=Hamimeha

7 Manfaat Membaca Novel Bagi Otak, Makin Cerdas dan Kreatif! 

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Novel cinta GoodDreamerWah, Sobat Hamim bisa bayangin donk bagaimana suasana yang mendeskripsikan cuplikan dialog di atas. Aku yakin antara masing-masing pembaca berbeda-beda. Dan itulah serunya membaca. Visualisasi dari imajinasi ramuan kata sebuah cerita bisa sangat luas dan beragam.


Apalagi jika kita membaca novel cinta. Rasanya ada perasaan yang terbawa mengikuti alur cerita dari buku yang kita nikmati. Betul tidak Sobat Hamim?

Eits, tapi ternyata membaca novel itu banyak manfaatnya lho! Dilansir dari news.schoolmedia.ide, menurut psikolog Raymond Mar menyebutkan bahwa membayangkan cerita dalam novel fiksi akan mengaktifkan wilayah otak yang bertugas untuk memahami orang lain.

Wah menarik bukan? Coba deh kita simak apa lagi manfaat membaca novel bagi otak lainnya!

Pilih Membaca Novel dari Buku Fisik atau Novel Online?

Ops!

Apakah Sobat Hamim masih berseteru tentang buku fisik sama pdf? Aku pribadi tidak mempermasalahkan sih. Membaca buku itu tentang kenyamanan. Selama kita enjoy ketika membaca buku. Apapun bentuk bukunya dan apakah menggunakan aplikasi atau web bukanlah hal masalah.

Aku memahami alasan seseorang suka membaca buku fisik karena aroma buku itu candu, bisa dipegang, selain itu lebih ramah di mata. Sedangkan untuk tim membaca pdf, aku rasa oke-oke saja. Bisa jadi alasannya praktis alias paperless.Selain itu, kecanggihan teknologi saat ini membuat kita bisa mengakses novel dimana saja tanpa membawa beban berat. Asyik bukan?!

7 Manfaat Membaca Novel Bagi Otak

Yups! Tim baca buku fisik maupun pdf ataupun online. Poin pentingnya adalah kita merasakan dari manfaat membaca ya! Berikut adalah manfaat membaca novel untuk perkembangan otak kita, yaitu:

Pertama, sarana stimulasi dan memperkuat daya ingat

Penurunan fungsi otak dan memori terjadi seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, membaca teratur bisa memperlambat prosesnya. Hal ini dikarenakan adanya stimulasi mental pada otak kita ketika membaca. Otak jadi terjaga konektivitasnya.

Kedua, meningkatkan keterampilan bahasa dan kosakata

Sebagaimana anak kecil, jika banyak membaca maka akan bertambah kosakatanya. Pun ketika kita membaca novel, bahasa sastra dan pemilihan diksi dalam novel bisa meningkatkan keterampilan bahasa kita dan memperkaya kosakata. Apalagi jika novelnya ber-setting budaya. Wah, makin mantap keterampilan bahasa kita. Otak kita jadi terus teraktivasi ya!

Ketiga, sumber inspirasi

Yups! Pada dasarnya membaca memang membuat kita menemukan banyak insight. Jadi, buat Sobat Hamim yang membutuhkan inspirasi bisa tuh membaca novel. Yups! Poin ini masuk dalam kemampuan kognitif kita. Aku pun jika buntu ide buat menulis maka melakukan aktivitas membaca jadi solusinya.

Keempat, mengasah empati dan kepedulian terhadap orang lain

Asyiknya membaca novel adalah adanya tokoh dalam ceritanya. Nah, inilah yang membuat kita jadi ikut menyelami perasaan si tokoh. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa membayangkan cerita di dalam novel dapat membantu mengaktifkan daerah otak yang bertanggung jawab untuk lebih memahami orang lain. Wow, inikan masuk dalam ranah kemampuan sosial ya!

Kelima, memperkaya wawasan dan pengetahuan

Jika tubuh butuh asupan berupa makanan. Makanan otak adalah informasi, wawasan, dan pengetahuan. Dengan kata lain, novel meskipun bersifat fiksi, ia akan selalu memberi pengalaman baru bagi pembaca. Sebab penulis fiksipun melakukan riset sebelum menuliskan karyanya. Jadi, novel fiki genre apapun sejatinya tidak selalu dipenuhi cerita fantasi bahkan ada yang diambil dari kisah nyata yang difiksikan.

Keenam, sarana healing

Yupi, membaca memang bisa jadi sarana hiburan ya Sobat Hamim. Saat otaknya sedang banyak tekanan maka bisa diredakan dengan membaca novel. Umumnya, novel yang dibaca adalah genre komedi ataupun yang bertema ringan.

Ketujuh, mendapat pengalaman baru

Wah kalau ini sih pengalaman pribadi. Tapi bisa jadi dirasakan juga pembaca yang lain. Hal yang kusuka dari sebuah novel itu adalah ceritanya. Permasalahan-permasalahan di dalam cerita menjadi sebuah pelajaran bagiku. Termasuk saat membaca novel cinta yang kemudian kita bisa ambil hikmah.

Kita tidak harus mengalami sendiri dari sebuah kejadian. Namun pengalaman orang lain bisa jadi pengalaman baru untuk kita. Menariknya, tiap penulis novel itu punya gayanya sendiri. Nah, ini yang bikin ketagihan.

Seperti yang aku ceritakan di atas, aku membaca novel romance karya Tinaagustina di GoodDreamer lho. Apaan tuh? Simak ulasannya di bawah ya!

Sekilas tentang GoodDreamer.id

Yoi, GoodDreamer adalah platform novel digital yang menyediakan berbagai jenis novel hasil karya 100% penulis Indonesia. Wah mantapkan!

Aku suka dengan spirit GoodDreamer dalam rangka mewadahi para penulis Indonesia untuk berkarya dan karyanya itu bisa dibaca oleh ribuan orang. Tak hanya itu, GoodDreamer juga berkomitmen untuk membantu para penulis untuk berkembang dan mendapat banyak keuntungan dengan menulis. Wah kesempatan emas ya!

Eits, gak hanya mengapresiasi para penulis. GoodDreamer juga sangat memanjakan para pembaca lho! Mulai dari kemudahan mengakses GoodDreamer di berbagai device baik IOS maupun Android dan bisa dibaca kapan saja, bisa lewat aplikasi maupun web. Sobat Hamim juga diberi banyak kemudahan untuk membuat akun dalam waktu 1 menit jadi. Kok bisa?

Alasan membaca novel diGoodDreamer
Yups! Untuk memiliki akun di GoodDreamer cukup menyiapkan email aktif, nama lengkap, dan sandi. Beres deh! Ada berbagai genre di GoodDreamer, mulai dari romansa, drama, fantasi, komedi sampai dengan misteri dan masih banyak lagi. Intinya, Sobat Hamim yang suka dengan novel akan dimanjakan oleh GoodDreamer dengan karya-karya penulis di dalamnya.

Eits, kabar tidak baiknya bagi para plagiat. Mereka tidak akan bisa melakukan copas novel di GoodDreamer, sebab GoodDreamer telah mengantisipasi tindakan plagiarisme dengan payung hukum. Ada perlindungan Undang Undang Hak Cipta oleh tim GoodDreamer untuk melindungi seluruh Novel yang ditayangkan di platform membaca novel tersebut.

Wow, salut dengan keseriusan tim GoodDreamer atas perkembangan literasi di Indonesia ini ya Sobat Hamim. Sebuah praktik baik dengan berbagai upaya perlindungan melalui teknologi, sehingga seluruh Novel tidak akan bisa di copy paste adalah apresiasi bagi karya penulis di GoodDreamer dan contoh tegas terhadap segala bentuk kecurangan.

Hadirnya GoodDreamer menjadi angin segar di dunia literasi di Indonesia melalui prinsip-prinsip baik yang diterapkan. Karya di GoodDreamer merupakan hasil karya dengan proses seleksi yang ketat. Jadi, Sobat Hamim tidak perlu ragu dengan kualitas novel-novel di GoodDreamer ya!

Membaca Bukan Sekadar Hobi

Yoi Sobat Hamim!

Ternyata membaca gak hanya jadi hobi ya. Ada banyak manfaat membaca novel untuk otak kita. Pengalaman dalam cerita di novel bisa terus mengaktivasi otak kita. Akibatnya, dampak dari membaca tidak sekadar hiburan namun bisa menjadi sarana mengasah kemampuan critical dan creative thinking kita secara tidak langsung.

Novel cinta umumnya banyak disukai oleh banyak kalangan, mulai dari remaja hingga yang sudah menikah sekalipun. Alurnya, tokoh, konflik, setting dan pernak pernik di dalamnya memberi kesan bagi pembaca. Dengan kualitas karya yang ada di GoodDreamer, Sobat Hamim bisa menjadikan aktivitas membaca novel lebih menyenangkan dan berbobot.

Sudah tak sabar menjelajah novel cinta di GoodDreamer kah? Yuks  cuss langsung ke sini --> https://gooddreamer.id/novel_romantis

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular