=Hamimeha

Tips Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan Ala #ibusekolahlagi

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Tips belajar bahasa inggris menyenangkan
Blog bule cuannya menggiurkan!” Seru seorang teman yang baru saja deal job barunya. Oh ya, blog bule itu maksudnya blog berbahasa inggris.

Di lain kesempatan, seorang teman dalam satu forum enak banget menggunakan bahasa inggris dalam menyampaikan pendapatnya. Lalu ku iseng bertanya, “Mbak, kok bisa sih lancar banget Bahasa Inggrisnya?” “Pembiasaan mbak, bisa diasah kok kayak keterampilan,” katanya dengan santai.

Di rumah, suami ceramah tentang kemampuan berbahasa inggris yang memang jadi syarat mutlak bagi peneliti. Sebab banyak artikel-artikel internasional yang bagus dan berbahasa inggris.

Dari sekian fakta tersebut, aku sempat insecure dengan kemampuan menguasai bahasa asing khususnya bahasa inggris. Apalagi di usia yang tidak muda dan menjalankan multi peran yang gak mudah.

Akhirnya aku coba putar otak Sobat Hamim. Alhamdulillah, aku menemukan tips belajar Bahasa Inggris menyenangkan versi aku.

Yuks deh simak ulasannya di bawah ini!

Tips Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan Versi Hamimeha

Sobat Hamim tentu penasaran dengan judul yang aku sematkan di atas. Tips belajar Bahasa Inggris Menyenangkan Ala #ibusekolahlagi. Apa arti hastagnya?

Yups!

Jadi, aku dalam waktu 18 bulan terakhir ini aku menyandang status sebagai mahasiswa. Di usia 30 plus plus, aku memutuskan kuliah lagi. Dengan kondisi menjalankan peran sebagai ibu dari 2 balita dan freelancer. Ehm, multiperan bukan?

Tantanganku selama ini ketika memutuskan kuliah adalah kemampuan Bahasa Inggris yang pas-pasan. Aku harus belajar lebih keras untuk meningkatkan skill Bahasa Inggrisku.

Yoi, inilah 5 tips belajar Bahasa Inggris Menyenangkan Ala #ibusekolahlagi

Pertama, kuatkan tekad

Klise banget ya! Tapi ini kunci untuk menjalani tips selanjutnya. Jadi, aku sarankan buat memastikan untuk kuatkan niat dan tekad. Hal ini akan menjadi sarana kita terus bersemangat dalam belajar.

Kedua, siapkan perlengkapan

Belajar Bahasa Inggris apakah bisa otodidak?
Bisa saja ya Sobat Hamim. Namun bagiku, hal ini agak meragukan mengingat isi otak, waktu sudah terbagi dalam banyak hal.

Jadi, poin kedua aku lakukan dengan membeli buku-buku penunjang seperti buka latihan dan buku tips-tips. Melihat tutorial atau folow akun belajar bahasa inggris.

Akan tetapi hal tersebut tidak cukup. Kita perlu teman atau tempat diskusi. Lanjut tips ke-3.

Ketiga, gabung lingkungan yang mendukung

Nah, di poin ke-3 ini aku coba bekerjasama dengan suami untuk menjadi partner belajar Bahasa Inggris dengan cara ada satu hari yang kita coba berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Awalnya menyenangkan tapi lama-lama tidak bisa konsisten. Akhirnya, aku coba gabung sebuah grup yang mana setiap dua kali dalam sebulan ada pertemuan secara virtual belajar Bahasa Inggris lewat cerita dan topik sehari-hari.

Asyik sih! Tapi kurang greget karena diantara kami tidak ada yang pro. Aku merasa harus ada target nih dalam belajar. Nah, lanjut poin ke-4.

Keempat, rumuskan target

Aku lupa dengan poin ini. Jadi, setelah melakukan tiga tips di atas. Aku melakukan evaluasi dan merefleksikan diri. Akhirnya, aku membuat rumusan yang lebih terperinci dengan membuat target dan timeline-timeline.

Hal ini aku lakukan dikarenakan syarat nilai Bahasa Inggris untuk kelulusanku belum tercapai. Hiks, sedihnya! Aku rasa hal ini perlu target yang jelas.

Berdasarkan kondisi dan kebutuhanku dalam Bahasa Inggris sebenarnya tidak hanya untuk memenuhi persyaratan kelulusan. Maka aku membuat alternatif strategi yang bisa memberi dampak lebih.

Dan, aku memutuskan untuk belajar secara profesional. Yups! Belajar di sebuah kelas atau lembaga dengan pengajar profesional rupanya menjadi jalan ninjaku.

Kelima, belajar di kelas profesional

Yups!

Kusebut kelas profesional sebab kita akan belajar langsung di kelas dengan pengajar yang kredibel. Boleh juga disebut dengan kursus bahasa inggris ya Sobat Hamim. Kualitas pengajar dan metode mengajarnya sudah handal. 

Selain itu, poin penting dari belajar Bahasa Inggris kali ini menjawab kebutuhanku sebagai mahasiswa, blogger, freelancer, dsb. Tahukah Sobat Hamim, apa yang sedang aku pelajari?

Creative Writing short english course bersama TBI. Aku merasakan pengalaman berkesan belajar bersama TBI. Bagaimanakah ceritanya?

Yuks simak ulasanku di bawah ini!
 

Pengalaman Belajar Creative Writing Short English Course Bersama TBI Pondok Indah yang Berkesan

Hal yang aku syukuri di awal tahun kabisat ini adalah kesempatan belajar creative writing short english  course bersama TBI Pondok Indah. Meski agak cemas, apakah aku bisa dengan kemampuan pas-pasan ini?
Rupanya, first impression-ku adalah asyik!
Kenapa asyik? Padahal nyaris setiap pertemuan sepanjang proses belajar full komunikasinya pakai Bahasa Inggris. Aku dipaksa buat cas cis cus Bahasa Inggris juga donk?!

Dan ternyata aku bisa! Meski aku menyadari grammar-ku kacau dan vocab ku terbatas. Namun, mentornya terus mendorong dan mencoba memahami apa yang aku sampaikan. Apalagi pembukaan kelas dimulai dengan ngobrol, sungguh gak kerasa kalau kita sedang dalam kelas lho!

Pengalaman belajar bahasa inggris bersama TBI Pondok Indah
Teacher-nya
enak, model belajarnya menyenangkan seperti ada gamenya, topiknya related dengan keseharian. Bukan sekadar materi tapi juga learning by doing. Kami dituntun dan diarahkan tapi tidak menggurui. Jadi kayak lagi tutor teman sebaya tapi temannya pinter banget hehehe.

Sebagai seorang yang pernah terjun di dunia pendidikan. Aku suka dengan alur belajar dari TBI ini. Runut, menyenangkan, rapi secara kurikulum. Sepanjang 120 menit tidak terasa, sebab terlalu enjoynya praktik melalui worksheet yang sudah tersedia.

Se-asyik dan menyenangkan itu belajar bersama TBI Pondok Indah yang aku alami pekan lalu. Aku aja gak nyangka jika dalam waktu 3 hari sudah belajar 3 topik berbeda, yakni review film, restaurant, dan news. Wow, pas banget nih jadi modal buatku bikin blog bule, ya gak?!

Ehm, ada yang penasarankah tempat belajarku ini? Yuks deh kenalan dengan TBI khususnya TBI Pondok Indah di ulasanku selanjutnya!

Sekilas Tentang TBI (The British Institut)

TBI merupakan singkatan dari The British Institute. TBI merupakan salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris dengan tenaga pengajar profesional, model pembelajaran student centered dengan pendekatan eklektik (eclectic approach) yang relevan dan praktikal.

Berdiri sejak 18 Februari 1984, TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional. Wah, aku merasakan selama 3 hari belajar dengan pengajar yang profesional ternyata berbeda lho.

Bedanya adalah bagaimana pengajar memberikan pemahaman kepada kita terkait materi, hal-hal teknis yang salah dari kita, bahkan pengalaman belajar mentornya juga dibagi kepada kami. Serukan!

Dan ternyata, program-program TBI juga variatif lho! Buat para beginners dan profesional ada juga. Aku rasa tidak salah jika Sobat Hamim memilih belajar Bahasa Inggris di TBI sebab berkualitas. Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa TBI didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Agar Sobat Hamim lebih mantap hatinya dalam memilih belajar bahasa inggris di TBI Pondok Indah bisa cek infografis di bawah ini ya!

Alasan memilih kursus bahasa inggris TBI pondok indah
Kabar baik buat kita semua dari TBI nih Sobat Hamim! Jadi, di ulang tahun ke-40 di 18 Februari 2024 nanti. TBI memberikan banyak penawaran menarik selama periode 1-29 Februari 2024. Apa sajakah tawaran dari TBI?

1. Placement Test dan konsultasi kursus bahasa Inggris gratis

2. Potongan harga kursus bahasa Inggris sebesar 18%

3. Lucky Dip (Study & Shopping Vouchers, Merchandise, etc)*  nb. *Syarat dan ketentuan yang berlaku

4. Kegiatan seru & menarik lainnya
Berbagai kegiatan seru lainnya juga digelar seperti special performance, talk show, pop-up store dll.

Kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung pada 23-24 Februari 2024 di TBI Pondok Indah. Jika tertarik, bisa melakukan pendaftaran di: bit.ly/TBI40AnniversaryPI

Yang suka tantangan bagi anak SD sampai SMA ada TBI English Challenge. berbagai macam kategori kompetisi yang diadakan di seluruh cabang baik di Jakarta dan luar kota. Berminat ikutan kah? Cuss ikuti akun resminya biar dapat info terupdate.

Belajar Tak Kenal Umur #ibusekolahlagi

“Seseorang yang telah berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih berusia remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda.” – Henry Ford
Yups!

Tak sedikit pertanyaan yang mempersoalkan keputusanku sekolah lagi. Namun ada pula yang mendukung dan salut #ibusekolahlagi. Terlepas dari kontroversi itu semua. Aku memang suka belajar.

Termasuk keinginan untuk bisa menguasai bahasa inggris. Salah satu goals terbesarku adalah menaklukkan kecemasanku akibat kemampuan bahasa inggris yang pas-pasan.

Dengan kata lain, aku harus bersemangat mencari cara untuk terus belajar bahasa inggris sampai targetku tercapai. Doakan ya Sobat Hamim!

Kamu pun bisa? Adakah target belajar bahasa inggris tahun ini?
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular