=Hamimeha

Kenapa AI Camera Lebih Cocok Dipakai di Zaman Sekarang?

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Hickvision camera CCTV
Selama bertahun-tahun, perangkat CCTV telah digunakan oleh banyak pihak. Tidak hanya perkantoran atau instansi, tapi juga perseorangan. Seiring kemajuan teknologi yang semakin canggih, munculah AI camera sebagai terobosan kamera pengintai yang lebih modern, canggih dan maju.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada kamera CCTV sangat efektif membantu dalam melakukan pengawasan keamanan. Kamera AI juga dapat memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam produktivitas sehari-hari.

7 Alasan Kenapa AI Camera CCTV Cocok Dipakai di Era Digital

Munculnya teknologi AI dan berbagai macam perkembangannya telah digunakan dan bermanfaat dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah di bidang alat kamera CCTV dan Hikvision ColorVu brand produk CCTV terpercaya telah lama menggunakan teknologi ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

AI camera dinilai lebih banyak memberikan manfaat karena kecerdasan buatan yang dimilikinya. Misalnya membantu meningkatkan kemampuan kamera dalam mengenali objek-objek yang ada di sekitarnya.

Berikut akan dijabarkan lebih luas mengapa AI camera CCTV cocok dipakai di era digital seperti sekarang;

1. Memiliki Kemampuan Facial Recognition

Beberapa tipe AI camera memiliki beberapa keunggulan sehingga cocok digunakan saat era digital seperti saat ini. Keunggulan yang pertama adalah mampu mendeteksi wajah lebih baik dan detail.

Kemampuan semacam ini jelas sangat dibutuhkan dalam sistem keamanan, sebab dengan kemampuan tersebut jika terjadi tindak kejahatan akan lebih mudah melakukan penelusuran.

Ada lagi yang lebih menarik dari teknologi AI ini, yakni mampu mengenali wajah-wajah yang kerap muncul.

Jadi, ketika ada orang asing yang mencurigakan akan lebih cepat untuk mengenali. Hal yang seperti ini tidak banyak ditemukan pada produk kamera CCTV yang tidak menggunakan teknologi AI.

Kamera CCTV yang mampu mengenali wajah tentunya akan lebih banyak membantu meningkatkan keamanan atau melakukan penyidikan atas tindak kejahatan tertentu.

2. Memiliki Kemampuan Mengenali Kendaraan dan Plat Nomornya

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki beberapa tipe kamera AI yang tidak ada pada kamera CCTV biasa adalah kemampuannya dalam mengenali kendaraan beserta plat nomornya.

Banyaknya kendaraan yang keluar masuk dalam pabrik, perkantoran atau perumahan akan sangat membantu dalam melacak apabila terjadi hal mencurigakan atau tindak kejahatan.

Kemampuan ini juga sangat membantu apabila terjadi kecelakaan di jalan raya atau pada saat menangani kasus balap liar. Polisi akan lebih cepat meringkus pelaku pelanggaran tersebut.

3. Memiliki Kemampuan Analisa Objek Gerak dan Detektor Panas

Mengapa AI camera sekarang lebih cocok digunakan dibandingkan dengan kamera CCTV biasa? Salah satu alasannya adalah kemampuannya untuk membedakan objek gerak yang sesungguhnya dengan objek samar.

Menariknya lagi kamera ini juga ada yang disertai dengan sensor thermal yang digunakan sebagai detektor panas tubuh manusia.

4. Kemampuan Menghitung Jumlah Orang

Dalam sebuah pabrik, perkantoran atau tempat umum adanya AI camera tentu saja sangat bermanfaat dan membantu karena bisa menghitung jumlah orang yang berlalu lalang pada hari tersebut. Tentu saja fungsi ini sangat membantu mengoptimalkan pemakaian CCTV.

Kemampuan tersebut bahkan telah banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Keunggulan teknologi AI ini juga tidak banyak dimiliki semua produk CCTV. Dengan keunggulan tersebut pengawasan area umum atau tempat yang sangat ramai akan lebih mudah dilakukan. Tidak hanya mampu mengenali siapa saja yang datang, tapi juga menghitung berapa total orang yang datang atau berlalu-lalang.

5. Kemampuan Merekam Lebih Valid

Kamera CCTV yang menggunakan teknologi AI memiliki kemampuan dalam merekam kejadian yang sedang berlangsung secara real time.

Dengan adanya kemampuan seperti ini apabila terjadi tindak kejahatan akan jauh lebih mudah melakukan penelusuran. Detektor yang ada pada kamera akan mengirimkan peringatan kepada pengguna melalui smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Perekaman yang juga berjalan secara akurat dapat memungkinkan untuk mendeteksi dengan mudah siapa tersangka serta waktu terjadinya tindak kejahatan. Hal ini tentunya akan sangat membantu serta mempermudah kerja petugas keamanan karena adanya rekaman wajah yang detail dan tidak ada yang terlewat.

6. Analisa Rekaman Menjadi Lebih Mudah


Teknologi AI adalah bentuk teknologi yang membawa banyak manfaat serta kemudahan utamanya dalam bidang keamanan.

Kemudahan dalam proses identifikasi hasil rekaman jauh lebih spesifik sebab hasilnya sangat jelas. Tidak hanya itu, teknologi AI juga mempermudah dalam mengenali objek bergerak dan objek mati dengan detail.

Dengan kemudahan tersebutlah, AI camera kini lebih banyak digunakan pada saat sekarang ini. Akurasinya jauh lebih lengkap, tinggi dan disertai dengan berbagai macam fitur lengkap. Dengan identifikasi hasil rekaman yang lebih mudah, maka pengawasan keamanan akan lebih optimal dan hasilnya nyata.

7. Sinyal Alarm Bisa Lebih Dipercaya

Perlu Anda ketahui bahwa akurasi dari AI camera ini tergolong tinggi sehingga mampu mengirimkan sinyal alarm yang lebih akurat.

Dengan sinyal semacam ini akan lebih cepat mendeteksi apabila ada orang asing dengan gerak mencurigakan yang datang ke area atau lingkungan Anda.

Menggunakan kamera pengintai dengan teknologi AI akan lebih efektif membantu Anda dalam melakukan pengawasan keamanan meskipun tidak dalam jarak dekat. Misalnya ketika bepergian, ketika ada hal yang mencurigakan atau terjadi tindak kejahatan, maka teknologi AI akan mengirim sinyal alarm sehingga Anda dapat melakukan tindakan untuk menangani hal tersebut. Misalnya lapor polisi.

Penggunaan Teknologi AI Camera pada Hikvision ColorVu

Camera CCTV
Tidak banyak kamera CCTV yang menggunakan teknologi AI. Salah satu produk yang telah menggunakan teknologi ini adalah Hikvision ColorVu.

Keunggulan yang ada pada kamera AI terbukti sangat membantu. Terlebih dengan keunggulan yang ada pada produk Hikvision ColorVu. Perpaduan keunggulan keduanya tentu akan semakin membantu.

Adapun keunggulan dari Hikvision ColorVu adalah sebagai berikut;

● Semua momen dapat terekam dalam warna terang, bahkan dalam kondisi minim cahaya

● Hasil zoom pada kamera menampilkan warna cerah

● Mengusung resolusi kamera hingga 4K

● Dilengkapi dengan teknologi kecerdasan yang canggih

Dengan penjelasan keunggulan AI camera di atas, sekarang Anda tentunya lebih paham tentang pentingnya penggunaan CCTV dalam berbagai area atau lingkungan. Terutama jika Anda menggunakan produk CCTV dari Hikvision ColorVu, manfaat kecanggihan teknologi AI akan lebih banyak Anda rasakan. Utamanya dalam menjaga dan meningkatkan sistem keamanan.

Nah, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang Informasi mengenai produk Hikvision ColorVu, silakan baca di link berikut https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/colorvu-products/
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular