=Hamimeha

Pentingnya Merawat Gigi Sejak Dini, Investasi Masa Depan!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Pentingnya merawat gigi sejak dini
Hon, gigiku kok ngilu ya buat makan?” kataku pada suami saat beberapa kali mengalami kondisi tak nyaman saat mengunyah. Dan ternyata memang ada gigi berlubang bagian atas yang tidak aku sadari sehingga berakibat gigi berlubang dan dalam. Dampaknya, aku sampai ganti 3 dokter gigi hingga akhirnya diputuskan bahwa gigi tersebut harus dicabut sebab merupakan gigi di ujung yang sebenarnya tidak banyak berfungsi. Selain itu, lubangnya sudah dalam dan hasil rontgen menunjukkan jika dicabut aman.

Sungguh ini pengalaman berharga buatku. Sayangnya kejadian ini tidak pernah aku alami sebelumnya. Aku pikir masalah gigi berlubang cukup ditambal sudah cukup, ternyata tak sesimpel itu Sobat Hamim.


Karena letak lubang gigi yang sulit dijangkau sehingga membuat beberapa dokter harus melakukan rontgen, mempertimbangkan hal-hal lain juga. Yups apalgi selama merasakan sakit gigi ini aku nyari sturun 2 kilo lho. Karena aku gak bisa makan, bahkan untuk tertawa jika gigi berluang tersenggol sakitnya aduhai pokoknya. hehehe.

Nah, inilah yang aku ingin tuliskan untuk Sobat Hamim bahwa merawat gigi sejak dini itu penting. Salah satu pemicu yang membuatku merasakan gigi berlubang tanpa sadar ini karena akumulasi dari aktivitas mengunyah yang aku lakukan hanya di salah satu sisi, hiks!


Gigi Sehat Adalah Investasi Masa Depan


Sobat Hamim, apakah kalian ingat dengan drakor Hometown Cha-Cha yang dibintangi oleh Shin Min Ah dan Kim Seon Ho? Aku meng-highlight salah satu isu yang diangkat dari film tersebut. Kisah tentang nenek Gamri yang diperankan oleh Kim Young Ok yang mengalami kendala makan cumi dikarenakan oleh masalah giginya.

Singkat cerita, nenek Gamri tidak segera menyelesaikan permasalah giginya hingga dia harus memilih-milih makanan. Duh, tersiksa banget gak sih! Akhirnya ia mendapatkan perawatan dari dokter gigi yang diperankan oleh Shin Min Ah kala itu sehingga membuat nenek Gamri bisa makanan favoritnya yakni cumi.

Yups, dari salah satu scene sederhana drakor ini aku mencoba merefleksikan bahwa bagaimana seseorang bisa menikmati makanan jika giginya sakit. Hal ini juga aku rasakan sih. Maka dari itu, aku menyimpulkan bahwa merawat gigi adalah investasi.

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa masalah pada gigi dan mulut bisa berakibat fatal dan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika gigi dan gusi terinfeksi maka bisa menyebar ke dalam jaringan tubuh lain. Dalam kondisi yang parah, infeksi bisa meningkatkan risiko penyakit atau gangguan pada organ lain. 

Yups aku rasa ini memperjelas bahwa gigi adalah investasi yang harus dirawat sejak dini kan ya!

Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat

Aku teringat mengapa anak bayi sebaiknya juga dibiasakan untuk dibersihkan mulutnya, meski giginya belum tumbuh.Hal ini dikarenakan akan membentuk kebiasan ketika anak untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi mereka kelak.

Selain itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat gigi yaitu:

Pertama, menggosok gigi secara rutin khususnya sebelum tidur

Tahukah Sobat Hamim bahwa sikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan kuman dan plak pada gigi yang menumpuk lama sepanjang hari.

Kedua, batasi konsumsi manis dan asam


Familiarkah dengan pernyataan ini, “ Jangan makan permen nanti gigimu bolong.”
Rupanya hal ini dilatarbelakangi oleh permen yang identik dengan rasa manis. Dan makanan manis atau asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi kita. Asam inilah yang menyebabkan gigi kita jadi cepat berlubang. Nah lho!

Ketiga, hindari makan makanan/minuman panas dan dingin bersamaan



Wah aku jadi teringat salah satu iklan TV, bahwa ada orang yang minum minuman dingin terus giginya ngilu. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan lapisan dentin yakni pergerakan cairan pada tubulus dentin gigi, karena perubahan suhu. Dentin merupakan lapisan dalam gigi yang bersinggungan dengan ujung-ujung saraf. Yups ilmiah ya larangannya ini!


Keempat, jangan menyikat gigi terlalu keras


Dudududu, ini sering terjadi karena merasa dengan digosok lebih keras maka gigi makin bersih. Oh No! Tidak seperti itu cara kerjanya. Salah satu tujuan gigi disikat secara rutin adalah menghilangkan plak gigi.

Akan tetapi, jika kita menyikat gigi terlalu keras. Hal tersebut berakibat gesekannya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Dampaknya, gigi kita menjadi lebih sensitif. Tak hanya itu, cara sikat gigi yang tidak benar dapat menyebabkan plak gigi malah menumpuk dan mengeras sehingga menyebabkan terjadi gingivitis (peradangan gusi). Wah ngeri ya!


Kelima, lakukan perawatan gigi secara rutin


Yoi, poin yang sering diabaikan adalah melakukan cek kesehatan gigi kita. Dan ini pula yang kemudian aku alami. Akibat menyepelekan masalah gigi berlubang semasa kecil akhirnya aku tidak bisa memaksimalkan fungsi gigi berlubang sebab tidak nyaman ketika mengunyah di bagian gigi yang sakit. So sad!
Jadi, tujuan mengunjungi dokter gigi anak dengan rutin adalah agar anak terhindar dari masalah seperti sakit gigi, pertumbuhan gigi yang tidak rata, sampai dengan karang gigi yang membuat peradangan pada gusi.
Sebenarnya, jika masalah di gigi kita segera ditemukan dan ditangani tentu akan jauh lebih mudah melakukan pencegahan sehingga masalah gigi tidak semakin parah. Eits tapi jangan sembarang memilih klinik gigi untuk anak ya. Aku ada tips memilih klinik gigi anak untuk Sobat Hamim.

Tips Memilih Klinik Gigi Anak Terbaik


Belajar dari pengalamanku dan teman-temanku yang mengalami masalah gigi baik dirinya sendiri atau anaknya. Ternyata Mengajak anak ke dokter gigi itu tak mudah lho! Diperlukan trik dan usaha yang lebih besar sehingga anak merasa nyaman dengan klinik anak yang didatangi,

Nah, maka dari itu memilih klinik klinik maupun dokter gigi untuk anak yang tepat perlu jadi pertimbangan. Berikut tips memilih klinik gigi anak terbaik:

1. Pilihlah klinik yang ramah anak


Kriteria ramah anak bisa kita lihat dari kondisi klinik yang terlihat cheerfull, dilengkapi dengan peralatan dan dekorasi yang ramah anak, seperti mainan, buku cerita, dan hiasan dinding yang berwarna-warni. Staff dan pelayanan di klinik gigi ini juga terlatih untuk berinteraksi dengan anak-anak dengan cara yang positif dan menyenangkan.

Hal ini menjadi pertimbangan penting sebab mengajak anak ke dokter gigi butuh effort lebih. Dengan gambaran klinik ramah anak akan membuat anak jadi betah.

2. Pastikan fasilitas yang disediakan


Mengingat pemeriksaan gigi identik dengan alat dan perlengkapan maka penting untuk memastikan bahwa klinik tersebut memiliki alat dan perlengkapan yang canggih yang dibutuhkan. Hal ini agar perawatan gigi yang dilakukan jadi maksimal. Selain itu, kita juga perlu mempertimbangkan adalah akses dari tempat, area parkir, ruang tunggu, dll. Hal ini bertujuan untuk kenyaman dan keamanan kita ketika melakukan perawatan.

3. Cari tahu bagaimana pelayanan dan reputasinya

Aku sarankan untuk kita rajin mencari review terkait layanan dan reputasi klinik anak tersebut. Kita bisa melakukannya dengan menanyakan kepada kenalanan, media sosial, ataupun review dari google. Hal ini kita lakukan agar kita tidak merasa di prank ya hehehe.

Jika perlu kita juga cari tahu apakah metode perawatan gigi yang digunakan di klinik tersebut. Agar kita bisa memastikan bahwa pilihan klinik gigi anak tersebut sesuai dengan kebutuhan anak kita.

4. Periksa lisensi dokter gigi yang menangani


Masih erat kaitannya dengan poin ke-3, memeriksa lisensi dokter gigi yang menangani adalah bentuk kehati-hatian dari kita.Termasuk mencari info terkait latarbelakang dokter, seperti pengalamannya dan reputasi yang dimilikinya dalam hal perawatan gigi anak. Dokter gigi yang baik akan memiliki pengalaman dalam merawat anak-anak dengan berbagai masalah gigi, seperti gigi berlubang, karies, dan penyakit gusi.

5. Cari klinik gigi yang menawarkan perawatan khusus anak

Mengingat pasiennya adalah anak-anak makanakan lebih baik jika kita memilih klinik yang menawarkan perawatan khusus anak sehingga semakin spesifik. Pasalnya, klinik seperti ini biasanya dilengkapi dengan peralatan khusus, seperti kursi gigi anak-anak yang kecil dan nyaman serta alat-alat lainnya yang sesuai dengan ukuran mulut anak.

Selain itu, staff maupun dokter gigi di klinik ini telah terlatih untuk menangani anak-anak dengan cara yang tepat dan ramah. Yups jadi kita bisa memberikan pengalaman menyenangkan bagi anak dalam hal merawat gigi.

Dan buat warga Bandung bisa berkunjung ke klinik Oratio. Oratio adalah klinik gigi Bandung yang memiliki komitmen memberi pelayanan kesehatan prima dengan menghadirkan layanan kesehatan terdepan yang didukung oleh tenaga medis yang handal serta teknologi terkini. Nah, kabar baiknya Oratio Group memiliki 2 klinik utama yang berlokasi di Bandung yakni Klinik Utama Oratio di jalan Trunojoyo no 14, Citarum dan Klinik Utama Oratio Fide di Dr. Cipto no 5, Cincendo, Bandung.

Oratio Fide adalah klinik klinik gigi anak Bandung yang ramah anak lho! Keunggulan Oratio Fide ini bisa dilihat di gambar bawah ini ya!  

Klinik gigi anak dk Bandung

Jangan Anggap Sepele Masalah Gigi

Ada banyak manfaat dari merawat gigi anak sejak dini sebagaimana yang aku jabarkan di atas. Semakin dini kita memulai pemeriksaan gigi pada anak maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapat sepanjang hidup mereka. Jika terjadi masalah pun akan lebih cepat mendapatkan penanganan. Jangan sepelekan masalah gigi dan mulut sebab bisa berakibat fatal.

Namun aku memahami bahwa mengajak anak ke dokter gigi bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk membuat proses perawatan gigi anak menjadi lebih mudah dan menyenangkan, penting untuk memilih klinik gigi yang tepat. Dengan memahami pentingnya merawat gigi sejak dini ini maka diharapkan gigi anak-anak kita bisa sehat hingga masa tua mereka. Aamiin

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular