulang setiap sudah habis. Saat Anda menggunakan listrik pascabayar, Anda tidak perlu mengisi ulang. Karena Anda membayar tagihan setiap bulannya sesuai daya listrik yang Anda gunakan.

2. Kekurangan

a. Terkena Biaya Tambahan kalau Telat Bayar

Kalau terlewat membayar listrik bulanan, Anda bisa dikenakan denda atau biaya tambahan. Meski listrik tidak digunakan, Anda pun tetap harus membayarnya karena sudah melewati masa tenggat pembayaran.

b. Ada Pengontrolan dari PLN

Kelemahan listrik pascabayar yaitu adanya pengontrolan dari pihak PLN secara langsung. Petugas PLN selalu memastikan kWh di meteran Anda.

c. Tidak Bisa Mengontrol Penggunaan Daya

Berbeda dengan listrik prabayar yang memudahkan Anda untuk memantau penggunaan daya listrik. Saat menggunakan listrik pasca bayar, Anda tidak tahu berapa jumlah listrik yang telah Anda keluarkan. Karena kalau Anda boros, tagihannya bisa membengkak di belakang.


Cara Membayar Tagihan Listrik Pascabayar dan Mengisi Token Listrik Prabayar lewat MBanking

Setelah mengetahui perbedaan listrik prabayar dan pascabayar serta kelebihannya, selanjutnya Anda perlu tahu cara membayar tagihan listrik melalui mobile banking. Berikut beberapa caranya:


1. Listrik Pascabayar

Umumnya, pembayaran tagihan listrik PLN pascabayar bisa dilakukan dari awal bulan tanggal 2-4, dan ditutup per tanggal 20 setiap bulannya. Untuk membayar tagihan, pertama-tama Anda harus login ke aplikasi mobile banking terlebih dulu. Setelah memasuki beranda aplikasi, Anda bisa memilih menu bayar tagihan lalu memilih jenis tagihan PLN.

Berikutnya, Anda bisa memasukan id pelanggan atau IDPEL PLN yang Anda miliki. Kalau sudah, Anda bisa menentukan rekening yang Anda pilih sebagai metode pembayaran. Terakhir, lakukan konfirmasi pembayaran.


2. Listrik Prabayar

Untuk membayar token listrik prabayar menggunakan mobile banking, Anda perlu masuk ke aplikasinya menggunakan user ID Anda. Kalau sudah berhasil masuk di halaman utama aplikasi mobile banking, selanjutnya pilih menu layanan isi ulang 'Token PLN'. Terakhir, Anda tinggal memilih berapa token listrik yang mau Anda bayar.

Cara Memasukan Token Listrik ke Meteran


Mengisi Token Listrik Prabayar lewat MBanking
Bagi Anda yang masih awam dengan cara memasukan token ke listrik meteran, Anda bisa memulainya dengan mudah. Pertama-tama, Anda bisa membeli voucher sesuai nominal yang dibutuhkan.

Setelah membeli voucher, Anda dapat memasukan 20 digit angka token ke meteran listrik. Kemudian, Anda menekan tombol 'enter' setelah memasukan kode.

Kalau Anda mengalami kesalahan input data, Anda bisa menekan tombol 'backspace' lalu memasukan ulang kode yang benar. Kalau sudah muncul tulisan 'benar' atau 'accept' itu berarti kode sudah benar dan listrik bisa Anda gunakan sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa cara mengisi listrik prabayar dan pascabayar menggunakan mobile banking. Caranya nggak ribet kan? Salah satu aplikasi mobile banking yang bisa Anda gunakan untuk isi ulang token listrik adalah PermataMobile X yang disediakan oleh PermataBank.

Mobile Banking PermataMobile X

Anda bisa membayar tagihan listrik pascabayar dan juga mengisi ulang token listrik prabayar menggunakan PermataMobile X. Anda bisa melakukannya saja dan di mana saja, asalkan smartphone Anda terhubung internet. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara mudah di Play Store dan App Store.


Selain untuk membayar dan mengisi ulang token listrik, PermataMobile X juga memiliki ratusan fitur transaksi lain yang bisa Anda manfaatkan. Layanan yang tersedia, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash.


Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai kelebihan, di antaranya gratis biaya admin, cashback dan beragam promo belanja, autodebet, dan masih banyak lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran, penggunaan, dan berbagai layanan PermataMobile X bisa anda baca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular