=Hamimeha

Tips Membuat Website Dari Nol, Mudah & Praktis! 

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Tips membuat website dari nol
Hai Sobat Hamim, 

Semoga dalam kondisi sehat ya! Di kesempatan kali ini aku mau berbagi tips membuat website mudah dari nol. Di era digital saat ini, kebutuhan akan website dan penggunaan media sosial menjadi krusial baik secara personal dan bisnis. 

Kok bisa? 

Yups! Dilansir data databoks, tercatat di Indonesia pengguna internet mencapai 213 juta jiwa orang per Januari 2023 menurut laporan We Are Social.  Tertulis bahwa terjadi kenaikan sebesar 5,44% dibandingkan tahun sebelumnya.

Fakta  ini menunjukkan bahwa orang akan mudah melihat atau mengenal kita melalui media-media yang bisa dijangkau menggunakan internet. Baik sebagai personal branding maupun bisnis Sobat Hamim.

Ah, ribet gak bisa bikin website karena pakai coding-coding.

Oke, coba  baca ulasanku ini sampai habis ya! Semoga mendapatkan tips cara mudah membuat website dari aku. Cus simak sampai bawah ya!

Website Menjawab Kebutuhan Marketing Masa Kini

Yuhuii, sudah aku spill ya di awal tulisan ini bahwa pengguna internet semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini merupakan peluang bagi kita untuk bisa melakukan marketing secara digital. 

Selain praktis, tentu menghemat biaya. Ditambah lagi jangkauanya lebih luas dibanding marketing cara lama. 

Lalu mengapa harus punya website? 

Jawaban paling tepat adalah profesional. Bagiku, seseorang yang membranding dirinya melalui website terlihat lebih keren dan pro. Begitu dengan pelaku bisnis. Mereka yang memiliki usaha dan mempunyai website untuk menampilkan segala sesuatu terkait usahanya terlihat lebih profesional dan mewah. Hal ini menjadi nilai plus di kata customer karena usahanya memberi kesan ekslusif. 

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat website dengan mudah? Yuks baca tips membuat website dari nol versi aku ya. Practicable kok!

Tips Membuat Website dari Nol Mudah Praktis 

Seringkali, orang sudah berpikir rumit tentang percodingan dalam membuat website. Padahal, Sobat Hamim bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mempermudah membuat website impian! Dan temukan promo domain com di tulisan ini!

Bagaimana cara membuat website mudah? 

1. Rumuskan Web Impianmu 

Alih-alih bingung urusan yang bersifat technical, maka lebih baik siapkan dulu konsep website yang akan kita buat. Langkah awal ini akan menyelesaikan 50% tentang websitemu. 

Hal-hal yang perlu dirumuskan saat membuat website adalah; 

Pertama, tentukan jenis website yang akan Sobat Hamim buat. Jenis personal branding yang isinya portofolio, diary, atau isi karya-karyamu atau jenis website untuk usaha seperti website toko online, dan lain sebagainya. 

Kedua, pilih platform apa yang akan sobat Hamim gunakan untuk membuat website nanti. Ada dua platform yang sering dipakai yakni blogspot dan wordpress. Namun, aku pribadi buat kamu yang gak pengen ribet urusan coding-codingan sebaiknya pakai wordpress. 

Ketiga, rancang nama dan domainmu. Pemilihan domain ini agak tricky sih. Sebab, jika ingin memenuhi kebutuhan SEO sebaiknya pilih yang singkat namun jelas. Dan lagi, nama domain yang singkat lebih mudah diingat.

Menyoal tentang domain, Sobat Hamim bisa memilih reseller domain RNA untuk mendapatkan domain terbaikmu. 

2. Cara Mudah Membuat Website 

Tara, bagaimana cara mudah membuat website? 

Sudah aku spill di poin 1. Pilih platform yang gak bikin ribet yakni wordpres.

Sobat Hamim bisa kok belajar dari yang gratisan dulu. Jika ingin membuat lebih profesional maka Sobat Hamim bisa menginvestasikan dengan berlangganan web hosting berkualitas dengan membeli nama domain unik sesuai dengan website Sobat Hamim. 

Ssst, trikku selama ini jika membeli domain maka aku cari domain yang lagi promo, jadi dapat hematnya!

Langkah mudah instal wordpress di Website adalah : 

Pertama, buka wordpress.com  lalu pilih "Mulai Situs Anda" 

Kedua, lakukan pendaftaran akun menggunakan email. Pastikan catat nama pengguna dan passwordnya.  Lalu pilih "Buat akun Anda." 

Ketiga, pilih jenis blog yang sudah kita rancang di poin 1. Apakah untuk kebutuhan profesional atau bisnis? 

Keempat, tentukan kategori website. Umumnya, kategori yang sering dipilih adalah digital marketing. Lalu klik Continue.

Kelima, buatlah deskripsikan websitemu. Umumya, deskripsi berisi tentang penjelasan singkat tentang website yang sobat Hamim buat. Lalu klik continue. 

Keenam, membuat nama untuk domain kita. Di poin satu jika Sobat Hamim sudah merumuskan maka akan mempercepat proses pembuatan website. 

Ketujuh, pilih plan. Untuk sarana belajar maka Sobat Hamim bisa pilih "Start with a free site." 

Kedelapan, masuk dashboard wordpress. 

Selanjutnya konfirmasi di email untuk launch your site untuk menampilkan website yang telah sobat Hamim buat. 

Yeay! 

Itulah ke-8 langkah cara mudah membuat website dari nol menggunakan platform wordpress.com. Akan tetapi, buat Sobat Hamim yang ingin membuat website dengan pengaturan yang lebih leluasa bisa menggunakan wordpress.org ya. 

Secara umum langkahnya sama kok! 

Dengan wordpress.org, Sobat Hamim  bisa memilih domain apapun yang kamu inginkan. Pilihan ekstensinya jadi lebih variatif, seperti com, co.id, atau net. Serta ada juga pilihan domain unik seperti .online, .website, .store, atau tech. 

3. Optimasi Website-mu

Nah, setelah membuat website maka langkah selanjutnya adalah optimasi ya! Meskipun kita sudah memiliki website dan sudah menggunakan domain berbayar, apabila tidak melakukan optimasi maka jangkauan pembaca kita tidak luas. 

Cara optimasi website bisa menggunakan teknis SEO seperti membuat artikel yang SEO friendly, melakukan setting agar website lebih SEO dengan membuat sitemap, install plugin SEO, dan share ke media sosial untuk mengenalkan websitemu lebih luas. 

Yang tak kalah penting lagi adalah install Google Analytic untuk memonitor performa websitemu.  Google Analytic akan membantu Sobat Hakim memahami pengunjung website terkait apa yang mereka cari, artikel mana yang paling banyak dibaca, serta manakah artikel yang jarang dikunjungi, dan masih banyak lagi. 

Wah, ternyata cara membuat website mudah bukan? Apalagi jika menggunakan wordpress. Sat set deh! Tinggal pilih domain di penyedia domain yang oke ya! 

Siapapun Bisa Punya Website

Yupii, prinsip hadirnya teknologi adalah memudahkan pekerjaan manusia. Artinya, kita tidak perlu mempersulit diri untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan kecanggihan teknologi saat ini. Salah satunya dalam membuat website impianmu ya sobat Hamim.

Siapapun bisa memiliki website  sesuai kebutuhan. Kuncinya, rumuskan dulu website impianmu terkait teknisnya, delapan langkah mudah membuat website yang sudah aku tulis di atas akan membantumu. Selamat mencoba!




Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular