=Hamimeha

Tips Belanja Hemat Ibu Rumah Tangga, Anti Boncos!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Tips belanja hemat ibu rumah tangga
Hai Sobat Hamim, apa kabar?

Alhamdulillah, setelah kena badai lebaran lanjut persiapan anak masuk sekolah ya Sobat Hamim. Apakah kondisi keuangan aman? Bagaimana perencanaan Ibu rumah tangga mengelola uang sedangkan biaya operasional terus jalan. 

Yups!

Di kesempatan ini, aku mau berbagi pengalaman belanja anti boncos. Ada tips dan trik belanja hemat ibu rumah tangga yang bisa Sobat Hamim lakukan agar isi dompet aman hehehe. Salah satunya memanfaatkan tanggal cantik tiap bulannya, seperti promo 7.7 di bulan Juli ini. Yuks simak ulasanku di bawah ini ya!

Ada Apa dengan Tanggal Cantik?

Tanggal cantik merupakan istilah yang sering digunakan untuk kombinasi bulan, tanggal, atau bahkan tahun yang menunjukkan keunikan tersendiri. Misalnya, tanggal kembar dengan bulannya yaitu 7 Juli jadinya 7.7. Nah, biasanya di tanggal cantik ini sebagian orang memanfaatkan untuk momen tertentu. 

Tak kecuali dengan para pelaku bisnis ya Sobat Hamim. Tanggal cantik juga sering digunakan sebagai salah satu strategi bisnis mereka, seperti momen tanggal 7 di bulan Juli bisa disingkat promo 7.7. Di momen ini biasanya brand-brand memberikan banyak diskon, cashback, promo dan masih banyak lagi yang besarannya sesuai tanggal cantik tersebut. Buat kita sebagai customer tentu menjadi kesempatan untuk bisa menghemat uang belanja, iya kan?! 

Gak hanya memanfaatkan tanggal cantik saja, ada beberapa tips belanja hemat lainnya kok. Yuks simak ulasannya di bawah ini ya!

7 Tips Belanja Hemat Ibu Rumah Tangga ala Hamimeha

Bagi seorang ibu rumah tangga, pengelolaan uang belanja adalah hal penting yang harus dilakukan. Godaan terbesar ketika memiliki uang adalah keinginan belanja yang kuat. Nah, agar keuangan tetap aman saat belanja berikut tipsnya!

Arti impulsif buying
Pertama, pegang prinsip beli karena butuh

Yups, kunci pertama adalah kemampuan kita bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Hal ini merupakan kunci agar kita tidak khilaf mata ya Sobat Hamim. Jangan sampai kita melakukan impulsif  buying. Oleh karena itu, kuatkan tekad saat belanja nanti prinsipnya adalah membeli yang memang dibutuhkan. 

Kedua, buatlah list belanja kebutuhan berdasarkan prioritas

Poin berikutnya adalah membuat list belanja. Aktivitas ini bisa menjadi sarana menjaga agar kita on the track dan membeli barang-barang sesuai dengan kebutuhan kita. Adanya list akan mendorong kita untuk memegang prinsip pertama tadi. Nah, saranku sih kalau bisa bawa uang pas saat belanja hahaha. Cukup efektif lho!

Ketiga, komunikasikan dengan anggota keluarga

Hah? Buat apa mengkomunikasi pengelolaan uang dan daftar belanja ke anggota keluarga?

Yuppi, aku rasa ini penting sebab seringkali kebutuhan mendadak itu munculnya dari anak-anak atau pasangan. Jadi, cara menghemat uang belanja adalah melakukan komunikasi ke anggota keluarga. Kita sounding kebutuhan di bulan ini apa dan apa saja yang perlu kita beli. 

Jikalau pun, anak atau pasangan ingin sesuatu tetap bisa terkontrol kebutuhannya dan masuk list belanja jadi terukur. Hal ini juga sarana belajar bagi anak-anak tentang literasi finansial lho!

Keempat, mengatur post keuangan secara terpisah

Pernah dengar dompet belanja gak Sobat Hamim? Dompet yang isinya terdapat banyak kantong sehingga bisa dipisah-pisahkan antara yang satu dengan lainnya. Nah, cara ini bisa dilakukan untuk mengelola keuangan belanja kita. Sedikit agak ribet tapi lebih tertata rapi dan jelas. 

Aku pribadi sering melakukan ini agar pos-pos keuangannya lebih aman sesuai kebutuhan. Selain itu, buat Sobat Hamim yang bekerja juga. Pembagian pos keuangan ini akan memudahkan ketika ingin menabung atau mengalokasikan uang untuk investasi atau kebutuhan lainnya.  

Kelima, melakukan compare harga 

Ops! 

Emak-emak emang paling peka dengan selisih harga nih. Apalagi jika pembelian dengan jumlah banyak. Selisih harga sangat berpengaruh pada nominal yang harus dibayar bukan?

Nah, aku punya pengalaman rela meluangkan waktu untuk compare harga dari toko satu ke toko lain. Tujuannya, bisa mendapat harga lebih murah dengan kualitas sama dan tentunya akan jadi langganan kedepannya jika cocok. Dengan kata lain, susah di awal tapi menguntungkan di akhir. 

Keenam, manfaatkan tanggal cantik 

Yoi, seperti yang telah aku spil sedikit di atas ya Sobat Hamim. Pelaku bisnis biasanya memanfaatkan tanggal cantik dengan memberikan promo dan diskon tertentu. Misalnya, promo 7.7, cashback 77%, hemat hingga 77 ribu, dan sebagainya. 

Aku rasa ini menguntungkan buat kita ya Sobat Hamim. Adanya diskon dan cashback cukup menarik untuk menghemat uang belanja kita. Eits, tapi tetap pegang prinsip poin 1 dan 2 ya!

Keenam, belanja di e-commerce yang recomended

Yuoi, poin yang tak kalah penting adalah pemilihan e-commerce yang punya track record oke ya. Alasannya adalah keamanan, kenyamanan, dan tentunya penawaran yang banyak memberi keuntungan bagi pembeli.

Suamiku adalah pengguna setia marketplace dengan icon warna ijo. Tahu donk? Yups, Tokopedia. Doi sudah banyak membeli barang-barang dari Tokopedia mulai dari perlengkapan rumah tangga seperti magic com, tangga rumah, monitor untuk kebutuhan kerjanya, kopi favorit dia, dan masih banyak lagi sih. 

Nah, aku pun mengikuti jejaknya ya. Karena terbukti pengalaman melakukan pembelian dengan Tokopedia aman dan terpercaya. Ulasan mengapa pilih Tokopedia sebagai e-commerce yang recomended sebagai tempat belanja ibu rumah tangga, bisa baca ulasannya di bawah ini ya!

Tokopedia Andalan untuk Belanja Kebutuhan Rumah

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa kami melakukan proses pembelian mobil pertama kami lewat Tokopedia lho! Jadi, dealer tempat kami beli mobil bekerja sama dengan Tokopedia dan beruntungnya kami jadi dapat cashback yang lumayan. Ehm, jadi seaman dan senyaman itu sih. 

Alasan memilih tokopedia
Alasan lainnya mengapa pilih Tokopedia sebagai marketplace online andalanmu adalah: 

1. Pengalaman belanja yang nyaman dan menyenangkan. 

Web dan aplikasi Tokopedia memberikan tampilan yang user friendly, mudah dalam penggunaannya, menyediakan fitur yang lengkap bagi penggunanya.  Proses loading cepat, layanan akses gratis, proses pembayaran mudah dan anti ribet, dan berbagai kepraktisan lainnya. Semua ini menunjukkan bahwa user experience menjadi priorotas pada layanan Tokopedia. Dengan kata lain, kenyamanan dan kemaanan menjadi pertimbangan utama dari Tokopedia. 

2. Proses pembayaran yang aman, mudah, dan terpercaya

Belanja online itu memang agak mengkahwatirkan ya. Aku pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dalam proses transfer. Nah, semenjak itu aku jauh lebih hati-hati.

Berbeda dengan suamiku, dia menyampaikan bahwa jika lewat marketpalce keamanannya lebih terjamin. Pun layanan dari Tokopedia. Tokopedia menyediakan berbagai metode pembayaran. Sistem keamanan yang dimiliki menjadi akun anggota Tokopedia sangat baik dan cukup kuat karena sistem keamanan menggunakan verifikasi kode OTP. 

Selain itu, pembeli juga bisa melakukan pelaporan untuk proses retur barang di Tokopedia jika tidak sesuai yang dibeli pada toko seller pilihan tersebut. Tapi saranku, sebaiknya kita bijak ya sebelum membeli agar proses pengembalian barang ini tidak terjadi. 

3. Berlimpah promo dan tawaran menguntungkan 

Nah, aku membuktikan sendiri ya selama ini. Belanja di official store Tokopedia memberimu banyak kesempatan untuk mendapatkani promo, diskon, cashback, dan masih banyak lagi yang menguntungkan bagi pembeli. Pilihan belanja hemat menggunakan Tokopedia adalah pilihan yang tepat. 

Kabar baiknya adalah saat ini Tokopedia sedang ada promo Tokopedia 7.7 lho! Kesempatan buat para ibu rumah tangga untuk belanja perlengkapan sekolah anak maupun kebutuhan rumah tangga lainnya.

Menariknya lagi, di promo 7.7 2024 Sobat Hamim akan banyak menemukan promo belanja diskon, cashback, promo pesta dari Brand pilihan, bebas ongkir, dan kejar diskon di Waktu Indonesia Belanja. Nah, jangan lewatkan tanggal cantik di bulan ini ya Sobat Hamim.


Bijak dalam Pengelolaan Uang Belanja itu Penting


Urusan pengelolaan keuangan itu perlu dilatih sejak dini ya Sobat Hamim. Literasi finansial itu sangat erat kaitannya dengan sikap bijak kita dalam menggunakan uang. Bagaimana kita membelanjakannya, menggunakannya untuk apa saja, dan darimana saja sumbernya adalah serangkaian kemampuan kita dalam pengelolaan uang.


Sebagai ibu rumah tangga sekaligus menteri keuangan di rumah, perencanaan dalam pengelolaan keuangan itu penting. Termasuk menerapkan tips-tips belanja hemat ibu rumah tangga agar tidak terjebak impulsif buying. Semoga tips ala hamimeha ini bermanfaat ya Sobat Hamim.

Semangat menikmati Promo 7.7 di Tokopedia 7.7 2024 Guncang Waktu Indonesia Belanja!

Promo 7.7

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Popular