=Hamimeha

Menikmati Susu Kambing Tanpa Bau Prengus, Coba etawarich Yuks!

41 komentar
Konten [Tampil]


Susu kambing etawa

"Sepertinya aku mulai gak enak badan nih!”, keluh suamiku sepulang kerja. Beberapa hari kondisi hujan terus menerus, nyaris setiap hari juga kami berlomba dengan guyuran hujan untuk sampai di rumah. Kondisi ini tentu menjadi salah satu faktor yang membuat kami jatuh sakit bergantian. 

Tampaknya, daya tahan tubuh kami sedang menurun. Sering kali badan pegal-pegal, kadang aku pun merasakan ngilu di beberapa persendian, dan masih banyak keluhan lainnya. Ah, sepertinya perlu suplemen nih untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga kami. 


Yups! 

Aku percaya bahwa kondisi tubuh yang melemah disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun. Nah, aku memiliki beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh keluarga yang bisa Sobat Hamim tiru. 


Yuks baca ulasanku di bawah ini ya! Aku mau bisikin juga tentang susu kambing etawa yang bisa dinikmati tanpa bau prengus. Menarik bukan!?

Tips Menjaga Imunitas Anggota Keluarga 


Perlu Sobat Hamim ketahui di Indonesia umumnya musim hujan  terjadi pada periode Oktober-April. Namun perkiraan tersebut tidak lagi berlaku, sebab perubahan antara panas dan hujan dapat terjadi seketika. Nah, hal ini tentu berdampak pada kesehatan seperti memicu timbulnya sakit kepala, flu/batuk, nyeri sendi, masuk angin, bahkan bisa terserang tipes. 


Tips dari aku dalam menjaga imunitas anggota keluarga sebenarnya sederhana, yaitu:

1. Pastikan untuk menjaga pola makan.

Aku memastikan makanan yang dikonsumsi keluarga terpenuhi kebutuhan gizinya. Sebab asupan asupan nutrisi yang teratur, beragam, dan seimbang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan


Telah banyak penelitian dilakukan bahwa faktor lingkungan berperan sangat penting dalam perkembangan komponen sistem imun. Sehingga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi penting agar kuman, bakteri, maupun virus tidak mudah menyerang.

3. Menjaga tubuh dengan istirahat yang cukup

Poin ketiga ini agak tricky buatku sebagai seorang freelancer. Sehingga dalam penerapannya, aku tidak bisa konsisten.

Inilah alasanku memberikan poin ke-4 sebagai jurus andalan menjaga imun tubuh.

4. Stok suplemen meningkatkan daya tahan tubuh

Yups! Aku dan suami sepakat bahwa kita perlu menganggarkan dalam daftar belanja untuk kebutuhan kesehatan kita. Nah, aku pribadi menganut resep lama.

Orang tua dulu sering menyarankan untuk minum susu untuk menjaga kesehatan. Nah, menariknya susu yang dimaksud adalah susu kambing khususnya susu kambing etawa.

Wah, memang apa manfaat susu kambing etawa ya?

Manfaat Minum Susu Kambing Etawa


Yups! Dari banyak penelitian, susu kambing memang memiliki banyak manfaat apalagi susu kambing etawa. Pasalnya, dilansir dari ditjenpkh.pertanian.go.id menuliskan bahwa susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap. Jadi tak perlu ragu jika manfaat susu kambing etawa pasti sangat luar biasa. 


Kandungan susu kambing etawa antara lain fosfor, kalsium, sodium dan flourin. Oleh karena itulah, susu kambing etawa diklaim memiliki manfaat yang hampir setara dengan ASI. Wah luar biasa kan Sobat Hamim!  Lebih lengkapnya dari manfaat susu kambing etawa bisa melihat infografis di bawah ini!


Manfaat susu kambing etawa

Jaga Daya Tahan Tubuh bersama etawarich

Meskipun kandungan susu etawa memiliki banyak manfaat, akan tetapi tidak banyak orang yang mau mengkonsumsi dengan alasan aroma susu kambing terlalu menyengat. Aku rasa hal ini menjadi tantangan buatku juga. 


Nah, bersyukurnya aku mendapatkan banyak rekomendasi dari orang-orang yang aku kenal. Ada susu etawa yang bisa dinikmati tanpa bau prengus yakni susu etawarich. Yuks kita ulas apa itu susu kambing etawarich?

Sekilas Tentang etawarich

Susu etawarich merupakan susu kambing etawa dengan kandungan kadar gula dan lemak rendah dan tanpa bahan pengawet ketika proses produksinya.

Selain itu, beberapa bahan dan kandungan susu etawa pada susu etawarich memiliki kualitas tinggi dan manfaat yang luar biasa serta dengan klaim 98% susu kambing etawa dan bahan berkhasiat didalamnya.


Wah menarik ya Sobat Hamim! 

Masih penasaran kenapa perlu memilih susu kambing etawarich sebagai susu untuk  kesehatan? Yuks temukan jawabannya di ulasan selanjutnya!

Alasan Memilih etawarich

Aku tidak heran jika banyak yang merekomendasikan susu kambing etawarich sebagai susu untuk kesehatan. Ada tiga alasan yang menjadi dasar pertimbangan susu etawarich bisa jadi andalan untuk keluarga.


Kandungan susu etawa

Pertama, kandungan susu etawa dalam susu etawarich

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa komposisi dalam susu etawarich terdiri dari 98% susu kambing etawa, gamat, kayu manis, daun sirsak, bee pollen, dan gula stevia. Yuks kita ulas singkat masing-masing bahan di bawah ini!


a. Susu Kambing Etawa

Di dalam susu kambing etawa terdapat kandungan fosfor, kalsium, sodium dan florin. Adapun manfaatnya adalah untuk mempermudah penyerapan makanan oleh tubuh dan proses pencernaan, mengandung lemak esenisal yang tinggi, menurunkan kolesterol, serta kaya akan kalsium untuk mengatasi permasalahan tulang, nyeri sendi, dan meningkatan kemampuan menyerap zat besi dan tembaga dalam tubuh.


b. Gamat

Gamat adalah salah satu jenis hewan laut yang terkenal dimanfaatkan untuk obat herbal. Nah, kandungan dalam gamat antara lain protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin yang bisa mengatasi nyeri sendi serta membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh.


c. Daun Sirsak

Kandungan flavanoid dalam ekstrak daun sirsak yang mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa daun sirsak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi suplemen antioksidan bagi kesehatan.

d. Bee Pollen 


Bee pollen adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh lebah selain madu. Dan bee pollen memiliki banyak manfaat karena mengandung flavaoid, quercetin, dan glutathione yang dapat menangkal efek radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), memelihara fungsi hati, dan menjaga kesehatan jantung. 

e. Gula Stevia 
Menariknya, gula stevia memiliki kalori lebih rendah dari gula biasa. Sebab gula stevia terbuat dari tanama stevia. Nama ilmiah stevia adalah  stevia rebaudiana termasuk ke dalam suku Asteraceae (Compositae). Tanaman ini memang  bisa digunakan sebagai pengganti gula. 

Oke, itulah ulasan singkat dari manfaat masing-masing bahan dari susu kambing etawarich ini menjadi pertimbangan kedua mengapa harus memilih susu kambing etawarich. 


Kedua, khasiat susu kambing etawarich 


Yups!

Aku sudah coba mengurai sekilas kandungan dari komposisi susu kambing etawarich ya Sobat Hamim. Jadi tak heran jika susu etawarich memiliki banyak julukan yakni susu untuk kesehatan, susu untuk nyeri sendiri, susu untuk pengeroposan tulang, dsb. Yuks kita kuliks manfaat susu etawarich lainnya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Bahkan susu etawarich baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang lengkap yakni fosfor, kalsium, yodium, flourin yang bermanfaat untuk pencernaan, memiliki kandungan lemak esensial yang tinggi.

2. Mengatasi masalah tulang.

Yups, buat Sobat Hamim yang memiliki permasalahan dengan tulang keropos dan pengapuran tulang. Maka memilih konsumsi susu kambing etawarich adalah pilihan tepat. Sebab kandungan susu kambing mampu meningkatkan penyerapan zat besi dan tembaga, dan kaya kalsium untuk mencegah terjadinya osteoporosis maupun osteoarthritis. Selain itu, gamat dalam susu etawarich memiliki manfaat mengatasi nyeri sendi dan membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh. Hal ini dikarenakan gamat memiliki kandungan dengan protein yang tinggi, kolagen, glukosamin, dan kondroitin.

Nah, buat Sobat Hamim yang ingin mengatasi permasalahan tulang seperti pengapuran tulang, tulang keropos, dan nyeri sendi bisa mengkonsumsi susu kambing etawarich. Tak heran jika temanku merekomendasikan etawarich sebagai susu untuk pengeroposan tulang.

Eh, tak berhenti di dua kandungan di atas. Masih ada kayu manis bermanfaat untuk tulang yakni meringankan rasa sakit saat rematik, preventif untuk kerusakan persendian, dan menghambat osteoclastogenesis. Dengan adanya kayu manis semakin memperkuat manfaat susu etawarich sebagai susu nyeri sendi dan susu tulang keropos. 

3. Memperbaiki pencernaan dan melindungi fungsi hati serta kerja jantung

Ops, ada dua kandungan lainnya yakni bee pollen dan daun sirsak.

Bee pollen terkenal dengan kaya antioksidan yang berfungsi melindungi dari radikal bebas, selain itu bee pollen juga bekerja untuk melindungi fungsi hati dan kerja jantung. Sedangkan daun sirsak bermanfaat untuk mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xanthine oxidase melalui flavonoid.

Ketiga, tidak bau prengus

Wah, ini alasan penting buatku sih! Sebagai orang yang sensitif dengan bau, memilih susu kambing etawa yang kaya manfaat namun bisa dinikmati tanpa bau prengus adalah wajib. Dan susu etawarich memenuhi kriteria tersebut.

Catatan Penting Sebagai Konsumen susu kambing etawarich

Meskipun manfaat susu etawa etawarich sangat luarbiasa. Namun, aku tetap memberikan catatan kepada Sobat Hamim untuk memastikan beberapa hal tentang susu kambing etawarich yakni ;

Pertama, pastikan mengkonsumsi dengan cara penyajian yang tepat

Kemasan etawarich cukup praktis karena berbentuk sachet. Nah, cara penyajian susu etawarich yang benar adalah sebagai berikut ;

-Siapankan gelas
-Tuangkan 1 sachet susu etawarich
-Tuangkan air hangat 120 ml , sebaiknya tidak lebih.
-Aduk susu secara merata

Yups, selamat menikmati khasiat susu etawa etawarich untuk tubuh kita.

Kedua, jangan konsumsi melebihi takaran yang dianjurkan

Yups! Aku tahu jika susu etawarich tidak bau prengus dan manfaat susu etawa etawarich sangat luarbiasa. Tapi, tetap patuhi peraturan ya!Konsumsilah sesuai dengan dosis yang dianjurkan yakni dosis harian susu kambing etawarich adalah 2-3 sachet/hari. Boleh diminum sebelum atau sesudah makan.

Kabar baiknya, susu etawarich bisa dikonsumsi oleh anak-anak dari usia 2 tahun hingga lansia.

Ketiga, belilah produk susu kambing etawarich di toko resmi

Nah, perlu diwaspadai oleh kita semua ya Sobat Hamim. Jangan sampai kita tergiur harga murah atau promo yang membuat kita terlena. Hati-hatilah dengan produk palsu atau produk tiruan.

Pastikan membeli susu etawarich di e-commerce etawarich official store. Sobat Hamim bisa mengunjungi link berikut → https://shopee.co.id/etawarich.id

Akses pembelian online susu etawarich
Menjaga Kesehatan Keluarga adalah Investasi 


Menjalani peran sebagai ibu memang harus siap jadi dokter keluarga. Aku pernah mengalami merawat anak-anak, suami, serta diri sendiri yang sedang sakit. Sungguh kuwalahan dan proses sembuhnya lama. 


Hal itu menjadi pelajaran bagiku. Akibat kurang awas dengan kondisi perubahan cuaca dan tidak adanya suplemen yang meningkatkan daya tahan tubuh. Alhasil, kami merasakan dampaknya adalah banyak aktivitas baik kerjaan maupun sekolah anak-anak terbengkalai.


Nah, hal tersebut membangun kesadaran bagi kami untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar tidak “oleng” ketika perubahan cuaca yang cukup ekstrim akhir-akhir ini. Salah satunya bisa dengan mengkonsumsi susu kambing etawarich. 


Ingat, pastikan membeli di toko resminya ya. Silakan kunjungi link berikut  -->

https://www.tokopedia.com/etawarich



Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

41 komentar

  1. wajib banget untuk rutin konsumsi susu etawarich di tengah musim pancaroba seperti ini, biar imun jadi tambah kuat dan tetap fit

    BalasHapus
  2. Di musim hujan emang kudu jaga stamina ya. Salah satu ikhtiarnya dengan minum susu kambing Etawarich. Jadi penasaran nih apalagi susunya bergizi tinggi.

    BalasHapus
  3. Setuju dengan tips di atas. Pola makan yang sembarangan, rentan banget memengaruhi lambung. Ujung-ujungnya pasti ngaruh ke menurunnya daya tahan tubuh. Dan susu kambing etawarich ini recommended banget sih sebagai suplemen untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

    BalasHapus
  4. orangtua udah pernah konsumsi susu kambing sih, coba deh nanti aku rekomen etawarich, kandungannya lebih banyak dan aku penasaran dengan rasa kayu manis, apa strong rasanya atau mild aja.

    BalasHapus
  5. asyik banget ya kalau minum susu kambing etawa yang nggak bau prengus kayak susu etawarich. sehatnya dapat. minumnya juga menyenangkan

    BalasHapus
  6. Sama, Mbak, aku pun sensitif banget dengan aroma susu. Mesti hati-hati kalau beli susu. Atau paling enggak, diminum dalam keadaan dingin ketika aroma susu udah nggak menyengat lagi. Khusus untuk susu kambing, yang nggak berbau prengus gini jadi pilihan tepat.

    BalasHapus
  7. Saya pribadi awalnya tidak suka susu kambing, karena baunya yang khas itu, Mbak. Malah kalau tidak biasa, bisa muntah. Dan etawarich ini keren karena tidak bau prengus, dari 98% susu kambing murni, dan berbagai kandungan lainnya.

    BalasHapus
  8. saya juga sedang konsumsi susu etawa ini mba karena kebetulan memang ibu konsumsi ini utnuk syaraf dan tulangnya, suka dengan rasanya ga bau amis tapi malah wangi karena ada kandungan kayu manisnya ya, udah gitu susunya juga segar, diminum pas malam badan jadi segar pas pagi hari

    BalasHapus
  9. Aku juga konsumsi Susu kambing etawarich ini. Memang nggak bau prengus sih susu kambing ini jadi bisa dinikmati

    BalasHapus
  10. Keren ih, susu etawarich ini, semakin banyak baca reviewnya, saya makin penasaran sama rasanya yang pakai gula stevia. Terus sukanya lagi karena kandungannya bukan hanya susu saja, tapi ada tambahan gamat, daun sirsak, bee pollen, juga kayu manisnya.

    BalasHapus
  11. Oh, ternyata konsumsi susu kambing etawarich sehari boleh 2-3 sachet yaa..
    Anakku seriusaan suka banget sama susu kambing etawarich. Rasanya memang seenak itu sih yaa..

    **Kadang yaa, aku sampe ga tega buat ikutan minum karena anak-anak terlalu suka.

    BalasHapus
  12. Pengen nyobain juga nih kalau susu kambing etawarich ini nggak bau prengus, selama ini tuh mau nyobain maju mundur, ntar bau nggak ya?

    BalasHapus
  13. Eh iya juga ya kalau dipikirkan etawarich ini bisa jadi suplemen asik, karena rasanya itu loh enak manisnya gak yang nyelekit. Jadi semangat deh ya konsumsinya

    BalasHapus
  14. Setuju sekali nih, susu kambing etawa etawarich bisa digunakan untuk menjaga stamina. Temenku yg dokter katanya kalau ngga minum susu etawa lemes badsnnya mba, kaya tak berstamina.

    BalasHapus
  15. Boljug mau coba jugaaa

    di usia jelang setengah abad, aku kudu konsumsi produk berkualitas kek gini❤️
    biar selalu sehaatt dan setrong 💪


    asik asiikkk makasii infonyaaaa 🙏🤣💯

    BalasHapus
  16. First time aku mengonsumsi produk berbahan kambing ya susu etawarich ini karena sama sekali nggak bau prengus dan rasanya juga enak. Dulu-dulu mana bisa, cium bau prengus aja sudah auto melipir. Hahaha. Dan sejak rutin minum setiap pagi, keluhan sakit di lutut sudah gak terasa lagi.

    BalasHapus
  17. Kondisi seperti sekarang di perubahan cuaca seperti ini kondisi tubuh memang harus diperhatikan dengan naik. Salah satunya dengan konsumsi minuman seperti susu etawarich yamg kaya akan vitamin dan mineral ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat banget sama pak ugi. apalagi di perubahan cuaca gini sering beraktivitas..kudu siap stok suplemen macam etawarich yang siap konsumsi

      Hapus
  18. Saya sudah cona dan terbukti enggak bau prengus
    Bahkan manisnya juga pas
    Sementara ini sudah habis dua box belinya
    Mau order lagi nunggu ada sisa uang belanja bulan ini

    BalasHapus
  19. Sejak hamil, apalagi udah memasuki trimester ketiga ini, aku sering mengalami sakit pinggang dan tulang sendi. Kira-kira aman nggak ya kalau bumil konsumsi etawarich kak?

    BalasHapus
  20. Padahal kalau dengar susu kambing langsung kebayang kalau aromanya bakal prengus ya. Ternyata yang ini bebas prengus. Mantap.

    BalasHapus
  21. Ih iya musim yang ngga tentu ini wajib jaga daya tahan tubuh. Eh susu etawa ini sering bgt aku denger. Ternyata dikemas per sachet ya. Jd gampang bikinnya ya.

    BalasHapus
  22. Penting banget untuk menjaga daya tahan tubuh ini ya mba. Soalnya aku juga di rumah kalau satu sakit, pasti nular kesemuanya. Untuk itu pola makan juga harus di jaga ya. Salah satunya dengan mengkonsumsi susu etawarich ini. Bikin badan jadi nggak gampang sakit ya.

    BalasHapus
  23. susu etawarich ini memang lebih lengkap karena ada tambahan kayu manis, bee polen, dan kandungan bahan lainnya ya. Khasiat banget deh sepertinya dan tidak bau prengus

    BalasHapus
  24. Mau juga ah etawarich. Aku mulai nih, lutut engga enak kalau dipakai naik-turun tangga. Sepertinya sudah mulai berkurang pelumas lutut nih. Cus ah, ke toko oren check out susu etawarich...Makasih infonya

    BalasHapus
  25. aku tuh suka minum susu kambing, cuma ya itu biasanya kebanyakan bau prengusnya kebangetan. nah kalau etawarich ini gak bau prengus jadi lebih nikmat minumnya

    BalasHapus
  26. Perlu banget ini aku minum susu etawa karena beberapa kali cek kesehatan selalu dibilang aku ada pengeroposan tulang, dengan mengonsumsi susu etawa secara rutin bisa membantu mengatasi masalahku

    BalasHapus
  27. Nah ini kak, aku juga suka banget sama susu etawarich soalnya gak bau prengus dan manisnya pas banget buat aku yang gak terlalu suka makanan atau minuman manis. Aku juga ngerasa gak gampang sakit sendi semenjak konsumsi rutin

    BalasHapus
  28. emang kendala banget sih bau prengus di susu kambing, ini yang bikin agak malas minum susu kambing. sekarang udah ada etawarich ya yang gak bau perngus dan bahkan ada kandungan lain yang bagus juga manfaatnya buat kesehatan

    BalasHapus
  29. Bisa jadi susu keluarga ya kalau anak kecil juga bisa minum. Katanya rasanya juga lebih enak dari susu sapi. Ada varian rasa apa aja atau cuma 1 rasa?

    BalasHapus
  30. Susu kambing manfaatnya jempolan, meski belum sepopuler penggunaan susu sapi.tapi sebagai minuman alternatif, boleh di coba sih

    BalasHapus
  31. Ini saya kok sering ngerasa sesak nafas ya, tulang dan sendijuga sering linu, Keknya harus mulai rutin konsumsi susu kambing etawarich

    BalasHapus
  32. Dari kemarin mau cobain susu kambing masih nyari2 rekomendasi. Emang beberapa agak bau gitu ya? Soalnya belum pernah nyoba. Btw makasih rekomendasinya

    BalasHapus
  33. Menjaga imunitas keluarga pastinya penting sekali agar tetap sehat dan semangat ya. Konsumsi susu kambing yang tepat menjadi salah satunya ya,kak. Kalo gak bau prengus gini bakalan jadi kesukaan deh.

    BalasHapus
  34. Susu kambing ternyata manfaatnya banyak juga ya mba, apalagi dari segi rasa menurutku lebih gurih dari susu sapi.

    BalasHapus
  35. susu kambing itu enak banget di badan, aku udah sering beli dan bikin rasa nyeri di bagian kaki dan sendi mulai hilang deh

    BalasHapus
  36. Pas banget dengan cuaca sekarang yang sering hujan. Pas cuaca dingin, lalu minum susu kambing hangat. Sudah nikmat, manfaatnya banyak pula.

    BalasHapus
  37. Manfaatnya banyak sekali ternyata susu kambing etawa ini, apalagi untuk usia seperti saya yang menjelang 40, sepertinya akan sangat cocok menjaga kesehatan dengan mengonsumsi susu kambing etawa

    BalasHapus
  38. Tepat banget buat selalu sedia stok Susu Kambing Etawarich. Insya Allah membantu tubuh terjaga dan selalu fit di tengah kondisi pancaroba seperti sekarang ini.
    Padahal seharusnya sudah di tengah musim hujan, tapi sehari-hari cuacanya mendadak panas terik, eh malah mendadak hujan lebat di tengah hari.

    BalasHapus
  39. Hehehe saya nggsk doyan susu mbak. Tapi setelah baca artikel ini jadi tahu, ternyata susu sangat penting untuk lansia seusia saya, agar tidak nyeri sendi dan tulang tidak cepat keropos.

    BalasHapus
  40. Ternyata manfaat susu etawarich tidak hanya sebagai daya tahan saja ya, tapi bisa untuk mencegah pengeroposan tulang dan nyeri sendi.Salah satu keluhan lansia adalah nyeri sendi, karena itu susu etawarich adalah solusinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular