=Hamimeha

Strategi Menembus Google, Gajian Rutin dari Google Ads!

11 komentar
Strategi menembus google
Strategi Menembus Google, Gajian Rutin dari Google Ads adalah summary hari ke-3 lho.  Masya Allah, gak kerasa sih ternyata sudah memasuki hari ke-3 mengikuti serangkaian acara short course blogger caraku merayakan hari blogger nasional tahun ini.

Aku bersyukur berada diantara circle orang-orang keren yang tak pelit ilmu. Setelah sebelumnya nih kita mendapatkan,

1. Hari pertama, 26 Oktober 2021:  Kunci meramu tulisan di hari pertama 


Ada yang belum meluncur ke ulasan sebelumnya? Wah rugi Sobat Hamim. Karena materinya tuh saling berkaitan lho! Hehehe.

Oke, aku lanjutkan ya materi ketiga ini akan membahas strategi menembus google. Kata si pemateri ada yang mau gajian rutin dari google. Wow, siapa yang gak mau kan hwkaka. Yuks cus deh!

Wow materi ini sejujurnya berat buat aku. Materinya seputar adsense dan SEO tingkat lanjut. Aku merasa masih perlu mengunyah materi lebih lama jadi sepanjang materi lebih banyak diam.

Bukan tidak menyimak tapi memang butuh waktu untuk mencerna. Termasuk bab sumber iklan tuh sebenarnya banyak tak hanya adsense. Nah lho! Baru tahu atau hanya aku yang tak tahu?hehehe.

Seputar Google Adsense

Seputar google adsense

Apa itu Goggle Adsense

Google adsense adalah penayangan iklan dilaman online yang  kita miliki, yangmana jika ada pengunjung yang mengklik maka pemilik situs akan mendapatkan fee.

Fee ini biasanya dihitung dari banyaknya jumlah click atau cpc (cost per click). Cara adsense bekerja adalah kita daftar mendaftarkan blog kita untuk dipasang google adsense lalu jika lolos akan ada iklan yang muncul diantara postingan kita. 

Kabar baiknya, iklan yang muncul ini disesuaikan dengan artikel yang kita tulis atau bahkan disesuaikan dengan pencarian yang dilakukan oleh pengunjung. 

Jika si pengunjung tertarik pada iklan tersebut dan melakukan klik maka disitulah kita dibayat oleh google adsense. Asyik ya! 

Tapi kuncinya memang usahakan kualitas tulisan kita oke ya sesuai dengan kriteria yang disukai google. Eh gimana tuh? Kita bahas di bawah ya!

Alasan memilih goggle Adsense

Sebenarnya ada banyak pilihan iklan yang bisa kita pasang di blog kita. Semua kembali ke nyamanan masing-masing. Kali ini pemateri dan penyelenggara Short Course blogger bertajuk 30 Juta pertama dari blog ini menjadikan google adsense sebagai topik bahasan. 

Kenapa pilih adsense dibanding iklan layanan yang lain? 

Pemateri ketiga yang disampaikan oleh Mas Rozal Al Maftuhin dari inspiratips media. Beliau memberikan alasan kenapa lebih memiliih pasang google ads dibanding iklan lainnya?

1. Iklannya bisa diatur terutama jika ada yang iklan kurang pantas semisal iklan jorok.

Nah seringkali kita mendapati saat membaca suatu situs maka ada iklan bertebaran di sisi-sisi body tulisan.

Dan mirisnya, iklannya itu berisi gambar yang tak layak ditonton. Ehm, Sobat Hamim bisa membayangkan kan? Kata Mas Rozak menambahi, "Sayang sekali jika pembaca kita tidak balik berkunjung hanya karena iklan yang mengganggu mata pembaca.

2. Fee tiap klik lumayan

Kabarnya, semakin kita memilih keyword dengan topik yang sering dicari seperti teknologi dan bisnis maka cpc juga tinggi. Wow, menarik kan?

Eits, infonya ada lho yang bisa gajian dari google mencapai milyaran. Ehem!

3. Fokus pada artikel yang berkualitas

Poin yang paling aku suka, bahwa google sekarang lebih manusiawi hwkaka. Maksudnya mesin pencari google juga bisa mengidentifikasi tulisan-tulisan yang berkualitas.

Dengan kata lain, adsense ini hanya bisa lolos dipakai untuk mereka yang kualitas tulisannya bagus khususnya sesuai kaidah SEO bukan? Inilah pentingnya belajar SEO. Artikel yang berkualitas juga akan menjadi investasi jangka panjang untuk blog kita.

Karena tulisan yang human friendly dengan topik everlasting pasti banyak dicari oleh pembaca. Jadi, meski sekarang media sosial sedang didominasi oleh video tapi selama masih banyak orang mencari info melalui google search maka para blogger akan selalu eksis.

Strategi Menembus Google Ads ala Mas Rozak

Strategi menembus google adsense

Ada beberapa tips untuk bisa menembus google search sehingga tulisan kita bisa nangkring di page one google. Selain menerapkan kaidah SEO, Sobat Hamim juga perlu memperhatikan keyword.

Inilah kunci dari blog kita disukai oleh google. Lalu bagaimanakah Blog yang disukai oleh google Ads?

Pertama, Blog dengan niche khusus

Bisa kita sebut juga single niche, fokus pada satu topik bahasan bukan blog yang isinya gado-gado seperti punyaku yaitu lifestyle.

Manfaat niche yang fokus pada satu topik ini akan memudahkan branding di mata google, saat ada yang mencari informasi seputar parenting maka crawling google akan mengarahkan ke blog dengan tema parenting.

Apakah blog niche lifestyle gak bisa daftar google adsense? Bisa. Tapi memang berbeda dengan yang fokus pada satu niche.

Selain itu, blog dengan single niche ini mudah dalam menaikkan traffic dan bounce rate cenderung rendah. 
Fyi, bounce rate adalah perilaku visitor yang berkunjung ke blog kita dan tidak betah melanjutkan ke artikel-artikel yang lain.
Hal ini berbeda jika nichenya fokus maka artikelnya lebih saling berkaitan dan ini menguntungkan untuk menaikkan rangking di mesin pencari. 

Kedua, tulis artikel berdasarkan keyword

Sebagaimana aku sampaikan di atas google adsense fokus pada tulisan berkualitas. Berkualitas disini maknanya adalah  tulisan sesuai dengan kaidah SEO yang diminta google. 
Rahasianya adalah menulislah dengan keyword. Sebab SEO onpage erat kaitannya dengan pemilihan kata kunci.

Bagaimana bisa menemukan kata kunci terbaik untuk mesin pencarian? Bisa dengan menggunakan tools yang gratis hingga berbayar. Salah satu yang dicontohkan ketika short course blogger kali ini adalah ubbersuggets.

Mas Rozak memberikan penjelasan detil cara membaca hasil research keywordnya mulai dari volume hingga cpc (cost per click) atau fee dari setiap satu klik dalam iklan. Wah seru bukan? Sangat dan daging semua ilmunya.

Ketiga, Membuat artikel pilar

Umumnya kita sebut dengan outline. Istilah pilar diambil karena jika kita emngibaratkan tulisan kita adalahr umah maka pilar ini yang akan menajdi pengokoh rumah kita jadi rumah yang kuat. Dengan kata lain, tulisan kita memiliki pondasi yang kiat dalam strukturnya. Salah satu trik agar pembaca betah mdnikmati tulisan kita. 

Nah, di outline tersebut kita akan menyebarkan kata kunci di beberapa titik. Seperti dipembahasan dasar SEO di pertemuan bersama Mbak Jihan ya. 

Ehm, memang untuk kebutuhan adsense kita tetap mengacu pada research keyword. Dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Pilih keyword dengan volume lebih dari 1000

b. CPC di atas 5000

c. Jumlah kata yang dituliskan minim 2000 kata

Banyak ya menulis 2000 kata hehhe, tenang kita bisa membagikan ke beberapa sub bab dengan masing-masing bab mengandung keyword yang serupa sehingga google bisa mengindentifikasi tulisan kita dari beberapa keyword yang berkaitan.

Selain itu, artikel pilar juga bisa didukung dengan golden keyword. Ini semacam trik untuk mmenangkan hati pengunjung. Kita menulis dalam artikel pilar utama dengan artikel golden keyword ini.

Apa saja ketentuan golden keyword ini?
Pilih keyword dengn volume 100-3000, tidak perlu memperhatikan CPC dan cukup ditulis kurang lebih500 kata. Ingat, artikel ini masih berkaitan dengan artikel pilar ya!
Yes! Itulah penjelasan tips bagaimana blog kita bisa meraih dolar dari adsense hehehe. Eits, tapi jangan senang dulu. Karena sudah tahu tipsnya apakah sudah tertarik untuk daftar adsense? Pemilik blog catatanarin ini juga memberikan langkah daftar adsense yakin 95% di acc. Hwkakaka.

Masya Allah, tak terasa lho waktu tiga hari berturut-turut belajar di short course blogger di bulan Oktober lalu sudah jadi tulisan segini hehhee. Apalagi strategi menembus google inikan ya, semacam pasif income buat kita hehehe.

Sebenarnya jika menyimak langsung Sobat Hamim bisa interaktif dengan para pemateri. Apalagi dijelaskan oleh yang berpengalaman di bidangnya jadi semakin mantul deh pemaparannya. Lugas, jelas, dan langsung praktik seperti saat research keyword.

Aku berharap acara semacam ini bisa diadakan lagi dengan format yang mungkin lebih cetar ya. Sebagaimana aku tuliskan tentang khayalanku dalam ide kegiatan merayakan hari blogger.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pemateri yang berbaik hari membagikan ilmunya kepada kami. Setelah mengikuti short course blogger sebagai caraku merayakan hari blogger di usia satu tahun hamimeha dotcom terasa lebih spesial.

Semoga begitu pula dengan para peserta yang lain. Mohon maaf atas summary yang tak seberapa ini ya, semoga penyelenggara berkenan dengan catatan singkatku ini. Semoga jadi amal jariyah atas ilmu yang dibagikan dengan cuma-cuma. Masya Allah.

Buat Sobat Hamim yang belum berkesempatan hadir jangan berkecil hati, yuks berdoa semoga ada lagi short course blogger batch 2 hwkakakkaa. Pantengin akun IG mereka deh. Rajin update info agar tidak ketinggalan berita terkini hihi.

Oke, semangat jadi blogger yang lebih baik ya! Ilmunya dipraktikin biar gak menguap!

See you \(^O^)/
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

11 komentar

  1. Mommm.. lengkap pisan ini ulasannya, wah banyak poin yang lupa kucatat secara aku nggak ngikutin sampe selesai karena sinyal ilang :(. Pengen banget sih belajar soal SEO lagi sama memfokuskan niche huhu... semangat belajar juga Mom :D

    BalasHapus
  2. Materi hari ketiga di short course ini bener-bener sesuatu yang baru bagi saya. Semoga dapat menyerap ilmunya perlahan, then practice it...

    BalasHapus
  3. Keren banget, materi ke tiga ini memang mantap ya mbak.. Aku juga baru tahu dan semakin mendalami lagi tentang artikel pilar dan golden kw.

    Warbiasah acaranya, aku juga mau ikutan lagi donk kalau diadakan lagi hihi.

    BalasHapus
  4. Penasaran sama google Adsense. Pingin ikutan.... Mbak, kalo ada zoominar ttg google adsense, wapri aku ya...

    BalasHapus
  5. Mba Hamim kalau daftar juga pasti belum 2 weeks dah diterima adsense nih ;) wkwk

    Ku akui materi terakhir short course memang rada berat ya bahasanya, nyangkut anak teknis bgt wkwk.

    Keren mba ulasannya per-sesi satu :') jadi bisa dibaca2 nih pas lupa.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah banget bisa ikutan short course keren ya, Mbak. Anyway, resumenya
    yang ini lengkapnyaaa, Mbaaak. Materi ini yang paling bikin ngebul otakkuuu. wkkwkw. Panaaaas :3

    BalasHapus
  7. Nggak tahu kenapq,.kalau lihat tulisan mbak Hamim, jadi inget tulisan coach. Detil dan mengalir...masyaallah

    BalasHapus
  8. Seru ih kelasnya, semoga aku bisa sampai sana ya, bisa pasang adsense juga.

    BalasHapus
  9. Ini butuh waktu untuk mengaplikasikan mb, ga segampang lihta atau pas nyimak materi ya. Aku masih terus mencoba juga jih

    BalasHapus
  10. Semoga bisa segera dimudahkan unutk masuk di google ads nih.. Hehee,, makasih materinya mba lengkap banget :D

    BalasHapus
  11. Mantaaap sekaliii sih ini mba hamiiim

    . Aku catet² info pentingnya... Terimakasih udah sharing ya mbaaa

    BalasHapus

Posting Komentar