=Hamimeha

Kebutuhan Bisnis Franchise Terhadap Properti, Penting!

2 komentar
Konten [Tampil]
kebutuhan bisnis franchise terhadap properti
"Dapat penghasilan 100 juta di usia 20 tahun.”

Tulisan pernyataan diatas pernah viral dibagikan sebagai meme atau bahkan memang target dari para anak muda dalam merancang rencana hidup mereka. Sekilas memang tampak ambisius ya Sobat Hamim. Bagaimana caranya bisa menghasilkan uang 100 juta di usia 20 tahun?

Aku banyak mendapati beberapa pebisnis di usia muda bisa memperoleh omset ratusan juta dari bisnis yang mereka jalankan. Hal ini menunjukkan bahwa usia boleh muda tapi bisnis telah menggurita. Why not?

Yups, salah satu bisnis bermasa depan cerah adalah bisnis properti. Pasalnya, properti merupakan aset yang minim resiko dan stabil terhadap inflasi. Wah, peluang baik buat Sobat Hamim yang mau mencoba atau melebarkan sayap bisnisnya nih. Lalu apa saja langkah membangun bisnis properti bagi pemula?

Masa Depan Bisnis Properti


Bisnis properti adalah aktivitas jual beli menggunakan aset yang berhubungan dengan properti seperti rumah, gedung perkantoran, tanah, ruko, rukan, apartemen, dan lainnya. Dibutuhkan modal yang besar untuk memulainya.
Perlu Sobat Hamim ketahui mengapa bisnis properti digadang-gadang memiliki masa depan cerah adalah dikarenakan peminatnya selalu ada setiap waktu dan resikonya cenderung minim. Selain itu, bisnis properti memiliki keuntungan yang besar di masa depan dan merupakan passive income jika bisa digerakan dalam bisnis.

Aku teringat percakapan dengan suami tentang investasi jangka panjang yang minim resiko adalah memiliki banyak tanah dan rumah. Alasanya karena keduanya adalah aset yang akan selalu naik nilai jualnya dari tahun ke tahun. Tentu hal ini menarik perhatianku ketika seorang teman yang masih muda menyatakan ingin memiliki kos-kosan dengan 100 kunci.

Aku sempat terheran-heran mengapa bisnis properti menggiurkan itu? Rupanya hal itu terjawab setelah aku menyadari bapak mertuaku yang sudah di usia senjanya tetap bisa hidup berkecukupan tanpa harus bekerja. Namun setiap bulan beliau masih menerima pemasukan dari pembayaran kos-kosan di beberapa rumah yang beliau miliki.

Wah, aku bisa memahami mengapa bisnis properti ini memiliki masa depan cerah ya Sobat Hamim. Akupun jadi ingin memulai untuk memiliki bisnis properti setelah menerima fakta makin banyak beberapa franchise kuliner membutuhkan tempat untuk membuka outlet mereka. Nah lho jadi serapa penting kebutuhan bisnis franchise terhadap properti ini?

Kebutuhan Properti bagi Bisnis Franchise

Menurut Permendag No. 71 Tahun 2019, franchise atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba.

Sedangkan bisnis franchise adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merk dagang, produk, jasa, atau sistem operasional. Kerja sama ini didelegasikan kepada pihak kedua yang berhak yang nanti disebut franchisee mendapatkan izin untuk pemakaian merek, produk, serta sistem operasional tersebut dalam menjalankan sebuah usaha dari franchisor (pemilik bisnis atau pemberi izin bisnis waralaba).
Menariknya, cara kerja bisnis franchise ini adalah dapat memperluas barang dan jasa menggunakan lisensi dagang yang mana nanti perlu membayar royalti dan biaya awal ke pemilik merk. Bisnis yang sering kita kenal adalah KFC, McD, Janji Jiwa, MiXue, dan lain sebagainya.

Nah, umumnya beberapa franchise memang membutuhkan outlet atau tempat untuk kelengkapan operasional mereka. Inilah peran penting properti dalam memenuhi kebutuhan tersebut Sobat Hamim. Jadi bisnis properti kenapa dibilang memiliki masa depan cerah sebab yang membutuhkan tidak hanya untuk hunian melainkan perputaran bisnis juga.

Eits, ,meski demikian bukan berarti kita asal pilih properti yak. Nah di bawah ini aku memberi tips memilih properti untuk bisnis franchise.

Tips Memilih Properti untuk Bisnis Franchise

Umumnya,, properti pasti menjadi kebutuhan bagi bisnis apapun. Jadi, permintaan akan properti akan tetap tinggi, makanya harganya cenderung naik dari waktu ke waktu.Meskipun demikian, perlu diperhatikan dalam memilih properti untuk bisnis yaitu :

Pertama, pastikan letaknya yang mudah dijangkau

Yups, aksesibilitas pada tempat ini pertimbangan penting sih Sobat Hamim. Apalagi untuk bisnis kuliner ya, maka lokasi strategis menjadi nilai tambah pada pemilihan properti untuk bisnis franchise.

Kedua, cari ukuran dan fasilitas sesuai kebutuhan

Poin kedua jelas ya Sobat Hamim. Mengingat ukuran ini juga mempengaruhi besaran budget yang dikeluarkan. Saranku maksimalkan setiap space untuk mengoptimalkan fungsinya.

Ketiga, sesuaikan dengan budget


Nah, yang tak kalah penting pertimbangan dana yang juga penting. Sebaiknya, pilihlah properti yang sesuai budget juga. Pastikan kondisi dana bisa proporsional dalam hal ini.

Keempat, cari properti yang memiliki lingkungan yang kondusif

Tidak jauh berbeda dengan memilih rumah untuk hunian, kebutuhan properti untuk bisnis franchise pun sama. Sebaiknya memilih tempat yang lingkungannya nyaman dan aman. Karena lingkungan akan mempengaruhi perkembangan bisnis franchise kedepannya.

Kelima, pastikan kredibilitas pemilik properti

Yups, poin yang tak kalah penting adalah mengetahui latar belakang pemilih properti. Jangan sampai kita berpartner dengan oknum atau pihak yang salah. Rajinlah mencari informasi dari tetangga di lingkungan tersebut. Termasuk memastikan kelengkapan administrasi properti yang akan kita gunakan.

Nah, itulah penjabaran tips memilih properti untuk bisnis franchise yang bisa aku bagikan ke Sobat Hamim. Perlu diketahui bahwa bisnis franchise itu ada banyak macamnya ya, tak hanya kulineran saja. Jika Sobat Hamim amati ada juga franchise yang menjamur dan selalu ramai pengunjung karena ketersediaan produknya yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Sejauh pengamatanku selama ini, franchise Indomaret semakin berkembang pesat ya. Terbukti di daerahku ini dalam waktu satu bulan dibuka dua gerai Indomaret. Wah mantap!

Catatan penting dari aku dengan pembahasan ini menunjukkan bahwa kebutuhan properti kedepan akan semakin meningkat. Jadi, bisnis properti memberi peluang besar untuk digeluti dan dikembangkan oleh siapapun.

Pilih Franchise yang Tepat adalah Kunci Sukses Bisnis Franchise

Menyoal tentang kesuksesan dalam bisnis franchise sangat erat kaitannya dengan siapa kita berafiliasi. Ada lima hal yang perlu Sobat Hamim pastikan ketika memilih franchise adalah brand adalah produk yang telah dikenal oleh masyarakat, produknya dibutuhkan oleh masyarakat, biayanya terjangkau dengan kemampuanmu, pastikan dengan detail rincian resiko, serta biayanya. Kelima hal ini akan memperkecil peluang resiko yang besar di kemudian hari.

Dewasa ini, siapapun bisa menjalankan bisnis dengan mudah asal memiliki kemauan yang kuat dan kemampuan yang terus ditingkatkan. Memulai bisnis properti dari sekarang pun bukanlah suatu hal yang terlambat jika melihat peluang bisnis ini sangat cerah di masa depan.

So, memiliki penghasilan ratusan juta bukanlah impian yang mustahil jika Sobat Hamim terjun ke dunia bisnis. Jika memilih untuk melakukan franchise pastikan untuk menerapkan tips memilih properti untuk bisnis franchise di atas ya
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

2 komentar

  1. Tipsnya mantap. Semoga ada rezeki untuk segera beli rumah idaman... 🤲😊

    BalasHapus
  2. Makasih kak informasinya sangat bermanfaat. Aku ada rekomendasi nih kalo mau cobain layanan service residence di area BSD.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular