Cari Blog Ini

Minggu, 28 Maret 2021

5 Langkah Mulai Ngeblog



Hai Sobat Hamim,
Semoga kalian tak bosan dengan curcolanku ya. Aku tulis pengalamanku agar siapapun yang membaca dapat manfaatnya. Karena aku merasakan banget kondisi di awal-awal dapat domain ini bingung mau mulai darimana. Maka tercetuslah menuliskan ide 5 Langkah Mulai Ngeblog.

Nah, karena ini based on pengalaman jadi bisa jadi langkahnya beda dengan yang lain ya. Aku akan mulai dari curcol sedikit. Ceritanya aku sudah punya blog dengan alamat domain gratisan. Sayangnya, aku hanya bisa posting dengan isi suka-suka. Akhirnya terbengkalai.

Nah, qodarullah di pertengahan tahun 2020 aku mendapat amanah untuk menjadi koordinator salah satu event nulis  20 hari menulis di blog. Dari sinilah aku memutuskan untuk membuat blog baru.  Tujuannya? Meramaikan acara hahaha. Sesederhana itu, sekalian mengasah kebiasaan nulisku meski akhirnya gak kesampaian.

Inilah 5 langkah mulai ngeblog

1. Buatlah alamat email.

Paling penting adalah kamu punya akun email dulu. Karena bagaimanapun ini akan jadi pintu masuk membuat alamat blog kita nanti. Karena aku pakai blogspot jadi tutorialnya ini pakai blogspot ya.

Nah udah punya email? Kita lanjut langkah kedua.

2. Membuat blognya.

Blog kita itu ibarat rumah sih kalau aku asumsikan. Setelah punya kunci berupa alamat email. Kita bangun rumah kita melalui  www.blogspot.com.

Ini dia step by stepnya:

a. Buka akun browser, www.blogspot.com
b. Akan ada tampilan masukkan alamat email. Nah biasanya yang diminta adalah akun gmail. Silakan diisi user dan paswordnya lalu klik berikutnya.
c. Akan muncul tampilan dengan tulisan di ujung kiri atas "buat blog".
d. Muncul jendela dengan tampilan garis. Silakan mengisinya dengan "nama blog yang ingin kamu buat".
e. Setelah itu klik simpan atau save dalam bahasa inggris.

Taraaaa, jadi deh blogmu! Mudah bukan?

Setelah punya alamat blog ini artinya kamu sudah punya rumah untuk menyimpan tulisan-tulisanmu.

3. Buatlah postingan.

Saranku sebagai pemula jangan pusing dengan pernak-perniknya. Hal tersebut bisa dipelajari sambil jalan. Yang terpenting adalah kamu nulis dulu. Setelan tema dan tata letak sementara pakai default saja. Jadi pakai yang bawaan dari blogspotnya.

Setelah masuk ke alamat blogmu maka kamu akan disuguhi beberapa pilihan sebagai berikut :


Nah, intinya nulis saja dulu. Menggarnishnya kemudian.

4. Berkembanglah.

Meski di poin 3 aku bilang sementara pakai default saja. Bukan berarti pasrah dan selesai sampai disitu saja ya. Aku sarankan kamu upgrade wawasanmu tentang apa saja yang bisa kamu lakukan dengan blogmu.

Dengan cara apa?
Investasi ilmulah. Bisa dengan cara berikut ini;

A. Ikut kelas blogger pemula mulai dari yang gratisan ataupun berbayar. Perlu kita tahu ilmunya.

B. Cari mentor. Nah, agaknya gak mudah ya mencari mentor yang dengan senang hati mengajari kita setiap saat. Biasanya ikut kelas atau komunitas lebih efektif.

C. Membaca buku. Nah, ini bisa sih tapi kayaknya terbatas begitukan ya buku tentang dunia blog ini. Atau aku yang belum menemukan ya.

D. Berselancarlah bersama mesin pencarian.

Nah, ini yang coba aku ingin share pengalaman belajarku.
Akupun dulu ngeblog tanpa ilmu kok, asal nulis saja. Tapi qodarullah dipertemukan dengan blog yang super banget. Aku merasa poin 2 di atas ini aku temukan di blog ini lho.

Blog apakah itu?

Blogspedia, teman belajarku.
Blog ini dikelola oleh Mbak Maritaningtyas. Beliau ini sudah banyak melalang buana di dunia perblog-an. Pemilik grup tele Marita Palace. 

Blogspedia adalah salah satu blog yang beliau kelola dengan niche seputar blog. Mulai dari tutorial awal hingga membuat tulisanmu dilirik oleh google adsense. Pasalnya, blog ini memang blog berbagi ilmu momcupuers (panggilan si pengelola) untuk para pembaca.

Blogspedia sendiri terlahir karena banyaknya pertanyaan seputar ngeblog yang tak bisa dijawab dalam satu waktu. Sedang pertanyaan tentang perblog-an ini banyak dan bisa jadi sama tapi berbeda orang. Nah loh!

Inilah alasan lahirlah blogspedia yang mewakili ensklopedianya blog lah. Jadi buat para pemula wajib mampir ke blogspedia ini.

Kayaknya banyak kok blog serupa?

Aku jawab, iya. Banyak banget malah. Tapi sayangnya kurang fokus dan tidak detail. Artinya memang ada yang bahas seputarblog tapi di artikel lain di blog yang sama isinya bisa macem-macem.



Nah, ini dia keunggulan blogspedia:

Pertama, fokus. Bahasannya ya seputar perblog-an. Apapun artikelnya itu yang mendukung tentang bagaimana ngeblog. Makanya tagline dari blogspedia ini, "Yuk ngeblog!". Provokatif ya hahahaha.

Kedua, detail. Nah, ini penting lho. Agar kita muter-muternya di satu blog saja. Artinya kita tidak perlu membandingkan banyak otak. Karena dalam satu blog ini kan yang ngelola dan nulis sama. Ibarat guru atau coach maka satu orang itu coach kita. Jadi utuh gitu kita dapat ilmunya. Baca satu artikel tapi nanti seakan kota dipandu untuk tahu hal lain dari "bahan materi" yamg berkaitan dan masih dalam satu blog. Nah, ini yang aku cari. Gak pakai ribet!

Jika memang mau buka web  lain silakan. Kelemahannya, kita bisa jadi berada di gaya pemikiran orang yang berbeda. Buat aku hal ini nambah pusing hehehe.

Ketiga, bahasanya teman banget. Aku suka sih dengan gaya bahasa yang kayak ngajark bicara gitu. Tidak kaku. Jadi lebih mudah dipahami. Gitu sih, makanya ku sebut blogspedia ini teman belajarku.

Sebab blogspedia ini seakan menjadi coach dunia mayaku buat ngeblog lho. Aku bacain artikel-artikel bagaimana ngeblog di awal, haha. Aku tulis di buku catatanku.

Iya, jadi aku catet lagi. Biar apa? Biar aku lebih mudah memahami kembali. Jadi aku catet ulang di buku. Ya kayak orang belajar gitu. Apakah sudah tuntas baca semua postingannya? Hahahhaa jelas.

Jelas belumlah!

Banyak sekali artikelnya, aku membacanya pelan-pelan tapi blogspedia ini sering aku jadikan rujukan. Alhamdulillah.

5. Bergabunglah dengan komunitas blogger.

Banyak akan kamu temukan melalui teman, fb, ataupun ig kok. Ada banyak komunitas blogger. Kamu ikuti saja salah satu atau beberapa. Tujuannya menjaga semangat ngeblog, bergabung dengan teman semisi, memperluas relasi dan tentunya kalian akan belajar dari senior bagaimana ngeblog.

Keuntungan masuk komunitas adalah hubungan mutualisme antar anggota, semisal adanya blogwalking, saling berbagi backlink dan info ngejob dari blog. Nah, asyikkan!


Itulah 5 langkah mulai ngeblog ala aku ya. Buat kalian yang punya pengalaman lebih menarik its oke! Intinya, mulai dulu saja. Karena langkah panjang pun di awali dengan langkah kecil pertama. Jadi, mulai dulu saja!

Semangat ngeblog!

6 komentar:

  1. syukaaa dengan pengingat: mulai dulu saja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, itu jurus ampuh agar kita berani bergerak dan melawan rasa takut hehehr

      Hapus
  2. Wah luar biasa sekali ilmu nya kak,, saya izin share yah 🙏

    BalasHapus