=Hamimeha

Lima Alasan Gabung SEO Moms Community

7 komentar
Alasan gabung SEO Moms Community
Hai Sobat Hamim!

Sepuluh tahun lalu aku pernah menulis di buku diary namanya. Kelak aku akan menjadi seorang penulis yang namanya akan dikenal dimana-mana. Aku akan menulis hal-hal inspiratif sehingga siapapun yang membaca tulisanku akan mendapat inspirasi.

Apakah mimpi itu terealisasi?

Sejujurnya belum namun ada hal lain yang menggantikannya. Apakah itu? Coba deh kalian search di kolom pencarian google dengan kata kunci Hamimeha. Maka Insya Allah Sobat Hamim akan menemukan halaman pertama google adalah blog hamimeha.com

Antara bangga dan geli. Aku bersyukur atas pilihan nama ini. Namun di lain sisi juga sedih, sebab sejak berkecimpung di dunia google masih banyak hal yang belum aku tahu tentang dunia blogging. Salah satunya adalah seputar SEO.

Pasalnya, SEO adalah cara kita bisa menembus google sehingga artikel kita bisa "nangkring" di page one-nya google. Dengan kata lain, tulisan kita memang sudah memenuhi kaidah-kaidah yang membuat menemukan kita melalui SEO ini.

Sayangnya, ilmu seputar SEO yang aku miliki sangat sedikit. Alhamdulillah, jagad dunia maya sangat luas dan masih ada orang-orang baik yang mau berbagi ilmu. Sehingga membuatku bisa belajar lebih tentang SEO.

Ruang belajarku seputar SEO adalah SEO Moms Community. Sobat Hamim pernah dengar tidak?

Oke, kita akan mengulas di uraian selanjutnya ya. Sekaligus akan aku jabarkan lima alasan gabung SEO Moms Community versi hamimeha.

Sekilas Tentang SEO Moms Community

Kata orang tak kenal maka tak sayang! Oke, kita kenalan dulu dengan SEO Moms Communitu ya Sobat Hamim.
Tentang SEO Moms Community

Terbentuk pada tanggal 25 Januari 2020, SEO Moms Community yang bisa kita singkat SEOMOC ini memiliki tujuan mulia lho! Pasalnya lahirnya komunitas ini adalah sebuah perwujudanrasa sayang dan cinta dari Founder SEO Moms Community kepada Ibunda tercinta yang wafat pada tanggal 25 November 2019, yaitu Mudiyah Binti Sangaran. Masya Allah ya!

Menariknya lagi, SEOMOC ini membuka kelas tanpa dipungut biaya. Nah lho! Padahal nih kata pepatah lama "Jer Basuki Mawa Bea". Ehm, tapi bukan berarti tak ada "bea" juga sih. Sebab lahir ketika pandemi, SEOMOC biasanya mengadakan pertemuannya lewat online. Jadi siapkan kuota iket yang cukup ya, hihihi. Dengan kata lain, tetap butuh biaya ya dalam bentuk berbeda. 

Selain perwujudan rasa sayang dari bakti sang founder yakni Qbenk \ Bang Q. Harapan besar dari SEO Moms Community ini adalah mampu meningkatkan kemampuan blogger, terutama blogger perempuan, di Indonesia dalam mengelola blog yang mereka miliki baik dalam tampilan maupun dalam struktur penulisan yang sesuai dengan target pembaca di mesin pencar

YES!
Pas banget kan dengan kebutuhanku selangkah mewujudkan mimpi. Ehm, mungkin Sobat Hamim akan berpikir kan banyak webinar atau artikel-artikel yang membahas seputar SEO di luar sana? Gratis juga kok, kenapa lebih memilih SEO Moms Community?

Oke Sobat Hamim, kita akan menemukan jawabannya di penjabarannya selanjutnya ya!

Lima Alasan Gabung SEO MOMS COMMUNITY

Taraaaaa, yup aku akan menuliskan lima alasan gabung SEOMOC. Sejujurnya ini alasannya sangat pribadi ya, namun aku yakin siapapun yang bergabung dengan SEOMOC ini alasan utamanya adalah ingin belajar SEO.

Yaiyalah, masak belajar masak!
Alasanku gabung SEOMOC

Pertama, belajar lebih tentang SEO Plus Plus

Alasan utama dan pertama yang jelas adalah belajar SEO sebab judulnya saja SEO kan ya? Namun lebih dari itu aku mengamati bahwa dalam belajar SEO itu sepertinya tidak cukup sekedar tahu kaidah SEO saja.

Aku percaya bahwa dengan bergabung dengan SEO Moms Community ini aku mendapatkan banyak ilmu lebih dari sekadar SEO. Apalagi setelah aku merasakan kurang lebih sebulan ini membuktikan bahwa Blogger / SEO Webmaster asal Pontianak Kalimantan Barat ini tak pelit ilmu dalam berbagi wawasan dengan kami.

Alhamdulillah, aku bersyukur bisa duduk manis di ruang belajar ini. Semoga berkah ilmunya ya BangQ dan team.

Kedua, Rekomendasi Orang Terdekat

Hahaha, alasan yang mungkin agak aneh. Ibarat beli sesuatu, sebelum memutuskan membeli biasanya aku akan bertanya-tanya atau sekadar cari tahu tentang barang tersebut. Namun, aku bisa membeli sesuatu dengan hanya orang terdekatku merekomendasikannya.

Kenapa bisa begitu? Dalam pikiranku, orang terdekat adalah orang yang bisa dipercaya. Artinya, apa yang mereka rekomendasikan tentu adalah hal-hal yang baik untuk kita.

Nah, termasuk SEOMOC ini. Eits, bukan ingin menyamakan SEO Mom Community dengan barang yang bisa dibeli ya. Akan tetapi, SEOMOC ini adalah rekomendasi dari orang terdekatku maka aku bisa ambil kesimpulan bahwa SEOMOC ini bagus. Khususnya buatku yang pemula di dunia blogger.

Sejujurnya tak hanya satu atau dua orang yang merekomendasikan. Dan hal itu membuatku semakin mantap untuk gabung di komunitas yang beranggota ibu-ibu ini.

Fakta setelah gabung memang benar adanya, aku jadi belajar lebih luas wawasan tentang seputar SEO, lebih dari sekedar basic sih atau aku yang memang pengetahuan tentang SEO masih minim. 

Ketiga, berbentuk komunitas bukan sekedar webinar

Sebagaimana aku sempat sampaikan di awal. Belajar SEO banyak kok di luar sana, berupa webinar atau kelas yang free juga. Kenapa pilih mendaftar di SEO Moms Community?

SEO ini adalah ilmu yang menurutku semacam seni. Jadi belajarnya tak cukup sekali tatap muka. Kita butuh interaktif dan mengupgrade wawasan kita seputar SEO.

Bergabung di sebuah komunitas bagiku adalah pilihan bijak bagiku. Sebagai orang sanguinis yang suka dengan perkumpulan serta ramai-ramai. Aku memilih komunitas sebagai media belajar SEO buatku. Apalagi jika bisa belajar langsung ke ahlinya dan interaktif pula secara berkelanjutan. 

Alhamdulillah, kami yang tergabung di SEO Moms Community ini belajarnya bisa beberapa kali pertemuan lho baik virtual dan diskusi melaluo forum group whatsapp. Asyikkan!

Nah, terjawab bukan kenapa memilih berkomunitas? Satu lagi, jadi memiliki jejaring lebih luas karena SEO Moms Community membernya para blogger perempuan Indonesia dari berbagai daerah.

Keempat, tersebar di seluruh  Indonesia dibagi dalam wilayah

Oh ya aku belum cerita bagaimana mengenal SEOMOC ini. Awal mula tahu SEOMOC ini karena seorang teman yang tahu aku sedang belajar jadi blogger.

Kala itu beliau menyarankan, gabung aja ke SEOMOC! Aku sudah gabung lho katanya! Nah, dari situlah aku mencari info tentang SEOMOC melalui akun media sosialnya. Eits, aku juga stalking akun IG nya hahaha.

Dan apa yang aku dapat? Kecewa!
Kenapa? Karena ternyata untuk gabung SEOMOC tidak bisa sewaktu-waktu, seperti  langsung isi form, follow ini itu terus bisa langsung gabung deh. Eits, bukan begitu prosedurnya.

Sebab untuk bisa bergabung dengan SEO Moms Community harus menunggu open recruitment dari mereka per masing-masing wilayah. Ih, gemes gak sih!

Akan tetapi di sisi lain terselip rasa bangga juga, artinya komunitas yang baru berumur 2 tahun ini memang serius dalam penerimaan anggotanya. Apalagi jika ternyata sudah ada pembagian per wilayahnya, merasa eksklusif begitu.

Infonya, SEIMOC ini terbagi dalam enam wilayah saat ini yaitu wilayah Sumatera, Jawa Timur, Sulawesi, Madura, Bali Nusra, dan Jabodetabek. Setiap wilayah ada satu admin penanggung jawab wilayah. 

Nah, di SEO Moms Community Batch#4 ini kemarin open pendaftarannya kebetulan bukan perwilayah melainkan langsung jalur umum guys. Tumpek blek seluruh Indonesia duh rame banget kan! 

Namun saat pertemuan virtual semua SEOMOC dari batch berapapun bisa ikutan jadi semakin akrab deh!

Kelima, selangkah mewujudkan mimpi

Poin terakhir ini sangat privasi ya hahaha. Aku sendiri kadang geli dengan alasanku bergabung di suatu komunitas. Aku kadang memang agak melankolis.
Selangkah wujudkan Mimpi bersama SEOMOC
Seperti pernyataan ku di awal, aku pernah bermimpi menjadi penulis yang namanya bisa dikenal. Artinya karyaku harus bisa diketahui oleh banyak orang bukan?

Nah, belajar SEO ini akan mendekatkanku dalam mewujudkan mimpi itu. Teringat seorang teman pernah menasihatiku, "Sayang sekali jika kamu sudah menulis yang berkualitas dan memberi banyak manfaat tapi ternyata minim pembaca hanya karena apa yang kamu tulis tidak ditemukan oleh pembacamu."

Awalnya aku bingung, kok bisa tidak ditemukan oleh pembacaku. Kan aku rajin share di media sosial, di status wa, atau grup yang aku punya. Namun rupanya yang dia maksud adalah tulisanku tidak menjangkau pembaca yang lebih luas di google.

Karena tulisanku tenggelam diantara tulisan lain yang nangkring di page one google karena kalah dalam tata penulisannya dari segi SEO. Oh, I see! Maka itulah alasan yang membuat aku jadi bersemangat gabung di SEO Moms Community.

Nah, Bang Q sangat menekankan tuh di awal pertemuan bahwa dengan kita memahami dasar-dasar SEO maka itu sama artinya kita sedang menanam pondasi yang kuat di blog kita. Sehingga hal ini bisa memicu google untuk terus bisa mengindeks artikel kita. 

Dengan kata lain, artikel kita akan mudah ditemukan pembaca donk!

Satu hal penting yang perlu Sobat Hamim ketahui, bahwa sejatinya menjadi seorang blogger itu tidak ada kata berhenti untuk belajar. Nah, gabung dengan komunitas atau circle yang menguatkanmu akan menjaga kita untuk terus berkembang.

Alasan gabung SEO Moms Community yang aku jabarkan di atas merupakan caraku menjaga konsisten semangat untuk terus ngeblog  dan menebar kebermanfaatan lebih luas. Aamiin.

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

7 komentar

  1. Alhamdulillah ya bisa gabung di seo moms community. Banyak ilmu baru dan pastinya lebih paham tentang seo.

    BalasHapus
  2. ikut SEO Moms Community ini banyak sekali ya ternyata manfaat yang bisa didapatkan

    BalasHapus
  3. Aseeek mba Hamim udah officially anggota semoc nihhh. Kita ketemu di grup jatim yah, insyaAllaah. Keren2 emang seomoms ini, seneng banget bisa dikasih kesempatan untuk ikutan semoc juga kemarin

    BalasHapus
  4. bagaimanakah bisa gabung di SEOMOC ini mba, saya pengen belajar juga gabung sama komunitasnya untuk nambahin ilmu

    BalasHapus
  5. Wah, mau gabung juga dongn ¿》•♡.

    BalasHapus
  6. Wah, mau gabung juga dong, Mbak. Kapan oprec lagi, ya? Mau dong, aku dicolek. Pengin belajar juga.

    BalasHapus
  7. Aku gabung DIY mba Mim, belum ikutan kelas lanjutan lagi karena sakit sebulanan aku jadi semoga bisa ikutan yang kelas lanjutan mas Qbenk.

    BalasHapus

Posting Komentar