=Hamimeha

Lima Ide Kegiatan Merayakan Hari Blogger Nasional

16 komentar
Ide kegiatan merayakan hari blogger
Bertepatan di tanggal 27 Oktober lalu adalah Hari Blogger Nasional. Nyaris sejak pagi berseliweran flyer dari berbagai komunitas blogger membuat ucapan "Selamat Hari Blogger Nasional 2021". Saat aku membacanya seakan itu ditujukan kepadaku.

Ah, Ge eR nya sekaligus bangga. Masya Allah, siapa sangka jika mimpi yang aku tulis di pergantian tahun hijriah setahun lalu kini terwujud sedikit demi sedikit. Berawal dari perasaan sungkan karena domain berbayar yang dibayarin, kini aktivitas ngeblogku menjadi salah satu sumber penghasilan mengisi uang jajan. Alhamdulillah.
Sekecil pencapaian harus disyukuri agar terus ditambah, bukankah demikian?
Nah, kembali ke Hari Blogger Nasional. Tak hanya sebaran flyer yang lalu lalang di beranda media sosial hingga grup-grup komunitas blogger yang aku ikuti. Bahkan jauh-jauh hari sudah ada beberapa event yang khusus diselenggarakan untuk merayakan Hari Blogger Nasional 2021.

Mengingat ini adalah ulang tahun pertamaku sebagai seorang blogger dengan domain berbayar bersama hamimeha.com. Maka aku tak merumuskan apapun, aku mengikuti alur saja. Sejujurnya aku sempat bingung mau ikut kegiatan yang mana ya? Sebab acaranya bagus-bagus dan menarik, sungguh sayang jika dilewatkan.

Tapi apa daya, fokus itu sebaiknya cuma satu agar maksimal. Nah, dari berbagai perayaan yang sempat membuat aku bingung tadi akhirnya aku berpikir tentang ide kegiatan merayakan Hari Blogger Nasional di tahun-tahun berikutnya.

Apa sajakah itu? Yuks simak yuks!

Sekilas Tentang Hari Blogger Nasional

Sebelum kita merumuskan ide kegiatan di Hari Blogger Nasional, alangkah lebih baik jika kita mengulas sedikit tentang sejarah ditetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.
Sejarah hari blogger nasional
Pasalnya, Hari Blogger Nasional awalnya dikenal dengan nama Pesta Blogger. Pada tanggal 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA kala itu membuka sebuah acara untuk mewadahi para blogger yang ada di seluruh Indonesia. Ketika itulah dicanangkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Dua tahun setelah itu, istilah blogger semakin dikenal dengan munculnya nama Raditya Dika sebagai pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat.

Di tahun 2011, pesta blogger digelar kembali dengan berfokus pada berkumpulnya para blogger seluruh Indonesia dengan nama yang On Off Indonesia (OnOffID). Topik bahasan dalam event tersebut menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Aktivitas ngeblog diharapkan tak sekadar menjadi wadah curhat pribadi melainkan bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya. Sekaligus menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata.

Seiring berjalan waktu, istilah blog, blogging, dan blogger di Indonesia semakin dikenal. Sebab blog semakin berkembang dari masa ke masa, peminatnya juga semakin banyak, bahkan secara tata kelolanya juga mengalami peningkatan yang lebih profesional.

Tak heran jika beberapa teman mengaku senang menekuni "profesi" blogger. Kabarnya, sumber penghasilan dari seorang blogger bisa mencapai miliaran rupiah. Wow angka yang fantastis bukan?

Wah, menarik ya! Tentunya blogger dengan penghasilan tinggi ini bukanlah blogger pemula macam aku ya Sobat Hamim. Namun terlepas dari berapa jumlah nominal materi yang kita dapat sekali lagi tetap luruskan niat saat ingin menjadi seorang blogger.

Kenapa?
Sebab jika niatmu sejak awal hanya orientasi uang. Maka bersiaplah untuk mudah lelah, marah, kecewa bahkan stress berkepanjangan. Sebab menjadi blogger pro itu prosesnya gak singkat dan tantangannya juga berat.
Jadi, yuks saat ini fokus kembangin diri bersama blogmu. SANSESUS yuks, santai serius sukses hehehe!

Nah, pas lagi Hari Blogger Nasional juga nih! Kita bisa jadikan ini momentum awal Sobat Hamim buat merumuskan "Mau dibawa kemana blogmu setahun ke depan?" Atau buatlah "Blogging Goals ala Sobat Hamim!"

Tetap asyik bukan, jadikan blogger tak hanya soal uang tapi lebih dari itu yaitu kebermanfaatan minimal untuk dirimu sendiri. Betul tidak?

Adakah ide lain mengisi Hari Blogger Nasional ini?

Lima Ide Kegiatan Merayakan Hari Blogger Nasional Ala Hamimeha

Oke Sobat Hamim, ide kegiatan ini semacam bayangan saja sih di otakku sebenarnya. Tapi semisal ada yang bisa dieksekusi di tahun depan, why not?
Lima ide  kegiatan merayakan hari blogger nasional
Pertama, Gathering Hari Blogger Nasional

Kegiatan ini bisa dilakukan skala nasional maupun tingkat komunitas. Kegiatan ini terinspirasi dari pesta blogger yang sudah ada. Pastinya akan seru jika bisa saling bersua apalagi di dunia nyata.

Siapa tahu nih, para alumni blogspedia coaching dari setiap batch bisa kumpul dalam satu komunitas besar cupuers. Wah asyik bukan? Jika tak bisa kopdar maka online pun tak masalah.

Asyikan!?

Kedua, Festival Hari Blogger Nasional

Terpilihnya Raditya Dika sebagai pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2008 oleh indosat ini bisa diadopsi dalam rangkaian acara resmi.

Harapannya sih ini diadakan oleh kementerian yang berwenang. Apalagi istilah "bloger" sudah masuk KBBI bukan? Ini menunjukkan angin segar bahwa blogger semakin diakui.

Keberadaan blogger bukan hanya sebagai pelengkap dunia maya melainkan salah satu pemegang peran penting dalam memberikan literasi digital.

Jika pun belum bisa tingkat nasional, ide ini juga sangat bisa dilakukan oleh komunitas kok hehehe. Aku optimis akan banyak sponsor yang mau mendukung acara festival yang ditutup dengan blogger award. Apalagi saat ini era digital marketing menempatkan blogger dalam posisi influencer lho!

Duh bangga gak sih jika kita bisa jadi salah satu bagian pembawa kabar baik di jagad dunia maya!

Ketiga, Parade Hari Blogger Nasional

Parade ini nanti semacam serangkai acara berupa challenge dan webinar. Sebenarnya sudah umum dilakukan tapi akan menjadi menarik jika ini dilakukan selama sebulan penuh.

Coba bayangkan betapa Hari Blogger akan menggema seantero dunia maya. Semua nulis tentang dunia seputar blogger mulai dari pemula hingga profesional. Hal ini terinspirasi dari tidak banyaknya tulisan yang membahas tentang Hari Blogger Nasional.

Selain itu, aku pernah mengikuti sebuah parade literasi yang diadakah oleh salah satu komunitas penulis anak. Acaranya setiap akhir pekan dan sukses meski dilalukan pertama kali. Meskipun lewat online. Masya Allah ya!

Nah, bagaimana dengan para blogger yang sehari-harinya menulis di platform digital? Untuk ide kali ini sebenanrya bisa saja dilakukan perorangan. Asal ada niat dan kemauan untuk mewujudkannya.

Ada yang mau ikutan challenge ini tahun depan? Insya allah ya!

Keempat, Booster Artikel

Aku terinspirasi dari sebuah tulisan yang aku baca beberapa waktu lalu. Ada seorang blogger dari area Timur Indonesia, ia menuliskan pengalamannya hari itu. Secara kebetulan ternyata hari itu adalah Hari Blogger Nasional bertepatan di tanggal 27 Oktober.

Topik tulisannya berisi pengalaman mengajarkan membuat blog untuk seorang teman secara privat. Ia menulis dengan detail. Setelah posting ia baru sadar jika hari itu rupanya adalah Hari Blogger Nasional. Menurutnya, peristiwa dan tulisan itu menjadi berkesan karena pas momennya.

Wah seru gak sih jika di Hari Blogger Nasional semua para blogger pro mengajari blogger pemula atau yang mau belajar ngeblog terus diposting serentak di Hari Blogger Nasional. Dampak lain dari booster artikel ini akan menjadi media mengenalkan blogger lebih meluas.

Ah, aku bisa membayangkan akan banyak cerita menarik yang dikemas apik. Sobat Hamim bisa membayangkan juga tidak? Hehehe

Kelima, Refleksi Diri

Ide kegiatan ini sifatnya fleksibel sih, disesuaikan dengan kebutuhan perindividu. Hanya saja poinnya adalah menjadikan momentum Hari Blogger Nasional sebagai tahun barunya blogger.

Mungkin bisa menjadikan Hari Blogger seolah adalah tanggal 1 di tahun baru blogger versi kamu. Kamu bisa berdandan lebih istimewa hari itu, kamu bisa juga memberikan  selfreward atas pencapaian-pencapaianmu selama satu tahun menjalani peran sebagai blogger.

Tak lupa juga Sobat Hamim bisa membuat blog plan untuk target blog di satu tahun ke depan. Ini istimewa sih buat aku. Sebab momentumnya pas jadi suasananya lebih terasa.

Semua ide itu hanya euforia Sobat Hamim, namun sejatinya adanya Hari Blogger Nasional ini adalah bukti bahwa negara kita memberi ruang informasi kepada publik akan keberadaan para blogger di dunia ini khususnya Indonesia.

Sekaligus sebuah apresiasi atas berkembangnya blogger dari masa ke masa. By the way, lima ide kegiatan merayakan Hari Blogger Nasional di atas lintasan pikiranku saja. Jika pembaca ada idr boleh tulis di kolom komentar ya.

Siapa tahu idemu jadi inspirasi buat kita semua. Yukd terus berkarya!
Selamat hari blogger nasional

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

16 komentar

  1. Selamat hari blogger nasional mba! Aku udah ngeblog sejak tahun 2015, cuma sibuk kerja baru aktif banget lagi 3 tahun ini haha, pengen banget gathering bareng komunitas.

    BalasHapus
  2. Malah saya suka lupa peringatan-peringatan hari begini. Dan kemarin pun pas hari Blogger Nasional berkegiatan seperti biasa saja.

    Tapi saya sih suka ide yang kelima. Kalau hari Blogger Nasional itu dianggap seperti 'tahun baru' nya blogger dan saatnya untuk refleksi serta kilas balik setahun ke belakang sebagai blogger seperti apa.

    BalasHapus
  3. Ide mengisi hari bloggernya seru mbk. Apalagi bisa kopdar langsung ketemu banyak blogger lainnya. Duh pasti asik ya.

    BalasHapus
  4. Jadi inget saya juga dulu awal ngeblog pas SMA itu lagi zaman Raditya Dika, sampe gaya tulisannya banyak ditiru, tentang curhat pengalaman keseharian tapi dibikin lucu agak lebay kayak stand up comedy gitu. Istilahnya "personal literature" kalau ga salah, saya pun pernah ikut-ikutan kayak gini soalnya hihi.

    Alhamdulillah kalau saya sudah melewati hari blogger dengan tiga kali domain yg berbeda. Kangen juga ikut gathering sama temen2 blogger secara offline.

    BalasHapus
  5. Nggak kerasa November ini udah 14 tahun ngeblog.. dari zamannya SMA sampai sekarang punya anak 1. Dari zaman tulisan yang ala kadarnya dan ngikutin tren (Raditya Dika) sampai sekarang udah agak berkonsep lah, hehehe.. Seru banget mba ide kegiatannya. Semoga hari blogger ini memiliki makna tersendiri bagi para blogger-blogger Indonesia, ya!

    BalasHapus
  6. Betul, Mbak. Kalau dari awal ngeblog kita udah money oriented ya siap-siap aja kecewa. Kalau saya awal ngeblog itu karena mau berbagi pengalaman dan itu menyenangkan sekali.

    BalasHapus
  7. Selamat hari blogger Nasional ya, Kak Hamim. Kalau aku biasanya, nostalgia an zaman zaman awal ngeblog, baca2 postingan lawas, sama refleksi blog juga.

    BalasHapus
  8. Paling suka dengan event kopdar aka Blogger gathering sih ka. Soalnya bisa sharing dan ketemuan sama banyak Blogger. Semoga pandemi cepat usai ya, biar bisa kopdar, udah kangen banget sama banyak Blogger di komunitas 😁

    BalasHapus
  9. Kalau saya merayakan hari blogger nasional kemarin dengan update ilmu ngeblog kepada para suhu, Kak. Biar bisa meningkatkan kualitas diri dan kualitas blog tentunya.

    BalasHapus
  10. Bener juga ya, gak kepikiran anggap hari Blogger Nasional sebagai tanggal 1 di tahun barunya. Jadi bisa terus pasang resolusi dan mulai komitmen sama yang udah dijalanin. Uwuuuu makasi idenya kakk!

    BalasHapus
  11. wah seru banget kegiatannya, ga salah berarti aku memulai untuk jadi blogger.
    Salam dari newbie, semoga juga bisa keren seperti mbak.

    BalasHapus
  12. Selamat hari bloger, Mba Hamim. Saya juga baru 1 tahun pakai domain TLD. Alhamdulillah berkat nimba ilmu sana sini jadi mulai terbuka mutiara yang tersimpan dalam aktivitas blogging ini. Terima kasih buat pencerahannya, ya, Mba Hamim.

    BalasHapus
  13. blog itu wadah cerita yang menghasilkan ya mba. Bahagia banget kalau udah ketemu blogger keren, bisa sedot ilmunya. dan biasanya mereka ga pelit ilmu buat newbie kayak saya. hehehe

    ditunggu tulisan-tulisan keren lainnyaaa

    BalasHapus
  14. Duluuuu banget aktif ngeblog di multiply, setelah ditutup akhirnya ga ngeblog lagi. Baru semangat lagi awal tahun ini, semoga bisa istiqomah seperti kakak Hamim :)

    BalasHapus
  15. Selamat hari Blogger! Menarik nih ide-idenya. Yang nomor 2 tuh bisa dibikin model online juga kayaknya jadi bisa menjangkau blogger di semua daerah.

    BalasHapus
  16. Wah, ide-idenya menarik, saya jadi ingin belajar jadi blogger juga, meski mengenal wordpress uda lama sejak smp, tapi niat menulis baru bertumbuh sejak 2019, so kita belajar bertahap, bukan?

    BalasHapus

Posting Komentar