=Hamimeha

Short Course Blogger Caraku Rayakan Hari Blogger Nasional, Seru!

15 komentar
Short course blogger
Short course blogger caraku rayakan Hari Blogger Nasional ini aku tuliskan sebagai bentuk euforia ku sebagai blogger pemula. Sebab pelaksanaan acaranya berdekatan dengan Hari Blogger Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 Oktober. Sedangkan serangkain short course blogger dilaksanakan mulai tanggal 26-28 Oktober 2021.

Dengan membawa semangat blogger pemula yang lagi senang belajar, aku sangat antusias bahkan sejak diwacanakannya parade webinar ini. Kenapa seantusias itu?
Jujur membuatku penasaran sejak kegiatan ini diwacanakan.

Hal tersebut dikarenakan acara yang bertajuk "30 Juta Pertama dari Blog" selain dilaksanakan virtual juga menghadirkan tiga pemateri kece di bidangnya. Ada mbak Shafira mom blogger yang berfokus pada topik parenting islami, tulisan dari Mbak Shafira ini selalu renyah untuk dinikmati.

Ada Mbak Jihan si hobi menang lomba, pasalnya di saat mengisi acara ini sudah 33 lomba yang telah dimenangkan oleh perempuan asal Malang ini. Nah, terakhir diisi oleh Bang Rozak. Pemilik ratusan blog ini sudah tak diragukan lagi ilmunya dalam per-SEO-an. Ada yang belum tahu kah apa itu SEO?

Ehm, kalo gitu yuks simak ulasan tentang short course blogger yang aku ikuti dalam rangka merayakan Hari Blogger Nasional ala aku yukk!

Motivasi Lahirnya Short Course Blogger

Oh ya, aku mau cerita dulu nih Sobat Hamim tentang apa motivasi lahirnya short course blogger ini. Rupanya webinar singkat ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pertanyaan yang masuk kepada mbak Jihan untuk sharing kiat-kiat menang lomba ala beliaunya.

Saking banyaknya mungkin ya Sobat Hamim, sehingga Mbak Jihan berinisiatif mencari cara agar bisa menjawab dengan efektif dan efisien pertanyaan itu melalui webinar singkat ini.

Tak hanya memaparkan materi sendiri, di serangkaian short course ini pemilik blog jeyjingga.com itu menggandeng dua blogger kawakan lainnya untuk sharing ilmu di bidangnya masing-masing. Mantap kan!

Eits, for your information bahwa short course blogger ini biayanya nol rupiah alias gratis. Wah, bagai mendapat durian runtuh bukan bisa hadir di tiga hari penuh insight ini.

Insight Selama Mengikuti Short Course Blogger

Taraaa, sampailah di menu yang paling ditunggu Sobat Hamim kan! Jadi, kalo mau ditulis semua rasanya tak cukup deh. Maka aku akan membagikan insight dari masing-masing materi yang telah dipaparkan pemateri kece di atas ya.
Pertama, kunci meramu tulisan

Kedua, jurus jitu menang lomba

Ketiga, strategi menembus google

Yuhuii, kita akan memasuki materi perdana di short course blogger. Materi ini akan disampaikan oleh mbak Shafira. Momblogger yang cukup aktif menulis diberbagai platform.

Oke, pemaparan hari pertama ini blogger cerita mamah ini menekankan lagi apa tujuan kita ngeblog. Duh, aku merasa tertohok nih. Dengan pernyataan beliau, "Memang akan beda rasanya jika kita menulis orientasinya UUD". Seperti itu kira-kira pernyataannya.
Perlu banget menguatkan niat dan menemukan big why kita sebelum ngeblog. 
Aku sepakat banget pernyataan di atas. Sebab untuk menjadi blogger profesional itu prosesnya panjang. Selain itu harus siap belajar terus menerus pastinya untuk meningkatkan kemampuan sebagai seorang blogger.

Termasuk hal-hal yang perlu disiapkan saat memulai ngeblog adalah menentukan niche blog kita. Apakah single niche atau multi niche alias gado-gado. Maksudnya gado-gado adalah topik dalam satu blog bisa bermacam-macam. Biasanya disebut lifestyle blogger.

Meskipun lifestyle usahakan blog kita tetap fokus pada beberapa topik yang dominan. Hal ini bertujuan agar memudahkan kita membranding diri juga, serta menentukan tulisan apa yang akan kita posting. Oke kembali ke materi ya, hehe.

Kunci Meramu Tulisan ala CeritaMamah

Nah, terutama salam meramu tulisan. Perempuan asal Bekasi ini sudah menggeluti dunia blogger sejak 2006 lho, layaklah jika urusan tulis menulis emang udah jagonya.

Apa saja tips dari Mbak Shafira Adlina dalam meramu tulisan ?
Tips mengolah tulisan lebih oke

Pertama, temukan topik yang sesuai

Ohhoo, ini erat kaitannya dengan apa niche dari yang Sobat Hamim buat nanti. Tentu berkaitan juga dengan target pembaca.

Ini penting agar kita lebih mudah memberi kita arahan mau menulis apa untuk siapa. Jangan sampai niche blog parenting tapi membahas teknologi yang itu jauh dari aktivitas parenting. Dengan sasaran emak-emak pula, kan gak nyambung.

Beda lagi jika kita menulis tema teknologi tapi yang ada hubungan dengan kebutuhan parenting misal review web atau app untuk tumbuh kembang, game yang edukatif, gadget untuk membantu kesuksesan PJJ, dan lain sebagainya.

Kedua, kemas judul seunik dan semenarik mungkin

Orang tuh biasanya jatuh cinta pandangan pertama. Katanya sih begitu, nah tulisan pun sama. Ibarat membaca koran maka headlinenya harus cetar tapi gak clickbait ya, ngeprank itu namanya.

Mungkin pertama kali orang ketipu dengan judul yang wow tapi isinya gak sesuai.Namun selanjutnya malah bikin mereka infil. Sebagai blogger kita juga perlu membuat pengunjung kita kembali bertamu diblog kita kan?

Yes! Pengemasan judul yang unik dan sesuai dengan isinya akan menjadikan pengunjung setia pada kita. Ya gak?

Ketiga, pastikan format tulisan user friendly

Yup diingatkan terkait format penulisan nih. Meski terbilang teknis tapi ini urgent lho!

Aku pernah punya pengalaman di kritik gegara tulisan di blogku terlalu kecil. Gak asyik kan jika gara-gara font kecil membuat pengunjung kita tak jadi membaca.

So, pilihlah format tulisan dengan jenis font dan ukuran yang ramah di mata. Misal jenis arial ukuran 14-22 px, agar lebih manis dilengkapi dengan infografis. Eits, secara psikologis orang lebih suka tulisan yang ada infografisnya lho!

Selain itu, bikinlah tulisan yang sistematis ketika membacanya. Misal seperti linsticle atau subheading. Sehingga pembaca lebih mudah membaca bab-bab yang ingin disajikan.

Keempat, u
pgrade kualitas tulisanmu

Tipsnya adalah banyak baca, rajin cari referensi dari konten dengan topik yang sama, jangan menulis terlalu panjang dan bertele-tele. 
Kuncinya, saat menulis maka posisikan diri juga sebagai pembaca.
Hal ini akan memberikan pengalaman bagi kita untuk menyajikan tulisan yang sesuai kebutuhan dan kenyamanan membaca. Sebab blogger ini ibaratnya seperti jualan ide melalui tulisannyakan?

Nah, bagaimana ide ini dikemas menarik agar pengunjung semakin banyak yang berdatangan. Inilah fungsi dari meramu tulisan menjadi menarik.

Terlepas dari cara pengemasan yang tak boleh terlupa ada isi dari tulisan yang memang bermanfaat. Strategi yang ditawarkan Mbak Shafira adalah metode piramida terbalik. Kalau kita biasanya sebut seperti menulis paragraf deduktif.

Kita menjelaskan gambaran umum lalu berlanjut ke detail dari topik yang ingin kita sajikan untuk pembaca.

Wah sejujurnya panjang dan sangat menarik ya short course ini. Materinya padat tapi sayang waktu terbatas.

Aha, yang tak kalah menarik pemaparan Mbak Shafira di sesi perdana ini adalah bagaimana mengumpulkan pundi pundi rupiah dari ngeblog?

Secara singkat saja ya Sobat Hamim, peluang sumber penghasilan dari ngeblog ini adalah
 :
Peluang penghasilan dari blog
a. Bergabung dengan marketjob seperti sosiago,, vira, Rajablacklink, intellifluence, dan lain-lain
b. konten placement : ini biasanya berupa kita diminta untuk memposting tulisan yang bahannya sudah ada dari klien kita bisa mengedit sesuai bahasa sendiri.
c  sponsor post adalah jasa penulisan artikel di blog kita yang tujuannya untuk mempromosikan produk, menanam backlink, meningkatkan brand awarness dll.
 d. iklan : Umumnya yang kita kenal ada google adsense
e.  Afiliasi : Kita bisa sebut sistem kerjasama ini semacam marketing dari blog kita. Biasanya pemilik produk akan memberika  komisi jika terjadi penjualan dari klik atau promosi yang kita lakukan

f. Lomba blog : Kok bisa? Jika kita memiliki potensi dalam membuat tulisan yang bisa merebut hati juri maka memenangkan lomba blog yang nyaris selalu ada setiap bulan. Maka lomba blog bisa kita jadikan penghasilan lho. Lumayan lagi hadiahnya!

Meski terdengar menggiurkan karena ngeblog bisa mendulang cuan. Sekali lagi aku ingetin, bahwa jangan jadikan uang sebagai orientasi utama ya. Capek! Serius deh! Sebab ngeblog itu tak sekedar tentang uang kok. Saat ini fokus dulu dengan memperbaiki kuantitas dan kualitas blogmu. Oke!
Quote shoret course blogger
Yupi, ini masih hari pertama masih ada dua hari yang gak kalah seru lho. Bocoran nih hari kedua dari short course blogger yang aku ikuti akan mengupas rahasia sukses menang lomba ala jeyjingga.

Jangan sampai kelewat ya! Rugi banget lho! Serius deh, yuks segera meluncur yuks!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

15 komentar

  1. Saya sangat tertarik dengan tulisan ini, kak. Ada salah satu yang "nyangkut", yaitu terkait pengemasan judul. Jujur, bagian paling sulit bagi saya adalah mencari sampai menemukan judul yang kompeten dengan keseluruhan artikelnya.

    Apalagi, jika tulisan yang dimuat berbau sponsor, sedikit banyak, pasti memiliki kesan clickbait, walaupun tidak sepenuhnya "zonk".

    Boleh dong, sesekali request membahas khusus tentang strategi menemukan judul yang yahud gitu, kak? :)

    BalasHapus
  2. Menurut saya Ikut lomba blog apalagi berhasil menjadi juara, tak hanya menjadi sumber penghasilan tapi peluang blog kita semakin dikenal orang. Pengalaman saya, bahkan saat belum berhasil menang, blog masih mendapatkan sisi positif yaitu dikenal oleh blogger lain.

    Bagus rangkumannya mba, walaupun saya enggak ikut coursenya tapi kebagian ilmunya. Makasih

    BalasHapus
  3. Lomba blog, content placement, dan sponsored post adalah 3 hal yang paling sering saya lakukan untuk memonetisasi blog. Bener kata Mba Dila, Saat ikut lomba blog dan kita dapat juara, selain hadiahnya lumayan, blog kita juga akan lebih dikenal, minimal sama peserta yang juga ikutan.

    Selamat Hari Blogger ya Mba Hamim, semoga terus menginspirasi.

    BalasHapus
  4. Wah seru sharingnya nih btw aku udah coba semua deh, cuma sekarang males ikutan lomba, hihi

    BalasHapus
  5. Terkait upgrade kualitas tulisan itu memang harus. Awal kita ngeblog mungkin kita merasa tulisan terasa ya begitulah. Tapi, lama kelamaan kita harus membuat tulisan yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain yang membacanya.

    BalasHapus
  6. Tipsnya perlu diterapkan nih, tapi memang bagusnya konsisten ya, hehe. Kadang konsisten ini yang kadang inget, kadang lupa. Tapi jadi dapat pencerahan sih

    BalasHapus
  7. ‌Samaan nih mba, aku juga ikutan short course bloggernya ini, hehehe. Memang bagus shortnya , ilmunya daging banget dan banyak banget kisah yang kita petik dari blogger yg udah pro ini ya mba, semangatt mba!

    BalasHapus
  8. Baru belajar bikin infografis, emang ribet tapi bisa jadi sarana promo blog juga soalnya bisa dipos ulang di medsos, apalagi kalau banya yg share ulang.

    Keren banget Short Course Blogger ini, terima kasih udah merangkum dan berbagi.

    BalasHapus
  9. Setuju banget sama quote mak jleb jleb nya 🤣🤣🤣 blogger gak boleh males baca yaaah, gak bakal berkembang nanti tulisannya. Makasih loh udah diingetin 🥲 btw, asik banget kayaknya course-nya. Aku pun pernah ikut semacam ini tp periodenya sebulan gt. Seneng bgt karena nambah ilmu skrg segampang itu dan masih banyak yang bermurah hati memberikan ilmu gratis.

    BalasHapus
  10. Waaaahhh, kerennn. Dapat ilmu banget dari blog ini. Yupp, upgrade tulisan memang penting yakan mbak, dan banyak juga kelebihan dari kita mengupdate tulisan.

    BalasHapus
  11. Persoalan jenis dan ukuran font blog terkesan sederhana, tapi memang bisa memengaruhi pembaca. Saya sendiri kurang suka baca blog yang jenis font-nya aneh-aneh. Niatnya mungkin estetik, tapi malah bisa jadi membuat pembaca kabur dari blog.

    Jadi memang pemilihan font ini yang umum-umum saja seperti Arial, Open Sans, Roboto, Lora, dan keluarganya.

    BalasHapus
  12. Waw keren ini kapan ada lagi aku pengen ikutan juga memotivasi banget

    BalasHapus
  13. Semakin banyak membaca semakin banyak juga kosa kata dan wawasan yang diperoleh, jadi bisa menulis dengan sudut pandang yang lebih luas. Keren nih course-nya. Jadi pengin ikutan juga.

    BalasHapus
  14. Sudah lama bsnget gak ikutan lomb blog. Lihat peserta lainnya, bagus-bagus jadi minder sendiri. Hahaha.

    Ngeblog memang banyak banget manfaatnya ya, Mbak.

    BalasHapus
  15. Wah, ini dia! Karena aku follow salah satu narasumber/coachnya di Instagram, yaitu Mbak Jihan, jadi aku sempat lihat info short course blogger ini wara-wiri di IG. Ternyata Mbaknya ikutan toh.

    Keren pasti sih! Semoga dapat banyak inspirasi dan bisa jadi 'alat bakar' untuk terus menghasilkan karya terbaik selanjutnya ya, Mbak. Terima kasih atas ulasannya. :)

    BalasHapus

Posting Komentar