=Hamimeha

Chat GPT Bukti Nyata Perkembangan Kecerdasan Buatan, Cari Tahu Yuks!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Chat GPT bukti nyata perkembangan kecerdasan buatan
"Artificial Intelligence
atau kecerdasan buatan,” jawab suami ketika aku tanya tentang bidang apa yang akan banyak dicari. Percakapan sekian tahun silam ini ternyata terbukti akhir-akhir ini.


Maraknya percakapan tentang Chat GPT memenuhi ruang diskusi kami baik di komunitas, kawan di dunia maya, bahkan di ruang kelas ketika dosen menerangkan. Jujurly, aku pribadi tidak terlalu paham terkait Chat GPT.

Aku memahaminya seperti semacam chatbot yang bisa memberikan penjelasan ketika kita memasukkan kata kunci tertentu. Dan ini sudah jamak kita temui bukan di beberapa aplikasi. Namun ternyata Chat GPT ini lebih dari itu Sobat Hamim. Perkembangan kecerdasan buatan sangat terlihat dengan hadirnya Chat GPT ini.

Seorang kawan yang merupakan mentor dalam dunia kepenulisan menyampaikan bahwa Chat GPT sangat membantu ketika ingin membuat outline tulisan. Wow banget kan? Nah biar gak makin penasaran coba deh simak ulasannya di bawah ini tentang apa sih Chat GPT dan bagaimana keterkaitannya dengan perkembangan kecerdasan buatan saat ini.

Tentang Chat GPT

Yups, Sobat Hamim penasaran ya, secanggih apa sih Chat GPT ini hingga menghebohkan dan viral akhir-akhir ini?

Rupanya, berbagai fitur Chat GPT dari Open AI ini menawarkan banyak kemudahan bagi kita. dengan catatan kita asal tahu cara menggunakannya. Bahkan Chat GPT digadang-gadang bisa menggantikan beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Wah merasa terancam gak sih jika kayak gini?

Apa itu Chat GPT?

Apa itu chat gpt
GPT adalah singkatan dari Generative Pre-trained Transformer. Sedangkan Chat GPT adalah sebuah perangkat lunak berbentuk chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI. Open AI sendiri adalah perusahaan milik Sam Altman dan Elon Musk yang berdiri pada tahun 2015.

Nah, yang membuat Chat GPT menarik karena pelayanan yang diberikan oleh Chat GPT itu sendiri. Pasalnya, Chat GPT adalah artificial intelligence yang menggunakan format percakapan lho Sobat Hamim.Dengan kata lain, seolah-olah kita Chat GPT adalah lawan bicara kita ketika kita memberi pertanyaan apapun dan ia akan menanggapi pertanyaan tersebut,termasuk saat kita memberi perintah maka ia menjawab dalam bentuk teks.

Wow amazing bukan?

Hal ini dikarenakan Chat GPT dilatih dengan menggunakan milyaran kalimat dari berbagai sumber, sehingga model ini dapat menangkap berbagai gaya bahasa dan konteks percakapan. Diperkuat pula dengan pernyataan dari OpenAI yang menjelaskan bahwa model Chat GPT mereka dilatih menggunakan teknik pembelajaran mesin yang disebut Reinforcement Learning from Human Feedback (RLHF).

Dan lagi nih Sobat Hamim, tercatat ada puluhan bahasa yang ada di Chat GPT mulai dari bahasa Indonesia, Jawa, Perancis, Rusia, Italia, Portugis, hingga bahasa Arab.

Jadi tak heran jika sejak diluncurkan pada bulan November 2022 lalu mencapai angka 100 juta orang per awal Februari lalu sebagai pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAUs) Chat GPT menurut laporan dari perusahaan finansial asal Swiss, UBS.

Wah wah, sebenarnya apa saja sih yang bisa kita lakukan dengan Chat GPT ini, sehingga peminatnya membludak?

Apakah Fungsi Chat GPT ?

Besarnya antusias orang-orang menggunakan Chat GPT memiliki manfaat yang memudahkan pekerjaan mereka. Beberapa fungsi Chat GPT yaitu,

1. Memberikan penjelasan lebih sederhana tentang suatu hal


Yups, kebanyakan orang menggunakan Chat GPT sebab ingin mendapatkan kepraktisan saat ingin mengetahui sesuatu. Pasalnya, Chat GPT bisa memberikan penjelasan yang lebih sederhana dan mudah dipahami saat Sobat Hamim merasa ada hal atau istilah yang sulit untuk dipahami.
Memudahkan pekerjaan yang berkaitan dengan tulis menulis

Nah inilah yang telah dipraktekkan oleh beberapa temanku. Jadi mereka menggunakan chat GPT untuk merumuskan outline,ide copywriting, bahkan menulis essay dan lamaran pekerjaan.

2. Membantu programmer menyelesaikan isu code

Bagi Sobat Hamim yang bekerja sebagai programer, Chat GPT juga bisa berkontribusi menyelesaikan permasalahan code. Cukup input code yang akan akan di-debug dan kamu tinggal menunggu hasilnya. Selain itu, Chat GPT juga bisa menuliskan code untuk langsung digunakan.

3. Menyelesaikan tugas sekolah/kuliah


Aku tidak bisa mengatakan ini sebuah manfaat atau bahkan bisa jadi ancaman bagi dunia pendidikan. Akan tetapi jika Sobat Hamim ingin memandang sisi positifnya adalah anak bisa belajar mandiri dengan adanya Chat GPT saat mereka kesulitan memecahkan persoalan khususnya pelajaran Matematika.

4. Hiburan

Wah ini memang bisa kita gunakan untuk refreshing ya. Karena Chat GPT di setting layaknya lawan bicara jadi salah satu kelebihan Chat GPT adalah ia bisa menuliskan joke seperti halnya manusia. Wah aku jadi penasaran kalo Chat GPT adalah manusia sesungguhnya pasti banyak dicari untuk dijadikan teman ya hehehe.

Yups, kehadiran chat GPT ini sejatinya tidak benar-benar mengejutkan sebab sejatinya Chat GPT adalah robot atau chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI). Sebab beberapa tahun terakhir banyak bermunculan Iot ( Internet of Thing),yang merupakan bagian dari kecerdasan buatan ini.

Bedanya jika Chat GPT adalah kecerdasan buatan yang mampu melakukan percakapan dan memberikan jawaban terhadap kebutuhan serta pertanyaan penggunanya. Interaksi percakapan yang terjadi pun dapat terlihat sangat natural.

Lalu sudah pahamkah kita tentang kecerdasan buatan? Yuks simak ulasan tentang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) ini .


Keterkaitan Kecerdasan Buatan dan Chat GPT

“Kecerdasan kita adalah apa yang menjadikan kita manusia, dan AI adalah perpanjangan dari kualitas itu.” (Yann LeCun)

Menurut kamus Britannica, artificial intelligence atau kecerdasan buatan adalah simulasi atau tiruan kecerdasan manusia yang diproses oleh mesin, khususnya sistem komputer. Fungsi utama artificial intelligence adalah pemutakhiran sistem, pemroses bahasa, pemahaman dialog, hingga mesin visual. Sedangkan menurut Mc Leod dan Schell, kecerdasan buatan adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia.

Singkatnya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence merupakan simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir sebagaimana manusia.

So, apa hubungannya kecerdasan buatan dengan Chat GPT?

Perkembangan Artificial intelligence seiring waktu seperti kecepatan eksponensial, hal ini tentu saja dapat memberikan keunggulan kompetitif pada setiap pihak yang berhasil mengadopsi teknologi ini. Pesatnya perkembangan ini menjadikan AI atau kecerdasan buatan terus berinovasi membuat suatu hal yang semakin memudahkan pekerjaan manusia.

Dan inilah Chat GPT yang merupakan robot atau chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI). Jadi, sebagaimana aku sebutkan di atas bahwa Chat GPT interaksinya terlihat natural karena sistem kerjanya sebagaimana seolah sebagaimana otak manusia bekerja.

Cara kerja chatbot pada Chat GPT adalah menggunakan algoritma dan konten internet yang telah ada sebelumnya untuk menciptakan hal baru seperti teks, video, kode, gambar, dan lain sebagainya. Platform ini dikembangkan berlandaskan GPT-3.5, yaitu suatu model bahasa alami yang menghasilkan teks dengan ukuran lebih panjang dalam hitungan detik.

Seiring waktu perkembangan artificial intelligence memiliki peran penting dalam dunia computer science. Istilah artificial intelligence menjadi kian populer semenjak terjadinya peningkatan kemampuan Artificial intelligence dan Machine Learning.

Jadi, kita tak bisa memungkiri bahwa kecerdasan buatan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita saat ini.

Chat GPT Bukti Nyata Perkembangan Kecerdasan Buatan


Yoi Sobat Hamim telah menyimak manfaat dari adanya Chat GPT yang telah aku uraikan di atas bukan? Sebenarnya ada banyak manfaat disesuaikan dengan fitur yang ada di Chat GPT. Baik dari sisi tulis menulis, pekerjaan, hiburan, bahkan investasi dalam hal keuangan ya.

Wah, lebih lengkapnya terkait investasi ini yang menggunakan Chat GPT bisa kunjungi situs resmi dari Pintu deh!Sobat Hamim akan menemukan jawaban yang terperinci. Penting buat menambah wawasan kita lho!

Sekali lagi, hadirnya Chat GPT adalah bukti bahwa AI semakin berkembang dari yang awalnya dalam bentuk teknologi sederhana hingga seperti saat ini nyaris seperti manusia.

Alih-alih memandangnya sebagai ancaman, akan lebih bijak untuk memperlakukan AI sebagai peluang untuk berkembang. Akan lebih baik jika kita memandang berkembangnya teknologi pendukung AI seperti cloud computing, IoT, hingga Big Data akan menjadikan AI sebagai satu-satunya pilihan untuk terus bertahan.

Kecerdasan buatan atau Artificial intelligence adalah teknologi yang mampu merubah paradigma manusia tentang bagaimana kita seharusnya bekerja. Dunia banyak mengalami perubahan dan tugas kita adalah adaptif terhadap perubahan tersebut!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular