=Hamimeha

Jaga Kulit Sensitif Si Kecil Dengan Cara yang Tepat, Ibu Harus Tahu!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Cara tepat jaga kulit sensitif si kecil
Bunda, lihat ini!" Kakak menunjukkan kulit bagian perutnya yang terlihat bersisik tampak kulitnya agak mengelupas serpihan putih halus.

"Gatal Bunda." Keluh kakak lagi.

Ya, kondisi kulit kakak memang termasuk dalam kategori kulit kering dan sensitif. Biasanya, jika sudah kambuh bisa mengganggu tidurnya. Dia akan menggaruk-garuk dan mengeluh perih karena luka garukan itu.

Kondisi seperti ini memang tidak nyaman bagi si kecil. Awalnya aku bingung bagaimana mengatasi kondisi kulit kering si kakak ini? Hingga akhirnya aku banyak mencari referensi serta diskusi dengan teman.

Nah, di kesempatan kali ini aku ingin berbagi dengan Sobat Hamim tentang menjaga kulit kering dan sensitif si kecil dengan cara yang tepat. Yuks simak sampai bawah ya!

Kenali Kondisi Kulit Kering dan Sensitif

Ibu adalah dokter pertama di rumah. Bagiku sebagai orang tua baru kala itu sempat kewalahan mengatasi kondisi kulit kakak yang sering mengalami biang keringat di waktu bayi. Semakin besar, masalah kulit kakak tidak juga berhenti.

Beberapa waktu terakhir tampak terlihat sering muncul bercak dimana bagian kulit mengelupas, kadang juga merah-merah, tak jarang mengeluh gatal-gatal. Kondisi ini tentu membuat kakak tidak nyaman hingga mengganggu tidurnya.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana mengatasi kulit kering dan sensitif anak sebaiknya kita pahami apa itu kulit sensitif dan penyebabnya.

Apa itu Kulit Sensitif dan Kering?

Apa itu kulit sensitif
Kulit sensitif merupakan sebutan untuk kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor, seperti udara atau bahan kimia dalam produk perawatan kulit. Umumnya, orang yang memiliki kulit sensitif sering kali merasakan keluhan pada kulit, seperti ruam, gatal, kering, bruntusan, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit. Persis dengan yang dialami oleh duo sholihahku.

Hal ini terjadi ketika kami bepergian ke pulau Garam. Cuacanya memang luar biasa panas dan debu dimana-mana. Rupanya hal ini membuat kondisi kulit kakak dan adik muncul merah beruntusan di area leher agak kebawah dan tangan. Dan bisa ditebak mereka tidak nyaman dan menjadi rewel. Sejak kejadian tersebut aku jadi selalu sedia lotion jika mau bepergian yang bisa memicu kulit sensitif mereka.

Salah satu upaya untuk mencegah kekambuhan kulit sensitif maka kita perlu tahu hal-hal yang menjadi faktor penyebab kulit kering dan sensitif pada anak. Nanti kita bahas juga ya senjata andalan mengatasi kulit kering dan sensitif.

Waspadai Penyebab Kulit Sensitif dan Kering pada Anak-Anak

Orang bijak menyampaikan, "Mencegah lebih baik daripada mengobati."
Aku sepakat sih bahwa mencegah dengan mengetahui faktor penyebab kulit sensitif pada anak adalah langkah awal yang bisa kita lakukan. Pasalnya, kulit sensitif diduga terjadi akibat ujung saraf yang terlalu sensitif di dalam kulit yang mulai memberikan sinyal rasa sakit sebagai tanggapan terhadap rangsangan yang sebenarnya tidak berbahaya.

Faktor penyebab kulit sensitif dan kering bisa berasal dari internal dan eksternal. Faktor eksternal bisa dikarenakan perubahan suhu dan angin. Kondisi ini sering aku alami jika duo sholihah ku ajak mudik ke kampung. Selain itu, faktor eksternal lainnya adalah polusi, sinar matahari, air yang terlalu panas, bubuk deterjen atau bahan kimia yang membuat menimbulkan rasa gatal.

Sedangkan faktor internal dikarenakan konsumsi makanan pedas, alkohol, stress, perubahan hormon misal ketika kita mau haid pada perempuan, dan intoleran pada gluten. Namun, gluten bukan penyebab umum kulit sensitif, tetapi perlu dipertimbangkan jika gejala muncul setelah mengkonsumsi roti, pasta, atau makanan lain yang mengandung gluten.

Yups, kita sudah tahu faktor penyebab kulit sensitif dan kering agar bisa lebih waspada menghindari faktor pemicu ini. Selanjutnya, bagaimana jika kulit kering dan sensitif sudah terjadi? Yuks simak cara atasi kulit kering dan sensitif pada anak berdasarkan pengalamanku ya Sobat Hamim!

Cara Atasi Kulit Sensitif dan Kering pada Anak-Anak Ala Bunda Hamim

Jika faktor penyebab tidak bisa dihindari dan kulit sensitif anak kambuh maka kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini :

Pertama, kondisi kulit dalam keadaan lembab

Yup! Hal yang terjadi ketika kulit sensitif dan kering kambuh adalah munculnya sensasi gatal dan panas. Maka untuk meredakan hal tersebut sebaiknya kondisikan kulit menjadi lembab.

Aku pribadi memiliki produk andalan untuk menjaga kelembaban kulit anak-anak baik di rumah maupun bepergian lho Sobat Hamim.

Yups, Atopiclair lotion andalan kami! Atopiclair lotion adalah lotion hydrolipidic dengan tujuan memperbaiki barier kulit yang bekerja dengan cara melapisi jaringan yang terluka, melembabkan dan mengurangi sensitivitas jaringan yang meradang.

Atopiclair cream and lotion
Keunggulan dari Atopiclair lotion ini adalah tidak mengandung pewarna dan pewangi. Nah, jadi cukup aman untuk digunakan oleh anak-anak ya Sobat Hamim. Selain itu, penggunanaan Atopiclair lotion memiliki kelembapan yang lebih tahan lama dibanding lotion lain. Jadi, sekali pakai bisa cukup hemat ya hehehe.

Atopiclair lotion ini juga memiliki kandungan khusus untuk membantu mengurangi rasa gatal di kulit serta membantu menciptakan jaringan kulit sehat yang diperlukan untuk penyembuhan kulit dari iritasi atau eczema yang terjadi. Lotion ini sama sekali tidak mengandung steroid ya Sobat Hamim, jadi benar-benar aman digunakan untuk jangka waktu panjang.

Dengan kemasan botol dan tekstur yang cukup cair, aku sarankan penggunaannya tidak perlu banyak-banyak sih. Sebab kita cukup mengoleskan tipis-tipis maka sensasi dinginnya akan terasa kok. Sobat Hamim tenang saja, produk Atopiclair lotion sudah banyak tersedia di toko dan apotek jadi mudah untuk mendapatkannya.

Kedua, menjauhi bahan iritatif

Nah, sebagaimana aku sampaikan di atas. Atopiclair lotion tidak mengandung pewarna dan pewangi sehingga tidak mengiritiasi kulit. Pasalnya, bahan-bahan kimiawi maupun alami yang dijadikan sebagai pewangi dapat menyebabkan kulit yang sensitif mengalami iritasi. Yups, jadi meskipun aroma Atopiclair lotion tidak harum namun sehat ya.

Ketiga, batasi terkena paparan matahari berlebih

Poin ke-3 ini sebenarnya dilakukan bahkan sejak pencegahannya ya. Tapi jika sudah terlanjur kambuh gatal-gatal atau kondisi kulitt sensitifnya maka sebaiknya hindari paparan matahari langsung ya Sobat Hamim.

Aku pribadi sering menghabiskan waktu di rumah jika kondisi cuaca panas yang terlalu berlebihan seperti akhir-akhir ini. Upayakan kondisi suhu ruang cukup aman juga agar anak tidak mudah berkeringan sehingga memicu ruam dan sensasi panas pada kulit sensitif.

Keempat, pilih produk yang ramah untuk kulit

Yupi, salah satu obat yang aku pakai juga jika kondisi kulit sensitif dan kering duo sholihah di rumah kambuh adalah Atopicalir Cream.

"Bunda, dingin," begitu seru kakak saat aku mengoleskan Atopiclair cream ke area kulit yang terlihat mengelupas dan gatal di area perutnya.

Penggunaan atopiclair
Nah, Atopiclair cream ini agak berbeda dengan Atopiclair lotion ya Sobat Hamim. Aku menggunakan Atopiclair cream anggap saja sebagai obat jika kulit sensitif anak kambuh. Seperti yang terjadi pada anakku kemarin.

Dengan komposisi Glycyrrhetinic acid (18-b-glycyrrhetic acid), Proanthocyanidin (leucoanthocyanins, procyanidins, pycnogenols), Telmesteine (N-carbetoxy-4-tiazolidin carboxyilic acid), Natural a-bisabolol, Shea butter, Allantoin, Ascorbyl tetraisopalmitate, Tocopherol acetate, Hyaluronic acid, Montanov 202 (Arachidyl glucoside + arachidylbehenyl alcohol).

Atopiclair cream digunakan untuk mengurangi rasa gatal, nyeri serta menjaga kesehatan kulit, dan melembabkan dan mengurangi sensitivitas jaringan yang mengalami radang, menghilangkan rasa terbakar, gatal dan nyeri dengan melindungi dari iritasi lebih lanjut. Cream dari Atopiclair ini juga membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

Buatku, tekstur Atopiclair cream ini tidak terlalu kental meski tidak secair lotionnya. Dikemas dalam bentuk tube, Atopiclair cream cukup mudah didapatkan di toko atau apotek terdekat di sekitar kita kok Sobat Hamim.

Hasilnya cukup significant ya Sobat Hamim, keluhan gatal dan kulit yang awalnya kemerahan dan terlihat mengelupas juga mereda. Tidur kakak juga lebih nyaman sebab tidak merasakan gatal lagi. Tak hanya aku yang membuktikan hasil nyata dari penggunaan Atopiclair cream ini.

Seorang teman juga bercerita bahwa dia menggunakan Atopiclair untuk keluarganya. Salah satu perlengkapan yang wajib ada di kotak P3K di rumah ya Sobat Hamim.

Kelima, menjaga agar tetap tenang

Poin terakhir adalah usahakan tetap dalam kondisi tenang ya Sobat Hamim. Jika kondisi kulit sensitif anak-anak kambuh pastikan kita tidak panik.

Pasalnya, ketenangan adalah 50% solusi. Kita harus tetap dalam kondisi kepala dingin dan langsung atasi dengan Atopiclair cream. Kondisi tenang kita saat menghadapi berbagai masalah akan mempengaruhi piskologis anak juga.

Secara tidak langsung, hal tersebut bisa menjadi contoh bagi anak untuk bersikap nantinya. Termasuk ketika gatal, nyeri, dan panas mulai kambuh karena kondisi kulit sensitif dan kering mereka kambuh.

Si kakak dan adik sekarang jika ada bercak merah ataupun gatal mulai bisa menahan diri untuk tidak menggaruk atau rewel. Mereka langsung menunjukkan areanya lalu aku sigap menangani dengan menggunakan mengoleskan cream yang ada di rumah deh.

Nah, itulah sikap tenang bisa membangun kooperatif anak-anak juga ya Sobat Hamim.

Menciptakan Rasa Nyaman Melalui Kulit Si Kecil

Anak rewel salah satunya dikarenakan kondisi tidak nyaman yang mereka rasakan. Termasuk ketika kulit sensitif dan kering yang kambuh akibat faktor penyebabnya yang beragam tadi.

Jadi Sobat Hamim, salah satu upaya agar anak nyaman adalah mencegah serta menghindari faktor pemicu dari kulit sensitif dan kering pada anak. Tak lupa juga, sediakan Atopiclair cream dan lotion sebagai senjata atasi masalah kulit sensitif dan kering anggota keluarga di rumah ya. Sobat Hamim bisa cuss order di  Menarini Official Store di Shopee .

Anak nyaman, ibu tenang deh!

Ada yang mau berbagi pengalaman menjaga kulit sensitif dan kering pada anak juga kah? Yuks sharing bareng!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular