=Hamimeha

Tips Liburan ke Gunung Bromo, Daftar Wisata dan Akomodasinya

Posting Komentar
Konten [Tampil]


Gunung Bromo
https://www.freepik.com/premium-photo/mount-bromo-volcano-gunung-bromo-during-sunrise-from-viewpoint-mount-penanjakan-east-java-indonesia_37348823.htm#query=bromo&position=42&from_view=search&track=sph

Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata yang berada di provinsi Jawa Timur ini selalu ramai didatangi pengunjung saat hari libur dan weekend. Kawasan Taman nasional Bromo Tengger Semeru memang banyak diminati karena menawarkan keindahan alam yang eksotik.

Dengan nuansa yang sejuk nan dingin ala pegunungan, pesona alam di kawasan Bromo selalu berhasil membuat pengunjung terpukau hingga betah berlama-lama. Salah satu daya tarik andalan di Bromo adalah golden sunrise. Pemandangan indah ini sangat tepat disaksikan saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Saat ini berbagai kebutuhan untuk liburan ke Bromo juga semakin mudah, baik dari segi transportasi maupun keperluan keuangan. Anda bisa menggunakan mobile banking saat pergi holiday agar berbagai transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan praktis. Cara daftar mbanking dan penggunaannya pastinya Anda sudah paham.

Bagi Anda yang punya rencana traveling ke Gunung Bromo, Anda perlu tahu tips liburan ke Bromo dan daftar objek wisatanya.

Tips Berlibur ke Bromo

Pegunungan Bromo adalah kawasan wisata di dataran tinggi sehingga memerlukan persiapan yang matang jika akan berlibur ke sana. Berikut ini sejumlah tips traveling ke Bromo agar momen liburan Anda berjalan lancar dan menyenangkan.

1. Memesan Penginapan Sejak Jauh-Jauh Hari

Penginapan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat akan pergi liburan di tempat jauh dan menghabiskan waktu beberapa hari di sana. Saat akan melakukan perjalanan wisata ke Bromo, sebaiknya pesan penginapan sejak jauh-jauh hari.

Di area atau dekat wisata Bromo terdapat banyak penginapan yang bisa dipilih untuk stay selama beberapa hari di sana. Namun mengingat tingginya animo kunjungan wisatawan ke Bromo, lebih baik Anda booking penginapan sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kamar.

2. Datang saat Musim Kemarau

Waktu paling ideal untuk liburan ke Bromo adalah saat musim kemarau. Jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan turunnya hujan yang bisa mengganggu momen liburan Anda bersama keluarga atau teman. Apabila Anda datang ke sana di musim hujan maka bisa-bisa tidak akan menyaksikan pemandangan indahnya karena terhalang mendung atau hujan.

Jadi sebaiknya datang ke Bromo saat musim kemarau, yang mana cuaca sedang cerah sehingga sangat mendukung kegiatan liburan Anda. Pemandangan di Gunung Bromo akan terlihat lebih indah saat musim kemarau. Di pagi hari, Anda bisa melihat terbitnya matahari atau golden sunrise yang menawan.

3. Merencanakan Penggunaan Transportasi Menuju Lokasi

Persiapan lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah merencanakan penggunaan transportasi menuju lokasi. Apabila Anda berasal dari luar kota maka bisa berangkat menggunakan kereta dan pesawat menuju kota terdekat. Kemudian Anda bisa memakai transportasi lokal yang ada untuk pergi ke lokasi wisata Bromo.


4. Membawa Baju Tebal

Bisa dikatakan suhu udara di kawasan wisata Bromo sangat dingin karena berada di dataran tinggi. Jadi jangan lupa untuk membawa baju tebal, bisa itu jaket atau sweater agar tidak kedinginan. Jangan sampai momen liburan Anda terganggu karena mengalami masalah kesehatan.

5. Mengenakan Masker dan Kacamata

Anda bisa mengunjungi salah satu objek wisata andalan yaitu kawah Gunung Bromo. Namun saat ingin datang ke tempat tersebut, sebaiknya memakai masker dan kacamata. Kaldera Gunung Bromo berupa lautan pasir yang mana dapat mengganggu penglihatan Anda jika tidak memakai kacamata. Selain itu, Anda juga perlu mengenakan masker untuk mengantisipasi aroma belerang yang menyengat dari kawahnya.

6. Memakai Sepatu

Saat berada di kawasan wisata Gunung Bromo, sebaiknya memakai sepatu daripada sandal. Dengan memakai sepatu lapangan atau tracking Anda bisa beraktivitas dengan nyaman dan maksimal di area Bromo yang berupa pegunungan.

Akses Menuju Bromo


Bagi Anda yang baru pertama kali akan berkunjung ke Bromo pastinya cukup bingung dengan jalur transportasi menuju lokasi. Ada beberapa jalur atau akses yang bisa Anda pilih untuk menuju kawasan wisata Bromo. Untuk jalur perlintasan umum dari luar kota terdapat 2 jalur utama, yaitu dari Surabaya dan Malang.

Gunung Bromo berada di kawasan yang meliputi beberapa kota. Terdapat 4 pintu masuk yang bisa Anda akses, mulai dari Lumajang, Malang, Probolinggo, dan Pasuruan. Berikut ini beberapa jalur menuju Bromo yang bisa Anda akses:
  • Surabaya - Pasuruan - Tosari - Wonokitri - Bromo
  • Surabaya - Tongas Probolinggo - Sukapura - Cemoro Lawang - Bromo
  • Malang - Tumpang - Gubugklakah - Ngadas - Jemplang - Bromo
Sementara rute favorit yang biasa dipilih para wisatawan untuk menuju Bromo adalah jalur dari Kota Malang lewat Gubugklakah. Meski medannya terbilang cukup terjal, tapi rute ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Sedangkan rute paling mudah yang bisa ditempuh menuju Bromo adalah dari Pasuruan atau Probolinggo.

Daftar Wisata di Bromo

daftar wisata dan akomodasi ke bromo
https://www.freepik.com/free-photo/java-indonesia-arpil-24-2017-tourists-4x4-jeep-tourist-rent-mount-bromo-east-java-indonesia_11306603.htm#query=bromo&position=0&from_view=search&track=sph

Wisata Gunung Bromo cocok dijadikan destinasi liburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Di sini terdapat sejumlah objek wisata yang bakal memuaskan Anda dan memberikan pengalaman berkesan. Selain menyaksikan golden sunrise, berikut ini daftar wisata lain di Bromo yang perlu Anda coba.

  • Naik Jeep Bromo melintasi kaldera lautan pasir
  • Menunggang kuda di kaldera lautan pasir
  • Trekking menuju kawah Bromo
  • Spot sunrise di Pananjakan
  • Padang rumput savana
  • Pasir berbisik
  • Bukit Teletubbies
  • Pura Luhur Poten
  • B 29 Argosari
  • Bukit Mentigen
Itulah sejumlah objek wisata di Gunung Bromo yang bisa Anda datangi untuk merasakan pengalaman liburan yang seru dan berkesan. Dengan adanya beberapa tempat wisata, tentunya kegiatan liburan Anda di Bromo tidak akan membosankan.

Menggunakan Mobile Banking untuk Keperluan Liburan

Bagaimana, sudah menentukan tanggal atau jadwal untuk liburan ke Bromo bersama keluarga, pasangan atau teman-teman? Untuk memudahkan kebutuhan saat liburan, sebaiknya Anda gunakan platform mobile banking. Anda bisa memanfaatkan mobile banking untuk memudahkan keperluan liburan Anda mulai dari, membayar booking penginapan, membayar transportasi, dan lainnya.

Salah satu mobile banking terbaik yang bisa Anda pilih untuk memudahkan keperluan liburan Anda adalah PermataMobile X. Apa itu m banking PermataMobile X? Mobile banking dari PermataBank ini disediakan untuk memudahkan berbagai keperluan transaksi di era digital.

PermataMobile X bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Cara daftar mbanking ini sangat mudah karena bisa dilakukan secara online dan persyaratannya nggak ribet. Ada berbagai fitur yang disediakan dalam mobile banking ini untuk menunjang kebutuhan transaksi Anda.

Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mbanking PermataMobile X dan fitur-fiturnya bisa Anda baca di sini.

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular