=Hamimeha

Atap Ekspos Wujudkan Kesan Interior Ruangan yang Luas

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Atap ekspos wujudkan kesan interior ruangan luas
“Aku pengen deh Hon, kalau kita punya rumah yang luas.” Celetukku pada suami di kontrakan kami yang hanya sepetak toko. Ukuran 5 x 15 meter persegi bisa dibilang cukup bagi kami berdua sebagai pasangan baru.

Namun seiring waktu, anggota keluarga juga bertambah. Barang-barang juga semakin banyak, hal ini membuatku memimpikan rumah yang luas. Sebab rumah yang luas membuat kita nyaman untuk bernafas dan bergerak hahaha. Yups, itulah cita-cita sederhanaku sebagai kontraktor ( orang yang sedang kontrak rumah) kala itu.

Nah masalahnya, hidup di perkotaan membuat kami perlu berpikir ulang untuk mendapatkan tanah luas dengan harga terjangkau. Hal inilah yang kemudian terpikirkan dengan cara menyiasati suasana ruangan yang luas melalui interior ruangan. Bagaimana bisa?
Kabar baiknya, Sobat Hamim bisa menggunakan atap ekspos untuk mewujudkan kesan interior ruangan yang luas. Saat ini, trend atap ekspos semakin diminati untuk hunian dengan konsep industrial pada rumah maupun bangunan lainnya. 
Coba deh Sobat Hamim amati beberapa tempat nongkrong di sekitarmu!

Yups biar gak makin penasaran, Sobat Hamim bisa membaca ulasan lengkap tentang atap ekspos di bawah ini yuks!

Apa itu Atap Ekspos?

Yuhuii, sebelum membahas apa itu atap ekspos. Sobat Hamim pernahkah mendapati sebuah bangun dengan konsep atapnya tanpa plafon? Sehingga, kita bisa melihat rangka dari atap bangunan tersebut.

Nah, itulah yang disebut dengan atap ekspos. Jadi atap ekspose adalah atap yang di bagian bawahnya tidak dikasih susunan penutup atau plafon. Umumnya, penggunaan atap ekspos ini memang bertujuan menonjolkan bentuk bawah atap yang memberikan kesan ruangan lebih luas, tinggi, estetik, dan kesan industrialnya kerasa banget deh!

Tak hanya itu ya Sobat Hamim, sebab bagi kalian yang hidup di daerah tropis seperti di Indonesia ini. Penggunaan atap ekspos membantu sirkulasi udara bekerja lebih baik. Akibatnya, ruangan dengan desain menggunakan atap ekspos akan terasa lebih sejuk meski tak memasang AC ataupun kipas angin.

Apakah hanya itu saja alasan memasang atap ekspos untuk mewujudkan kesan interior ruangan yang luas? Oke yuks simak kelebihan penggunaan atap ekspos di bawah ini yuks!

Alasan Menggunakan Atap Ekspos

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa design bangunan tanpa plafon atau penutup memang memberi kesan rumah terlihat lebih tinggi dan luas. Sebab mata kita diarahkan langsung melihat atap rumah dengan kerangka yang estetik. Inilah alasan atap ekspos semakin banyak peminatnya.

Namun alasan lain atau ekspos menarik untuk diaplikasikan pada berbagai bangunan adalah karena banyak kelebihan dan keuntungannya. Yuks simak kelebihan atap ekspos di bawah ini!

Kelebihan Atas Ekpsos yang Menarik Banyak Peminat

Ada tiga kategori kelebihan penggunaan atap ekspos yang menarik, yakni;

Pertama, biaya

Dikarenakan penggunaan atap ekspos tidak membutuhkan plafon atau penutup atap bahwa maka hal ini tentu sangat menghemat biaya bukan. Artinya, kita memangkas biaya pembuatan plafon dengan pemasangan atap ekspos.

Kedua, kesehatan

Yups, salah satu syarat rumah sehat adalah lancarnya sirkulasi udara dalam ruangan atau bangunan tersebut. Nah,hal ini terjawab oleh penggunaan atap ekspos. Selain sirkulasi udara yang baik, kesan rumah yang luas dan tinggi akan diperoleh dengan pemasangan atap ekspos di rumah kita. Apalagi jika ukuran rumah Sobat Hamim tidak terlalu luas.

Maka penggunaan atap ekspos membantu untuk membuat udara dalam ruangan lebih sejuk, luas, dan tidak pengap. Kesan ruangan yang luas membuat pikiran kita juga lebih fresh. Wah sangat membantu untuk meredakan kepenatan setelah bekerja ya Sobat Hamim.

Ketiga, trend kekinian

Di era digital saat ini, mudah sekali mengetahui apa yang sedang trend di luar sana. Yups, tak terkecuali trend rumah konsep industrial. Konsep rumah industrial adalah sebuah gaya arsitektur yang menggunakan elemen-elemen industri sebagai inspirasi dalam desain rumah. Rumah dengan konsep ini biasanya memiliki desain yang terbuka, minimalis, dan tidak terlalu formal.

Yups, atap ekspos sangat pas ketika digunakan untuk konsep rumah industrial bukan? Sebab sentuhan interior ruangan yang langsung diberikan oleh atap ekspos yang Sobat Hamim gunakan. Jadi sangat naturalis bukan?

Pilihan warna naturalis atap ekspos baja ringan BlueScope Zacs®

Apalagi jika Sobat Hamim menggunakan atap penutup yang berwarna cantik dan natural menyesuaikan konsep bangunannya. Jadi tampilan ruangan atau bangunan dengan atap ekspos tetap eye cacthing lah!
Menyoal tentang penampilan nih Sobat Hamim, kita perlu memperhatikan penggunaan bahan atau material untuk atap ekspos. Kesan estetik yang muncul pada atap ekspos sesuai dengan visual baja ringan. Jika rangka baja ringan yang dipasang dengan rapih akan terlihat dari bawah dan mampu menambah kesan estetik dan industrial.

Penggunaan material penutup atap yang tepat untuk dipadupadankan dengan rangka baja ringan maka akan memberi kesan atap baja ringan dengan warna-warna yang natural. Dengan baja ringan, konsep hunian modern dan industrial dengan atap ekspos sangat mudah untuk diwujudkan.

Wah asyik ya!

Memperluas Interior Ruang dengan Atap Ekspos

Kunci sukses agar atap ekspos bisa memberikan kesan maksimal dalam menjadikan interior ruangan lebih luas adalah pemilihan bahan, teknik pemasangan, dan pemilihan warna yang eye cacthing. Tips agar eye catching adalah pilih warna atap yang berwarna. Dengan adanya variasi warna maka kesan dari ruangan luas dalam rumah atau bangunan lebih terlihat menonjol.

Meski demikian tetap ada beberapa pertimbangan untuk menghindari masalah ketika pemasangan atap ekspos di rumah atau bangunan Sobat Hamim.

Pertimbangan Ketika Memilih Pasang Atap Ekspos

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang atap ekspos yaitu;

1. Rumuskan konsep dan desain atap ekspos

Meski agak rumit di awal namun konsep yang jelas akan memandu proses pembuatan atap ekspos sehingga hasilnya bisa maksimal. Sebaiknya, konsep dan desain atap harus disesuaikan dengan konsep bangunan rumah agar nyambung dan eye catching dan bangunan tidak terlihat berantakan.

Misalnya, konsep rumah tradisional minimalis. Maka penggunaan atap eksos berwarna coklat kayu membuat kesan tempo dulunya kerasa bukan? Contoh lain, Sobat Hamim ingin mengusung konsep bangunan modern industrial maka berikan atap penutup dengan warna-warna yang natural dan trendi sehingga akan menambah kesan bangunan yang rapih dan estetik.

2. Pilih material yang cocok

Baja ringan sangat cocok untuk material atap ekspos. Gunakan baja ringan sebagai rangka atap yang akan terlihat dari dalam ruangan, rangka atap baja ringan memiliki banyak keunggulan yaitu kokoh, tahan karat, anti rayap, dan awet untuk jangka panjang. Selain itu, material baja ringan juga cocok untuk konsep hunian modern industrial dengan atap ekspos.

Dan Sobat Hamim bisa menggunakan Baja Ringan BlueScope Zacs®️ untuk Atap Ekspos untuk hasil maksimal. Selain itu, BlueScope Zacs®️ menggunakan material baja ringan yang sudah terjamin kualitas dan ketahanannya serta sudah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan memiliki garansi resmi.

Keunggulan lain dari Baja Ringan BlueScope Zacs®️ sebagai berikut:

Pertama, praktis alias mudah dirakit

Yoi, pemasangan Baja Ringan BlueScope Zacs®️ cukup mudah dalam perakitannya kok. Sehingga mewujudkan hunian yang luas dengan atap ekspos bisa mudah diwujudkan untuk menciptakan hunian modern dan industrial.

Kedua, bandel alias tahan terhadap karat dan korosi

Untuk penggunaan jangka panjang, baja ringan BlueScope Zacs®️ mampu membuat atap ekspos lebih awet dan tahan lama. Sebab kandungan lapisan pelindung karat AZ 100 dari baja ringan BlueScope Zacs®️ mampu membuat atap ekspos lebih awet hingga puluhan tahun. Wah ini sih hemat budget juga ya Sobat Hamim jadinya.

Ketiga, pilihan yang bervariasi dan estetik

Nah, untuk menghasilkan design yang estetik tentu kita membutuhkan banyak variasi pilihan dari atap ekspos kita bukan? BlueScope Zacs®️ menyediakan banyak pilihan warna-warna yang naturan dan trendi serta estetik sesuai dengan selera dan konsep bangunan Sobat Hamim. Dengan atap baja ringan BlueScope Zacs®️ atap ekspos untuk hunian Sobat Builders akan terlihat lebih cantik. Sehingga menambah keindahan konsep rumah atap ekspos yang modern dan industrial.

Yeay, Sobat Hamim akan mendapatkan kesan ruangan lebih luas dengan pemilihan bahan yang tepat untuk pemasangan atap ekspos Sobat Hamim.

3. Serahkan pada ahlinya

Nah, agak tricky ya Sobat Hamim. Sebab banyak tukang yang memiliki banyak keahlian, sayangnya keahlian tersebut bukan expert (ahli) yang sebeanrnya. Maka , disarankan untuk memilih tukang yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya, terutama untuk atap ekspos baja ringan.

Tukang yang berkualitas akan menentukan kekuatan dan kekokohan atap ekspos baja ringan. BlueScope Zacs®️ juga menyediakan jasa tukang baja ringan yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya untuk kenyamanan dan keselamatan penghuni rumah.

Yups, bukankah poin membangun hunian adalah kenyamanan?

Hunian Nyaman Memberi Kesan Menenangkan

Bagaimana Sobat Hamim? Apakah sudah memiliki gambaran tentang atap ekspos? Apakah optimis bahwa atap ekspos wujudkan kesan interior ruangan yang luas di rumahmu atau cafe atau bangunan yang kamu miliki?

Yups, esensi hunian atau rumah adalah memberi rasa nyaman. Maka adanya konsep rumah modern dan industrial ini sangat sesuai jika menggunakan atap ekspos. Sebab menyimak keunggulan dan keuntungannya, atap ekspos dengan materi dari baja ringan BlueScope Zacs®️ maka aku yakin bahwa trend ini akan bertahan dalam waktu lama.

Sebab rumah yang nyaman akan memberi kesan menenangkan bagi penghuni rumah. Nah, apakah Sobat Hamim masih penasaran dengan atap ekspos?
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular