=Hamimeha

Milah Smart Sosok Perempuan Muda Berdaya Masa Kini

24 komentar
Milah smart sosok perempuab muda berdaya
Hai Sobat Hamim, bagaimana kabarnya? Semoga dalam kondisi sehat. Nah, di kesempatan kali ini aku mau bercerita tentang seorang kawan yang "langka".

Kok langka?

Karena dia perempuan muda tapi multitalenta. Pernahkah Sobat Hamim menggunakan powerpoint sebagai media berbagai desain? Setahuku pun PPT ini media presentasi. Namun di tangan cewek berjilbab ini rupanya PPT bisa memiliki nilai lebih.

Tak hanya itu, segudang prestasi dan pengalaman hidupnya yang luar biasa bisa kita jadikan petikan hikmah nih. Khususnya buat para kaula muda.

Tak berlama-lama yuks simak ulasan tentang Milah Smart Sosok Perempuan Muda Berdaya Masa Kini

Mengenal Sosok Milah Smart

Perempuan berdarah Sunda yang tinggal di Lampung ini adalah anak ke-3 dari 7 bersaudara. Terlahir dari keluarga pencinta buku Milah tumbuh sebagai anak dengan pemikiran yang patut diacungi jempol.

Layak jika sepanjang menempuh jenjang akademik Milah menyabet beberapa prestasi. Putri dari pasangan Siti Masuro dan Jalaluddin ini bisa dibilang kebanggan keluarga. Selain dari sisi akademik, kemampuan bidang olahraga dan skill lainnya juga tak diragukan lagi. 

Bahkan membawa perempuan pelahap buku motivasi ini sebagai fasilitator bersertifikat, slide designer muslimah, dan founder dari slide sehatku.

Filosofi Unik dibalik nama Milah Smart

Nah, yuk kita kenalan dengan sosok Milah Smart lebih dekat melalui filosofi dibalik kata Milah Smart. Jadi, nama Milah memang nama asli dari hijaber ini, Jamilah.

Uniknya nama ini baru resmi tertulis di akte saat dia usia 7 tahun. Dengan alasan nama Zam Zam Jamiatu Sholehah--sebagai nama kecilnya dia hingga usia 7 tahun--dianggap terlalu oleh panjang.

"Nama Zam Zam Jamiatu Sholehah terlalu panjang dan tidak bisa ditulis di kertas ujian nanti," tutur Ayah Milah ketika Milah kecil memasuki jenjang sekolah tahun 2001.

Wah, ada-ada saja nih Pak Jalaluddin. Tapi its oke ya, tampaknya nama Milah dari kata "Jamilah" yang artinya cantik sekarang sudah semakin dikenal oleh banyak orang. Semoga cantiknya luar dalam ya Kak Milah.

Nah, bagaimana ceritanya dengan "Milah Smart"?
Filosofi Milah Smart
Mila Mujahidah, Mila Syahidah, Azzam Mujahidah, dan kabarnya masih banyak lagi adalah nama pena yang pernah Milah pakai. Namun setelah perenungan panjang nama-nama tersebut akhirnya bergeser dari kesan fanatis menjadi lebih universal yakni Milah SMART.

Tepat pada tahun 2016, Milah Smart ini jadi brand gadis kelahiran 15 Januari dari desa Datar Lebuay. Kata "SMART" dalam Bahasa Inggris berarti pintar rupanya adalah bagian dari doa, harapan, dan cita-cita Milah.

Pasalnya, menurut Milah kata Smart ini membawa makna orang yang smart ini adalah orang yang mampu mempersiapkan dirinya dengan amal-amal sholih, istiqomah dalam aqidah, ibadah dan muamalah dalam menjalani peran apapun dalam hidupnya hingga maut menjemput. Masya Allah ya Sobat Hamim!

Selain mengandung makna yang dalam rupanya penjabaran cita-cita itu terangkum dalam kepanjangan akronim SMART lho.

Apakah ada yang punya brand semacam Kak Milah ini? Hehehe. Nah, kita lanjut deh fakta-fakta Milah Smart yuks!

Fakta Milah Smart Sosok Perempuan Muda Berdaya Masa Kini

Termotivasi dengan pertanyaan "Ingin kenal seperti apa?". Sosok Milah Smart kemudian berkiprah dengan bidang yang saat ini digelutinya yakni design grafis. Tak hanya design grafis, Milah Smart ini juga berkarya di beberapa bidang lainnya. 

Yuks simak bagaimana Milah Smart memberdayakan skillnya!


Fakta tentang Milah Smart
Fakta pertama, berdaya sebagai pebisnis di bidang design grafis

Awalnya Milah berkecimpung dengan dunia design grafis menggunakan berbagai program mulai dari photoshop, coreldraw, dan lain sebagainya. Di i tahun 2019 perempuan bermotto "Man Jadda wa Jada" ini mengambil kursus powerpoint. 

Gak tanggung-tanggung, gadis yang lulus dengan peringkat Cumlaude ini belajar dunia powerpoint secara sertifikasi "Advance" bareng Bang Andy Sukma Lubis ( Pemilik Lembaga Melukis Slide dengan Hati).

Sejak itu Milah memiliki pemikiran selalu yakin bahwa lebih baik punya satu skill yang dikuasai hingga akarnya, daripada punya seribu skill tapi tidak satupun yang dikuasai hingga akarnya.

Nah, inilah yang menjadikan fakta bahwa Milah Smart sosok muda berdaya masa kini.

Di usianya yang masih 20-an, ia telah melahirkan sebuah bisnis digital. Lahir lembaga Slide Ku Sehat (SKS) pada 29 Maret 2021 yang diprakarsainya secara mandiri.

"Ini adalah bagian dari konsekuensi, aktualisasi, strategi dan implementasi dari kata SMART itu sendiri. Skill yang Milah tekuni saat ini dianggap sebagai jalan juangnya dalam berkontribusi dan bermanfaat bagi orang lain," terang Milah di suatu kesempatan.

Di tahun 2021 tepatnya bulan Maret, diresmikan Milah Digital Printing yang fokus untuk pembuatan jasa undangan digital. Meski demikian, Milah Digital Printing juga masih melayani jasa pembuatan produi-produk desain seperti pembuatan fliyer, banner, dan lain sebagainya. 

Fakta kedua, berkiprah di dunia kepenulisan.

Termotivasi dari pernyataan terkenal seorang ulama besar Imam Al- Ghazali juga mengatakan "Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis" ini lahirlah berbagai karya di bidang kepenulisan sebagai buah pikir Milah.

Di era menjamurnya gerakan menulis serta kelas-kelas menulis. Milah juga mengambil bagian dalam menorehkan catatan kebaikan melalui tulisan serta telah melahirkan 6 karya antologi. Selain itu, ia juga memiliki karya jurnalistik (berita) yang dimuat di berbagai portal berita online ternama di provinsi Lampung.

Tak cukup jadi penulis saat ini Milah Smart merambah dunia para blogger lho!

Fakta ketiga, menjadi narasumber di berbagai seminar maupun kelas-kelas designer grafis dengan powerpoint maupun topik lainnya. Tak cukup jadi pemateri, rupanya juga berdaya sebagai juri design grafis.

Tak jarang juga menjuarai beberapa challenge dan giveaway bergengsi. Wah, memang pandai membaca peluang nih Kak Milah.

Fakta keempat, pekerja keras dan berdedikasi tinggi

Terkenal aktif dan telah menjadi aktivis sejak dini. Milah Smart terus meningkatkan wawasan dan keterampilannya hingga kini. Tergabung dalam beberapa komunitas maupun menimba ilmu di berbagai kesempatan.

Meski sudah berkecimpung dengan dunia design grafis sebagai pemateri maupun owner dari bisnis digital. Milah Smart ini juga masih mendedikasikan dirinya di dunia pendidikan.

Pernah menjadi pengajar bimbingan belajar alquran di TPQ As-Sakinah Sukarame dari 2014-2017. Dan kini berkiprah sebagai tim humas SIT Darul 'Ilmi Bandar Lampung sejak tahun 2017 hingga sekarang.

Waw, super sibuk sekali ya aktivitas kak Milah Smart ini. Tampaknya menyematkan perempuan muda berdaya di sosok kak Milah bukanlah hal berlebihan.

Menurut KBBI, “Berdaya” artinya berkekuatan, berkemampuan, bertenaga. Bisa dikatakan bahwa “berdaya” itu kemampuan melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak untuk mengatasi masalah.

Merujuk pada makna berdaya dan usia kak Milah Smart saat ini. Karya serta komitmennya dalam terus mengupgrade diri menjadikan Milah Smart sosok perempuan muda berdaya masa kini.

Mau buktinya?

Bisa cek juga follower instagram kak Milah Smart yang sudah mencapai belasan ribu. Dengan kata lain, dia mengikuti trend masa kini di era digital saat ini. 
Akun Instagram: @milahsmart

Akun Facebook: Milah Smart

Email: milahsmart@gmail.com

Twitter: milah_smart

Whatsapp: 0821 8690 2643

Telegram: 0821 8690 2643

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

24 komentar

  1. Wow tulisan yang sangat menginspirasi pérempuan masa kini. Keren banget kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss...sebab dunia digital.menuntut kita untik kreatif

      Hapus
  2. jadi dari PPT mbak Milah ini buka usaha percetakan gitu yah yang aku tangkap di tulisan. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuka layanan jasa produk digital kak. Semisal bikin fliyer banner dan semacamnya :)

      Hapus
  3. Nama menjadi pemacu meningkatkan kemampuan dan membuktikannya, semoga aku juga bisa menjadi profesional dalam satu bidang yang bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Go go go kak novia akupun ini meniti jalan pelan2 emak2 nih punya balita jadi ya begitulah..

      Hapus
  4. Kisah mbak Mila ini sangat menginspirasi para anak muda untuk selalu berprestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. kak. Mindset berpikirnya juga keren sejak kecil

      Hapus
  5. Masya Allah, diumur 20an udah mulai berbisnis, aku ngapain ya umur segitu? Wkwk..

    Milah sosok wanita berdaya masa kini yang patut dicontoh perempuan-perempuan muda lainnya sipaya bisa berperan aktif untuk masa depannya kelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa jadi inget sempat viral ada pernyataan umur 20 dapat penghasilan 100 juta ...

      Iya gak sih pernh gak sih pernyataan ini viral. Hehehe

      Hapus
  6. Masyaallah keren banget. Nama bukan sembarang nama ya. Ada banyak arti dari nama milah smart ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes penuh filosofis dan perenungan panjang

      Hapus
  7. Sama nih suamiku seneng banget desain pakai power point. Aku masih lebih suka canva wkwk. Karena kutahu aku gak punya bakat desain kecuali template wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hahahhaa emang ppt ini banyak sekali y fungsinya wah mainku kurang jauh hahaha akupun pengguna canva

      Hapus
  8. Emang perlu ya kak kita tahu sosok-sosok perempuan hebat supaya terinspirasi dan jadi sekeren mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup kak arai. Macam kak arai ini juga sosok inspiratif juga senang bisa kenal kaka arai meski lewat dumay

      Hapus
  9. Aku suka nih sama perempuan pintar dan berdaya sprti Kak Milah ini. Personal brandingnya patut diitiru. Semoga aku bisa mengikuti jejak beliau ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah boleh nih kak jalan2 ke blog beliau

      Hapus
  10. Jadi pengen ikutannn. Gapernah oprek powerpoint soalnya. Ada kelasnya sendiri yaah. Kabarin aku dong mbaa kalau ada kelas powerpoint lg hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung meluncur ke blognya mbak aja mbak Jihan.. kak mila buka layanan privat juga kayaknya

      Hapus
  11. waw, keren banget filosofi nama smart. jadi personal branding yang kece ya. luar biasa menginspirasi mb Milah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mom sendy juga.. selalu suka dg postingan yg inspiratif
      Selalu bersyujur dipertemukan orang2 keren disekitarku

      Ka milah dan mom sendy ini salah dua diantara yg banyak

      Hapus
  12. Wow, emang keren banget, mbak Milah ini ya. Bikin semangat untuk menekuni bidang yang disukai. Moga makin banyak pemuda seperti mbak Milah ini, ya..

    BalasHapus
  13. meskipun pakai canva masih jadi idola, ternyata pakai ppt ini cukup seru juga ya mba. Saya otak atik buat desain di ppt ternyata bisa. Apalagi klo udah lihat desain Mba Milah. Sampai ber ooh, bisa lo ternyata ppt buat desain cakep kayak gini.

    BalasHapus

Posting Komentar