=Hamimeha

Istiqomah Ngeblog Dengan Blog Plan

14 komentar
Istiqomah ngeblog dengan blog plan
Hai Sobat Hamim, masih oke kan buat nyimak tips ngeblog dari aku hehehe. Kali ini aku mau mengulas tentang bagaimana cara konsisten buat ngeblog.

Melalui tulisan Istiqomah Ngeblog dengan Blog Planner ini aku harap Sobat Hamim bisa mempraktikkan juga. Aku sendiri masih coba-coba nih, tapi belajar dari target tahun lalu yaitu menulis di blog minimal dua artikel perpekan ternyata berhasil lho!

Wah, aku berpikir nulis target ngeblog yang hanya sebaris saja bisa berhasil bagaimana jika dibuat lebih lengkap. Nah, yuks kita coba bareng-bareng.

Saat Ide Berada Di Titik Nol

Rasa-rasanya pernyataan di bawah inj menohokku jika mulai berpikir bercita-cita jadi blogger profesional tapi males upgrade diri.

Quote Inspiratif


Selaras dengan hukum 10ribu jam bukan? Ada yang tahu? Dalam buku "Outliers" karya Malcolm Gladwell menyebutkan teori 10.000 jam yang menyebutkan,

" Untuk menjadi ahli, seseorang perlu melakukan kegiatan yang ditekuninya itu selama 10 ribu jam.
Wow, hal ini bagiku sebagai seorang blogger tentu erat kaitannya dengan rajin posting. Sebab konten is the King. Ngomongin rajin posting seringkali alasannya adalah bingung mau nulis apa ya, tiba-tiba kena serangan writer's block, atau semacamnya.

Ternyata, setelah aku analisa hal ini terjadi disebabkan oleh manajemen yang kurang baik dalam mengelola blog. Nah lho! Blog itu ibarat rumahlah ya, kalau gak dirawat salah satunya diisi postingan maka siapa yang mau bertamu. Iya gak?

Nah, blog planner ini yang bakalan bantu Sobat Hamim memanajemen blog agar lebih terawat dan terencana dengan baik. Wah, gimana tuh yuks lanjut!

Pentingkah membuat Blog Plan?

Seperti yang aku sampaikan di atas, blog plan itu membantu kita mengelola blog lebih terencana. Bagiku sih penting atau tidaknya sesuai kembali ke personal masing-masing. Buat aku yang lebih suka masang target dan sering lupaan jika tidak ditulis maka blog plan bagiku penting.

Hal ini dikuatkan oleh pernyataan beberapa blogger senior yang ternyata menggunakan blog planner juga dalam mengelola blognya. Wah makin terpacu gak nih bikin blog plan?
Apakah penting membuat blog

Apa itu blog plan?

Tidak ada definisi khusus tentang blog plan, intinya adalah perencanaan terhadap blog atau website yang kita miliki dalam hal mengelolanya dengan jangka waktu tertentu.

Blog planner akan membantu kita menentukan target apa yang ingin kita capai pada sebuah blog. Bisa dalam bentuk tahunan, bulan, atau harian.

Manfaat Membuat Blog Planner

Masih mikir buat apa bikin blog planner? 
Yuks kita simak segudang manfaatnya:

Pertama, menjaga konsistensi ngeblog

Posting oi posting!

Ini jadi alasan kuat mengapa perlu bikin blog planner agar tidak ada alasan males. Sebab sudah terjadwal dan teratur. Lebih nyaman juga kan, gak keburu!

Ingat, butuh 10ribu jam untuk jadi ekspert.

Kedua, terhindar bingung nyari ide

Karena kita sudah merencanakan sejak awal. Artinya kita sudah merancang apa saja postingan kita dalam waktu sepekan sampai sebulan ke depan.

Berawal dari blog plan ini kita juga bisa merancang konten yang seimbang jika niche kita gado-gado dan mengeksekusi konten terbaik berdasarkan evaluasi postingan bulan sebelumnya atau informasi yang GA dan GSC berikan.

Ketiga, memotivasi kita untuk terus berkembang

Ini penting nih, jadi dalam blog plan kita itu bisa juga memasang target tentang performa blog. Seperti menuliskan menargetkan DA, PA, PV, UV, SS tertentu dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Target ini jelas membutuhkan upaya kita belajar tentang bagaimana membuat blog yang templatenya SEO friendly, tulisan yang memenuhi kaidah SEO, dan lain sebagainya seputar ngeblog.

Iya kan, jadi blog plan ini salah satu upaya yang mendorong kita untuk terus bertumbuh sebagai seorang blogger yang profesional.

Macam-Macam Blog Plan

Sekali lagi tak ada patokan khusus untuk membuat blog plan, disesuaikan kebutuhan Sobat Hamim saja.
Macam macam blog plan

Berdasarkan metode membuatnya blog plan dibedakan jadi 3 jenis:

1. Manual

Metode manual artinya menulis blog plan-nya dengan tangan. Semacam membuat journaling di buku atau kertas tertentu. Metode ini cocok buat Sobat Hamim yang lebih nyaman dengan mencatat menggunakan tulisan tangan.

Kelebihannya memang lebih mengasah motorik kita hahaha, sebab kita dituntut kreatif termasuk menghias blog plan agar lebih menarik dengan tangan kita.

2. Printable/freebies

Printable ini bentuknya sudah ada templatenya. Metode ini cocok untuk teman-teman yang rajin mencatat dengan menulis tapi kurang bisa menghias hihihi.

Dan lagi, lebih hemat waktu ya. Sebab kita sudah disediakan form-formnya. Bisa per bulan, per pekan, dan per hari.

3. Digital

Tara, jika metode yang satu ini cocok bagi Sobat Hamim yang lebih nyaman langsung mengotak atik aplikasi. Sekaligus langsung tersimpan di dokumennya, auto save gitu.

Misal, menulis di excell atau noted. Memang kekurangannya tak bisa dihias hehehe, tapi lebih praktis.

Cara Istiqomah Ngeblog Dengan Blog Planner

Oke Sobat Hamim, ini adalah tips yang bisa dipraktikkan ya.

a. Buat Blog Planner sesuai kebutuhan.

Pilih sesuai kebutuhan ini berkaitan dengan metode dan isinya apa saja, Sobat Hamim boleh banget menuliskan target sesuai prioritas teman-teman dalam mengelola blog.Blogger satu dengan yang lain bisa jadi berbeda. Its oke!

Pilih metode yang memudahkan dan semakin memotivasi untuk menulis. Targetpun usahakan jangan terlalu menyulitkan. Kita mulai dari pencapaian kecil agar mudah megapresiasi diri sehungga menumbuhkan semangat untuk berkembang.
Langkah panjang dimulai dari satu langkah kecil, jadi pencapaian sekecil apapun layak diapresiasi 
b. Rancang Blog Planner Segera Mungkin

Artinya jangan ditunda-tunda. Sebab, menunda akan menular menunda ke pekerjaan yang lain.

Jika memang belum jadi prioritas sebaiknya direncanakan secara baik. Kapan meluangkan waktu membuatnya!

Mungkin bisa dimulai dari komitmen rajin posting, min 2 artikel perpekan. Kita tentukan tema atau ide nulisnya. Nah, aku sudah membuktikan dan berhasil lho Sobat Hamim.

c. Letakkan Blog Planner yang mudah terjangkau olemu

Ini jika blog plannya ada rencana di tempel ya hehe. Kalaupun di tulis di buku atau bentuk softfile adalah yang mudah mencarinya.

Kalau aku dulu beli post it lalu menuliskan berdasarkan berita yang lagi viral atau banyak dibicarakan. Bisa juga idenya berdasarkan tanggal-tanggal penting di bulan tersebut.

d. Just Do It!

Lakukan saja! Jangan nunggu nanti saat sudah membuat blog plan. Berhenti berpikir ragu. Just do it!

Hempaskan insecure dengan karya sendiri. Sejauh tulisan kita itu adalah hal yang bermanfaat posting saja. Sebab keterampilan menulis akan terasah seiring dengan jam terbang menulis juga hehe.

Fokus! Jangan Silau Pencapaian orang Lain

Ini erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Poin yang tak kalah penting sukses ngeblog adalah percaya diri saja bahwa tulisannya layak dan bermanfaat. Sebab kita saat menulisnya kan gak asal.

Kuncinya praktik! Eksekusi dan Evaluasi.

Tulis apa yang ingin kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu tulis! Dengan membuat blog plan akan memaksa kita untuk terus menulis karena sudah terjadwal kan hehehe.

Evaluasi penting juga lho, Sobat Hamim bisa melakukan penilaian dengan GA dan GSC hehehe. Kita bisa lihat pencapaian performa blog kita di sana kan. Atau sesekali boleh minta feedback dari pembaca kita.
Rencana tanpa eksekusi sama dengan mimpi tanpa realisasi, berkhayal donkz! Jadi agar bisa istiqomah ngeblog dengan blog plan ini yang di praktiknya!
e. Bersemangat untuk terus upgdrade diri seputar blogging

Karena sudah membuat target dalam meningkatkan performa blog dan tulisan maka hal itu akan memaksa para blogger untuk terus menambah wawasan dan skil. Hal ini juga bisa lho dimasukkan dalam blog plan Sobat Hamim. Wah menarik ya

Berasa bikin proposal hidup hwkakak.

Blog Planer Versi Hamim

Yes! Sampailah di sini. Gak afdol rasanya jika aku gak ngasih bukti jika aku juga membuat blog plan hehehe.

Mengikuti tips di atas maka aku menyusun blog plan sesuai dengan kebutuhanku Sobat Hamim. Dan lagi, aku tipe pencatat secara manual. Jadi aku lebih suka membuat blog plan manual.

Aku mencatatnya di buku hehehe saat ini. Alasannya simpel sih, aku suka yang versi jadul gini. Membuatku semangat dan mudah dibawa kemana-mana. Gak perlu bingung baterai habis hahaha.

Ini langkah membuat blog plan yang aku lakukan:

Pertama, merancang target sesuai kebutuhan.
Big goals blog plan

FYI, perencanaan blogku kali ini hanya untuk empat bulan ke depan ya. Aku ada rencana 4 bulan ke depan fokus ke beberapa prioritasku dalam ngeblog.

Makanya aku menulis detailingnya hanya ada pada dua hal yakni rajin posting dan kenalan lebih dalam tentang blogging. Sebab aku merasa belum menguasai apa-apa yang ada di dasbord ataupun printilan blog sih.

Sekali lagi, gak ada patokan khusus untuk membuat blog plan jadi sesuaikan dengan kebutuhan teman-teman ya.

Aku menggunakan buku kecil menang Giveaway beberapa bulan lalu. Wah gak modal ya, hehehe. Sebab bukunya kecil, warnanya cantik, dan ada quote yang bikin aku semangat.

Kedua, just do it! Fokus dan Praktik!

Nah, aku sedang di tahap ini ya. Sejujurnya aku juga sempat insecure sih sama kemampuanku dibandingkan dengan teman-teman yang sekomunitas dengan aku.
Target blog plan
Tampaknya mereka itu blogger-blogger profesional. Tapi kemudian aku berpikir, kenapa aku sibuk membandingkan diri.

Toh, mereka kan memang udah terjun di dunia blogger duluan. Wajar jika mereka dengan pencapaianya. Nah aku?

Oke jadi balik lagi untuk fokus upgrade diri dan memperbaiki performa blog.


Ketiga, tak hanya blognya yang di upgrade tapi manusianya juga.

Oke, mungkin Sobat Hamim melihat ada "bonus" di blog plan ku. Aku sengaja menjadikan challenge nulis atau lomba blog sebagai bonus. Sebab ini di empat bulan ke depan memang bukan prioritasku sih tapi menjadi salah satu upgrade diri.

Tapi teman-teman akan berpikir "Kok kolom job nya diisi, besar lagi?". Hahaha, itu salah satu caraku untuk branding diri sih. Sebab lomba dan job pasalnya bisa menaikkan pamor kita sebagai seorang blogger hwkakaka. Tapi bukan prioritas hihi.
Take priority

Oke kita coba ya! Lagi-lagi, kembali ke kebutuhan teman-teman aja yak.

Keempat, Daily Plan minimalis blog plan

Menurutku sih ini kunci dari istiqomah ngeblog dengan blog plan yaitu bikin daily plan. Semisal Sobat Hamim belum bikin blog plan yang lengkap setidaknya bikinlah yang daily plan ini.

Insya Allah, gak bakalan kena writer's block sebab sudah bikin outlinenya dari daily plan ini.

Jadi, kita mesti bikin daily plan yang isinya:

1. Tentukan ide

Ide nulis apa bisa diambil tema sesuai niche kita, bisa dari acara yang akan kita ikuti semacam kulwap atau webinar, berita viral atau yang lagi trend.


Bisa juga teman-teman menulis dari tanggal-tanggal penting di bulan tersebut, kehidupan sehari-hari yang biasa Sobat Hamim lakukan.


2. Tentukan kata kunci yang mau kita pakai

Rancang judulnya semisal berubah saat pengerjaan bisa disesuaikan nanti, asal isinya sesuai dengan ide di awal

3. List narasumber, referensi, atau hal-hal yang mendukung penulisan artikel

Buat kolom khusus yang isinya evaluasi. Kolom ini akan memberikan informasi berupa catatan apakah rencana posting hari itu berjalan atau tidak.

Yeay!
Daily blog plan
Alhamdulillah, semoga tipsnya cukup aplikatif ya Sobat Hamim. Bisa membuat kita istiqomah ngeblog dengan blog plan yang dibuat sejak awal. Emang agak ribet di awal tapi memudahkan ke depannya.

Istiqomah emang berat sih, kalo ringan namanya istirahat hehehee

Semangat ngeblog!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

14 komentar

  1. Ah rapih banget sih mbaaa catetannya ya ampuuun klo aku nulisnya dibuku tulis masyaa Allah rapihnya sampensusah dibaca hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah alhamdulillah ..cara jadul inget jaman sekolah hahahaha..itu mah oret2 aja mbak Manda hihi

      Hapus
  2. Lah Mom, aku salfok sama tulisan tangannya yang buagus banget , rapi :D, dah gitu infografis yang lengkap dan bagus :D daging semua oi daging isi materinya ni :D
    btw bagian infografis quote saya minta ya mom, lumayan buat menampar diri "posting oi posting" :D
    semangat buat next chapter di 2022 ya Mom Hamim :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkakakkaka...


      Siap oi sap hahaha.
      Ah, mbakhya bisa aja hihihi.
      Ini efek males kebanyakn liat layar jadi nyoret2 di buku..bismillqh 4 bulan menuju 2022

      Hapus
  3. Dulu Bunda juga rajin buat coretan di kertas, seiring waktu tehnologi mengalahkan. Padahal lebih cantik dan isinya nempel di kepala lho... Kalah hanya gara-gara kepraktisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha iya bun emang sebenernya lebih nyaman di excel cuma y monoton. Hihihi

      Hapus
  4. MasyaAllah, mantab bener plan-plannya mb!
    semoga semua plan tercapai ya, mb! aamiin..

    suka banget sm tulisannya lengkap dan detail.
    daaan.. mb hamim rajin bgt nulis d buku catatannya, apalah aku yang hanay di note hehe :D

    BalasHapus
  5. Aku juga suka curat coret di buku mba, cuma angot2an hihuhu

    BalasHapus
  6. Oh mba Hamiim typical rajin corat-coret nie.. Aku suka yang begini. Aku juga tim manual soalnya. Enak aja sih nulis manual, berasa kita nulis 2x dengan 2 pengingat yaitu otak dan tangan. Jadi kalau nulis manual tuh beda feelnya kalau diketikkan di hp atau laptop. Ingetannya nampol yang manual sih kalau aku.

    BalasHapus
  7. Tipsnya kece & infogragisnya keren. Mba hamim mah udah keren ;) semoga goalsnya semua tercapai ya mba aamiin

    Btw ak juga tim manual wkwk. Koleksi banyak notes

    BalasHapus
  8. Keren tulisannya mbak Hamim... Semoga tetap istiqomah ya...

    BalasHapus
  9. Mbakbkece bgtt target2nya. Aku blm berani nulis nominal nih hahaha. Semoga tercapai ya mbaak targetnya.

    BalasHapus
  10. Ah mbaak hamim selalu kece visualisasinyaa infografis manual dan digitalnya kece semuaa..tulisannya pun aku suka..

    BalasHapus
  11. Desai desain gambarnya masyaallah ...top bener

    BalasHapus

Posting Komentar