=Hamimeha

IDN Media Menghadirkan Fortune Indonesia Sebagai Ekosistem Media Bisnis Masa Kini, Kamu Wajib Tahu!

16 komentar
Idn media hadirkan fortune indonesia

IDN Media menghadirkan Fortune Indonesia sebagai ekosistem media bisnis masa kini menjadi angin segar bagi negeri di tengah pandemi. Menjawab peluang terciptanya bonus demografi yang dihadapi oleh Indonesia dengan karakkter generasi yang mendominasinya jadi lebih menarik. Bagaimana cara IDN Media dengan Fortune Indonesia tetap merangkul Generasi Milenial dan Gen Z ini. Simak ulasannya yuks!

Indonesia dan bonus demografi

Menurut sensus penduduk tahun 2020. Di tahun 2021, Indonesia mengalami bonus demografi yang didominasi oleh usia produktif yaitu Generasi Milenial (27,94%) dan Gen Z (25,87%) dari 270, 20 juta jiwa penduduk Indonesia per September 2020. Akan tetapi, bonus demografi hanya bisa dinikmati bangsa ini jika generasinya dipersiapkan secara matang dari sekarang.

Mengamati karakter kedua generasi yang dekat dengan teknologi ini, maka penting untuk memberikan wadah yang mendorong mereka beraktualisasi diri sesuai dengan karakter generasinya. Sebagai generasi yang digadang-gadang paling pintar. Kedua generasi ini bisa dibilang cukup terbuka, menyukai tantangan, kreatif, dan melek finasial sejak dini. Sayangnya, masih minimnya fasilitas yang mewadahi keinginan mereka dari segi literasi finansial.

Pasalnya, kedua generasi yang mudah bosan, bebas, dan cerdas ini sering membuat terobosan baru. Salah satunya dalam dunia usaha. Hal ini ternyata mempengaruhi pola pikir mereka dalam mengambil jalur karir yang akan mereka tempuh.

Online Schools Centre pada tahun 2019, menuliskan bahwa Gen Z sekitar 41% berencana untuk memulai wirausaha dan 45% percaya bahwa mereka dapat menemukan sesuatu yang merubah dunia. Keren kan! Nah, peluang inilah yang ditangkap oleh IDN Media yang selama ini menjadi platform media digital sebagai teman media generasi milenial dan gen Z untuk terus berinovasi.

Kabar baiknya, untuk membangun ekosistem yang lengkap sebagai one stop media platform. IDN Media menghadirkan Fortune Indonesia sebagai ekosistem media bisnis masa kini. Pada kuartal tiga 2021, IDN Media akan segera menghadirkan Fortune, media bisnis global terkemuka yang berkomitmen untuk menciptakan karya jurnalisme dengan standar akurasi, transparansi, dan legalitas yang tinggi di Indonesia. Sebagai media bisnis, Fortune tentu akan menyasar para pengambil keputusan, eksekutif, pebisnis profesional, wirausahawan, dan pemimpin yang aspiratif sebagai target audiensnya. Padahal, di sisi lain, Fortune akan bergabung dengan ekosistem bisnis IDN Media, sebuah perusahaan media platform yang menarget Millennial & Gen Z. Apa saja pertimbangannya, ya?

Mengapa IDN Media Menghadirkan Fortune Indonesia Sebagai Ekosistem Media Bisnis Masa Kini?

Idn media dan fortune indonesia

“Kehadiran Fortune ini pada dasarnya juga kami tujukan untuk Millennial & Gen Z yang memiliki ketertarikan seputar bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, market research, dan keuangan, ya. Dengan terus memperhatikan akurasi dan kredibilitas informasi, kami ingin perkaya wawasan dan pengetahuan mereka,” terang Winston Utomo, CEO IDN Media.
Memahami karakter Generasi Milenial dan Gen Z yang berbeda dari generasi sebelumnya. Tentu menjadi tantangan tersendiri untuk menyesuaikan fasilitas yang cocok dengan kebutuhan kedua generasi tersebut. Namun Winston Utama, selaku CEO IDN Media dengan mantap menyampaikan bahwa hadirnya Fortune bisa merangkul kedua generasi bonus demografi tersebut.

Berikut ulasan bagaimana Fortune dapat membawa #PositiveImpact bagi Milenial dan Gen Z, terutama dalam bidang bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, market research, dan keuangan:

Pertama, Kualitas Informasi

Para ahli sepakat jika Generasi Milenial dan Gen Z saat ini memiliki kemampuan yang tinggi untuk memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai sendi kehidupan mereka. Penggunaan teknologi bagi mereka sepertinya sebuah kebutuhan mereka bernafas. Wow, sedekat itu!

Nah, dampak positif yang akan diambil oleh Milenial dan Gen Z dengan kehadiran Fortune tentu sudah dipertimbangkan oleh IDN Media. Sebelum memutuskan untuk membawa Fortune ke Indonesia secara resmi, IDN Media memastikan bahwa Milenial dan Gen Z akan semakin terfasilitasi dalam hal informasi yang berkualitas khususnya di bidang bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, market research, dan keuangan.

Sebagaimana penjelasan dari Winston, “Meski Fortune menargetkan pebisnis profesional sebagai audiens utamanya, hal ini sama sekali tak mengurangi fokus IDN Media pada Millennial & Gen Z". Harapannya hadirnya Fortune dapat memperkaya ekosistem bisnis di IDN Media, sehingga jenis informasi yang disediakan oleh para publisher di IDN Media pun menjadi semakin  beragam.

Winston ceo idn media

Poin penting yang perlu di garis bawahi bahwa IDN Media masih menjadi teman media digital bagi Generasi Milenial dan Gen Z. Dengan Fortune yang semakin melengkapinya.

Kedua, Pentingnya Literasi Finansial bagi Gen Milenial dan Gen Z

Digadang-gadang sebagai generasi yang cerdas, Generasi Milenial dan Gen Z memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini dijawab oleh pernyataan Winston yang menyebutkan bahwa Literasi terhadap aspek finansial menjadi salah satu hal paling penting yang sebetulnya wajib Milenial dan Gen Z pahami. Untuk itu, Fortune ingin menjadi sumber informasi yang lengkap, akurat, dan terpercaya, serta membantu membuka perspektif baru terkait fokus mereka pada aspek finansial.

Sepakat dengan yang disampaikan oleh CEO IDN Media ini, sebab dalam hal mencari sumber ilmu pengetahuan dan menambah wawasan kita bisa mendapatkan dari manapun. Dalam hal ini, akses informasi yang berkualitas menjadi syarat mutlak karena semakin mudahnya memperoleh informasi di era digital.

Kehadiran Fortune sebagai ekosistem baru media bisnis IDN Media dengan informasi yang berkualitas bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan seseorang. Dan lagi, Fortune berkomitmen untuk mengungkapkan informasi-informasi paling hangat, relevan, dan terpercaya. Terbukti dengan kapabilitas FORTUNE di kancah global.

Ketiga, Berjiwa Kolaboratif dan Wirausaha Khas Generasi Milenial dan Gen Z

Tak hanya kreatif, cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan salah satu karakter native teknologi ini adalah weconomist. Weconomist adalah orang yang cenderung menyenangi aktivitas yang bersifat berkelompok dan saling terhubung antar teman atau manusia lainnya.

Sebuah pepatah yang related menggambarkan pentingnya kolaborasi dalam membangun kerjasama bagi Generasi Milenial dan Gen Z ini tampaknya sesuai, “Collaboration allows teachers to capture each other's fund of collective intelligence”.

Hal ini menguatkan optimisme hadirnya Fortune dalam memfasilitasi jiwa kolaboratif dan wirausaha yang ada pada Generasi Milenial dan Gen Z. Sebagai wakil dari IDN Media, Winston menyampaikan pendapatnya, “Milenial dan Gen Z adalah pengambil risiko. Mereka memiliki jiwa wirausaha yang besar. Dengan karakter kolaboratif yang mereka miliki, mereka akan menggunakan kinerja tim sebagai landasan dalam membangun sebuah bisnis,”

Winston iden media tentang milenial dan gen z

Dan lagi, Winston menuturkan bahwa Generasi Milenial dan Gen Z memiliki prinsip perusahaan yang kooperatif untuk menciptakan kemitraan yang efektif. Kolaborasi
dapat diwujudkan hanya dengan komunikasi yang baik dan sehat. Oleh karenanya, mereka juga cenderung membangun lingkungan yang inklusif, di mana setiap orang dihargai.

Penuturan di atas melengkapi ulasan tentang alasan IDN Media menghadirkan Fortune Indonesia sebagai ekosistem media bisnis masa kini. Jadi, Fortune akan membantu terwujud bonus demografi yang bisa dinikmati oleh Indonesia yakni melahirkan generasi yang siap dalam memajukan bangsa melalui bisnis mereka.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

16 komentar

  1. Ulasan kedua tentang literasi terhadap aspek finansial, saya pikir memang menjadi salah satu hal paling penting yang wajib Milenial dan Gen Z pahami, selain literasi lain yang paling sering diutamakan dan disarankan. Semoga apa yang menjadi tujuan dari hadirnya Fortune Indonesia bisa terwujud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. sebab kondisi sekrag memaksa kita cerdas literasi di lini apapun termasuk finansial

      Hapus
  2. wah iya, klo bisa dimanfaatkan dengan baik bonus demografi Indonesia ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan ya mbak
    Semoga tujuan Fortune Indonesia bisa terwujud

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbak, sebab di negara lain m,enikah saja dipaksa coba. nah ini Indeonsia sdm unggul harusnya bisa membuat negara ini memiliki andalan dalam memajukan bangsa

      Hapus
    2. Aamiin iya mbak dea. Demi Indonesia yg lebih baik.

      Hahaha mas Ari itu g berlaku di Indo. Kalo negara kita malah gencar pengen segera nikah muda

      Hapus
  3. IDN nampaknya mulai menjadikan grupnya di segala lini bisnis ya. Setelah merambah ke dunia film lewat IDN Pictures, kini hadir juga Fortune Indonesia sebagai pusat informasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku baru tahu malah yg IDN pictures. Aku kenal si IDN ini karena gaul. Hahah
      Aku sempat jadi kontributor di platform nulisnya

      Hapus
  4. Semakin lama semakin maju yaa teknologi, kini Fortune akan menjadi pusat informasi yang dibutuhkan oleh kalangan milenial dan generasi Z. Memang generasi kita sekarang ini sedikit demi sedikit sudah mulai melek finansial (bagaimana cara berinvestasi dan menabung) untuk kesejahteraan masa depan..
    Mantapp Fortune.

    BalasHapus
  5. Sekarang ini generasi milenial & gen z memang semakin sadar akan pentingnya literasi finansial. Apalagi ketika pandemi gini, yang awalnya masa bodo jadi kerasa banget dampaknya.

    Dengan adanya fortune semoga jadi semakin banyak orang tereduksi untuk mewujudkan tujuan bisnis mereka.

    BalasHapus
  6. Hadirnya Fortune ini semoga membawa perubahan ke arah lebih baik untuk generasi muda khususnya sehingga bonus demografi kelak diisi oleh SDM unggul

    BalasHapus
  7. Bener banget sih, anak muda jaman sekarang lebih pengen jadi wirausahawan, berbeda banget dengan keinginan mayoritas orang tua Indonesia yang berharap anaknya jadi PNS.

    BalasHapus
  8. Keren banget! Cara kamu menyampaikan informasi ini enak banget buat dibaca, Kak. Semoga teknologi yang sudah dikembangkan sebaik ini bisa dimanfaatkan dengan baik jg ya untuk meningkatkan kemampuan generasi selanjutnya.

    BalasHapus
  9. Indonesia dengan bonus demografi saat ini, potensial sekaligus rada rawan kalau sampai para seniornya smua ngga turun tangan membimbing mereka.. Berhasil maka Indonesia semakin cepat maju nih.

    BalasHapus
  10. IDN tuh emang media anak muda yang gercep dan sat set yaaa, betul anak2 muda gen z sama milenial tuh emang culture nya kolaborasi banget, jadi butuh wadah oke dan berkualitas buat mempertemukan 1 talenta dan lainnya

    BalasHapus
  11. Saya salah satu penikmat konten di platform media kekinian ini. Gak bisa dipungkiri ya, mereka memang peduli akan pentingnya literasi di kalangan Milenial dan Gen Z.

    Semoga dengan dihadirkannya Fortune Indonesia sebagai ekosistem media bisnis masa kini akan membantu terwujud bonus demografi yang bisa dinikmati oleh Indonesia.

    Terima kasih untuk tulisan informatifnya, Kak.

    Salam hangat.

    BalasHapus
  12. IDN memang menjadi media panutan untuk anak-anak millenial. Saya memang salah satu penikmat dari platform ini.

    Semoga saja Fortune Indonesia yang diadakan IDN mampu menjadi media bisnis zaman now.

    BalasHapus

Posting Komentar