=Hamimeha

Perkembangan Bisnis di Era Digital dan Kebutuhannya, Wajib Tahu!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Perkembangan bisnis di era digital
"Aku mau belajar design dan edit video mbak,” seru seorang teman dengan bersemangat padaku. 

“Duh, view-ku masih dikit nih mbak,” keluhan seorang teman tentang progres youtubenya. 

Yups, di era digital saat ini ladang mencari penghasilan semakin beragam salah satunya muncul profesi-profesi baru di ekonomi kreatif. Tak terkecuali di dunia bisnis, juga mengalami banyak perubahan. Saat ini, nyaris semua usaha memiliki akun, web, toko online  di marketplace untuk mendongkrak penjualan mereka. Tak heran jika salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat saat ini adalah bisnis digital. Ini menunjukan bahwa generasi saat ini memiliki antusias untuk bekerja di dunia digital agency .

Digitalisasi di dunia bisnis adalah suatu hal yang tak bisa dielakan. Lalu bagaimanakah kesiapan dan kebutuhan dalam menghadapi transformasi bisnis di era digital saat ini? Yuks baca ulasan tentang perkembangan bisnis di era digital dan kebutuhannya ya!

Dinamika Perkembangan Bisnis di Era Digital 

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa kemajuan teknologi memaksa banyak orang di lini manapun untuk melakukan perubahan. Khususnya di dunia bisnis, persaingan global yang tinggi menuntut para pelaku usaha untuk terus meningkatkan inovasi produk dengan memanfaatkan teknologi yang ada untuk menghadapi tantangan global ini. 

Era digital
Yups, di era kecanggihan teknologi saat ini perlu dipertimbangakan bahwa  sistem dan proses lama  harus segera beralih ke penerapan teknologi yang lebih kekinian. Jika dulu pencatatan administrasi usaha dilakukan secara manual, seiring berjalan waktu beralih ke penggunaan mesin dan kini cukup dengan aplikasi. 

Pun dengan cara beriklan, jika dulu gencar melakukan pemasaran dengan pamflet beralih ke iklan radio dan tivi. Kini beralih ke digital marketing menggunakan iklan melalui google ads dan media sosial. Perubahan yang dinamis ini sangat membutuhkan kesiapan dan kesigapan dari pelaku bisnis manapun jika mau bertahan. 

Nah, lalu apa sajakah kebutuhan bisnis yang perlu disiapkan di era digital saat ini? 

Kebutuhan Bisnis di era Digital

Persaingan bisnis di era digital memang tidak bisa dipandang remeh. Jadi, para pelaku bisnis perlu memiliki kesiapan yang baik menghadapi tantangan global. Ada lima hal yang perlu disiapkan antara lain: 

Pertama, mengikuti perkembangan teknologi

Dinamisasi dalam bisnis itu penting. Termasuk dalam menanggapi perubahan yang cepat dikarenakan perkembangan teknologi. Maka penting bagi para pelaku bisnis untuk update dengan berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi yang relevan dan mendukung berkembangnya bisnisnya.

Umumnya, bisnis yang update dengan perkembangan teknologi memiliki sifat inovatif. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis tersebut siap dengan tantangan kekinian.

Kedua,  memiliki kesiapan terhadap proses digitalisasi 

Alih-alih menolak perubahan maka akan lebih baik baik jika menyiapkan diri. Hal inilah yang perlu dilakukan oleh para pelaku bisnis. Kesiapan digitalisasi ini meliputi pengetahuan, keterampilan, dan ketersediaan teknologi baik dari segi software maupun hardware yang mendukung bisnis Sobat Hamim agar berkembang.

Ketiga, optimasi pelayanan melalui pengalaman pelanggan

Kunci dari sebuah bisnis selain produk adalah pelayanan. Tantangan sekaligus peluang dari bisnis di era digital ini adalah customer yang memiliki kebebasan dalam menyuarakan aspirasi mereka. 

Testimoni satu pelanggan bisa memberi pengaruh terhadap penjualan. Maka, memberikan layanan prima dengan mengenal pelanggan dan memberikan layanan yang dipersonalisasi dapat membuat mereka tetap setia. 

Dalam hal ini Sobat Hamim sedang menciptakan user experience yang menyenangkan dan dampaknya adalah loyalitas dari pelanggan. Menarik bukan? 

Keempat, menyiapkan supporting system handal di bidang digital 

Apa itu boleh dicoba digital
Yups! Poin yang tak kalah penting dari kebutuhan bisnis adalah memiliki supporting system yang handal. Jika diamati bisnis di era digital identik dengan keterjangkauan viewers. Semakin banyak orang melihat produk kita dan didukung dengan kualitas produk serta testimoni  customer lain akan menjadi daya tarik pembeli baru. 

Akan tetapi, permasalahan yang kerap datang adalah kurangnya kemampuan dari tim suatu instansi bisnis dalam merancang hal tersebut. Sehingga, kondisi bisnis perkembangnya cenderung lambat.

Nah, kabar baik dari aku untuk Sobat Hamim semua. Dalam menunjang berkembangnya bisnis sobat Hamim bisa memilih supporting system yang bisa diandalkan. Salah satunya adalah bermitra dengan digital agency untuk memenuhi kebutuhan poin ini. 

Sobat Hamim bisa bekerja sama dengan BDD. Boleh Dicoba Digital (BDD) merupakan salah satu digital agency terbaik yang bisa menjadi pilihan Sobat Hamim. Sebab BDD memiliki banyak services dan tim yang memiliki expertise di bidangnya masing-masing.

Berdiri sejak tahun 2017. BDD terdiri dari tim praktisi yang tahu bagaimana menjalankan peran di bisnis digital. Selain itu, ada lima prinsip kerja dari BDD yakni kolaborasi, reliability, progressive, komunikasi, dan problem solving. Mantapkan!

BDD telah bekerjasama dengan berbagai brand-brand ternama di Indonesia. Adapun layanan di BDD adalah sebagai berikut: 

1. digital advertising

2. web development 

3. search engine optimization (SEO)

4. community development

5. growth hack 

6. creative content development

7. corporate training digital agency

Wah paket lengkap nih di BDD ya! Sobat Hamim bisa menyesuaikan pilihan service tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Sobat Hamim saat ini. Umumnya, pertimbangan memilih agency digital adalah dengan melihat track record atau portofolio mereka. Selain itu, sumber daya manusia dan tahu mendalam terkait konteks yang dibutuhkan bisnis digital Sobat Hamim.

Kelima, pilih metode periklanan yang relevan 

Poin lima akan terjawab dengan apik dengan bantuan digital agency yang tepat dan handal. Dengan kata lain, investasi dalam bentuk iklan melalui digital marketing akan mendobrak penjualan di masa mendatang. 

Digital Agency yang Sobat Hamim pilih, misal BDD maka akan merumuskan kebutuhan periklanan yang tepat dan relevan dengan kondisi saat ini baik secara trend maupun kebutuhan pasar dari produkmu. 

Kesuksesan Sebuah Bisnis adalah Fleksibilitas 

Ketidakstabilan bisnis di era digital saat ini menuntut kita untuk beradaptasi dengan secepat mungkin. Pasalnya, siapa yang cepat beradaptasi maka dia yang bertahan. Inovasi dalam bentuk produk maupun  inovasi pelayanan merupakan kunci utama. 

Bisnis yang growth umumnya memiliki semangat dinamis dan fleksibilitas yang tinggi. Adapun kriterianya bahwa infrastruktur teknologi bisnis dapat dengan mudah beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan pasar adalah kunci untuk fleksibilitas. Termasuk dalam menciptakan proses pengambilan keputusan yang responsif dan dapat disesuaikan dengan cepat adalah subtopik yang penting. 

Yups, mendukung relevansi bisnis Sobat Hamim  maka diperlukan supporting system yang handal  seperti BDD ( Boleh Dicoba Digital ). BDD merupakan salah satu startup solusi pemasaran digital dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. 

Wow menarik ya! 

Namun poin dari artikel ini adalah pantang menyerah dan terus berkembang. Kebutuhan akan digital agency akan menjadi investasi bagi bisnis Sobat Hamim bisa memilih BDD ( Boleh Dicoba Digital)   sebagai supporting system andalanmu.

Semangat terus berkembang! 











Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular