=Hamimeha

Buku Membacakan Nyaring Asyik dan Aplikatif

27 komentar
Buka membacakanya nyaring asyik dan aplikatif
Alhamduliah, bulan lalu akhirnya tercapai target membaca satu buku secara tuntas hwakakka. Tapi buku ini yang membuat aku menyesal Sobat Hamim.
Lho kok bisa?

Aku menyesal karena baru menuntaskan buku ini setelah selesai mengikuti training yang menjadikan buku ini wajib dibaca oleh pesertanya. Eits, adakah buku yang jadi syarat ikut training?

Ada, aku menulisnya di pengalaman training of trainer yang berkesan. Padahal buku membacakan nyaring asyik dan aplikatif lho! Coba waktu bisa diulang tentu aku akan melahap buku bersampul kuning ini. Lalu apa masalahnya, kok aku tak juga menyelesaikan membacanya?

Apakah bukunya tebal?
Apakah bukunya penuh kata-kata?
Apakah bukunya berisi teori yang bikin kepala penuh?

Aku jawab, "Oh Jelas, TIDAK!"

Buku ini adalah buku tercepat yang aku baca hanya dalam sekali duduk.

Ehm, sudah macam cerpen bukan? Nah, daripada penasaran yuks deh simak ulasan dariku tentang buku karya founder Readingbugs ini.

Identitas Buku Membacakan Nyaring

Buku membacakan nyaring
Judul         : Membacakan Nyaring
Penulis     : Rosiie Setiawan
Penerbit   : Penerbit Naura
ISBN          : 978-6002-385-275-8
Ukuran     : 15 cm x 20 cm
Isi               : 126 halaman
Cover         : Soft Cover
Berat          : 150 gram
Harga         : Rp 69.000,-

Pertama kali melihat covernya yang berupa seorang bayi di bagian pojok kiri atas dan seorang ibu beserta bayinya terlihat sedang membaca buku di bagian pojok kanan bawah membuatku sekilas menebak isi bukunya. Aku memperkirakan isi bukunya akan membahas teori-teori tentang membaca. Sebagaimana buku-buku seputar menumbuhkan literasi dini yang telah aku tamatkan sebelum-sebelumnya.

Apakah tebakkanku benar?
Buku yang rekomended
Oh jelas, aku salah besar. Akibat tidak membaca blurb dan testimoni di belakang buku. Sehingga membuatku memberikan penilaian yang kurang tepat pada buku ini.

Bu Roosie memberikan sentuhan yang berbeda pada buku yang handy banget ini. Tak cuma teori melainkan sangat aplikatif. Bagi para calon orang tua buku ini sangat bisa dijadikan pegangan sebagai acuan menumbuhkan literasi sejak dini. Sejak ibu hamil memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Wah menarik bukan?
Bukan sekedar teori!

Apa Yang Membuat Buku "Membacakan Nyaring" Asyik dan Aplikatif?

Aku bisa menyebutkan lima alasan buku ini memang layak dinikmati dengan asyik. Serta aplikatif untuk dipraktikkan secara langsung. Sebab sembari membaca buku ini, di halaman tertentu aku juga sempat melibatkan duo sholihah menikmati buku ini.

Lho kok dibaca duo sholihah?

Yup! Karena ada bagian yang itu memang bisa dipraktikan langsung. Contohnya di halaman 74 dan 75. Kedua halaman tersebut berisi ilustrasi hewan dan kata yang menunjukkan bagaimana hewan tersebut bersuara.

Oke, aku akan mengulas;

Lima kelebihan buku "Membacakan Nyaring" menurut aku

Pertama, edukatif dan informatif.
Buku edukatif dan informatif
Aku bisa sebut seperti ini sebab sejak membaca pengantar kita akan terkagum-kagum dengan dedikasi penulis sebagai pencetus Read Aloud Indonesia dalam rangka membumikan literasi sejak dini.
Melalui keyakinannya yang kuat tentang read aloud atau membacakan nyaring adalah cara efektif membuat anak gemar membaca, ia mengajak lapisan masyarakat untuk percaya bahwa membacakan nyaring dapat membuat orang-orang mau membaca, bisa membaca, dan akhirnya gemar membaca.
Luarbiasa bukan?!
Di tengah kabar kurang menyenangkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-62 dari 70 negara dalam survey berkaitan literasi oleh Program for Studentsb Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2019.

Jadi, bukunya sudah berisi "daging" sejak awal.


Kedua, komunikatif

Apakah Sobat Hamim pernah mendapati buku yang seolah-olah bicara dengan kita. Nah, buku yang aku beli dengan harga diskon ini seakan melakukan itu padaku. Seperti sedang ngobrol dengan si penulis buku. Dan ternyata, jika aku mengingat bagaimana gaya tutur Bu Roosie saat menjadi pemateri di TOT memang asyik.

Temanku pernah memberi komentar di status WA-ku ketika aku upload screenshoot webinar bersama Bu Roosie. Tulisnya, "Wah ada Bu Roosie, kangen sama kalemnya."

Aku pun mengiyakan. Meski demikian hal tersebut tidak mengurangi kelugasan beliau saat membedah buku seolah sedang membaca bukunya langsung. Hal inilah yang membuat kami seakan dibacakan buku oleh beliau, hehehe.

Ketiga, to the poin dan lugas

Nah, seperti yang aku sampaikan di awal tentang dugaanku yang salah terkait isi buku "Membaca Nyaring". Alasan buku ini ditulis adalah hasil pengamatan penulis tentang isi buku yang penuh teoritis seputar membaca selama ini.

Akupun pernah membaca buku dengan tema serupa yakni literasi. Dan umumnya berisi kalimat panjang dan terdiri dari banyak bab. Berbeda dengan buku MN (Membacakan Nyaring), dengan halaman yang hanya 126 komposisi isi dan gambarnya bagiku seimbang.

Apalagi, materi pentingnya sudah dibuat poin-poin dan tabel. Materinya disusun berdasarkan perkembangan bahasa anak. Hal ini tentu memudahkan para pembaca saat praktik nanti. Serukan?!

Keempat, penuh warna
Buku full colour
Ini poin paling menyenangkan bagi orang visual sepertiku. Buku yang penuh warna membuat pembaca lebih tertarik. Suasana membaca buku juga lebih hidup, apalagi saat sesi praktik membaca dalam rangka mengenalkan fonem. Masih ingat lagu berjudul "Tik Tik Bunyi Hujan"? Itu salah satunya.

Kelima, aplikatif

Bu Roosie selaku penulis menjelaskan bahwa buku MN ini sengaja disusun praktiks, hal ini merupakan upaya beliau memfasilitasi para orang tua muda yang sibuk tetap bisa memahami buku ini dengan baik.

Selain itu, di masing-masing bab pada buku MN kita akan disuguhi bagaimana perkembangan bayi kita dari waktu ke waktu. Dilengkapi dengan milestone yang dicapai di usia tersebut.

Kemudian kita akan dipandu tentang aktivitas apa yang bisa kita lakukan untuk menstimulasi tumbuh kembangnya. Selanjutnya, praktik membacakan nyaring mulai dari sebelum hingga aktivitas apa yang perlu kita lakukan setelah membacakan nyaring.
Buku yang aplikatif
Aplikatif bangetkan bukunya!

Tidak berhenti disitu saja. Di masing-masing bab, penulis juga merekomendasikan buku bacaan untuk para orang tua maupun buku pilihan yang tepat bagi bayi atau balita.
Wah, aku terharu ada buku yang seberat buah salak ini begitu lengkap.
Masya Allah, aku menikmati sekali sajian buah pikir perempuan pendiri Readingbugs di tahun 2007 ini. Berawal dari rasa cintanya pada buku "The Read Aloud Handbook" karya Jim Trelease.

Terinspirasi oleh buku Jim Trelease, Bu Roosie juga ingin para orang tua merasakan inspirasi yang sama. Inilah alasan yang mendasari munculnya buku "The ReadAloud Handbook" versi terjemahan Bahasa Indonesia. Serta lahirnya workshop "Read Aloud" yang saat ini lebih familiar dengan singkatan TOT RA (Training of Trainer Read Aloud) di berbagai kota cabang read aloud di Indonesia.

Jika ada Buku Membacakan Nyaring Versi Revisi

Dari sekian ulasan yang luarbiasa kerennya buku ini, aku membuat sedikit harapan. Berkembangnya teknologi dan update wawasan yang berkembang. Ada beberapa catatan yang aku buat dari buku MN ini.

Yaitu, penggunaan ilustrasi kartun hewan di beberapa halaman diganti gambar hewan yang sebenarnya. Hal ini akan lebih sesuai dengan penanaman konsep belajar anak tentang benda konkret.

Selanjutnya, berkembangnya referensi bacaan yang tak hanya berupa buku fisik melainkan adanya buku digital yang bisa diakses secara gratis oleh orang tua akan menjadi rekomendasi bacaan mereka. Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Intinya, update rekomendasi bukunya.

Terakhir, buku ini terlihat unik saat aku mengamati ternyata bagian belakang tanpa dilengkapi daftar pustaka. Meskipun halaman di balik cover disebutkan nama-nama anak yang jadi model dalam buku. Harapannya ke depan, jika ada daftar pustaka bisa dicantumkan sebagaimana buku pada umumnya. Over all bagus sih!
Bagiku, buku ini membantuku memahami dengan baik teori dan praktik seputar read aloud atau membacakan nyaring sesuai tahapan usia anak.
Besar harapanku dengan menyebarluasnya info tentang membacakan nyaring dan mendorong orang tua meniru kita maka menjadi salah satu kontribusiku dalam memajukan literasi sejak dini.

Buku ini worth it banget, handy, warna warni, aplikatif, dan juga harga terjangkau seharga kuota inet 5G hwkakaa. Dengan mengeluarkan uang tak sampai 100ribu rupiah mendapatkan segudang manfaat sebagai investasi mendidik anak.

Bagaimana Sobat Hamim? Apakah masih penasaran dengan isi bukunya? Ingin merasakan pengalaman menikmati buku Membacakan Nyaring asyik dan aplikatif?
Yukslah segera beli, tapi ingat belilah buku yang original ya. Jangan tergiur harga murah ternyata bajakan. Naudzubillah.
Kali ini aku mau kasih rating bintang 4 dari 5 nilai sempurna untuk buku Membacakan Nyaring. Meski demikian, aku sampaikan sekali lagi bahwa buku ini sangat recomended untuk siapapun yang ingin berkontribusi membangun kesadaran literasi sejak dini.

Ayo membacakan nyaring!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

27 komentar

  1. Wih, ulasannya sangat lengkap, lugas dan to the point, bikin aku semangat prn baca bukunya deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah mbak.. tapi gak spoilerkan ya... hehe. Sebab meski tipis isinya daging semua.
      Itu hanya seuprit aja yukss cusss mbak

      Hapus
  2. Masya Allah..lengkap ulasan..aku selalu suka gaya tulisan mb Hamim mengalir..dan ilustrasinya kece...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..maturnuwun mbak. Semoga bermanfaat ya mbak ulasannya. Yuks deh segera cuss lahap bukunya..
      Eh udah punya belum?

      Hapus
  3. Mbak sebenarnya read aloud tuh apa bedanya dengan membacakan buku seperti biasa pada anak? Maksudku apakah lebih dinyaringkan lagi atau gimana sih? Soalnya aku kalau bacain buku ke anak jadi auto nyaring. Apa ada teknik yg berbeda lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dipostinganku sebelumnya ttg read aloud mbak. Hehehe..

      Hapus
  4. wah mantab ulasannya mb Hamim, aku bacanya sambil menarik diri ke memoriku saat baca buku ini. kayak kilas balik hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai sealiran dan suka sehati postingannya hihihi.

      Iyup mbak. Kapan mau colab nih?

      Hapus
  5. Aku pernah ikut kulwap membaca nyaring, trs aku maju mundur cantik buat beli buku ini. Mba, ada kah efeknya membaca nyaring versi RA nya bu Rosie sm yang biasa kita lakuin? Ke anaknya jd gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bagaimana mbak?
      Kalau membaca biasa dengan membacakan nyaring jelas beda.

      Kecuali kalo kta membacanya bersuara ya sebenarnya sama2 membaca nyaring

      Hanya saja isi buku ini lebih ke teknis apa aja yang sebaiknya kita lakukan . Jadi, kita gak mati gaya deh pas membacakan buku ke anak hihi gitu

      Hapus
  6. Keren pol lah ulasan mbak Hamim ini. Aku baru tahu ada buku ini, Mbak. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa aku juga tahunya barusan. Dan ternyata ringan bahasanya gak seperti buku2 literasi yang rumit hehe..

      Mgkin karena teori2nya banyak ya

      Hapus
  7. Wah, jni buku wajib dalam ToT kah mb? Visual bukunya menarik, anak-anak bisa jatuh hati. Bisa memudahkan oranv tua melakukan read aloud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu buku bacaan buay emaknya mbak.cuma anak2 juga bisa menikmati hihi

      Hapus
  8. Wah, buku ini bisa didapat kalau ikut pelatihan TOT itu ya mba?
    Pingin ikutan tapi waktunya belum pas nih.. Besok kalau ada info lain kabari lagi ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak kok mbak. Ini bisa dibeli dimanapun. Cuss aja mbak langsunh beli banyak di marketplace

      Hapus
  9. Sempat mau ikut TiT mbak, cuman jadwalnya yg belum pas, stlh kls Blogspedia insha Allah deh ya, dan akupun nggak tahu kenapa, meski blm ikut ToT, nggak bosen aja tiap ada webinar ttg literasi yg didalmnya ada Bu Rosi aku inshaallah sll ikut (pas info yg aku tahu). Semacam da hal yg menarik diriku tapi sudah dijelaskan hhhhha. pxl= Luas 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip sip sip.. semga tetap semangat ya mbak. Ufah keren mmebacanya kok

      Hapus
  10. Bukunya cukup murah ini mba utk buka yg full color kayak gitu..

    BalasHapus
  11. Jadi gak sabar ikutan read aloud...

    BalasHapus
  12. wah ini list bookku yang belum juga dibeli mba wkkwkwk alhamdulillah mba hamim kasih reviewnya
    kalo buku handbooknya gimana mba?udah baca juga?

    BalasHapus
  13. Lengkap bgt ulasannya. Keren nih mbak Hamim ;) aku kemarin pingin tot tapi waktunya belum cocok. Semoga soon bisa...

    BalasHapus
  14. Terima kasih ulasannya Kak. Btw, di mana ya bisa beli bukunya? Bisikin dong, pengin punya juga

    BalasHapus
  15. Membaca nyaring sama mendongeng itu ada bedanya gak sih kak?

    BalasHapus
  16. makasih ulasannya, mbak. ini bukunya ditujukan buat anak umur berapa ya, mbak?

    BalasHapus
  17. Buku ini ditulis oleh praktisinya langsung jadi roh bukunya pasti didapatkan. Sebab banyak dituliskan berdasarkan pengalaman nyata. Yuk, dimulai dari diri kita sendiri

    BalasHapus
  18. Wah... buku bagus, tuh. Cocok untuk mendampingi si Kecil agar belajar suka baca

    BalasHapus

Posting Komentar