=Hamimeha

Intip Tips Berbisnis Toko Bangunan

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Tips berbisnis toko bangunan
sumber pict: pexels.com/Markus Winkler

Bisnis di bidang bahan bangunan termasuk sektor yang tak ada matinya, mengapa bisa demikian? Bisa dilihat dari minat masyarakat terhadap kebutuhan tempat tinggal yang kian tahun semakin tinggi. Hal ini tentu mendatangkan peluang bisnis yang menjanjikan bagi orang-orang yang menyadarinya.

Meskipun demikian, Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang terutama dalam masalah keuangan. Saat menjalankan bisnis ini Anda perlu mempersiapkan dana darurat untuk mengantisipasi arus kas yang tidak sehat. Salah satu caranya dengan investasi di Reksadana Pendapatan Tetap.

Tips Sukses Berbisnis Toko Bangunan

Selain mempersiapkan dana darurat bisnis ada beberapa hal lain yang harus direncanakan dengan matang. Mulai dari pemilihan lokasi hingga jenis layanan tambahan yang perlu diberikan kepada pelanggan. Jika ingin toko bangunan Anda sukses sebaiknya terapkan tips-tips berikut.
 

Pemilihan Lokasi Harus Tepat

Dikutip dari bukuwarung.com, lokasi merupakan salah satu kunci utama dalam mendukung kesuksesan sebuah bisnis terutama yang berkaitan dengan toko bangunan. Karena perannya sangat penting, maka harus dipikirkan dengan matang agar tidak salah memilih tempat.

Bagaimana cara memilih lokasi toko bangunan yang tepat? Pertama, harus terletak di tempat yang mudah diakses kendaraan besar. Supaya proses pengiriman barang dari supplier bisa berjalan lancar. Selain itu juga harus terletak di lokasi yang strategis agar mudah ditemukan pelanggan.

Tidak harus di dekat jalan raya yang terpenting lokasinya mudah dijangkau pelanggan. Contohnya di dekat pasar atau tempat yang tidak jauh dari pusat kota. Kedua, ukuran toko dan luas tempat parkirnya juga perlu diperhatikan sebab nanti akan digunakan untuk parkir kendaraan saat muat dan bongkar barang.

Karena nanti Anda akan mengirim material-material bangunan yang memerlukan ruang yang luas, contohnya seperti pasir, batu bata, semen, genteng, dan material lain. Jadi intinya, Anda perlu mencari tempat yang luas dan strategis untuk membuat toko bangunan yang ideal.

 
Tentukan Jenis & Harga Barang Sesuai Target Pelanggan

Kesuksesan sebuah toko bangunan tidak hanya bergantung pada lokasi tapi juga berkaitan dengan harga barang yang ditawarkan. Jika segmen pelanggan Anda dari kalangan menengah ke bawah, maka tawarkan material bangunan yang terjangkau.

Sebaliknya, jika fokus pada segmen pelanggan menengah ke atas, maka Anda perlu menawarkan material berkualitas yang bernilai tinggi. Jadi sesuaikan jenis dan harga material sesuai target pelanggan yang ingin dituju.
 

Jangan Sembarang Memilih Partner Bisnis

Salah satu faktor yang membuat bisnis toko bangunan gagal yaitu karena salah mencari supplier. Jika ingin memberikan harga yang lebih murah dari toko lain, maka Anda perlu membeli material bangunan dari tangan pertama.

Sebelum bekerja sama dengan suatu pihak sebaiknya cari tahu dulu seperti apa reputasinya. Selain itu perbanyak relasi dengan para mandor dan kontraktor karena dua profesi tersebut memiliki hubungan yang erat dengan bisnis ini. Siapa tahu nanti mereka membeli material bangunan di toko Anda.
 

Mengelola Bisnis Secara Bijak

Metode pengelolaan bisnis juga menjadi salah satu faktor utama dalam mencari keberhasilan. Tanpa pengelolaan yang baik toko bangunan Anda akan mengalami banyak kesulitan. Seperti apa pengelolaan bisnis yang ideal? Yang paling utama yaitu menjaga kestabilan arus kas toko.

Usahakan pemasukan Anda tidak lebih dari pengeluaran agar arus kas tidak minus. Untuk mengantisipasi kerugian dan hal-hal tak terduga sebaiknya siapkan dana darurat bisnis. Caranya dengan berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap atau instrumen investasi lainnya.

tips berbisnis toko bangunan
sumber pict: pexels.com/Tiger Lily
Mengatur Strategi Marketing

Setelah berhasil membuat toko bangunan, bukan berarti perjuangan Anda sudah selesai. Justru ini merupakan titik awal sebelum berjalan menuju kesuksesan. Toko bangunan yang baru dibuka biasanya tidak langsung mendapat pelanggan.

Oleh karena itu, perlu dilakukan promosi agar orang-orang tertarik membeli material bangunan di sana. Selain menggunakan strategi digital marketing Anda juga perlu melakukan pemesanan secara manual. Contohnya memasang spanduk dan papan reklame di tepi jalan raya untuk menarik masyarakat.
 

Mengutamakan Kejujuran

Mengelola bisnis harus dilandasi dengan kejujuran agar tidak merugikan salah satu pihak. Saat menawarkan suatu produk pastikan Anda tidak berbohong mengenai kelebihan dan kekurangannya. Supaya pelanggan tidak merasa kecewa setelah membelinya.

Informasikan pada mereka bahwa masing-masing jenis memiliki kualitas dan harga yang berbeda-beda. Bila perlu berikan rekomendasi produk yang paling sesuai dengan budget mereka. Namun, jangan lupa memberitahu plus minusnya agar mereka paham mengenai produk tersebut.
 

Tawarkan Layanan Tambahan

Setiap toko bangunan pasti ingin memiliki pelanggan setia, lalu bagaimana cara mewujudkannya? Sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu menawarkan layanan tambahan.

Contohnya layanan pengiriman gratis atau memberi merchandise toko (seperti kalender, kaos, tote bag, dan lainnya) saat melakukan transaksi pada nominal tertentu.

Dukung Bisnis dengan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Apakah Anda sedang mengelola bisnis toko bangunan? Jika iya jangan lupa menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga jika mengalami hal tak terduga di kemudian hari. Keuntungan dari investasi Reksadana dapat dijadikan sebagai dana darurat atau modal tambahan untuk memperbesar toko.

Reksadana Pendapatan Tetap adalah instrumen investasi yang aman dan memiliki potensi keuntungan menarik, sehingga sangat tepat untuk mengumpulkan dana darurat atau modal tambahan bisnis. Melalui DBS Treasures Anda dapat melakukan investasi Reksadana dengan mudah dan praktis melalui Aplikasi digibank by DBS.

Bersama DBS Treasures, pengelolaan investasi dilakukan oleh pihak profesional yaitu oleh Manajer Investasi terkemuka, sehingga kinerja produk semakin optimal. Lalu, Anda bisa membeli, menjual, switching dan bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification) bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Segera bergabung menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures dan mulai investasikan dana Anda di Reksadana Pendapatan Tetap. Untuk mengembangkan toko bangunan dan mempersiapkan dana darurat bisnis. Dapatkan informasi selengkapnya tentang investasi Reksadana di sini.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular