=Hamimeha

Tips Membeli Rumah Bagi Pasangan Muda Milenial, Kota Wisata Bisa Jadi Pilihan!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Tips membeli rumah untuk pasangan baru milenial

"Hon, aku pengen jika nanti bisa beli rumah di area yang dingin.” “Yang dekat dengan destinasi wisata ya, wakakaka !”

Perbincanganku dengan suami terkait hunian memang seringkali jadi obrolan yang mengasyikkan. Pasalnya, harga properti baik tanah maupun rumah selalu merangkak naik dari tahun ke tahun. Hal inilah yang menjadi alasan beberapa orang memutuskan pilihan investasi di bidang properti.

Akupun merasa menyesal sebab baru berfikir tentang investasi dalam bentuk tanah atau rumah ketika menikah. Padahal, hal ini sangat bisa dilakukan semasa single atau ketika belum menikah. Keterbatasanku akan literasi finansial dan investasi membawaku pada perasaan kecewa.

Nah, inilah yang menyemangatiku untuk menulis artikel tentang tips membeli rumah bagi pasangan milenial. Harapannya, para pasangan muda memiliki wawasan tentang perencanaan memiliki hunian atau rumah yang sekaligus bisa menjadi investasi mereka.

Yuks simak ulasanku di bawah ini ya!

Properti adalah Investasi Menjanjikan

Yups, Sebelum membahas seputar tips membeli rumah bagi pasangan muda milenial ada hal menarik yang perlu Sobat Hamim ketahui. Pasalnya, investasi properti ini disebutkan kebal dengan inflasi.

Hal ini dikarenakan harga tanah yang terus naik sedang pertumbuhan manusia semakin meningkat sehingga permintaan terhadap hunian juga meningkat. Produk properti sudah terbukti bertahun-tahun lebih tahan terhadap inflasi bahkan saat ekonomi global buruk sekalipun, berbeda jauh dengan instrumen investasi seperti di sektor keuangan yang lebih rentan.

Dilansir dari laman online https://www.propertypro.co.id/ menyebutkan bahwa pertumbuhan harga properti secara rata-rata setiap tahunnya mencapai 10%.

Dengan kata lain, investasi properti lebih menguntungkan daripada menyimpan uang di bank. Investasi di bidang properti adalah pilihan tepat guna menumbuhkan nilai aset yang kita miliki.
Apa itu  investasi properti
Nah, teruntuk pasangan muda hal ini bisa dijadikan pertimbangan lho! Kalian bisa menabung dan segera membuat rencana untuk membeli satu aset investasi properti baik itu tanah, rumah, apartemen, maupun kos-kosan.

Ingatlah, bahwa harga tanah dan harga rumah semakin meroket dari waktu ke waktu. Apalagi jika tanah dan rumahnya berada di area strategi. Wah bakal jadi incaran donk!

Nah inilah kesempatan untuk pandai membaca peluang ya Sobat Hamim. Jadikan masa depanmu cerah dengan investasi di properti ini. Kalaupun tidak diputar sebagai aset produktif, memiliki tanah atau rumah di area kota wisata tentu menguntungkan bukan?

Tips Membeli Rumah Bagi Pasangan Muda

Taraaa, oke jadi apa sajakah tips membeli rumah bagi pasangan muda milenial? Aku berasumsi bahwa sebagian besar generasi milenial cukup melek dengan literasi finansial dan investasi ya. Sehingga, aku berpikir bahwa kebutuhan akan hunian milenial tentu bukan sekadar sebagai tempat numpang tidur melain lebih dari itu.
Rumah adalah salah satu investasi kesehatan kita, baik secara fisik maupun mental. Rumah yang nyaman membuat kita lebih produktif, bahagia, dan tentunya menunjukkan tingkat kesejahteraan kita. Dengan kata lain, pasangan muda sebaiknya memiliki pertimbangan yang taktis dan juga strategis dalam hal ini.
Ada empat tips membeli rumah bagi pasangan muda milenial, yaitu: 

Pertama, pastikan lokasinya strategis

Yoi, ini poin penting lho buat jadi pertimbangan. Apalagi bagi pasangan muda yang tinggal di kota dengan rutinitas yang pata. Menjaga kesehatan mental dengan memiliki rumah yang nyaman adalah langkah cerdas dalam hidupnya. Jadi, Sobat Hamim perlu memastikan lokasi calon rumah apakah strategis?

Setidaknya lokasinya dekat dengan pelayanan kesehatan, akses ke area-area yang kita butuhkan seperti pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya. Sebaiknya memang memilih rumah yang dekat dengan lokasi kerja Sobat Hamim. Hal ini akan menghemat waktu tempuh bukan?

Kedua, fasilitas yang bisa diandalkan

Yups, di era modern seperti saat ini apalagi setelah pandemi, masyarakat semakin terbangun kesadarannya terhadap kesehatan. Nah, ketersediaan fasilitas tersebut ketika memutuskan membeli rumah menjadi penting ya! Tentu menjadi nilai lebih jika investasi properti yang kita memiliki nilai jual lebih dengan adanya fasilitas beragam untuk menunjang gaya hidup modern.

Ketiga, pilih developer yang terpercaya

Poin ketiga ini adalah poin paling rawan ya Sobat Hamim apalagi untuk pasangan muda yang baru. Nah, penting untuk melakukan penelusuran terkait developer yang akan kita pakai. Sebelum membeli rumah pertama, Sobat Hamim harus memastikan latar belakang developer yang mengembangkan hunian tersebut.

Telusuri sudah berapa banyak hunian yang sukses dikembangkan developer itu? Apakah nama developer sudah dikenal? Terkait administrasi, bagaimana dengan surat izin pembangunan properti dan legalitas bangunan properti di hunian tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan ini penting untuk diperhatikan sebelum membeli rumah melalui developer.

Keempat, sesuaikan dengan budget

Bicara tentang kemampuan finansial memang agak sulit untuk menjadikan poin ketiga sebelumnya sebagai pertimbangan. Namun, saranku buat pasangan muda adalah jangan tergesa-gesa. Ada banyak proses pembayaran yang bisa Sobat Hamim pilih. Ada banyak kemudahan untuk memiliki hunian impian di era saat ini sehingga pastikan saja Sobat Hamim membeli rumah yang bisa dijadikan investasi jangka panjangmu.

Poinnya,jangan tergesa-gesa memutuskan untuk membeli rumah asal-asalan karena keterbatasan budget. Sebab, ada banyak tawaran menarik dari Sinarmas Land dengan harga terjangkau. Sebagai pasangan muda yang belum memiliki banyak pengeluaran seperti pendidikan anak maka memutuskan berinvestasi pada properti ini pilihan bijak sebagai rencana jangka panjangmu.

Apalagi jika Sobat Hamim memutuskan berinvestasi di kota wisata seperti Bogor. Wah seperti apakah itu?

Alasan Memilih Kota Wisata Sebagai Tempat Tinggal

Fakta menarik tentang Bogor adalah letaknya strategi sebab cukup dengan ibukota. Jadi, jika Sobat Hamim salah satu langkah memiliki aset dengan nilai yang tinggi adalah memiliki rumah di Bogor. Ada beberapa alasan mengapa tanah di Bogor atau rumah di Bogor bisa menjadi aset yang menguntungkan.

Keunggulan memiliki rumah di Bogor, tak hanya strategis lho!

Pertama, lokasi yang strategis

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa jarak Bogor-Jakarta bisa ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam lewat Tol Jagorawi. Wah, lumayan ya! Inilah alasan kenapa sebagian temanku yang bekerja di Ibukota memilih memiliki rumah di Bogor, sebab rumah di Bogor lebih terjangkau dibanding di Jakarta.

Selain strategis karena dekat dengan ibukota, Bogor adalah Kota Wisata dengan pilihan destinasi.

Kedua, terdapat fasilitas mumpuni di Bogor

Yups, kota hujan ini adalah salah satu kota yang paling berkembang di Indonesia. Ada beberapa fasilitas yang tak kalah dengan kota besar lainnya, sebab terdapat berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial meliputi pusat pendidikan, fasilitas kesehatan, dan area perbelanjaan.

Dan pastinya, sudah rahasia umum jika di akhir pekan Bogor selalu ramai karena menjadi tujuan wisata. Sebab di Bogor Sobat Hamim tidak akan kesulitan memenuhi kebutuhan dan menikmati beragam hiburan. Ada apa sajakah di Bogor?
Ada beberapa pilihan hiburan seperti wisata alam dan lainnya yakni, Botani Square, Lippo Plaza Bogor, Bogor Indah Plaza, BTW Mall, Cibinong City Mall, Kebun Raya Bogor, JungleLand, Taman Wisata Matahari, dan Kuntum Farmfield.
Yups, jadi tak heran jika tanah di Bogor dan rumah di Bogor makin menjadi incaran bukan? Nah buat Sobat Hamim yang mau cari rumah di Bogor jangan sampai salah pilih ya?!

Apalagi buat pasangan baru nih pastikan empat pertimbangan membeli rumah pertama di atas

Rumah Lebih dari Sekadar Hunian

"Investasi jangka panjang dalam bentuk properti berupa hunian, seringkali menguntungkan. Bisa untuk pribadi atau disewakan.”~anonim
Nah, betul banget itu ya. Bahwa investasi dalam bentuk properti jika pun tak disewakan bisa digunakan sendiri. Bagiku pribadi rumah itu bukan sekadar hunian tapi bisa diandalkan untuk menjaga harta kita. 

Properti adalah investasi yang minim resiko dikarenakan pergerakan nilai properti tidak sekencang dan sesensitif saham. Dengan keadaan seperti ini, maka investasi properti cocok dimulai oleh investor yang tidak ingin mengambil risiko tinggi. Seperti pasangan baru bisa juga lho!

Jadi buat Sobat Hamim yang masih pemula dalam hal investasi bisa memilih properti sebagai langkah awal berinvestasi, Teruntuk pasangan muda semoga tulisan tips membeli rumah bagi pasangan muda milenial di Kota Wisata ini bermanfaat ya!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Popular