=Hamimeha

Rakornas SDM Industri 2023 dan Upaya Mewujudkan SDM Industri 4.0: Kompeten dan Berdaya Saing Global

22 komentar
Konten [Tampil]

Rakornas sdm industri 2023
"Kami memberdayakan masyarakat bahkan para disabilitas juga," terang Mbak Silvy dibalut baju kebayanya yang anggun ketika aku menghampirinya di stand BDI (Balai Diklat Industri )  Yogyakarta. Selanjutnya ia menerangkan berbagai hal terkait BDI bahkan menunjukkan kursi roda dan alat bantu jalan bagi penyandang disabilitas penglihatan. Layak jika BDI Yogyakarta mendapatkan penghargaaan BDI terbaik dari Kemenperin di Rakornas 2023 ini, sebab  inovasi program mereka bisa menyentuh banyak kalangan.

Eist, aku juga berkunjung stand paling pojok yang salah satu produknya menghasilkan baterai ramah lingkungan dari pohon pisang. Yups, stand SMK-SMAK Bogor adalah salah satu peserta Rakornas Kemenperin 2023. Menariknya, sekolah yang fokus kompetensi kimia analisis ini telah berdiri sejak tahun 1950 lho! Wow udah lama banget ya!

Yups, itulah sekelumit pengalaman berhargaku bisa menghadiri Rakornas Kementerian Perindustrian Republik Indonesia 2023 di kota Pahlawan. Aku pun bisa menyimak langsung sambutan dari pak menteri dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju. Wow! 

Alih-alih mengutuk kelesuan di berbagai lini akibat pandemi, aku merasakan angin segar di dunia industri melalui sambutan Bapak Agus Gumiwang siang itu. Yups, agar semangat optimis ini tak hanya aku rasakan sendiri. Yuks baca ulasanku tentang Rakornas SDM industri 2023 dan upaya mewujudkan SDM Industri 4.0 yang kompeten dan berdaya saing global!

Sekilas Tentang Rakornas Kemenperin 2023

BPSDMI Kemenperin menyelenggarakan rakornas 2023 di Surabaya tepatnya di Ballroom hotel Double Tree  by Hilton pada tanggal 26-28 Juli 2023. Mengangkat tema "SDM industri 4.0: Kompeten dan Berdaya Saing Global", Rakornas 2023 ini dimeriahkan dengan pameran yang dihadiri oleh 29 Satker yang terdiri dari 38 booth.

Rangkaian acaranya pun tak kalah menarik, mulai dari pameran, sambutan dari menteri, pemberian penghargaan bagi Satker dan Mitra Industri, penandatangan Mou, Job Fair, dan Entertainment-ada Salma juara Indonesian Idol- lho!

Ehm, bagaimana sih suasana rakornas sdm industri 2023 yang dimeriahkan dengan pameran dari 29 satker BPSDMI, 2 Akademi Komunitas, 9 SMK, 11 Politeknik, dan 7 Balai Diklat Industri ini? Yuks ikuti petualanganmu mengunjungi booth mereka ya!

Kemeriahan Acara Rakornas Kemenperin 2023

Tahukah Sobat Hamim, sejak pertama kali memasuki Ballroom aku merasakan aura yang berbeda. Disambut beberapa orang menggunakan pakaian adat, setiap booth terlihat menunjukkan produk-produk karya mereka. 

Seperti booth Politeknik Jakarta yang menunjukkan salah satu produk sepeda listriknya, booth AKM Solo dengan batiknya. Aku terharu sekali ketika perwakilan dari AKM Solo mengalungkan kain batik ke Pak Menteri sambil menjelaskan bahwa produk tersebut hasil dari teman-teman disabilitas yang mereka berdayakan. Masya Allah ya!

Nah, satu lagi yang mungkin tidak banyak Sobat Hamim ketahui sebagaimana aku yakni adanya akademi komunitas. Jadi, aku sempat berkunjung di Akademi Mayora dan mendapatkan wawasan baru tentang adanya penerimaan peserta didik lulusan SMP untuk dididik melalui rumusan kurikulum yang dirancang untuk menyelaraskan kebutuhan industri dan menawarkan pengalaman belajar berbasis praktik. 

Output dari akademi ini tentunya menghasilkan sumber daya manusia industri dengan kompetensi unggulan di bidangnya. Mayora Academy telah bekerjasama dengan beberapa SMK di Indonesia yakni di SMTI Padang, SMTI Pontianak, dan SMTI Makassar. Eits, kabarnya akan ada juga di Yogyakarta lho! Kita tunggu ya!

Mayora Academy ini merupakan program kerjasama industri yaitu PT. Mayora Indah, Tbk.  dengan SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan) dan support BPSDMI di bawah naungan departemen Perindustrian. 

"Iya, jadi Mayora Academy menerima lulusan SMP dari seluruh wilayah di Indonesia. Salah satu syaratnya matanya tidak boleh minus dan tidak buta warna," demikian penjelasan dari petugas di booth tersebut. Asyiknya lagi, para lulusan otomatis akan memiliki kesempatan bekerja di PT Mayora Indah, Tbk. 

Ehm, aku sih baru tahu jika ada kerjasama semacam ini hehehe. 

Wawasan Baru dari Pameran Peserta Rakornas SDM Industri 2023

Sejujurnya, aku takjub dengan acara yang dihadiri lebih dari 500 peserta yang tak hanya dari internal BPSDMI, tetapi juga melibatkan mitra-mitra industri dan stakeholders terkait. Sebagai orang awam, aku mendapatkan banyak wawasan baru. Selain pencerahan dari sambutan Pak Agus Gumintang selaku Menteri Perindustrian RI dan Pak Masrokhan selaku Kepala BPSDMI ketika di Ballroom, aku mendapatkan pengetahuan baru terkait sekolah-sekolah vokasi seperti SMK dan politeknik di bawah Kemenperin ini. 

Aku terharu dengan keramahan para peserta yang sabar memberikan penjelasan kepada kami terkait kurikulum, program-program, serta produk yang telah mereka buat. Tak sedikit bingkisan dari booth yang aku kunjungi memberikan oleh-oleh. Ah, happy banget bisa hadir di acara tersebut. 

Aku optimis bahwa Indonesia bisa menjadi negara maju dengan hadirnya pengelolaan pendidikan yang berkualitas seperti ini. Sumber daya manusia adalah tonggak dari kemajuan sebuah negara. Hal ini selaras dengan yang disampaikan Menperin menekankan pentingnya ketersediaan SDM industri yang memiliki produktivitas tinggi, tidak hanya dari skill, tetapi juga yang berbudaya kerja yang baik. 

Pameran di rakornas BPSDMI 2023
Insight dari menghadiri pameran ini menambah wawasanku tentang pendidikan vokasi. Selama ini, masyarakat awam memahami bahwa sekolah-sekolah kejuruan memang ditujukan agar anak bisa mendapatkan pekerjaan pasca lulus. Sayangnya, seringkali pekerjaan tersebut tak sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki. 

Nah, aku pribadi berharap hadirnya lembaga pendidikan dan pemberdayaan ini tersosialisasi lebih luas di berbagai kalangan. Sehingga peluang untuk menyerap dan membentuk sumber daya manusia industri yang berkualitas lebih maksimal.

Agus juga menyebutkan, indikator lain yang menjadi target mencapai visi negara industri tangguh yaitu jumlah tenaga kerja di sektor industri pengolahan nonmigas sebanyak 22,6 juta orang.

Kemudian, persentase jumlah tenaga kerja di sektor industri pengolahan nonmigas terhadap total pekerja sebanyak 15,7 persen, dan produktivitas tenaga kerja sektor industri pengolahan nonmigas Rp128,4 juta per orang.

Langkah Menyiapkan Indonesia sebagai Negara Industri Tangguh

Kemenperin menyampaikan dalam sambutannya di Rakornas SDM industri 2023 bahwa  di tahun 2035 Indonesia menargetkan untuk menjadi negara industri tangguh dengan struktur industri nasional yang kuat, berdaya saing global, serta berbasis inovasi dan teknologi.

Visi besar ini tentunya membutuhkan langkah konkret dalam mewujudkannya. Oleh karena itu, sasaran utama ini perlu diterjemahkan ke dalam program kerja, baik dalam jangka menengah maupun panjang. Rakornas SDM Industri 2023 merupakan langkah awal dalam menyiapkan sdm industri yang kompeten dan berwawasan global. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Nasional Sumber Daya Manusia Industri di Surabaya menegaskan, “Guna mencapai visi tersebut, pertumbuhan sektor industri pengolahan non migas ditargetkan sebesar 6,4% dan kontribusi industri terhadap PDB sebesar 19,2% pada tahun 2025."

Indikator lain terwujudnya visi menjadi negara industri tangguh adalah Menperin juga menyebutkan adalah jumlah tenaga kerja di sektor industri pengolahan non migas sebesar 22,6 juta orang, persentase jumlah tenaga kerja di sektor industri pengolahan nonmigas terhadap total pekerja sebesar 15,7%, dan produktivitas tenaga kerja sektor industri pengolahan non migas sebesar Rp 128,4 juta per orang.

Dengan kata lain, Indonesia tak hanya menyiapkan dari segi kualitas saja melainkan juga perlu meningkatkan kuantitas untuk memenuhi kebutuhan daya saing global saat ini. Kondisi saat ini, secara keseluruhan atau 100% lulusan dari unit pendidikan vokasi di bawah Kemenperin langsung diterima kerja di sektor industri. Artinya dari sisi kualitas, unit pendidikan vokasi milik Kemenperin sudah sangat baik. Namun, saat ini yang perlu digenjot adalah sisi peningkatan jumlah atau kuantitasnya.

Dalam rangka merealisasikan target tersebut maka diperlukan terobosan program dan langkah-langkah kerja yang bisa mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) industri yang produktif, kompeten dan berdaya saing global di era transformasi digital saat ini. 

Langkah Konkret Menyiapkan SDM Industri 4.0 dan Indonesia sebagai Negara Industri yang Tangguh 

Yups, menyimak pemaparan dari menteri perindustrian aku menangkap bahwa apa yang menjadi visi besar Indonesia sebagai negara industri tangguh diupayakan dengan semaksimal mungkin. 

Hal ini terbukti dari langkah konkret dari Kemenperin yakni; 

Pertama, koordinasi untuk sinergitas stakeholder terkait dalam menyiapkan SDM industri 4.0 yang kompeten dan berdaya saing global

Mencapai visi besar Indonesia sebagai negara industri tangguh erat kaitannya dengan menyiapkan sumber daya manusia. Peningkatan kapasitas dan kualitas pendidikan sehingga bisa menghasilkan lebih banyak lulusan yang kompeten dan berdaya saing global perly menjadi fokus utama.

Adanya koordinasi melalui rakornas yang dihadiri oleh berbagai stakeholder terkait menjadi langkah konkret dalam mendukung terciptanya sdm unggul.  Terbukti dengan hadirnya berbagai peserta dari staker, mitra dalam dan luar negeri, serta adanya serangkaian kegiatan berupa pameran dan job fair di rakornas sdm industri di kota Pahlawan ini. 

Tahukah Sobat Hamim mengapa BPSDMI menyelenggarakan di Surabaya? Alasannya adalah meneladani semangat para pahlawan dalam perjuangannya untuk Indonesia. Masya Allah ya! Itulah mengapa sejak awal aku menyampaikan bahwa ada aura optimis ketika aku terlibat dalam rangkaian acara rakornas ini. 

Kedua, dukungan yang  infrastruktur dan sarana prasarana memadai.

Upaya mewujudkan sdm industri yang kompeten
Pada kegiatan rakornas ini, Menperin meresmikan fasilitas gedung pendidikan pada beberapa satuan kerja pendidikan vokasi Kemenperin. Adapun untuk dua gedung baru yang sedang dibangun, yaitu gedung pendidikan SMK SMAK Bogor dan Politeknik Industri Petrokimia Banten. Serta terdapat pula,  Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0 yang menawarkan layanan untuk membantu industri dalam proses transformasi digital. 

Yups, ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi dan juga dinamika di dunia internasional. Sehingga, kita harus mampu beradaptasi terhadap paradigma dari waktu ke waktu yang semakin berkembang, misalnya terkait energi terbarukan dan digitalisasi, untuk menuju green product. 

Ah, aku jadi ingat beberapa booth yang mengolah limbah menjadi produk yang apik dan bermanfaat. Keren ya!

Ketiga, peluang masuk OECD 

OECD (The Organisation for Economic Co-operation and Development) beranggotakan negara-negara maju sebagai forum berbagi pengalaman, best-practices, serta memberikan masukan terhadap pembentukan kebijakan publik dan standar internasional. 

Kabar baiknya, saat ini Indonesia dalam proses aksesi untuk menjadi anggota OECD. Menperin menuturkan bahwa “Keanggotaan Indonesia dalam OECD juga menjadi peluang kita untuk memperluas kerja sama di bidang industri dengan negara-negara maju di OECD."

Menprin menjelaskan bahwa langkah tersebut merupakan peluang yang baik bagi Indonesia untuk naik level dan mensejajarkan diri dengan negara-negara maju dan meninggalkan status negara middle income.

Wah, aku rasa ini langkah cerdas membaca peluang dengan kacamata optimisme yang tinggi ya.

Semoga semangat Pak Menteri menjadi suntikan bagi peserta yang hadir. Aamiin. Sebab, menjadi bagian dari OECD tidak mudah. OECD memiliki standar yang  cukup tinggi serta proses seleksi  yang cukup ketat. Oleh karena itu diperlukan dukungan dari seluruh pihak, termasuk pelaku industri.

Keempat, Pencanangan Making Indonesia 4.0 

Peta Makin Indonesia 4.0 adalah upaya percepatan transformasi digital.Sebenarnya peta jalan Making Indonesia 4.0 sejak tahun 2018 yang berfokus pada tujuh sektor industri manufaktur dan didukung dengan 10 strategi prioritas nasional, Making Indonesia 4.0 berpotensi mampu mendorong Indonesia menjadi 10 ekonomi terbesar dunia pada tahun 2030. 

Dalam rangka mendukung akselerasi implementasi Making Indonesia 4.0 diperlukan SDM yang kompeten, ahli di sektor industri, khususnya yang menguasai digitalisasi. Skill atau keterampilan menjadi poin yang penting untuk tetap relevan dengan permintaan industri. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM menjadi krusial. 

Langkah bijak ketika peserta dari Rakornas sdm Industri 2023 ini dihadiri oleh pihak yang terkait baik dari internal BPSDMI dan  mitra-mitra industri dan stakeholders terkait. 

Sinergitas adalah Kunci Wujudkan Indonesia sebagai Negara Maju

"Kegiatan Rakornas SDM industri diselenggarakan menjadi momentum yang baik untuk mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan program-program kerja pembangunan SDM industri untuk mewujudkan negara industri tangguh tahun 2035," tutur Masrokhan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian dalam sambutan Rakornas SDM industri 2023 di Surabaya.

Yups, kusimpulkan bahwa kunci dari terwujudnya Indonesia menjadi negara industri yang maju dan tangguh ada pada sumber daya manusianya. Dari banyak jurnal penelitian yang aku baca menyebutkan bahwa kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya.

Dan inilah yang ingin diwujudkan dari Rakornas yang diselenggarakan oleh BPSDMI ditahun 2023 ini yaitu sinergitas dari semua lini dalam membentuk sdm yang kompeten melalui pendidikan dan kerjasama pihak-pihak terkait. 

Optimisme yang coba aku tuangkan dalam tulisan Rakornasi SDM industri 2023 dan upaya mewujudkan SDM Industri 4.0: Kompeten dan Berdaya Saing Global merupakan peran kecilku agar dunia tahu bahwa negeri kita sedang berjuang. Dan tugas kita adalah berjuang bersama mereka! 

Semoga bermanfaat ya!


Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

22 komentar

  1. Kece nih, programnya. Semoga programnya berkelanjutan dan berhasil mencetak banyak SDM unggul

    BalasHapus
  2. Saya setuju sekali, Mbak. Daripada selalu mengingat soal pandemi, maka sebaiknya terus bersemangat maju untuk lebih baik lagi. Karena pandemi pun memberikan peluang semaraknya jualan secara online. Nah, yang harus dikuatkan adalah Sumber Daya Manusianya dalam dunia industri. Kalau sudah kuat, maka akan lahir ide-ide kreatif yang siap bersaing, dan membuat perindustrian semakin maju dan berkembang.

    BalasHapus
  3. semoga terwujud y semua yg diharapkan dari Rakornas BPSDMI dan Indonesia menjadi semakin maju SDM nya

    BalasHapus
  4. Huwaaa keren banget mba Rakornasnya ini sampe 500 peserta? Wahhh! Btw SMAKBO keren banget deh bisa menghasilkan baterai ramah lingkungan dari pohon pisang. Duh aku juga optimis nih kalo negeri ini bisa maju diiringi pengelolaan Pendidikan yang berkualitas ke depannya.

    BalasHapus
  5. mengikuti event seperti Rakornas Kemenperin 2023 ini sedikit banyak bantu membangkitkan kepercayaan kita terhadap perhatian negara terkait kualitas SDM dan dukungan penuh terhadap inovasi teknologi seperti inovasi batre dari pohon pisang. karena tidak sedikit penemuan serupa akhinya tidak diproduksi masal apalagi dikembangkan. padahal, banyak banget potensi karya anak bangsa serupa yang terpendam dan tidak tereksposed. i hope yaaa, inovasi dan teknologi ini diberikan perhatian penuh karena bisa bantu negara lebih berkembang, terdepan dan siap masuk pasar global juga nantinya.

    BalasHapus
  6. Asyik ya Mbak bisa ikut acara keren seperti ini, apalagi langsung dari kementerian acaranya, sudah dapat ilmu dan informasi banyak, juga bingkisan. Tapi yang lebih penting itu ilmunya, sih.

    BalasHapus
  7. Wow. Baterai ramah lingkungan dari pohon pisang. Keren banget ini. Inovasi dan teknologinya nggak main-main. Tapi gimana realisasinya ya. Penasaran aku.

    BalasHapus
  8. Melihat booth SMK dari berbagai kota dan sekolah mengesankan ya, betapa kreatifnya anak bangsa, dan perlu disupport pastinya

    BalasHapus
  9. programnya keren bangeet. ternyata banyak juga ya inovasi yang nggak terpikiran sebelumnya. dan kayaknya bakalan bermanfaat sih kalo bisa dikembangin lagi. semangaatt!

    BalasHapus
  10. Semoga dengan adanya Rakornas Kemenperin 2023, kita semua bisa bersinergi dari hulu ke hilir untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan memperkecil praktek kerja dengan koneksi dan lain sebagainya. Karena pemerataan pendidikan hingga tersedianya anak-anak berbakat dari SMK terbaik di INdonesia yang penuh dengan ide-ode cemerlang.

    BalasHapus
  11. Rakornas tahun 2023 yang digelar oleh BPSDMI banyak hal yang bisa dipetik. Di antaranya adalah peningkatan kualitas SDM, yang mana sekarang diimbangi dengan perkembangan teknologi yang kian pesat.

    Kalau SDMnya tidak 'memaksa' diri untuk inovasi dsn upgradw ilmu, kita bakalan ketinggalan jauh banget.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah acaranya meriah sekali ya Kak. Ada pak mentri juga.

    Sekolah yg ikut di pameran pendidikan kukira berasal dari Jatim aja (karena acaranya di Surabaya) ternyata ada sekolah yg dari Bogor juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini memang lembaga yang dibawah kemenprin mbak.

      Hapus
  13. Kalau lihat rakornas dan program-program keren begini, selalu berharap dapat bener-bener terlaksana sampai ke semua lapisan masyarakat.

    BalasHapus
  14. Jujur saya baru tahu ada Rakornas BPSDMI dan tujuannya yang cetar banget. Apalagi sampai dihadiri 500 peserta. Salut buat Kemenperin

    BalasHapus
  15. Aiih.. Kabar bahagia nih ya, apalagi lulusan SMP punya kesempatan jadi bagian dari PT Mayora Indah, Tbk. Mereka juga bakal dibelkali ilmu yg nggak maen² pastinya.

    BalasHapus
  16. Seneng bgt ada acara rakornas tp melibatkan ukm hingga org disabilitas. Jd mereka akan merasa pemerintah ada di antara masyarakat.

    Smg menghasilkan kebijakan yg mampu menelurkan sdm berkualitas sehingga kita bersaing dgn masyarakat global.

    BalasHapus
  17. Mayora Academy ini jadi program bagus untuk mencetak tenaga kerja unggulan siap kerja berarti ya? Sebab, dari lulus SMP sudah bisa bergabung dan pembelajarannya sudah tentu diarahkan untuk memenuhi kebutuhan industri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Kak Mon. Karena persiapannya matang dan fokus. Aku pribadi merasa ini terbosan yang menarik dan visioner.
      Ketika aku tanya memang ini program baru

      Hapus
  18. Aku senang sekali bisa datang ke acara rakornas sdm industi 2023 kemarin
    Jadi tahu banyak tentang pendidikan vokasi

    BalasHapus
  19. Waaa keren banget ya kak, rakornas kemenparinnya sekaligus ada jobfairnya. Itu juga aku baru tahu ada yang namanya Mayora Academy. Tjakep banget menerima lulusan SMP dari seluruh negeri dan nanti lulusan SMKnya berkesempatan kerja di PT Mayora

    BalasHapus
  20. Mba Hamim aktif banget yah ikut kegiatan yang bermanfaat gini..
    semoga menghasilkan kebijakan yang baik untuk kemajuan SDM kita

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular