=Hamimeha

Tips Lolos CPNS, Siapkan Dirimu!

9 komentar
Konten [Tampil]

Tips lolos tes  cpns 2023
“Aku mau ikut tes CPNS ya mbak, doakan aku.” begitu chat yang aku baca dari adikku. Jika diingat-ingat ini bukan pengalaman pertama adikku ikut test CPNS. Di kesempatan sebelumnya, ia belum berhasil lolos. Pun temanku, kenalan, dan tetanggaku selalu antusias ikut test CPNS. Menariknya, test yang mereka ikuti itu bukanlah yang pengalaman pertama atau kedua lho!

Nah, kira-kira apakah yang membuat orang-orang bisa mencoba beberapa kali test CPNS Hal ini tentu dikarenakan memiliki profesi sebagai PNS adalah masa depan yang menjanjikan. Dan mengapa mereka bisa tidak lolos test CPNS? Alasan gagal bisa bermacam-macam ya, namun umumnya adalah ketidak tercapaian nilai sesuai target formasi yang diinginkan. Wah, sayang sekali bukan?

Yoi, tapi Sobat Hamim jangan khawatir. Kabar baik di tahun 2023 ini, ada ribuan formasi PNS yang dibuka. Menyambut berita gembira ini maka Sobat Hamim harus mempersiapkan dengan baik donk. Nah, artikelku kali ini mengulas tips lolos CPNS yang bisa Sobat Hamim praktikan. Yuks simak!

Ribuan Formasi PNS dibuka September 2023


Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menuturkan bahwa ada 1.030.751 formasi yang terdiri dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS yang akan dibuka bulan September 2023 nanti.

Wow, kesempatan emas bagi Sobat Hamim baik fresh graduate maupun yang telah lama ingin mencoba kembali peruntungan di test CPNS tahun 2023 ini. Jumlah formasi ribuan ini merupakan peluang besar bagi Sobat Hamim, sebab biasanya alasan formasi yang terbatas membuat seseorang harus bersaing lebih ketat.

Adapun rincian formasi dari test CPNS 2023 adalah sebagai berikut
  • 15.858 CPNS dosen,
  • 18.595 tenaga teknis lain,
  • 6.472 PPPK dosen,
  • 12.000 PPPK tenaga guru,
  • 12.719 PPPK tenaga kesehatan, dan
  • 15.205 PPPK tenaga teknis lain.
Meskipun demikian, perlu Sobat Hamim ketahui bahwa persiapan dalam hal kemampuan menghadapi tes CPNS perlu diberi porsi besar untuk disiapkan lebih matang.

Hal ini mengingatkanku kepada teman yang sering mengeluh soal-soal yang diujikan. Bahkan beberapa mengatakan bahwa nilainya “mepet” dari nilai yang ditargetkan. Aku memaklumi sih, sebab umumnya mereka belajar secara mandiri. Mungkin hal ini yang membuat persiapan mereka tampak belum maksimal.Eits, tapi suamiku juga gagal tes CPNS di tahun 2019 lho! Alasannya, karena doi tidak membaca teliti aturan ketika tes yang berakibat dia tidak bisa mengikuti tes karena tidak memenuhi syarat. Ah,menyesakkan sekali bukan!

Nah, belajar dari pengalaman tersebut aku coba menuliskan tips lolos CPNS yang coba aku rangkum dari beberapa orang yang berhasil jadi PNS yang aku kenal ya. Semoga membantu Sobat Hamim yang ingin mengejar cita-cita jadi PNS tahun 2023.

Tips Lolos CPNS 2023 yang Wajib Kamu Tahu!

Ada waktu tiga bulan menuju September 2023 ya Sobat Hamim. Yuks persiapkan dengan baik tes CPNS tahun ini. Sebaiknya, simak tips lolos CPNS yang coba aku rangkum berikut yuks!

1. Niat yang kuat

“Aku niatnya membahagiakan dan patuh dengan keinginan ortu sih Mim,” demikian penuturan temanku yang akhirnya lolos jadi PNS di tempat kelahirannya. Ia adalah salah satu orang yang sudah mencoba PNS berkali-kali dan akhirnya lolos setelah tes dimana ia lolos benar-benar diniatkan dengan sungguh-sungguh.

Ia adalah teman dekatku semasa kami bekerja di salah satu instansi pendidikan di Surabaya. Di tes CPNS pertama kali, ia mengaku gak minat dan hanya asal ngikuti apa yang ortunya perintahkan. Namun beberapa tahun kemudian, ia benar-benar mengatur niatnya dengan sungguh-sungguh dan alhamdulillah hal tersebut tampaknya mengantarnya lolos jadi ASN kala itu.

Ya, niat memang terdengar klise. Akan tetapi fakta bahwa niat bisa menjadi pendorong atas keridhoan Tuhan atas apa yang kita lakukan. Jadi, tips pertama menurutku dalam kunci lolos tes CPNS adalah luruskan niat dan bersungguh-sungguhlah.


2. Restu orang tua dan sekitar

Tips lolos CPNS kedua masih nyambung dengan yang pertama ya. Katanya sih, restu orang tua bisa jadi jalan mudah bagi kita dalam melakukan apapun. Jadi, tidak berlebihan jika kita perlu meminta restu orang tua dan orang sekitar untuk bisa mendoakan kita ketika tes CPNS nanti. Kita tidak tahu doa siapa yang Allah ijabah untuk proses mewujudkan cita-cita kita bukan? Poinnya, jangan remehkan doa!

3. Lengkapi syarat administrasi

Aku menyebut poin satu dan dua adalah ikhtiar jalur langit. Nah, poin ketiga hingga terakhir ini ikhtiar kita sebagai manusia. Pastikan Sobat Hamim membaca persyaratan dengan baik. Termasuk teliti dalam memilih peluang dari formasi yang diinginkan.

Syarat administrasi dari tes CPNS 2023 yang perlu Sobat Hamim siapkan sebagai berikut;

a.Kartu Keluarga (KK).
b. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
c. Ijazah dan transkrip nilai.
d. Pas foto dengan latar belakang warna merah.
e. Dokumen lainnya yang sesuai dengan kebutuhan formasi yang dilamar.

Hal yang tak kalah penting dalam syarat administrasi adalah pastikan calon pelamar memenuhi format berkas pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

4. Jaga kesehatan dengan cukup istirahat

Yups, biasanya karena sibuk menyiapkan tes CPNS kadang sampai abai dengan kesehatan. Hal ini sangat bisa terjadi lho! Beberapa terjadi pada orang yang aku kenal, mereka jatuh sakit atau kondisi tidak fit ketika ujian berlangsung. Nah, hal ini tentu secara tidak langsung memberi dampak pada hasil tes. Maka, pastikan bisa manajemen waktu dan diri dalam menyiapkan tes CPNS 2023.

5. Persiapkan kemampuan menghadapi test CPNS

Sebagaimana aku sampaikan di awal bahwa kegagalan tes PNS umumnya terjadi karena hasil tes tak mencapai target yang ditentukan.Biasanya hal ini terjadi sebab kurang maksimalnya persiapan dalam hal kemampuan calon peserta tes. Minimnya wawasan, pengalaman, latihan, dan tidak ada tempat diskusi dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS.

Meskipun, ada juga yang belajar secara mandiri menggunakan buku bisa lolos. Akan tetapi, tidak sedikit yang membutuhkan pendampingan dan panduan ketika berlatih meningkatkan kemampuan calon peserta menghadapi tes CPNS. Yups, menjawab kondisi tersebut ada inovasi yang diberikan Skil Academy dalam membantu Sobat Hamim dalam menyiapkan tes CPNS lho!

Ada apa di skill academy untuk persiapan tes CPNS?

Siapkan Tes CPNS 2023 bersama Bimbel CASN by Skill Academy

“Aku pusing nih Mbak sebab banyak yang dipelajari”, keluh adikku saat menyiapkan tes CPNSnya. Aku rasa hal ini terjadi oleh kebanyakan orang ya Sobat Hamim. Nah, meneropong permasalahan tersebut ada kabar baik dari Skill Academy. Ada inovasi terbaru untuk Skill Academy dalam membantu masyarakat indonesia mempersiapkan seleksi CPNS melalui rangkaian bootcamp dan kelas paket. Menariknya lagi, bimbel CASN diajar langsung oleh lulusan ASN dengan kurikulum yang didesain oleh ahlinya.


Wah, persiapan menghadapi tes CPNS makin matang ya Sobat Hamim. Jadi, ada apa saja di CASN by Skill Academy? Yuks lanjutkan baca ulasanku di bawah ini!

Tentang CASN Academy by Skill Academy

Ada berbagai kesulitan dan tantangan dalam meningkatkan kemampuan tes CPNS bagi kebanyakan orang. Baik dari segi keterbatasan wawasan soal-soal, bagaimana pola-pola soal dan cara menjawabnya, kisi-kisi soal terbaru, bahkan ada pula yang belum memiliki metode belajar yang tepat untuk bisa mempersiapkan diri semaksimal mungkin dalam waktu yang tersedia. 

Apa itu CASN Academy

Menjawab tantangan tersebut, Skill Acedemy membuat terobosan baru berupa bimbel CASN. Bimbel CASN adalah inovasi terbaru dari Skill Academy untuk membantu masyarakat Indonesia yang berminat untuk mengikuti seleksi CASN dalam menghadapi ujian CPNS melalui rangkaian bootcamp dan kelas paket. Di Bimbel CASN, peserta akan diajar langsung oleh para instruktur yang berpengalaman dengan kurikulum yang didesain oleh ahlinya sehingga bisa mempersiapkan diri secara maksimal untuk lulus ujian CASN.

Lalu apa saja keunggulan dari CASN Academy by Skill Academy?
 

Alasan Memilih CASN Academy by Skill Academy untuk Persiapan Tes CPNS

Ada lima keunggulan yang bisa menjadi alasan Sobat Hamim perlu belajar di bimbel CASN Academy by Skill Academy :

Pertama, kurikulum yang sesuai dan disusun oleh ahlinya

Hadirnya CASN Academy dirancang paket lengkap. Hal ini terlihat dari penyusunan kurikulumnya, yakni susunan materi yang relevan dan terkini, ada kelas online interaktif, bimbingan dari para instruktur yang profesional dan berpengalaman, fleksibilitas belajar, video belajar mandiri yang bisa diakses selamanya, simulasi Tryout dengan sistem CAT, juga latihan dan bedah soal dengan trainer CPNS.

Kedua, fasilitas yang lengkap


Menyoal tentang fasilitas dari bimbel CASN Academy by Skill Academy menurutku cukup lengkap ya Sobat Hamim. Ada banyak lho, coba simak deh!

kurikulum CASN by Skill Academy untuk tes CPNS
  • Bootcamp online & offline
  • Kelas Paket SKD: TIU, TWK, & TKP
  • 20+ tryout & latihan soal
  • 24+ sesi live mentoring
  • Dan masih banyak lagi
Ketiga, pilihan kelas yang variatif

Ada tiga produk yang berbeda yang ditawarkan oleh Bimbel CASN yaitu bootcamp online, kelas paket belajar mandiri, dan bootcamp offline (coming soon).

Perbedaan antara Kelas Live dan Kelas Paket Mandiri adalah peserta melakukan proses belajar secara mandiri menggunakan materi yang ada tanpa bimbingan dari instruktur. Berbagai materi kelas belajar mandiri yang tersedia adalah seputar CPNS Guru, CASN Guru, SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) lengkap, dan PPPK (Pegawai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Guru.

Kelas paket ini dibagi berdasarkan okupasi, dan bisa dipelajari secara mandiri. Bentuknya video belajar online yang bisa diakses selamanya. Ada setidaknya 4 kategori:
  • Paket Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Lengkap
  • Paket CPNS Guru
  • Paket PPPK Guru
  • Paket CASN Guru
kelas tes CASN di skill Academy
Kabar baiknya, ada diskon 50% untuk kelas live Basic, Regular, dan Intensive. Daftar sekarang dan mulai belajar pada 24 Juli 2023.

Keempat, alur pembelajaran yang terarah

Bukti bahwa kurikulum yang digunakan oleh Bimbel CASN Academy terlihat pada infografis di bawah ini!

alur pembelajaran persiapan tes CPNS di CASN Academy
Alur pembelajaran di diagram tersebut adalah contoh untuk alur belajar Bootcamp Online / Kelas Live Interaktif “Basic” yang hanya terdiri dari 6 sesi pembahasan soal dan 1 Tryout. Untuk bootcamp online “Regular” dan “Intensive” juga akan mengikuti struktur pembelajaran serupa, tapi dengan jumlah pembahasan soal dan tryout yang lebih banyak.

Wah, jadi tidak diragukan lagi jika Sobat Hamim ikut bergabung dalam bimbel CASN Academy by skill Academy maka kesiapan Sobat Hamim dalam mengikuti tes CPNS 2023 semakin meningkat dan matang.

Masih penasaran? Yuks langsung cuss Daftar Bimbel Online & Kelas Paket Mandiri / Cek Info Bimbel CASN di https://skillacademy.com/casn

Kelima, ada bonus plus plus

Siapa yang gak mau cashback atau komisi?  Nah, keuntungan saat Sobat Hamim gabung di CASN Academy bisa mendapatkan komisi dan banyak diskon.

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa mulai 6 Juli 2023 kita akan ada program referral. User bisa mendapatkan komisi untuk setiap transaksi atau mendapatkan cashback bagi pengguna kodenya.


Langkahnya bisa cek infografis di bawah ini yuks!

dapatkan bonus dari kode referral

Raih Kesuksesanmu dengan Persiapan Matang

"Persiapan yang matang adalah satu langkah menuju kesuksesan."-anonim
Tidak ada kesuksesan yang diraih secara tiba-tiba. Namun keberhasilan itu bisa diupayakan dengan ikhtiar terbaik, seperti persiapan yang matang. Salah satunya dengan bergabung dengan bimbel CASN Academy by Skill Academy dengan berbagai keunggulannya.

Untuk info lengkap tentang SCAN Academy, Sobat Hamim bisa langsung mengikuti link di bawag ini:

- Join Grup Latihan dan Diskusi Soal Gratis https://t.me/Diskusi_CPNS

- Follow akun Instagram Bimbel CASN https://www.instagram.com/bimbel.casn/


Semoga lima tips lolos CPNS yang telah coba aku ulas di atas bermanfaat dan membantu ya Sobat Hamim. Aku berdoa dimanapun Sobat Hamim berada bisa lolos tes CPNS 2023 dengan usaha terbaik yang dilakukan.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

9 komentar

  1. Jadi CPNS sekarang susah ya? Harus dipersiapkan dengan matang karena banyaknya kompetensi yang diinginkan dan semakin banyak pula orang yang tertarik menjadi CPNS.

    BalasHapus
  2. Wah menarik nih.... Ada bimbel khusus CASN. Bisa nih arrtikelnya aku rekomendasikan ke teman-teman yang sedang berjuang mencari loker, khususnya ASN. SEmoga beruntung menjadi ASN yang amanah... Diawali niat yang baik, hasilnya insyaallah baik juga....

    BalasHapus
  3. wah, semakin variatif ya program yang ditawarkan oleh skill academy ini. semoga yang tahun ini mengikuti cpns diberikan kemudahan dan hasil yang terbaik.

    BalasHapus
  4. Bener banget nih mbak pertama niat. Waktu pertama kali aku niatnya iseng² gak lolos administrasi, pas kedua gak lolos di tes. Susah buat dapet CPNS karena kuota nya juga sedikit gak sebanding sama pelamar yg ribuan. Sekarang udah banyak yaa tempat belajar buat CPNS. Aku tertarik sama program bootcamp online nya nih mbak. Belajarnya jadi terarah ya.

    BalasHapus
  5. Tipsnya bermanfaat banget nih mbak, CASN ternyata menyediakan beberapa program pelatihan sesuai kebutuhan peserta, sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan peserta

    BalasHapus
  6. Semoga mendapat hasil maksimal untuk para pejuang PNS. Adik ipar juga ikut, di bidang tenaga pendidik.

    BalasHapus
  7. Dulu pengen banget jadi PNS tapi apalah daya. Untuk yang mau daftar CPNS bagus juga itu ikutan latihan di Bimbel CASN. Semoga semua yang bercita" masuk PNS diberi kemudahan

    BalasHapus
  8. Suamiku beberapa kali mencoba peruntungan jadi CPNS dan berakhir gagal wkwk Akhirnya dia menyerah dan nggak minat lagi ngelamar CPNS.
    Yah mungkin saat itu belum kenalan sama Bimbel CASN ya. Mungkin aja nasib berubah hehehe. Enaknya di Bimbel CASN ada pilihan kategori paket ya. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

    BalasHapus
  9. Mau ikust seleksi CPNS sekarang makin mudah ya, mbak. Effort-nya juga ga seberat dulu. Dulu jarang sekali ada bimbingan CPNS, sekarang ada bimbingan CPNS seperti Bimbel CASN ini. makin mudah dan semangat tentunya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular